Finansial

Penting untuk Diketahui! Perbedaan Pembiayaan Piutang dan Anjak Piutang

Pembiayaan Piutang

Anjak Piutang atau pembiayaan piutang merupakan dua instrument pada sistem keuangan yang dapat menguntungkan kedua pihak, baik peminjam dan penyedia.

Jika Anda seorang pengusaha, tentunya Anda sudah paham betul bagaimana melakukan sesuatu yang mungkin Anda menganggap sebagai sesuatu yang dapat mengembangkan bisnis Anda sendiri. Menjadi pengusaha berarti Anda memiliki kendali penuh atas bisnis Anda, dan tidak lepas dari risiko yang terkait dengan bisnis Anda.

Risiko akan selalu ada dalam perkembangan bisnis. Adanya resiko ini juga akan mempengaruhi keuangan perusahaan. Jika bisnis Anda tidak memiliki cukup uang untuk bisnisnya, jelas akan menimbulkan masalah besar.

Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan agar perusahaan dapat berjalan dengan baik adalah dengan mencari pembiayaan hutang. Pembiayaan hutang dan anjak piutang bisa menjadi pilihan. Anda dapat mengandalkan kedua hal tersebut untuk membantu Anda mengatasi masalah keuangan yang dihadapi bisnis Anda. Tapi apa itu pembiayaan piutang dan anjak piutang?

Pembiayaan Piutang

Pembiayaan Piutang

Pembiayaan piutang adalah suatu tindakan meminjam uang terhadap banyak hutang yang sedang berjalan di sebuah perusahaan saat ini. Ini juga berguna bagi perusahaan yang membutuhkan daya segar untuk mengembangkan usahanya sendiri, atau sebagai daya segar bagi usaha yang dapat digunakan untuk mengatasi arus kas yang lambat dan kurangnya ketersediaan kas di perusahaan.

Pihak yang memberikan fasilitas pinjaman biasanya disebut investor, dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda disebut peminjam. Investor sebagai donatur, akan meminjamkan dana pada Anda dalam periode jatuh tempo saat ini dan belum pulih. Pinjaman ini juga akan dikenakan bunga sesuai kesepakatan.

(Baca Juga: Bagaimana Memilih Financial Planner? Apakah diperlukan?)

Keuntungan Pembiayaan Piutang

Pembiayaab Piutang - Keuntungan Pembiayaan Piutang

Tentu saja, semua pembiayaan menguntungkan bisnis Anda. Nah, keuntungan dari pembiayaan piutang ini adalah:

Pembiayaan Piutang ini dapat memperlancar arus kas dalam waktu yang singkat

Lebih mudah mendapatkan dana karena biasanya investor juga akan melihat jaminan pinjaman dari Anda. Situasinya sangat berbeda dengan saat mengajukan pinjaman melalui bank atau lembaga pembiayaan lainnya. Karena biasanya bank memperhitungkan kesehatan perusahaan secara keseluruhan sebagai pertimbangan Anda bisa menerima pinjaman atau tidak.

Dapat segera membayar tagihan dan hutang perusahaan sehingga berbagai kegiatan perusahaan dapat terus berjalan baik dan optimal

Resiko Pembiayaan Piutang

Sedangkan resiko pembiayaan piutang ini mahal. Apalagi jika keuntungan Anda hanya bertumpu pada waktu pengembalian dana oleh Pemilik Piutang (payor). Lalu juga ada biaya flat processing fee, dan biaya lainnya.

Anjak Piutang

Pembiayaan Piutang - Anjak Piutang

Anjak piutang (invoice factoring) adalah suatu tindakan pembiayaan dengan melakukan pembelian piutang perusahaan. Menurut Otoritas Pengawas Keuangan (OJK), berdasarkan peraturan yang berlaku, anjak piutang adalah kegiatan pembiayaan berupa pembelian atau pengalihan, serta pengelolaan piutang jangka pendek perusahaan atau piutang dari dalam negeri dan perdagangan luar negeri.

Dalam program tersebut, pemilik piutang (borrower) akan menjual piutang Anda kepada pemilik dana (investor). Lalu selanjutnya, melakukan penagihan utang akan dialihkan ke tangan investor. Dalam praktik anjak piutang, investor akan membayar sekian persen dari jumlah piutang Anda miliki dan melakukan penagihan atau mengumpulkan semua piutang secara penuh.

Berkat ini, Anda tidak lagi harus berurusan dengan pemilik piutang (payor), karena investor akan mengurus semua sistem penagihan. Investor akan menetapkan semua persyaratan penyelesaian tanpa melibatkan Anda di dalamnya lagi.

Anjak piutang ini akan sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki piutang berjalan yang berlangsung 60-90 hari atau bahkan lebih lama, serta untuk perusahaan yang tidak mau repot dengan masalah piutang.

Satu hal yang perlu Anda pahami sejak awal adalah dalam Anjak Piutang, Anda sebenarnya akan menerima jumlah nilai yang lebih sedikit dari nilai piutang Anda, karena investor akan menggunakan sejumlah biaya untuk kegiatan ini.

Manfaat Anjak Piutang

Pembiayaan Piutang - Manfaat Anjak Piutang

Dengan memanfaatkan anjak piutang ini, bisnis Anda dapat merasakan banyak keuntungan seperti:

  • Memperlancar arus kas dalam waktu yang cepat.
  • Dapat menjadi sumber pembiayaan yang lebih mudah karena investor akan lebih mudah mempercayai jumlah piutang Anda.
  • Proses yang lebih mudah karena faktur akan dilakukan oleh investor. Sehingga, Anda sebagai borrower, tidak perlu menghubungi pemilik piutang (payor) untuk melunasi hutangnya.

Resiko Anjak Piutang

Nah, sementara kerugian anjak piutang lebih kepada citra perusahaan. Menjual piutang Anda kepada investor akan membuat orang lain menilai buruk terhadap perusahaan Anda yang sedang mengalami masalah, walaupun hal ini belum tentu benar. Tetapi, namanya bisnis, itu akan mempengaruhi reputasi perusahaan Anda.

Peran Anjak Piutang dalam Ekonomi

Pembiayaan Piutang - Peran Anjak Piutang Dalam Ekonomi

Layaknya peran perusahaan persekutuan, perusahaan anjak piutang memiliki peran dan pengaruh tersendiri terhadap perekonomian. Karena dalam bidang ini seringkali terdapat berbagai macam industri yang menghadapi banyak kendala dalam proses pengembangan usahanya. Ini adalah masalah yang umumnya terkait dengan pemasaran yang buruk karena kurangnya sumber daya manusia yang terampil, sumber pendanaan yang terbatas, atau kegagalan untuk memenuhi tujuan modal dan penjualan, dan salah satu perbedaan antara perusahaan kecil, menengah, dan besar.

Kredit perusahaan akan semakin parah jika sumber pembiayaan dan penjualan tidak mencukupi. Ini adalah masalah yang sangat berbahaya dan sangat serius bagi perusahaan. Sedangkan masalah administrasi biasanya dihadapi seiring dengan meningkatnya angka penjualan produk, terutama jika proses penjualannya dilakukan secara kredit.

Oleh karena itu, perusahaan anjak piutang menjadi salah satu alternatif solusi dari berbagai permasalahan tersebut di atas. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan contoh perusahaan modal ventura yang memberikan solusi masalah keuangan dan sumber permodalan. Perusahaan anjak piutang juga menawarkan penggalangan dana yang cepat dan mudah hingga 80% dari nilai jeda kredit Anda. Perusahaan anjak piutang ini juga dapat membantu Anda mengatasi permasalahan yang muncul di bidang pengelolaan hutang pada perusahaan.

Pihak-Pihak yang Terlibat

Terdapat 3 pihak yang terlibat dalam proses transaksi dan menggunakan fasilitas perusahaan anjak piutang, antara lain :

Perusahaan Anjak Piutang atau Factoring : Dalam pihak ini, perusahaan anjak piutang bertindak sebagai penyedia jasa.

Pelanggan atau Client : Perusahaan atau pihak anjak piutang yang bertugas memasarkan atau menjual jasa atau barang kepada nasabah.

Nasabah : Pihak yang akan menyediakan layanan atau barang yang ditawarkan oleh client dan memiliki kewajiban hutang jangka pendek kepada client.

Pembiayaan Piutang dan Anjak Piutang merupakan sumber pembiayaan perusahaan dalam waktu yang singkat. Namun, sangat penting untuk mempertimbangkan risiko dan biaya agar Anda dapat memilih alternatif pembiayaan yang tepat untuk bisnis Anda. Jika Anda salah memilih pilihan karena, alih-alih ingin mendapatkan dana untuk arus kas cair Anda, Anda malah dibebani masalah lain atau merugikan bisnis.

Nah sebelumnya, pikirkanlah dengan matang dan pilih perusahaan yang tepat, ya!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial