Finansial

13 Tanda Kamu Belum Matang Secara Finansial Ini Harus Segera dihilangkan!

thumb blm matang - tanda kamu belum matang secara finansial

Dalam kehidupan sehari-hari pasti ada diantara kamu yang merasa penghasilan dari perusahaan tempat bekerja kurang. Kamu merasa gaji yang diterima setiap bulan selalu cepat habis sehingga harus meminjam uang atau terlambat bayar tagihan. Jika demikian maka itu tanda kamu belum matang secara finansial.

Baca Juga : Pentingnya Untuk Mengenal Finansial Lebih Dalam

Tanpa disadari terkadang kamu melakukan berbagai prilaku yang dapat merusak kondisi finansial seperti mengutamakan berbelanja barang-barang mewah ketimbang membayar tagihan kos. Perilaku tersebut sangat berbahaya dan menunjukan bahwa kamu belum matang dari segi finansial.

Berikut Tanda Kamu Belum Matang Secara Finansial

1. Berlebihan Menggunakan Kartu Kredit

berlebihan kkredit - tanda kamu belum matang secara finansial

Kartu kredit adalah alat pembayaran nontunai yang membantu kamu dalam melakukan transaksi di awal dan pembayarannya dibantu oleh bank. Sebagai alat pembayaran yang sifatnya membantu, kamu jangan menjadi berlebihan atau kecanduan dalam menggunakan kartu kredit.

Jika kamu berlebihan menggunakan kartu kredit maka akan berdampak buruk bagi kondisi finansial kamu seperti kamu harus menanggung biaya keterlambatan. Selain itu kamu akan merasa tertekan karena tidak mampu membayar tagihan kredit dan mengalami depresi karena tagihan menumpuk.

2. Banyak Melakukan Pinjaman Uang

pinjem uang - tanda kamu belum matang secara finansial

Perilaku meminjam uang sering dilakukan saat kamu membutuhkan sejumlah uang untuk membayar sesuatu. Biasanya meminjam uang sering  dilakukan ke teman, keluarga atau aplikasi pinjaman online. Perilaku meminjam uang sebenarnya sah-sah saja, namun jangan berlebihan.

Tanda bahwa kamu belum bijaksana mengatur kondisi finansial adalah banyak melakukan pinjaman secara berlebihan. Kamu sering meminjam kepada teman atau keluarga berkali-kali dan dalam jumlah yang banyak.  Dampaknya hutang menjadi banyak dan sulit untuk membayarnya.

3. Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan

perencanaan keuangan - tanda kamu belum matang secara finansial

Perencanaan keuangan sangat penting agar kamu bisa lebih bijaksana dalam mengelola uang yang diperoleh entah itu dari gaji ataupun hasil usaha. Bagi kamu yang tidak memiliki perencanaan keuangan maka sepertinya kamu masuk kategori pribadi yang belum dewasa secara finansial.

Tidak memiliki rencana perihal mengatur keuangan bisa membuat kamu menjadi boros dan tidak mampu menentukan pembayaran prioritas. Kamu tidak bisa menentukan pembayaran yang sifatnya prioritas dan untuk hiburan dan hobi belaka. Hasilnya uang kamu cepat habis tak bersisa.

4. Suka Terlambat Membayar Tagihan

telat tagihan - tanda kamu belum matang secara finansial

Tanda selanjutnya adalah sering terlambat membayar tagihan. Tagihan adalah sesuatu biaya yang secara rutin harus dibayarkan dengan jadwal pembayaran dan nominal tertentu. Jika kamu mampu mengelola uang dengan baik maka tagihan akan selalu dibayarkan secara tepat waktu.

Sebaliknya jika kamu sering terlambat bahkan tidak mampu membayar tagihan maka ada yang salah dengan kondisi keuangan kamu. Bisa saja kamu salah menghitung biaya pengeluaran setiap bulan atau uang kamu sudah habis karena terlalu sering berbelanja di awal bulan.

5. Tidak Memiliki Tabungan Masa Depan

tabungan masa depan - tanda kamu belum matang secara finansial

Apakah kamu mempunyai tabungan? Jika tidak maka kamu sepertinya belum siap dari segi finansial. Kamu masih hanya berpikir hari ini dan tidak pernah memikirkan kondisi keuangan di masa mendatang. Adapun menabung sendiri merupakan kegiatan yang sifatnya jangka panjang.

Kamu harus melakukannya selama bertahun-tahun dan baru akan merasakan manfaatnya di hari tua atau ketika sedang membutuhkan uang. Menabung tidak membuat kamu rugi, namun justru membuat kamu selalu untung karena memiliki uang simpanan yang jumlahnya besar.

6. Tidak Memiliki Investasi Jangka Panjang

invest jangka - tanda kamu belum matang secara finansial

Tanda yang lain adalah kamu tidak memiliki investasi. Pola pikir kamu hanya bagaimana memiliki uang hari ini dan tidak pernah berpikir jangka panjang. Maka tidak heran kamu tidak memiliki investasi.  Selain menabung, memiliki investasi juga sangat penting untuk finansial kamu.

Dengan melakukan investasi kamu bisa memiliki passive income sehingga dapat menambah pundi-pundi uang kamu. Investasi bisa dilakukan dalam bentuk pembelian saham, reksadana, emas dan lain sebagainya. Ingat, investasi akan membantu kamu di saat kamu sudah pensiun.

7. Sering Membeli Barang Secara Implusif

beli barang impulsif - tanda kamu belum matang secara finansial

Salah satu tanda kamu belum matang secara finansial adalah membeli barang secara implusif. Maksudnya kamu mudah terpengaruh terhadap berbagai promosi dan strategi pemasaran yang ditawarkan. Hasilnya kamu sering membeli produk yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Dampak berperilaku implusif ini sangat berbahaya bagi kondisi finansial. Gaji yang kamu terima setiap bulannya bisa cepat habis di awal bulan karena kamu rajin membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Gaya hidup kamu menjadi boros dan tidak bisa menabung.

8. Tidak Terlindungi Produk Asuransi untuk Perlindungan Diri

tak asuransi - tanda kamu belum matang secara finansial

Asuransi merupakan perlindungan diri yang dibutuhkan sewaktu-waktu kamu mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, sakit atau terkena PHK. Oleh karenanya produk asuransi sangat penting untuk dimiliki demi perlindungan diri kamu dan juga keluarga.

Namun, saat kamu berpikir asuransi adalah produk yang tidak penting untuk dimiliki maka itu tandanya kamu belum bijaksana mengelola keuangan. Kamu terlalu percaya diri dengan kondisi kamu sekarang padahal kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi kamu di masa depan.

9. Bergantung Pada Orang Tua Terkait Pembayaran Tagihan

gntng ortu - tanda kamu belum matang secara finansial

Ketika kamu sudah bekerja seharusnya sudah tidak bergantung dengan uang dari orang tua. Sebaliknya, jika kamu masih bergantung dengan orang tua maka kamu belum siap secara finansial. Kamu belum bisa mengelola uang dengan baik sehingga membutuhkan uang orang tua.

Perilaku ini harus segera diakhiri karena dapat membebankan keuangan orang tua, terlebih jika kedua orang tua kamu sudah memasuki masa pensiun. Jangan sampai kamu masih meminta uang untuk bayar tagihan, dimana seharusnya kamu sudah hidup mandiri dan memberi uang ke mereka.

10. Selalu Menghindari Tagihan Sewa Kos atau Rumah

tagihan sewa - tanda kamu belum matang secara finansial

Tanda jenis ini mungkin sering dilakukan oleh kamu yang masih tinggal di kos atau rumah kontrakan. Salah satu tanda kamu belum matang secara finansial yaitu kamu selalu menghindar untuk membayar tagihan sewa kos atau rumah. Alasan yang kamu buat bermacam-macam.

Misalnya saja kamu merasa uang gaji kamu tidak cukup membayar sewa atau uang yang diterima selalu habis karena kamu sering berbelanja barang-barang untuk hobi yang harganya mahal.  Saat kamu sering menghindar seperti itu maka kamu harus berubah karena itu tidak sehat finansial.

11. Merasa Gaji Tidak Pernah Cukup

gaji tak cukup - tanda kamu belum matang secara finansial

Gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya selalu tidak cukup.  Kamu selalu mengajukan pinjaman ke teman atau keluarga dengan alasan tidak punya cukup uang untuk membayar tagihan atau keperluan lainnya. Jika kamu melakukan hal demikian maka kondisi finansial kamu belum matang.

Kamu tidak mampu mengelola gaji yang diperoleh dengan bijaksana. Hasilnya kamu mudah tergoda dengan berbagai penawaran belanja atau tawaran dari teman untuk kumpul-kumpul sehingga uang cepat habis. Kamu harus berubah agar gaji yang ada bisa mencukupi kebutuhan.

12. Gaya Hidup Konsumtif

hdp konsumtif - tanda kamu belum matang secara finansial

Gaya hidup konsumtif adalah kegiatan mengonsumsi barang dan jasa secara berlebihan. Selain itu gaya hidup konsumtif juga dilandasi oleh hawa nafsu sehingga sering melakukan pembelian yang sifatnya tidak terencana. Jika kamu berperilaku demikian maka finansial kamu belum matang.

Menerapkan gaya hidup konsumtif sangat berbahaya. Kamu menjadi lebih mudah menghabiskan biaya yang besar dan tidak bisa dikendalikan. Dampaknya gaji atau pendapatan yang kamu peroleh bisa cepat habis tidak bersisa. Untuk itu segera berubah dari gaya hidup konsumtif.

13. Tidak Memiliki Dana Darurat

dana darurat - tanda kamu belum matang secara finansial

Tanda terakhir adalah kamu tidak memiliki dana darurat. Sekedar informasi bahwa dana darurat adalah dana yang tersedia dan mudah diambil sewaktu-waktu untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak. Memiliki dana darurat sangat penting bagi perlindungan diri kamu dan orang lain.

Namun, bagi kamu yang tidak itu tandanya kamu masih perlu belajar lagi untuk mengelola keuangan. Salah satu pelajaran penting dalam mengelola keuangan adalah menyiapkan dana darurat untuk melindungi diri ketika ada kebutuhan yang sifatnya mendesak atau mendadak.

13 tanda kamu belum matang secara finansial ini bukan berarti tidak bisa diubah. Setelah mengetahui berbagai tanda yang dijelaskan maka tugas kamu sekarang adalah mencoba untuk mengubah perilaku. Kamu harus berubah menjadi lebih bijaksana dalam mengatur uang gaji atau hasil usaha yang dirintis.

Baca Juga : Mengenal Prinsip Mengelola Keuangan Agar Finansial Baik dan Aman

Supaya kamu bisa semakin semangat melakukan perubahan, kamu bisa mencari informasi mengenai perencanaan keuangan melalui internet, atau mengikuti seminar finansial yang sering diadakan secara offline maupun online. Ayo, belajar mengenai perencanaan keuangan agar matang secara finansial

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial