Finansial

Membuat Tabungan Anak Agar Masa Depan Anak Cerah

Tabungan Anak

Menabung merupakan aktivitas positif yang dapat Anda ajarkan atau menjadikan kebiasaan sejak kecil ke buah hati Anda. Pada umumnya aktivitas ini biasanya dimulai dengan memiliki tabungan anak yang dilakukan di rumah. Selain membuat anak terbiasa menyisihkan sebagian uang jajan mereka, aktifitas ini juga membuat anak secara tidak langsung mengajarkan cara mengatur uang mereka sendiri. 

Apabila Anda sudah memiliki buah hati, maka aktivitas menabung mulai ditanamkan sejak kecil agar menjadi kebiasaan hingga dewasa nanti yang berguna baginya

Sebagai awalan Anda dapat mengajarkan buah hati Anda dengan menabung menggunakan uang koin terlebih dahulu sampai celengannya penuh. Setelah hal itu sudah menjadi kebiasaan, Anda dapat mengajarkan menabung menggunakan uang kertas

Membuat Tabungan Anak Agar Masa Depan Cerah

Tabungan Anak - Membuat tabungan anak agar masa depan cerah

 

 

Aktivitas menabung apabila sudah menjadi kebiasaan, lama kelamaan jumlah tabungan ini tentu akan semakin banyak atau penuh tanpa disadari dan anak tidak pernah membelanjakan atau membuka celengannya. Saat celengan itu penuh pastinya anak Anda penasaran dengan jumlah uangnya dan dimana saat membuka celengan pastinya buah hati Anda sangat senang. Anda Pun dapat memulai membiasakan anak memiliki tabungan yang lebih resmi dalam bentuk rekening bank yaitu tabungan anak. 

(Baca Juga: Pentingnya Dana Darurat Untuk Masa yang Akan Datang)

Tabungan anak adalah simpanan di bank berbentuk rekening tabungan dan bertujuan untuk mengajarkan anak tentang keuangan mulai kecil. Tabungan jenis ini tetap dipegang dan dibuka oleh orang tua, tetapi tetap menggunakan nama anak sebagai nasabah dalam pembuatan rekening ini.

Tabungan ini memiliki fitur-fitur yang mendukung dan biasanya cukup sederhana. Tabungan ini khususnya sebagai simpanan saja, tabungan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya menabung sejak kecil. Dengan begitu, anak-anak bisa belajar mengatur keuangannya di masa depan kelak.

Tabungan dalam bentuk rekening bank dapat menjadi pertimbangan untuk tabungan anak Anda. Pertanyaan kapan waktu yang paling tepat Anda sebagai orangtua untuk membuat rekening bank untuk anak?

Tabungan Bank yang Khusus Anak

Tabungan Anak - Tabungan Bank yang khusus anak

Memulai membiasakan anak untuk mengenal uang dan cara mengelolanya sejak awal memang perlu, agar membuat mereka lebih familiar atau mengetahui. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para orangtua adalah dengan membuka tabungan bank bagi anaknya agar menabung menjadi kebiasaan sejak dini. 

Pada umumnya, sebagian sekolah sudah menerapkan dan membiasakan anak-anak didik mereka untuk menabung di sekolahan. Dari pihak sekolah memfasilitasinya dengan mengadakan program tabungan yang secara khusus dibuat bagi anak-anak didiknya. Namun selain hal itu, Anda Pun tentu bisa membuka sendiri rekening tabungan untuk anak Anda di bank.

Saat ini, beberapa bank terbesar di tanah air sudah menerapkan program tabungan untuk anak dan bekerja sama dengan Lembaga pendidikan. Layanan ini akan memungkinkan anak memiliki rekening sendiri atas nama mereka, di mana anak dapat menabungkan uang mereka dengan leluasa dan aman. Tabungan ini merupakan program pemerintah untuk membiasakan atau mengenalkan anak untuk memiliki budaya menabung sejak dini. 

Selain itu, tabungan ini berguna untuk Anda sebagai orangtua menjadi lebih mudah untuk mengelola dan memisahkan sendiri uang anak, sehingga tidak tercampur dengan dana lainnya. Hal ini juga akan memungkinkan uang anak tetap aman dan tidak digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya. 

Tabungan ini, tentunya tidak akan sama dengan tabungan orang dewasa pada umumnya. Karena usia anak belum memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai transaksi keuangan sendiri berbeda dengan orang dewasa makanya tabungan anak berfungsi untuk menabung saja. 

Ada beberapa hal yang membedakan rekening tabungan anak dengan rekening bank pada umumnya, sebagai berikut ini:

  • Mengenai jumlah biaya administrasi tabungan anak pada umumnya jauh lebih murah dibandingkan dengan tabungan biasa.
  • Tabungan ini tidak disertai dengan kartu ATM agar anak tidak akan bisa melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM. 
  • Penarikan tunai hanya dapat dilakukan di teller saja dan di dampingi orang tua/ wali. 
  • Tabungan ini tidak bisa digunakan untuk berbelanja dan kebutuhan pembayaran lainnya karena fungsi tabungan ini hanya untuk menabung saja.

Jenis Tabungan Anak

Tabungan Anak - Jenis tabungan anak

Tabungan anak tidak berbeda dengan produk tabungan lainnya karena bunga yang diberikan berkisar antara 0,30 persen sampai dengan 1,75 persen per tahun. 

Apabila dibandingkan dengan inflasi, tentu saja tidak menguntungkan. Akan tetapi, tabungan anak ini sebagai pembelajaran dan memotivasi anak-anak untuk bisa menabung uang dengan usaha sendiri.

Tabungan anak punya ketentuan khusus dibandingkan dengan tabungan umum lainnya, yaitu dapat dibuka atau dibuat dengan nilai setoran pertama yang terhitung rendah dibandingkan tabungan lainnya. Selain itu, ada juga tabungan anak yang menerapkan saldo awal cukup tinggi. Selain itu, untuk hal itu, beberapa bank menyediakan tema-tema khusus seperti film atau mainan anak-anak dalam bentuk kartu ATM dan buku tabungan hanya untuk seri anak-anak karena untuk mengikat anak agar merasa senang dan juga membuat anak lebih rajin lagi dalam menabung.

Keuntungan yang Dapat Didapatkan serta Waktu yang Tepat Untuk Membuka Rekening Anak

Tabungan anak - Keuntungan yang didapatkan serta waktu yang tepat untuk membuka rekening anak

Sebagai orang tua, Anda harus sangat teliti apabila ingin memberikan sesuatu kepada anak agar masa depan anak cerah. Apabila Anda sudah berniat untuk memberikan anak Anda rekening tabungan sendiri, hal ini merupakan awalan untuk anak Anda memulai mengenal lebih lagi mengenai keuangan dan cara mengaturnya. Karena dari rekening tabungan, Anda dapat mengajari atau memberikan pembelajaran tentang menyimpan uang agar lebih aman salah satunya dari rekening tabungan tersebut.

Saat anak mulai diberikan rekening tabungan sendiri, itu merupakan hal baru bagi anak dan memberikan anak untuk tanggung jawab untuk mengatur dengan keuangannya sendiri dalam kehidupan mereka. 

Hal ini perlu untuk menambah wawasan dan rasa tanggung jawab untuk anak Anda. Anak Pun akan terbiasa disiplin dalam membelanjakan uang, bahkan mulai belajar untuk bisa lebih hemat karena mereka juga harus menyisihkan uang sakunya untuk menabung. Semua ini akan memberikan dampak positif bagi anak, namun juga diimbangi dengan penjelasan yang mudah mereka tangkap sejak awal. 

Dari tabungan ini bukan anak saja yang mendapatkan manfaat namun Anda sebagai orang tua juga mendapatkannya. Karena Anda dapat lebih mudah menyisihkan dana untuk kebutuhan anak langsung ke tabungan anak Anda, tanpa perlu khawatir dana tersebut akan terpakai untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Waktu yang paling tepat untuk memberikan tabungan bagi anak adalah ketika Anda sudah yakin dan berniat untuk menyisihkan dana bagi anak seperti keperluan anak terutama pendidikannya. Waktu ini lah yang tepat untuk membuka tabungan anak agar tidak kecampuran dengan kebutuhan lainnya

Kekurangan Tabungan Anak

  • Bunga rendah
  • Pembatasan penarikan jumlah uang dalam ATM
  • Pembatasan beberapa fitur

Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, tabungan anak pasti tetap lebih banyak memberikan manfaat, terutama tentang keamanan dana untuk anak Anda sendiri. Selain anak Anda mendapatkan edukasi untuk menyimpan uang dengan baik dan aman, Anda sebagai orang dapat lebih mudah untuk memantau tabungan untuk anak Anda.

(Baca Juga: Mengapa Sulit Menabung? Ketahui Tanda-Tandanya, dan Cara Mengatasinya)

Perlu diperhatikan bahwa tabungan ini mungkin bukan pilihan yang tepat sebagai simpanan untuk rencana pendidikan anak karena tabungan ini mengutamakan untuk mengedukasi anak dalam menabung. Apalagi jika melihat biaya pendidikan sekarang ini yang cukup tinggi mencapai sekitar 10 persen per tahun dan tentunya yang sulit diimbangi dari biaya pendidikan yang semakin tinggi. 

Mulai Dini Biasakan Anak Anda Menabung dan Pilih Tabungan yang Tepat 

Membuka rekening tabungan sendiri bagi anak merupakan salah satu cara tepat untuk awalan mengenai keuangan, membiasakan anak menabung dan mengelola uang mereka sejak dini. Saat ini ada banyak produk tabungan khusus untuk anak yang bisa ditemukan dengan lebih mudah yang diberikan oleh pihak bank. Anda harus dapat memilih tabungan yang paling tepat dan mulai biasakan anak menabung sejak sekarang juga.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial