Finansial

Mengapa Sulit Menabung? Ketahui Tanda-Tandanya, dan Cara Mengatasinya

Mengapa Sulit Menabung? – Dampak utama dari pandemi virus corona ini adalah masalah kesehatan. Namun, tidak hanya itu rupanya, dampak kedua di bawah urutan kesehatan yang cukup krusial atau polemik adalah masalah perekonomian. Terutama untuk Anda yang mengalami masalah sulit menabung.

Perekonomian menjadi dampak yang cukup besar juga hingga menyusut drastis, tidak sedikit pula orang yang menjadi korban PHK atau pemutusan hubungan kerja. Akan tetapi hal ini di Indonesia dan beberapa negara masih mengalami resesi.

Bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan, bagaimana cara Anda dalam mengatur atau mengelola hingga menghemat biaya selama masa pandemi? Melalui sebuah survei juga sudah pasti sebagian besar jawaban adalah dengan cara menabung. Menurut sebuah penelitian, ada yang dinamakan dengan “strategi CEO”. Hal ini merupakan usaha untuk menghemat atau pemotongan biaya, mendapatkan penghasilan lebih banyak, dan sebisa mungkin untuk mengoptimalkan tekanan pada pengeluaran dan dari hal itu mengakibatkan orang sulit menabung.

Namun, penelitian tersebut membuahkan hasil berupa tahap yang perlu ditekankan adalah memaksa energi untuk melakukan pemotongan biaya. Atau dengan kata lain menghindari pengeluaran dengan nominal besar atau tinggi.

(Baca Juga: 7 Cara Membuat Budgeting Pribadi Secara Praktis Dan Mudah)

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kebanyakan orang menjadi sulit menabung. Hal ini kemungkinan dikarenakan oleh gaji yang didapat hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Ditambah apabila membutuhkan kebutuhan yang harganya lumayan mahal dan mengharuskan untuk merogoh kocek secara tunai dalam nominal yang tidak sedikit yang membuat orang sulit menabung. Padahal dalam mengatasi masalah ini seharusnya Anda dapat menggunakan kartu kredit sehingga tidak pusing untuk mencari uang tunai jika ada kendala.

Kartu kredit berperan penting karena Anda dapat membeli barang atau kebutuhan tersebut dengan cara mencicilnya setiap bulan. Banyak pihak yang menyediakan layanan kredit menjanjikan dengan bunga nol persen hingga 12 bulan bahkan lebih. Selain itu, ada banyak promo yang menggiurkan seperti diskon pembelian 1 gratis 1 barang lagi, potongan harga, dan sebagainya. Dengan ini Anda dapat menyisihkan uang lain yang digunakan untuk menabung.

Hal ini dikarenakan fitur yang ada dalam kartu kredit dapat memenuhi sebagian kebutuhan yang akan Anda belanjakan. Dengan ini apakah Anda masih ragu untuk memiliki kartu kredit ini? Dan apakah Anda tetap memilih menggunakan uang gajian Anda seluruhnya yang membuat Anda merupakan orang sulit menabung? Lalu apa yang membuat Anda sulit menabung?

Tanda Jika Anda Sulit Menabung

Pada dasarnya biasanya juga dapat terjadi dikarenakan Anda enggan menggunakan kartu kredit. Ketahui tanda-tandanya sebagai berikut ini :

⦁ Ketika Ingin Membeli Barang               Hanya Menjadi Rencana

Sulit Menabung - Ketika Membeli Barang Hanya Menjadi Rencana

Bagi Anda yang ingin membeli berbagai barang sudah pasti sulit diwujudkan jika Anda tidak menabung. Terlebih apabila barang yang akan Anda beli memiliki nilai yang cukup tinggi untuk diraih. Hal ini akan semakin sulit tercapai atau hanya menjadi angan-angan, tidak bisa terwujud. Keinginan tersebut selamanya akan menjadi rencana apabila tidak ada aksi untuk meraihnya atau menunda-nunda dana yang pada kala itu sudah dipergunakan untuk memenuhi keperluan lain.

⦁ Impulsif dan Barang Mahal Tidak       Terbeli

Sulit Menabung - Implusif dan Barang Mahal Tidak Terbeli

Pada umumnya orang yang sulit menabung akan selalu mengeluarkan dana untuk keperluan yang tidak pernah direncanakan sebelumnya atau disebut impulsif. Hal ini merupakan kecenderungan membeli barang yang remeh yang hanya sekadar sebuah keinginan. Sehingga kemudian kebutuhan yang asli terabaikan dikarenakan tidak ada dana yang cukup untuk membelinya. Oleh karena itu disarankan untuk memakai kartu kredit agar orang yang sulit menabung tetap dapat memenuhi kebutuhan yang seperti itu, dan penghasilan dari pekerjaan dapat digunakan untuk menabung.

⦁ Mengabaikan Kartu Kredit

Sulit Menabung - Mengabaikan Kartu Kredit

Apabila selama ini Anda termasuk orang yang sulit menabung dan memiliki kebutuhan yang tidak sedikit jumlahnya dan Anda perlu untuk membelinya maka kartu kredit dapat menjadi solusinya. Dengan kartu kredit Anda dapat dengan mudah mendapatkan barang yang menjadi kebutuhan Anda tanpa memerlukan atau menunggu waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, jangan sampai Anda menjadi orang yang merugi dengan enggan mengetahui manfaat dari kartu kredit, ya. Tentunya dalam menggunakan kartu kredit tetap menjadi orang yang bijak dan disiplin, tidak sembarangan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika akan menggunakan kartu kredit dan memanfaatkannya dengan cara yang baik dan benar. Simak tips berikut ini untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak :

Cara Mengatasi Sulit Menabung

⦁ Membeli Barang yang penting Saja    dan Pastinya Bermanfaat

Sulit Menabung - Membeli Barang yang Penting Saja dan Pastinya Bermanfaat

Jangan membeli barang yang tidak penting yang hanya mengikuti nafsu atau keinginan. Belilah barang yang sudah pasti menjadi kebutuhan dan menimbulkan manfaat dalam penggunaannya agar tidak terkesan boros karena banyak pengeluaran. Hal ini menjadi poin atau bagian terpenting dalam rencana pembelian.

(Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi)

⦁ Pahami Cicilan yang Menjadi               Kebijakan Bank

Pembelian secara kredit sudah pasti pembayarannya dilakukan dengan cara mencicil dikarenakan tidak ada dana yang cukup secara tunai. Pastikan bahwa Anda memahami proses cicilan yang berlangsung yang mana sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan, terlebih bagi Anda yang menginginkan cicilan dengan bunga 0%. Hal ini sudah pasti membutuhkan beberapa syarat dan harus dipenuhi. Dengan mematuhi segala persyaratan yang ada, dapat membantu melancarkan proses pembelian hingga selesai dalam pembayaran.

⦁ Sesuaikan Pembayaran Cicilan            dengan Kemampuan

Perlu bagi Anda untuk memiliki komitmen dalam pembayaran cicilan, terlebih apabila pembelian yang dilakukan dengan dana yang cukup mahal. Sehingga sebelumnya penting bagi Anda untuk menentukan masa cicilan yang tepat disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi keuangan Anda, jangan menjadi beban. Dengan ini pembelian yang Anda lakukan tidak terjadi keberatan dalam masalah keuangan Anda dan proses cicilan pembayaran tetap berjalan dengan baik setiap bulannya.

⦁ Manfaatkan Promo

Jangan melewatkan promo atau diskon ketika akan melakukan pembelian, lakukan riset sebanyak-banyaknya sebelum mengambil keputusan, jangan terlalu cepat. Selain demi mendapatkan produk terbaik, Anda juga dapat menghemat uang yang digunakan untuk belanja. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan kartu kredit dan menabung uang Anda dengan kartu kredit untuk nantinya digunakan dalam pembelian barang yang menjadi kebutuhan Anda dapat menjadi keputusan yang tepat untuk diambil, terlebih bagi Anda yang sulit untuk menabung. Jadi, pembelian barang perlu direncanakan dengan baik.

Selain itu, tanamkan komitmen dalam diri Anda untuk membayar cicilan dengan tepat waktu. Hal ini mencegah risiko masalah yang timbul akibat pembelian yang Anda lakukan.

Pengeluaran Besar yang Bisa Dikurangi

Terdapat beberapa pengeluaran yang sifatnya dapat ditekan, misalnya biaya sewa yaitu biaya sewa rumah, makan di luar, dan membeli barang material yang sifatnya keinginan, bukan kebutuhan. Pada masa pandemic in banyak restoran yang tutup karena dilakukan pembatasan. Selain itu anda juga dapat tinggal di kos atau apartemen yang lebih murah.

 

Bagi Anda masih lajang atau sendiri, Anda juga dapat mengajak orang untuk tinggal bersama Anda sehingga biaya yang dikeluarkan dapat dibagi nantinya. Selain itu, perlu untuk meningkatkan tabungan dan merencanakan tabungan darurat dalam kurun waktu satu tahun. Jadi, Anda jika sulit menabung akan membuat finansial Anda menjadi kacau dalam memenuhi kebutuhan hidup dan mulai belajar menabung secara bertahap-tahap atau dengan nominal sedikit dulu.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial