Finansial

Apa itu NFC? Yuk Simak Pengertian NFC dan Berbagai Fungsinya!

thumbnail nfc - pengertian nfc

Near Field Communication (NFC) atau alat komunikasi jarak dekat adalah hal yang sering kita gunakan sehari-hari. NFC sering digunakan untuk mengirim dan menukar informasi tanpa menggunakan kabel. Berikut diulas pengertian NFC dan berbagai fungsinya secara detail.

Istilah NFC bisa dibilang masih asing di sebagian telinga masyarakat Indonesia karena memang memang belum lazim digunakan. Padahal NFC tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini. Fungsinya bisa sangat berguna untuk sehari-hari.

Pengertian NFC dan Sejarahnya

NFC pertama kali dikenalkan oleh Charles Walton, inventor yang dibesarkan di New York, Amerika Serikat. Sebelum fitur ini populer dikenalkan pada tahun 1983, Walton menemukan fitur RPID (Radio Frequency Identification) yang merupakan alat identifikasi frekuensi radio.

Baca Juga : Ketahui Lebih Jauh Mengenai Pengertian Uang, Sejarah, dan Fungsinya

Pada prinsipnya, NFC berfungsi sebagai alat untuk menukar informasi tanpa kabel dengan jarak tertentu. NFC dapat mempermudah proses koneksi untuk pertukaran data antara dua gawai. Selama dua perangkat berdekatan, keduanya bisa saling bertukar informasi atau data.

Seiring berkembangnya waktu, NFC tidak hanya digunakan untuk berbagi kontak, foto, video, atau dokumen saja. Melainkan juga bisa digunakan untuk bermain game dengan mode multiplayer atau dua orang. Selanjutnya terus berkembang untuk dimanfaatkan teknologi lain.

Kecepatan transfer NFC sangat bervariasi, mulai 106 kbit/s, 212 kbit/s, dan 424 kbit/s. Kecepatan ini juga bisa digunakan untuk transfer dokumen yang bersifat kecil. NFC terus dikembangkan untuk keperluan teknologi lain dan masih digunakan hingga saat ini.

Teknologi yang saat ini memanfaatkan NFC antara lain pembayaran digital, pemindahan file dan identitas, pembelian tiket, dan lainnya. Komunikasi nirkabel ini memiliki nilai lebih dari segi keamanan bertransaksi karena membutuhkan jarak dekat dan tidak membutuhkan pihak ketiga.

Cara Menggunakan Fitur NFC pada Ponsel

Tidak semua ponsel memiliki fitur NFC. Untuk mengecek atau menggunakan fitur ini, bisa menggunakan cara seperti berikut. Masuk ke menu setting atau pengaturan pada ponsel. Selanjutnya cek di wireless and networks. Selanjutnya cari fitur NFC pada menu tersebut.

Setiap merek ponsel memiliki cara yang berbeda dalam menyalakan fitur NFC. Cara di atas bisa digunakan pada ponsel Android pada umumnya. Untuk ponsel seperti iPhone dan semacamnya, kamu bisa menyesuaikan dengan mencari pada menu setting atau pengaturan.

Penggunaan NFC sangat mudah,. Hanya menempelkan bagian belakang ponsel dengan gawai tujuan. Gawai yang memiliki fitur serupa akan langsung terhubung dengan hitungan detik. Bisa digunakan untuk transaksi apapun dengan jarak dekat sekitar 5 – 10 centimeter.

Cara kerja NFC adalah dengan menghasilkan gelombang radio frekuensi tinggi spektrum 13,56MHz. Saat salah satu perangkat NFC didekatkan dengan perangkat lainnya, keduanya akan memunculkan induksi magnetik yang dapat memindah daya dan data satu sama lain.

Sistem kerja perangkat NFC ini nyaris sama dengan pengisian daya nirkabel atau wireless charging. Namun daya yang dihasilkan oleh perangkat NFC sangat kecil, yakni sekitar 15mA. Dengan daya kecil, NFC belum bisa digunakan untuk pengisian daya pada baterai smartphone.

Berbagai Fungsi Fitur NFC

Pengertian NFC secara mendasar adalah fitur nirkabel yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan digital. Saat ini, banyak teknologi yang memanfaatkan pengembangan fitur NFC. Teknologi ini banyak ditemukan di sekitar kehidupan masyarakat. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Membuka Pintu Digital

Banyak kantor atau instansi menggunakan pengamanan ekstra. Salah satunya dengan cara menggunakan pintu digital. Pintu yang didesain khusus dengan teknologi modern ini umumnya bisa dibuka dengan ponsel yang memanfaatkan fitur NFC atau komunikasi nirkabel jarak dekat.

Sebelumnya, ponsel harus disambungkan dengan kode dari engsel pintu digital tersebut. Sehingga fitur NFC bisa bekerja dan mengomunikasikan dua peranti tersebut agar tersambung. Sambungan nirkabel ini merupakan pengembangan teknologi NFC yang terus dikembangkan.

2. Melakukan Pembayaran Elektronik

Pada dasarnya, alat komunikasi nirkabel memiliki fungsi yang sama. Sama seperti infrared, bluetooth, atau adi, NFC juga memiliki standar yang sama. Yakni digunakan untuk transmisi data dengan jarak tertentu. Termasuk bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital.

Data kartu debit atau kredit bisa memanfaatkan fitur NFC ini. Fitur ini sudah banyak digunakan sejumlah bank atau jasa keuangan untuk mempermudah konsumennya bertransaksi secara gitial tanpa mengeluarkan kartu atau cukup mengeluarkan ponsel pintar. Semua bisa beres.

3. Memudahkan Koneksi Wifi

Sejumlah lokasi seperti hotel, penginapan, atau wisata menyediakan wifi porter. Wifi Porter memiliki fungsi untuk mempermudah seseorang langsung tersambung dengan wifi. Teknologi NFC mempermudah ponsel tersambung wifi yang diperuntukkan untuk umum.

Wifi di fasilitas umum ini biasanya tidak memerlukan kata sandi. Hanya cukup menempelkan ponsel berfitur NFC, selanjutnya wifi bisa langsung tersambung tanpa kata sandi. Teknologi ini mempermudah siapa saja yang ingin tersambung wifi tanpa harus bingung password.

4. Menyambungkan Ponsel ke Laptop

Tidak hanya ponsel, beberapa merek laptop juga memilki fitur NFC. Teknologi nirkabel ini mempermudah ponsel yang akan mengirim data atau dokumen ke laptop. Sehingga tidak perlu mencari kabel data atau card reader. Cukup dekatkan dua gawai dan langsung tersambung.

NFC memiliki standar yang digunakan untuk transmiri. Perangkat berfitur NFC harus memiliki spesifikasi tertentu. Tujuannya agar komunikasi nirkabel antar kedua gawai dapat berjalan lancar. Untuk mengirim informasi, kedua gawai menggunakan induksi elektromagnetik.

5. Mempermudah Koneksi ke Pengeras Suara

Setelah pengembangan fitur NFC, bermusik kini tidak lagi ribet. Kamu yang ingin menikmati musik menggunakan headset, speaker, atau pengeras suara juga bisa memanfaatkan fitur tanpa kabel ini. Cukup mendekatkan dan melakukan sinkronisasi ponsel dengan speaker.

Yang perlu diketahui, tidak semua pengeras suara memiliki fitur NFC ini. Sebelum menafaatkan teknologi ini, lebih baik kamu memastikan dulu apakah speaker memiliki fitur penunjang teknologi nirkabel atau tidak. Dengan demikian, acara bermusik kamu bisa lebih lancar.

6. Mengendalikan Smartphone Lain

Dua ponsel yang sama-sama memiliki fitur NFC dapat terkoneksi satu sama lain. Jika sudah tersambung, ponsel satu bisa mengendalikan ponsel lainnya. Seperti memantau aplikasi apa saja yang sudah diakses, hingga melihat aktivitas pengguna ponsel lainnya.

Fitur ini cocok bagi kamu yang memiliki dua ponsel. Jika suatu saat ponsel hilang di tempat yang kamu lupa menaruhnya, kamu bisa mengunci atau melacak keberadaan ponsel lain tersebut melalui ponsel yang terhubung NSC. Dengan demikian, ponsel bisa mudah ditemukan.

7. Menyarankan Aplikasi Antar Smartphone

Saat kami memiliki aplikasi yang keren, biasanya temanmu akan bertanya seputar aplikasi tersebut. Daripada kesulitan untuk menjelaskan, kamu bisa menggunakan fitur NFC untuk menyarankan aplikasi tersebut.

Bagi pengguna Android, bisa memungkinkan untuk pengiriman aplikasi dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Fitur ini juga sangat direkomendasikan untuk pengiriman game multiplier yang membutuhkan dua pemain. Jika sudah terhubung, kedua ponsel bisa saling menyarankan.

8. Bisa Digunakan untuk Apapun

Kelebihan NSC adalah bisa terus berkembang menyesuaikan perkembangan zaman. Dengan fitur ini, pengguna bisa mempermudah transaksi dan transmisi data dalam hitungan detik. Sehingga bisa mengurangi penggunaan transaksi manual yang menggunakan kertas.

Kekurangan NFC adalah tidak bisa menggunakan jarak jauh seperti bluetooth atau wifi. Semua perangkat hampir dipastikan memiliki fitur wifi dan bluetooth, namun tidak semua perangkat memilki fitur NFC. Hal itu dikarenakan fitur NFC kurang familia dan tidak bisa jarak jauh.

Baca Juga : Tips Memperbaiki Kondisi Finansial Ini Agar Kondisi Keuanganmu Kembali Stabil

NFC adalah teknologi lama yang bisa terus di-upgrade mengikuti perkembangan baru zaman. Kecanggihan fitur ini adalah bisa digunakan banyak hal. Hanya saja, belum semua perangkat kompatibel dengan fitur ini. Apalagi di Indonesia, fitur ini masih belum terlalu familiar.

Setelah mengerti pengertian NFC dan berbagai fungsinya, Anda bisa langsung memanfaatkan teknologi tersebut. Jangan-jangan, perangkat ponsel atau laptop yang kamu miliki selama ini tersedia fitur NFC namun kamu belum mengetahui dan tidak bisa menggunakannya.

Di sejumlah negara maju, hampir semua ponsel mereka memiliki fitur ini. Sehingga bukan tidak mungkin, NFC suatu saat akan populer di Indonesia untuk berbagai keperluan dan transaksi. Apalagi, saat ini banyak sektor yang perlahan menggunakan transaksi digital. Seperti pembayaran yang menggunakan cashless

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial