Finansial

Mengenal Prinsip Mengelola Keuangan Agar Finansial Baik dan Aman

thumbnail finance - prinsip mengelola keuangan

Di masa sekarang, setiap individu harus mengetahui prinsip mengelola keuangan yang baik. Dengan begitu, kondisi finansial individu tersebut akan menjadi baik dan aman, karena keuangan adalah salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Sehubungan dengan hal tersebut, manusia akan dapat memenuhi kebutuhannya jika keadaan keuangannya dalam kondisi yang baik.

Cara atau kemampuan setiap individu dalam mengelola keuangan pasti akan berbeda. Salah satu ciri orang sukses adalah mampu untuk menata atau mengatur dalam hal keuangan. Semakin dini usia seseorang yang mampu untuk mengelola keuangnnya, kehidupannya akan semakin baik dan terjamin.

Baca Juga : 6 Aturan Dasar Keuangan Syariah yang Harus Diketahui

Sebenarnya mengelola keuangan dengan baik bukanlah hal yang sangat sulit. Hanya saja sebagian orang beranggapan bahwa mencari uang itu akan lebih mudah daripada mengelolanya. Karena pemasukan setiap orang yang terbatas, sedangkan kebutuhan dan keinginannya tidak. Terlebih di masa sekarang banyaknya godaan seperti kuliner nikmat, barang-barang keren atau lucu, tempat wisata hits yang dengan harga yang akan terus meningkat yang membuat pengeluaran seseorang akan lebih besar.

Berikut Prinsip Mengelola Keuangan yang Baik, Agar Finansial Terjamin

1. Membaca Buku

Buku - prinsip mengelola keuangan

Buku merupakan jendela dunia. Maksud dari kalimat tersebut adalah dengan membaca buku, kita akan mendapatkan wawasan mengenai suatu kondisi di dunia tanpa harus berkunjung langsung untuk melihat sendiri ke belahan dunia tersebut. Maka perbanyaklah membaca buku. Karena ilmu tidak akan ada habisnya untuk dicari.

Membaca buku mengenai kisah orang-orang yang sukses akan membuat sesorang terinspirasi. Dengan terinspirasi dari kisah tersebut, akan membentuk motivasi seseorang untuk meraih kesuksesan yang lebih. Besarnya kesuksesan seseorang menjadi tolak ukur tersendiri terhadap besarnya pemasukan yang diterimanya.

2. Anggaran Keuangan

anggaran keuangan - prinsip mengelola keuangan

Apa itu anggaran keuangan? Anggaran keuangan adalah anggaran yang berisi taksiran tentang semua kegiatan dan kondisi finansial dalam jangka waktu tertentu yang akan datang.

Hal paling penting untuk mengelola keuangan yang baik adalah membuat anggaran keuangan seperti pemasukan, pengeluaran dan catatan berisi pos-pos penting. Dengan membuat anggaran keuangan, seseorang akan mudah melakukan evaluasi apabila ada pengeluaran yang kurang penting sehingga kondisi finansial orang tersebut akan menjadi lebih optimal.

3.  Berhemat

 hemat - prinsip mengelola keuangan

Prinsip mengelola keuangan selanjutnya adalah berhemat. Berhemat artinya adalah seseorang menggunakan pemasukannya itu dengan efektif dimana hanya memenuhi hal-hal yang hanya dibutuhkan sehingga pengeluaran anggaran akan terminimalisir. Awalnya mungkin terasa sulit, tetapi lama-kelamaan akan tertanam dalam pribadi orang tersebut. Apabila sudah mengakar pada dalam diri, makan kebiasaan tersebut dapat dijalani dengan damai disertai manfaat yang dirasakan.

4. Hindari Hutang Dan Kartu Kredit

kartu kredit - prinsip mengelola keuangan

Sebisa mungkin untuk hindari berhutang. Walau berada dalam kondisi yang sulit, janganlah berhutang. Hutang dapat menjadi sebuah candu yang dapat membuat sengsara orang yang berhutang. Apabila dalam kondisi darurat dan tidak dapat melunasi hutang, maka orang tersebut akan merugi.

Sama halnya dengan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memang memberikan kemudahan bagi penggunanya terutama dalam kondisi darurat. Padahal, kartu kredit sama halnya dengan hutang. Kartu kredit akan membuat seseorang yang menggunakannya lupa diri karena uang mudah digunakan kapan pun dan dimana pun. Sehingga akan membuat penggunanya akan sulit mengatur pengeluaran keuangannya.

5. Berinvestasi

berinvestasi - prinsip mengelola keuangan

Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk berinvestasi daripada menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan. Investasi dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada tabungan.

Keuntungan menabung mungkin bisa diterima dari bunga yang diberikan oleh bank. Namun keuntungan investasi diterima dari kinerja perusahaan tempat investasi tersebut. Peluang untuk menerima keuntungan dalam berinvestasi akan tinggi ketika perusahaan sedang berada pada posisi kejayaannya.

Tetapi jangan cepat mengambil keputusan dan jangan panik saat kondisi pasar mulai berubah. Perubahannya dapat terjadi dalam hitungan detik. Karena memang seperti itulah sebuah pasar investasi.

Baca Juga : 8 Tips Untung Investasi Saham Untuk Pemula

6. Konsisten

konsistensi - prinsip mengelola keuangan

Konsisten adalah kemantapan dan ketetapan seseorang dalam bertindak. Konsisten saat melakukan semua prinsip diatas akan membuat finansial orang tersebut terkelola dengan baik. Dengan niat yang kuat dalam diri, prinsip tersebut akan mudah dilaksanakan. Ketika dilaksanakan prinsip mengelola keuangan tadi, orang tersebut berarti sedang memulai langkahnya untuk menjadi orang yang sukses.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial