Finansial

Pentingnya Dana Darurat Untuk Masa yang Akan Datang

Pentingnya Dana Darurat

Pentingnya Dana Darurat Untuk Masa yang Akan Datang – Dana darurat merupakan dana yang disediakan dalam mengatur keuangan dan dana ini secara khusus digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi tak terduga dalam kehidupan. Artinya, dana ini hanya akan Anda digunakan saat menghadapi hal-hal darurat yang tidak dapat diatasi dengan keuangan secara normal (sesuai anggaran tetap) dan berarti dana darurat perlu disediakan.

 Pentingya dana darurat menjadi dana yang perlu ada,hanya digunakan pada saat tertentu saja dan belum dapat diprediksi kapan dana itu akan digunakan. Namun demikian, pengadaan dana ini di dalam keuangan menjadi sangat penting, sebab berbagai kondisi darurat tersebut dapat saja terjadi setiap saat dan Anda tidak akan mengetahui hal itu. Pentingnya dana darurat ini berfungsi untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti: biaya hidup selama mencari pekerjaan baru (setelah PHK), biaya pengobatan, biaya perbaikan rumah akibat musibah (banjir, kebakaran), biaya perawatan pasca kecelakaan, serta kondisi darurat lainnya.

Biaya berobat yang sangat mahal rupanya sudah bukan menjadi rahasia bagi khalayak umum lagi. Oleh karena itu dana yang dibutuhkan tidak sedikit, dalam hal ini pentingnya dana darurat sangat berperan dalam membantu ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

(Baca Juga: Mengapa Sulit Menabung? Ketahui Tanda-Tandanya, dan Cara Mengatasinya)

Berbicara mengenai pengobatan yang mahal, beberapa penyakit yang membutuhkan penanganan khusus yang tentunya berat seperti jantung, stroke, dan kanker tersebut membutuhkan dana yang besar untuk penyembuhannya. Tentunya hal ini membuat khawatir terhadap banyak pihak. Bahkan tidak sedikit pihak yang merasa khawatir akan dana yang dibutuhkan guna pengobatan di rumah sakit.

Saat ini pemerintah memberi kebijakan kepada masyarakat untuk berkewajiban memiliki BPJS yang bermanfaat untuk meringankan biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat. Sungguh kebijakan yang lumayan menjadi solusi alternatif terutama bagi keluarga yang berada pada ekonomi tingkat bawah. Akan tetapi sebaiknya Anda tidak hanya bergantung dengan BPJS, pentingnya dana darurat dalam hal ini sangat diperlukan.

Pentingnya Dana Darurat Untuk Masa yang Akan Datang

Dana darurat ini tidak selalu digunakan untuk memenuhi kekurangan biaya pengobatan. Dana darurat juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya guna kejadian yang bersifat tidak terduga dan tabungan umum tidak cukup untuk meng-handle tersebut, misalnya biaya untuk Pendidikan anak atau yang lainnya. Perhatikan manfaat dana darurat lainnya berikut ini :

Menjaga Kestabilan Kondisi Finansial

Pentingnya Dana Darurat - Menjaga Kestabilah Kondisi Finansial

Pentingnya dana darurat yang pertama adalah untuk memberi proteksi kondisi keuangan Anda agar tetap stabil. Ketika sewaktu-waktu terdapat hal yang tak terduga-duga dan Anda membutuhkan lebih banyak uang maka Anda dapat menggunakannya tanpa harus mengambil atau mengganggu pos-pos atau basis keuangan yang sudah Anda persiapkan. Dengan ini kebutuhan lain Anda dapat tetap teratasi tanpa kehilangan sebagian dana.

Pastinya kondisi keuangan dapat dikatakan seimbang apabila dana darurat yang Anda miliki sudah mencukupi atau dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan lainnya. Namun, apabila dana yang tersedia belum cukup banyak, tidak masalah asalkan Anda rutin menyisihkan sebagian pengasilan Anda untuk pos dana ini.

Mencegah Pinjaman yang Merugikan

Pentingnya Dana Darurat - Mencegah Pinjaman Merugikan

Tersedianya dana darurat akan sangat membantu Anda dalam menghindari pinjaman-pinjaman yang nantinya dapat merugikan atau memunculkan masalah baru yang ada pada kondisi finansial Anda. Contoh dari pinjaman yang merugikan adalah pinjaman berbunga. Ditambah lagi apabila pinjaman tersebut terkait dengan aset yang harus digunakan sebagai jaminan.

Apabila keadaan mengharuskan Anda untuk menggunakan dana pinjaman sebagai penutup kekurangan, sebaiknya gunakan opsi ini sebagai opsi atau pilihan terakhir, ya. Hal ini dikarenakan dana pinjaman membuat kondisi finansial Anda di kemudian hari menjadi tidak stabil.

Menabung dengan Cara Berbeda

Pentingnya Dana Darurat - Menabung Dengan Cara Berbeda

Secara tidak sadar, dana darurat yang sudah dipersiapkan guna memenuhi kebutuhan tidak terduga di masa depan yang Anda sisihkan dari penghasilan rupanya dapat beralih fungsi sebagai tabungan. Apabila nominal yang terkumpul sudah cukup banyak, dana ini dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang tidak mungkin Anda ambil dari pos-pos yang selama ini sudah ada. Namun Anda harus bisa memastikan bahwa dana yang diambil tidak banyak yang membuat pentingnya dana darurat ini menjadi terkuras habis.

(Baca Juga: Meski Harga Emas Naik Turun, Investasi Logam Diperlukan)

Mendapatkan Ketenangan Finansial.

Adanya simpanan dana yang bersifat tidak boleh disentuh selama pengumpulannya sebelum keadaan darurat yang memaksakan harus mengambil dana tersebut, dapat menimbulkan ketenangan dalam kondisi finansial Anda. Ketika terjadi hal tak terduga yang membutuhkan banyak dana, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah keuangan Anda melainkan tetap fokus pada solusi yang harus diambil dari dana darurat ini. Dengan ini kebutuhan dalam kehidupan Anda menjadi lebih terkendali. Anda tidak khawatir akan kekurangan dana oleh kejadian yang tidak terduga di masa depan dikarenakan sudah menyimpan dana darurat yang dapat digunakan.

Bagaimana Cara Mengatur Dana Darurat?

Mempersiapkan, menyimpan, dan mengatur dana darurat bagi banyak orang rupanya bukan merupakan suatu hal yang mudah. Terlebih apabila bagi Anda yang memiliki penghasilan tidak cukup banyak atau hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun tidak perlu khawatir, berikut terdapat beberapa tips untuk mengatur dan menyiapkan dana darurat :

Membuat List atau Daftar Kemungkinan Kondisi Darurat

Pentingnya Dana Darurat - Membuat List atau Daftar Kemungkinan Kondisi Darurat -

Walaupun keadaan darurat yang ada di masa depan sangat sulit untuk diprediksi kejadiannya, namun Anda dapat menulis kemungkinan-kemungkinannya. Buat daftar yang kemungkinan memberi risiko dari yang kecil hingga cukup besar dalam keuangan Anda. Anda dapat membuat kemungkinan misalnya opname di rumah sakit, memasukkan anak untuk mendapat bimbingan belajar tambahan, dan lainnya.

Memahami Kondisi Keuangan

Pentingnya Dana Darurat - Memahami Kondisi Keuangan

Langkah untuk mengatur dana darurat berikutnya adalah perhitungkan nominal penghasilan Anda atau cash flow baik pemasukan maupun pengeluaran setiap bulannya. Dengan memperhitungkan secara baik, Anda dapat lebih mudah untuk memperkirakan biaya yang harus Anda simpan sebagai darurat. Jangan sampai penyimpanan dana darurat yang Anda lakukan mengganggu pemenuhan kebutuhan-kebutuhan Anda yang lain.

Menentukan Nominal Biaya yang Akan Disimpan

 

Pentingnya dana darurat Agar proses dalam penyimpanan dana lebih terarah, sebaiknya Anda tentukan jumlah nominal yang Anda gunakan untuk menabung dana darurat setiap bulannya. Tentukan juga target waktu berapa lama Anda harus mengumpulkan dana tersebut untuk kemudian bisa digunakan. Buat target lama penyimpanan selama satu tahun. Dengan Anda menentukan di awal, membuat Anda tidak kebingungan dalam menyisihkan uang setiap bulannya nanti dan pastikan bahwa uang yang Anda gunakan untuk menabung pos dana darurat tidak melebihi dari batas kemampuan Anda.

Apabila Anda sudah mencoba untuk melakukan tiga langkah di atas, untuk kemudian berusaha menabung dana tersebut secara rutin setiap bulannya. Jika diperlukan, buat rekening baru yang digunakan untuk menyimpan cadangan keuangan yaitu pos dana darurat tersebut. 

Apabila suatu saat dana darurat tersebut sudah terpakai, Anda bisa mengulang tiga langkah tersebut di atas kembali untuk mengembalikan dananya seperti sedia kala. Dengan Anda memiliki dana darurat, membuat kondisi keuangan Anda stabil dalam memenuhi segala kebutuhan yang ada atau disebut ketenangan finansial. Setelah itu, jangan lupa untuk mendaftarkan diri Anda dan keluarga pada asuransi yang dapat digunakan sebagai proteksi tambahan atau bentuk pertanggungjawaban perlindungan di masa depan.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial