Finansial

Mengenali Software Akuntansi dan Fitur Manfaatnya

Software Akuntansi

Software akuntansi kini dikenal dalam kegiatan bisnis berbagai perusahaan, mulai dari menengah hingga besar. Menggunakan software akan memfasilitasi penyelesaian yang cepat, tepat dan akurat dari semua aspek yang berhubungan dengan perhitungan dan akuntansi perusahaan.

Software memiliki sistem yang dibangun di semua departemen perusahaan, berkat itu ia memiliki kendali yang lebih besar. Nah, bagi anda yang tertarik menggunakan software akuntansi bisnis, berikut akan kami bahas terlebih dahulu dari segi pengertian, fitur, manfaat dan tips memilih penyedia software yang baik untuk membantu.

Apa itu Software Akuntansi ?

Software Akuntansi - Apa Itu Software Akuntansi

Software akuntansi adalah sekumpulan sistem yang dirancang untuk mendukung operasi akuntansi berbasis modular yang saling berhubungan, termasuk pembelian (account payable), penjualan (account receivable), buku besar, penggajian, dan sebagainya. Software akuntansi biasanya dapat dikembangkan oleh perusahaan itu sendiri, atau dapat juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan jasanya.

Tujuan software akuntansi adalah untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan dalam bentuk neraca, laporan laba rugi, cash flow, dan laporan akhir. Anda perlu memasukkan data awal yang perlu diproses di software.

Perangkat lunak akuntansi berjalan secara real-time dari berbagai departemen yang sebelumnya terhubung. Oleh karena itu, misalnya, Anda tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi. Berbagai transaksi terkini seperti penjualan, pembelian, produksi, persediaan dan pengeluaran di perusahaan akan otomatis masuk dalam jurnal dan selalu update setiap saat.

Berkat hal tersebut, semua perhitungan akuntansi dan pembukuan di perusahaan akan lebih otomatis dan mudah. Setelah mengetahui pentingnya software akuntansi, ada beberapa keuntungan menggunakan software.

Manfaat Software Akuntansi

Software akuntansi - Manfaat Software Akuntansi

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh bisnis dari penggunaan software akuntansi:

  • Laporan keuangan merupakan aspek terpenting dari perusahaan, penggunaan software akuntansi akan memudahkan pengerjaan laporan dalam waktu yang singkat.
  • Dapat mengurangi pada perhitungan akibat human error.
  • Menghemat Biaya Perusahaan.
  • Meningkatkan Produktivitas Karyawan.
  • Mempermudah Pengambilan Keputusan.

Itulah beberapa manfaat software akuntansi yang akan didapat perusahaan. Berikut ini adalah beberapa fitur software akuntansi wajib yang wajib Anda miliki.

Sebelum memilih software yang sesuai dan sejalan dengan visi dan misi perusahaan Anda, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih salah satunya, salah satunya adalah fitur-fitur software yang harus Anda miliki. Apa sajakah fitur ini? Mari kita simak poin-poin berikut ini.

Fitur Laporan Keuangan

Tentunya yang terpenting adalah fungsi pelaporan keuangan. Perhatikan kemampuan perangkat lunak untuk menangani double entry dan akuntansi akrual. Selain itu, fungsi penting lainnya adalah neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, cash flow, laporan jurnal dan laporan buku besar.

(Baca Juga: Bagaimana Memilih Financial Planner? Apakah diperlukan?)

Fitur Manajemen Utang Piutang

Fitur ini juga sangat penting untuk aktivitas bisnis Anda. Berkat fitur ini, Anda dapat membuat kewajiban atau piutang dari pelanggan dan supplier serta mengontrol tanggal pelunasan utang.

Fitur Purchasing

Purchasing merupakan kegiatan yang akan selalu ada di industri apapun. Fitur ini akan membantu Anda melihat status dan laporan transaksi seperti pembelian terutang, lunas dan sebagainya. Terlebih lagi, perangkat lunak akuntansi juga harus dapat menagih dan mengembalikan uang pembelian, pembelian, dan pengiriman ke supplier produk.

Fitur Budgeting

Dengan fitur ini, Anda dapat mencatat semua laporan penganggaran yang telah dibuat, seperti membuat anggaran residual atau non residual yang dapat disesuaikan dengan periode kegiatan bisnis Anda. Selain itu, fungsi ini juga dapat digunakan untuk menghitung anggaran pendapatan Anda.

Fitur Financial Forecasting

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling krusial. Tentu saja, dalam bisnis apapun, Anda ingin memperkirakan secara akurat biaya pengurangan pajak Anda. Nah, fitur Financial Forecasting ini dapat membantu Anda mengontrol keuangan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan memaksimalkan keuntungan Anda.

(Baca Juga: Wanita Mandiri secara Finansial, Buktikan Bahwa Itu Adalah Anda)

Contoh Software Akuntansi

Software akuntansi - Contoh Software Akuntansi

Nah, setelah mengerti bagaimana manfaat software akuntansi kami akan menerangkan rekomendasi produk software yang telah ada.

BeeCloud

Software akuntansi ini dikembangkan oleh anak-anak dari kota Pahlawan Surabaya. Unik, andal, dan sangat cocok dengan bisnis dan perpajakan Indonesia.

Software yang mengusung slogan “Software Akuntansi No 2 se-Indonesia” ini dikenal mudah, akurat dan hemat biaya. Ada dua versi, desktop dan cloud. Anda hanya perlu memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Seperti dilansir di situsnya, Bee cloud adalah perangkat lunak akuntansi berbasis web dengan sistem persetujuan dasbor seluler.

Anda dapat mengontrol bisnis Anda kapan saja, dimana saja. Apalagi, beecloud mendukung Android, iPad, PC. Lengkap banget kan? Untuk mengantisipasi perubahan dalam bisnis, lingkungan dan teknologi, Beecloud hadir dengan serangkaian fitur yang tepat untuk mendukung pengembangan ini. Jika software akuntansi ini menjadi alternatif untuk bisnis Anda, cukup buka: Bee Accounting Software atau kunjungi www.beecloud.id.

Integrated System

Integrated System merupakan produk rumah perangkat lunak yang membuat aplikasi untuk perusahaan komersial (distributor, grosir) dan POS (retail).

Jadi logikanya software ini akan bagus untuk perusahaan dagang. Mereka telah mengembangkan software sejak tahun 1991, dimulai dengan versi DOS, versi Windows, dan sekarang sudah tersedia dengan database MySQL. Aplikasi / software akuntansi terbaik ini cukup kuat dan cocok untuk perusahaan perdagangan seperti perusahaan distribusi untuk mengelola pembelian dan penjualan serta inventaris.

Menurut pengembang perangkat lunak ini, dimungkinkan untuk mengontrol inventaris barang masuk dan keluar dengan benar. Penggunaannya juga mudah, cukup masukkan data ke dalam aplikasi ini dan aplikasi ini secara otomatis akan menganalisis perkembangan penjualan bisnis Anda. Jika Anda mencari informasi lebih lanjut, kunjungi situs resminya.

MAS

Daftar software akuntansi terbaik lainnya adalah MAS. Aplikasi akuntansi ini memiliki modul dan fitur standar yang hampir sama dengan produk lain. Ini mendukung banyak mata uang dan ada lebih dari 300 jenis laporan dan grafik.

Menurut informasi dari situs webnya: www.mas-software.com, jumlah pengguna telah melebihi 10.000. 

EAS

Software akuntansi EAS merupakan produk dari Megasoft yang mengklaim sebagai perusahaan pengembang software akuntansi terbaik di Indonesia.

Di situs resminya, mereka melanjutkan peningkatan kreativitasnya dan berusaha memberikan layanan terbaik kepada para pengguna software. Antara lain dengan memberikan pengalaman bisnis melalui bantuan berupa software yaitu untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Slogan yang disematkan software ini adalah “Software akuntansi tercepat dan terlengkap di Indonesia”, yuk buktikan sendiri!

Sistem akuntansi merupakan software yang memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola berbagai proses yang berkaitan dengan keuangan, dengan benar dan cepat melakukan tugas keuangan. Sistem ini tidak menggantikan peran akuntan dalam mengelola keuangan organisasi, tetapi mempermudah pekerjaannya sehingga dapat bekerja lebih efisien.

Tanpa bantuan sistem akuntansi, pemilik bisnis atau manajer akuntansi dapat menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat laporan keuangan, membuat berbagai dokumen, atau merekonsiliasi rekening dan laporan bank. Perangkat lunak ini membantu mereka mendapatkan wawasan lengkap tentang situasi keuangan mereka sehingga keputusan dapat dibuat dengan lebih cerdas.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial