Finansial

Wajib Tahu! Tips dan Trik Menjaga Finansial di Hari Tua Kamu Nanti

thumb hari tua - tips dan trik menjaga finansial di hari tua

Tips dan trik menjaga finansial di hari tua berikut ini layak sekali untuk kamu jadikan sebagai tambahan referensi pengelolaan keuanganmu ya. Jangan salah lho pengelolaan uang yang terbaik itu tak bisa dilakukan hanya dalam sekejap atau satu malam saja. Semua bergantung pada kebiasaanmu saat ini ya.

Baca Juga : Pengertian Serta Manfaat Gaya Hidup Minimalis Dalam Finansial

Jadi bagaimana nasib keuanganmu di masa tua mendatang adalah dampak dari bagaimana cara Kelola keuangan pribadimu mulai detik ini juga. Jangan sampai saat muda dengan gaji memadai kamu lupa untuk menyiapkan masa tua hingga berakhir menjadi sengsara. Pelajari tips mengamankan keuangan berikut ini.

Berikut 7 Tips dan Trik Menjaga Finansial di Hari Tua

1. Biasakan Perencanaan Keuangan

rencana keuangan

Demi masa tua yang menyenangkan sadarilah bahwa kamu harus memulai kebiasaan perencanaan mumpuni sedari detik ini juga. Bahkan jika mungkin kebiasaan pengelolaan uang dengan benar dan bijak ini harus ditanamkan sedari dini. Peran orang tua dalam membentuk karakter amatlah penting di ranah ini.

Jadi sedari dini orang tua memiliki kewajiban memberi pendidikan pengelolaan uang kepada buah hati agar kelak saat dewasa karakter pengelolaan uang yang baik tersebut jauh lebih membekas lagi. Jika sedari dini sudah terlatih bijak mengelola keuangan maka saat dewasa tinggal meneruskan kebiasaan bagus itu.

Tak perlu susah payah mulai pendidikan pengelolaan uang dari nol yang tentunya sudah agak mulai susah untuk dibiasakan secara alamiah. Biasakan buah hati sedari dini untuk bijak mengelola uang sakunya. Sebagai orang tua hendaklah mendukung kebiasaan bijak buah hatinya tersebut dengan sepenuh hati ya.

2. Pikirkan Dana Darurat

siap dana darurat - tips memperbaiki kondisi finansial

Pembahasan mengenai poin dana darurat ini tentu memiliki keterkaitan erat dengan poin sebelumnya yang berupa perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan tersebut bisa berisi catatan pemasukan maupun juga arus pengeluaran dana yang dicatatkan secara mendetail demi pengelolaan agar tetap stabil aman.

Perencanaan keuangan tersebut hendaknya juga tak melupakan perihal aspek penyisihan dana darurat ini. Dana darurat sendiri diharapkan mampu memberikan bantuan ekstra jika suatu saat di masa depan yang tak pasti ini ditemukan sebuah hambatan finansial. Jangan sampai pemasukanmu habis tiada sisa.

Kamu harus memiliki setidaknya kemauan untuk menyisihkan khusus untuk dana darurat minimal sejumlah 6 kali lipat dari pengeluaran pokok rutinmu per bulannya. Melakukan tabungan satu ini dijamin akan membuat hidupmu terasa jauh lebih menenangkan khususnya untuk bidang metode pengelolaan uang.

Atau sebagai latihan menabung dana darurat ini kamu juga bisa mulai dengan mematok batas bawah simpanan atau tabungan. Jadi tiap bulannya harus selalu ada sisa tabungan yang bisa kamu kumpulkan secara rutin agar cepat memenuhi target. Bisa mulai dari nominal Rp50.000,- pun asal yakin konsisten ya.

3. Bijak Gunakan Kartu Kredit

bijak menggunakan kartu kredit

Mungkin memang tak ada salahnya di samping menggunakan kartu debit kamu juga mencoba menggunakan kartu kredit. Namun dengan catatan bahwa kamu yakin mampu mempergunakannya secara bijak. Alokasikan sendiri bujetmu untuk tagihan kartu kredit tersebut di setiap akhir bulannya secara tepat.

Jangan sampai bujet untuk bayaran kartu kredit tersebut justru menyerobot pos keuangan yang lainnya. Banyak orang mungkin keranjingan menggunakan kartu kredit lantaran praktis digunakan berbelanja barang yang sudah diinginkan. Namun ingatlah kebiasaan konsumtif ini sebisa mungkin harus ditekan lho.

Utamanya jika kamu memang mengidamkan masa tua yang dilengkapi dengan kekuatan finansial masih stabil. Jadi penghasilanmu yang kamu dapatkan sekarang tak perlu kamu habiskan mati-matian tiap bulannya. Ingat tantangan hidup makin berat, maka matang mempersiapkan masa depan wajib hukumnya.

4. Pilih Metode Investasi

metode investasi

Zaman semakin berkembang kini semakin banyak opsi yang ditawarkan pada semua orang untuk memilih investasi yang paling cocok secara personal. Tak jarang bahkan pemain muda juga mendominasi papan percaturan investasi di masa sekarang. Ingin hidup di masa tua, maka saat muda harus aktif cari peluang.

Jangan pasif serta berpikir tradisional. Layaknya masa muda cuma bisa dihabiskan dengan hura-hura semata. Sekarang saatnya sedari muda mulai giat melirik beragam peluang investasi agar semasa tua bisa hidup sejahtera. Di zaman yang serba cepat memulai serius mengurus keuangan dilakukan sedari muda.

Jika memulai pengelolaan keuangan di saat jelang masa pensiun alias sudah di umur menginjak senja maka bisa jadi kamu kehilangan kesempatan terbaikmu untuk maksimal menjelajah dunia investasi. Padahal investasi misal reksa dana seperti ini bisa jadi pemasukan pasif yang menjamin masa tua kelak.

5. Melaju Seiring Waktu

melaju seiring waktu

Poin satu ini sangat relevan digunakan dalam perencanaan keuangan di era digital saat ini. Tentu sudah ada banyak sekali hal yang berubah di sekitar kita dari masa ke masa. Dan kini perubahan tersebut terus bergerak dinamis semakin cepat seiring perkembangan teknologi digital yang memudahkan hubungan ya.

Tentu target hidup generasi sebelum kita dengan target hidup kita sekarang mengalami perubahan pula. Jika dulu mungkin banyak orang berlomba makin cepat sukses agar kelak masa pensiun bisa menikmati hasil hingga puas. Barangkali tujuan hidup generasi milenial sudah sedikit bergeser dari idealisme tersebut.

Generasi milenial banyak sekali terbantu dengan hadirnya teknologi canggih. Kini tak perlu bekerja dari pagi hingga sore bahkan lembur di kantor untuk mendapat penghasilan. Generasi milenial dituntut mampu menyesuaikan diri dengan teknologi yang berkembang kini. Kerja kini pun bisa dilakukan dari mana saja.

Siapa pun kapan pun bisa menikmati hidup sambil tetap menangani tanggung jawab pekerjaan dalam waktu yang sama jika bisa mengimbangi kemajuan teknologi terkini. Jadi ada baiknya juga selain memikirkan tentang kesejahteraan masa tua, generasi milenial juga menikmati kemudahan teknologi ini.

Mungkin tak harus melulu bersakit dahulu di masa muda untuk bahagia di saat tua. Generasi milenial bisa kok sambil bekerja atau berkarya menghasilkan uang sekaligus mengikuti kata hatinya. Bagaimanapun pekerjaan yang ditekuni prosesnya sepenuh hati akan meningkatkan kesejahteraan batin serta materi lho.

6. Mendaftar Layanan Asuransi

daftar layanan asuransi

Bagaimanapun tak ada yang tahu bagaimana skenario masa depan, yang kemungkinan juga dibumbui dengan banyak sekali hambatan kian menantang. Itu mengapa setiap kali bicara tentang pengelolaan keuangan masa tua selalu tak bisa terlepas dari layanan asuransi yang bisa dipersiapkan sedari usia muda.

Mau membayar cicilan premi bulanan saat muda bisa sangat mengamankan finansialmu di kala tua kelak. Ada jenis asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan dan seterusnya masih banyak jenis lainnya juga. Proteksi tersebut akan meminimalisir potensimu mengalami rugi lantaran hal tiada terduga.

Seperti biasa, memang tak ada orang yang mengharap mendapat musibah dalam hidup. Tapi siapa yang bisa menjamin serta menolak musibah jika memang sudah ditakdirkan menimpa dan tak bisa lagi dihindari? Yang ada manusia hanya bisa mempersiapkan dari jauh hari untuk menghadapi masa tak terduga tersebut.

Jangan pernah katakana asuransi tersebut tidak ada gunanya dan hanya menghabiskan uang. Jika kamu tahu ada banyak sekali bentuk penghematan yang bisa kamu terima lantaran layanan asuransi tersebut. Bahkan layanan asuransi juga bisa menghindarkanmu dari potensi bangkrut lantaran terlilit banyak hutang.

7. Hadapi Tiap Peluang

hadapi tiap peluang

Mungkin saja banyak yang setuju era pandemik seperti yang terjadi beberapa tahun ke belakang ini merupakan masa yang sulit. Mungkin juga jadi banyak yang pesimis untuk memikirkan masa tua. Sedangkan masa sekarang pun juga tak sedikit usaha gulung tikar dan karyawan mengalami pemecatan.

Namun jika seorang individu mau peka menangkap peluang maka ada banyak sekali kemungkinan terbuka bahkan di saat yang sulit sekalipun. Benar sekarang dunia sedang dilanda pandemik. Namun jangan lupa juga sekarang terdapat teknologi digital yang memudahkan kehidupan. Ayo berbenah sesuai sama zaman.

Jangan mudah putus asa. Lapangan pekerjaan bisa terbuka di bidang ojek online seperti contoh gojek dan grab yang sudah berkembang pesat sejauh ini, layanan hantar barang atau kurir, membuka bisnis kuliner dari rintisan kecil dan lain sebagainya. Macam bisnis tersebut bisa dimaksimalkan dengan bantuan sosial media lho. Pokoknya tetap optimis demi masa depan sejahtera ya.

Baca Juga : Kecerdasan Finansial yang Harus Dimiliki Agar Keuangan Stabil

Tips dan trik menjaga finansial di hari tua yang kami rekomendasikan dalam daftar di atas semoga bisa membantumu mengelola keuangan dengan metode terbaik. Jadi kamu masih tetap bisa bersenang-senang menikmati kehidupan namun juga jangan lupakan tanggung jawab. Persiapkan masa depanmu sekarang.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial