Finansial

Pentingnya Untuk Mengenal Finansial Lebih Dalam

thumbnail finansial - mengenal finansial

Pernahkah kita mendengar sebuah kata “finansial”? Mungkin kata tersebut tidaklah asing di telinga kita. Finansial adalah istilah yang berhubungan dengan segala urusan keuangan.  Finansial adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam hidup kita karena menyangkut keuangan dan perekonomian.

Baca Juga : Sebelum Terjun di Dunia Bisnis, Pahami Istilah Bisnis Terlebih Dahulu Yuk!

Supaya Anda dapat mengenal finansial lebih dalam, mari simak ulasan mengenai finansial berikut.

Mengenal Finansial Secara Mendalam

Pengertian Finansial

pengertian finansial - mengenal finansial

Kata “finansial” diambil dari kata dalam bahasa Inggris, yaitu finance yang berarti keuangan. Kata finance tersebut berasal dari bahasa Latin, yakni financius.

Jika berbicara perihal finansial, berarti Anda akan membahas bagaimana mengelola, mengembangkan, dan memberdayakan uang. Selain itu Anda akan belajar tentang mengalokasikan dana sesuai pos, hingga memperhitungkan peluang atau resiko di masa depan.

Jenis-Jenis Finansial

jenis finansial - mengenal finansial

Dalam finansial, setidaknya ada tiga jenisnya, yakni finansial individu, finansial organisasi atau perusahaan, dan juga finansial pemerintah atau negara.

  • Finansial Individu

Finansial individu adalah hal yang paling sederhana daripada kedua finansial lainnya tadi. Kondisi finansial seseorang bisa dilihat dari penghasilan, aset dan juga rasio utang yang dimiliki oleh individu tersebut.

  • Finansial Organisasi atau Perusahaan

Jenis finansial yang selanjutnya, kondisi finansial dalam organisasi atau sebuah perusahaan. Kondisi tersebut mencakup tingkat keuntungan bagi pemilik usaha atau perusahaan, kemampuan bertahan dan berkembang pada organisasi tersebut, serta mencakup pemenuhan kebutuhan dalam jangka periode pendek ataupun panjang.

  • Finansial Pemerintah atau Negara

Banyak faktor untuk melihat kondisi finansial suatu negara karena banyak aspek yang harus diperhitungkan. Beberapa aspek tersebut diantaranya, inflasi atau nilai tukar mata uang, tingkat kemiskinan, daya beli masyarakatnya, dan juga tingkat ekspor-impor negara tersebut.

Fungsi Finansial

fungsi finansial - mengenal finansial

Sebagai orang yang berada dalam usia produktif, Anda perlu tahu fungsi finansial dalam kehidupan pribadi Anda. Karena manajemen finansial tidak hanya diterapkan dalam bisnis atau perusahaan saja. Dengan begitu, Anda dapat melangkah lebih lanjut untuk mengetahui fungsi finansial berikut.

  • Planning Function (Fungsi Perencanaan)

Perencanaan adalah salah satu hal utama yang sangat penting. Tanpa perencanaan, kondisi keuangan Anda akan menjadi berantakan. Hal itulah yang membuat fungsi perencanaan ini ada.

Anda perlu membuat anggaran keuangan sehingga Anda bisa menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran pada suatu periode. Namun, sebaiknya anda menekan pengeluaran terhadap hal-hal yang tidak perlu. Dengan begitu Anda dapat menabung dan memenuhi kebutuhan utama Anda.

  • Controlling Function (Fungsi Pengendalian)

Jika Anda hanya melakukan perencanaan saja tanpa melakukan pengendalian, maka perencanaan tadi menjadi tidak berarti yang akan berakibat pada kondisi keuangan Anda yang tidak sehat. Hal ini yang membuat fungsi pengendalian dibutuhkan dalam keuangan.

  • Inspection Function (Fungsi Pemeriksaan)

Fungsi pengendalian tadi perlu diikuti oleh fungsi pemeriksaan ini. Pemeriksaan atau pengecekan secara berkala pada skema keuangan Anda tersebut akan membantu Anda menemukan suatu kesalahan sejak dini seperti penggunaan dana yang melebihi batas normal. Dengan begitu fungsi pemeriksaan ini termasuk hal yang sangat penting.

  • Reporting Function (Fungsi Pelaporan)

Dengan membuat laporan pada keuangan, Anda dapat mencermati bagaimana kondisi finansial Anda, apakah sehat atau tidak. Salah satu kunci untuk mecapai kondisi finansial yang stabil adalah dengan menekan pengeluaran atau menyeimbangakan pemasukan dan pengeluaran.

Manfaat Finansial

manfaat finansial - mengenal finansial

1. Melatih Kedisiplinan Dan Hidup Teratur

Dengan belajar cara mengolah keuangan yang tepat dapat membuat Anda menjadi lebih disiplin. Dengan merencanakan, mengolah, dan mengendalikan dana untuk kebutuhan di masa yang akan datang secara rinci akan membuat hidup Anda menjadi teratur yang membuahkan ketenangan sendiri di dalam diri Anda.

2. Membiasakan Hidup Hemat Dan Menghindari Utang

Hemat bukan berarti pelit. Hemat juga bukan sama halnya dengan Anda untuk hidup serba minim dan mengabaikan kebahagiaan hidup Anda. Dengan hidup hemat, maka hal tersebut menunjukan bahwa semua kebutuhan dasar Anda sudah terpenuhi dan serba kecukupan.

3. Perencanaan Keuangan Untuk Masa Depan yang Lebih Optimal

Setelah mengenal finansial lebih dalam, Anda akan bisa melakukan perencanaan keuangan Anda yang lebih baik. Intinya, jika anda berhemat dan hidup bercukupan serta bebas dari hal utang-piutang, Anda dapat merencanakan apa saja kebutuhan masa depan diri Anda dan mulai bertindak sekarang juga.

Baca Juga : Mengenal Prinsip Mengelola Keuangan Agar Finansial Baik Dan Aman 

Dengan begitu, sekarang Anda dapat mengenal finansial lebih dalam dimana finansial tersebut sangat penting dalam kehidupan Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi finansial anda agar tetap sehat dan stabil.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial