Finansial

Pengertian Serta Manfaat Gaya Hidup Minimalis Dalam Finansial

thumb hidup minimalis - manfaat gaya hidup minimalis dalam finansial

Gaya hidup minimalis kini semakin disukai oleh kaum muda perkotaan. Sebab, gaya hidup ini tidak hanya bagus untuk kesehatan mental tetapi juga untuk bagus untuk kamu yang tengah membangun finansial.

Baca Juga : Kecerdasan Finansial yang Harus Dimiliki Agar Keuangan Stabil

Lalu, selain itu apa sajakah manfaat gaya hidup minimalis dalam finansial yang perlu kamu ketahui? Yuk simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

Menurut beberapa cerita, gaya hidup minimalis berawal dari kebudayaan masyarakat Jepang yang menyukai segala hal yang sederhana. Hal ini kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menghasilkan gaya hidup minimasi yang kamu kenal selama ini.

Meskipun gaya hidup minimalis sudah sangat populer tetapi sayangnya masih banyak masyarakat yang keliru dengan gaya hidup ini. Padahal sejatinya gaya hidup ini memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi finansial serta lingkungan sekitar.

Gaya hidup minimalis sendiri mengajarkan untuk kembali ke kebutuhan dasar serta, sederhana serta tidak berlebihan. Gaya hidup ini cenderung mengutamakan kualitas dibandingkan dengan kuantitas. Filosofi yang dianutnya kurang lebih adalah less is more alias sedikit itu lebih baik.

Oleh sebab itu, tidak perlu heran jika kamu melihat banyak penganut gaya hidup minimalis yang menggunakan barang-barang secondhand alias barang bekas atau menggunakan barang-barang yang sudah lama. Asalkan masih berfungsi dengan baik maka seorang minimalis tidak perlu menggantinya.

Dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa kamu bayangkan sendiri berapa besar penghematan yang bisa dilakukan. Selain tidak membutuhkan banyak barang, harga barang-barang bekas cenderung lebih murah sehingga kamu bisa menyimpan uangmu untuk keperluan lain yang lebih penting.

Apa Saja Manfaat Gaya Hidup Minimalis Dalam Finansial?

Meskipun sebenarnya gaya minimalis lebih dahulu diaplikasikan dalam bidang seni teritama arsitektur. Sekarang, gaya minimalis sudah menjelma menjadi gaya hidup yang bisa disukai oleh kaum muda tanah air karena manfaat yang diberikan terutama dari segi finansial.

Meskipun terkesan sepele tetapi jika dilakukan baik-baik maka kamu akan bisa merasakan perubahan besar yang terjadi. Jika kebetulan kamu berminat untuk hidup lebih hemat maka ada baiknya untuk memperhatikan berbagai manfaat gaya hidup minimalis dalam finansial di bawah ini.

1. Lebih Hemat

Keuntungan terbesar dari menjalankan gaya hidup minimalis adalah penghematan yang cukup besar. Sebab dengan memiliki lebih sedikit barang maka kamu bisa menggunakan uang yang kamu miliki untuk kepentingan lain yang lebih bermanfaat seperti menabung atau investasi.

Menjadi seorang minimalis bukan berarti membuatmu menjadi pelit. Hanya saja kamu akan mulai terbiasa untuk tidak bersikap konsumtif yang suka membeli barang-barang yang tidak perlu. Oleh sebab itu, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk dasar saja seperti membayar tagihan atau asuransi.

2. Tidak Butuh Tempat Tinggal yang Terlalu Luas

Jika kamu masih kost atau menyewa rumah tentu paham jika semakin luas tempat tinggal maka harga sewanya akan semakin mahal. Hal ini tantu akan menjadi masalah jika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.

Harga properti yang tinggi mau tidak mau membuat harga sewa semakin mahal. Oleh sebab itu, dengan gaya hidup minimalis maka kamu tidak membutuhkan tempat yang terlalu besar. Dengan barang yang lumayan sedikit maka kamu masih bisa hidup nyaman di tempat sempit yang berharga murah.

Tidak hanya itu, kegiatan bersih-bersih juga akan menjadi jauh lebih gampang dan cepat sehingga kamu akan punya lebih punya banyak waktu luang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan hobi atau lebih banyak istirahat.

3. Mendapat Uang Tambahan

Bila kamu baru mulai menjalani gaya hidup minimalis pasti kamu akan menjual barang-barang yang dirasa tidak diperlukan. Agar kamu tidak terlalu rugi maka kamu bisa menjual barang-barang tersebut di pasar loak atau marketplace agar lebih mudah terjual.

Meskipun harga barang bekas tidak terlalu mahal tetapi hal tersebut tentu masih mending dibandingkan dengan membuangnya. Uang yang kamu peroleh dari hasil penjualan barang-barang tersebut selanjutnya bisa kamu gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

4. Mengurangi Stres

Mengurangi stres merupakan salah satu manfaat tidak langsung dari gaya hidup minimalis. Ruangan yang memiliki sedikit barang cenderung lebih terlihat tenang dan rapi sehingga bisa membuat suasana yang menyenangkan bagi penghuninya.

Stres diketahui bisa menyebabkan berbagai penyakit yang membutuhkan perawatan medis. Padahal, perawatan kesehatan saat ini bisa dikatakan lumayan mahal, Jadi, jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan kesehatan maka sebaiknya kurangi stres dengan hidup lebih sederhana.

5. Lebih Produktif Dalam Bekerja

Hal ini masih ada kaitannya dengan penurunan tingkat stres serta waktu luang yang semakin bertambah. Seperti yang diketahui jika stres bisa menurunkan semangat dan juga  produktivitas kerja. Jika hal tersebut terjadi tentu bisa berakibat pada sumber pendapatan.

Dengan gaya hidup minimalis yang lebih sederhana maka kamu bisa mendapatkan lebih banyak waktu luang. Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini di mana banyak perusahaan yang lebih memilih mengharuskan karyawannya untuk bekerja dari rumah sehingga lebih santai.

Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis?

Dengan berbagai manfaat dari gaya hidup minimalis, tidak ada salahnya jika kamu mulai melakukan gaya hidup tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan perlahan dan tidak perlu terburu-buru. Jika kamu tertarik, berikut beberapa cara untuk memulai menjadi seorang minimalis.

1. Yakin Menjadi Seorang Minimalis

Pertama, kamu harus meyakinkan diri jika kamu benar-benar ingin mengadopsi gaya hidup minimalis. Keinginan menjadi seorang minimalis harus datang dari diri sendiri dan bukan sekadar mengikuti tren belaka. Tanpa adanya keyakinan yang kuat maka kamu bisa saja berubah pikiran di tengah jalan.

Padahal untuk menjadi seorang minimalis adalah keputusan yang cukup besar karena hal ini akan mengubah kebiasaan hidup sehari-hari. Jika tiba-tiba berubah pikiran tentu kamu akan kesulitan untuk beradaptasi kembali.

2. Merapikan Barang-Barang yang Tidak dipakai

Inti dari gaya hidup minimalis adalah memanfaat suatu barang semaksimal mungkin. jadi, jika kamu memiliki banyak barang berserakan maka sebaiknya dirapikan terlebih dahulu. Pilah-pilah mana yang benar-benar diperlukan dan mana yang seharusnya disimpan atau dijual kembali.

Selain membuat tempat tinggal menjadi lebih rapi dan lapang, kamu juga bisa membebaskan diri dari  tumpukan barang-barang yang tidak diperlukan. Pada awalnya, ini mungkin akan terasa aneh karena tidak terbiasa. Namun, seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa dengan gaya hidup ini.

3. Rawat Barang yang dimiliki

Setelah memilah barang maka selanjutnya kamu perlu merawat barang-barang yang tersedia dengan baik. Dengan perawatan yang baik maka barang-barang tersebut akan lebih awet sehingga bisa digunakan lebih lama sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli yang baru.

4. Gunakan Produk Daur Ulang

Untuk lebih menghemat tempat, kamu bisa mulai dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang kamu miliki untuk bisa digunakan lagi. Dengan begini kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang baru karena bisa menggunakan barang lain.

5. Mengatur Waktu Dengan Lebih Baik

Gaya hidup minimalis tidak hanya mengajarkan kamu untuk hidup sederhana tetapi juga efisien dalam memanfaatkan waktu. Dengan membiasakan diri untuk memprioritaskan barang-barang yang lebih  penting maka kamu juga dituntut  untuk mulai mengatur waktu dengan lebih baik.

6. Membeli Produk Berkualitas Terbaik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gaya hidup minimalis lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Hal ini berlaku untuk kualitas barang yang kamu beli. Dibandingkan membeli produk berkualitas buruk tentu lebih baik jika membeli sesuatu yang mahal tetapi berkualitas tinggi.

Selain lebih awet dan tahan lama, keamanan produk-produk tersebut juga lebih bisa dijamin. Tidak hanya itu, dengan semakin sedikit membeli barang maka sampah yang kamu hasilkan juga akan lebih sedikit sehingga tidak perlu banyak waktu untuk memilih dan membuangnya.

Jika kamu mulai menerapkan gaya hidup minimalis maka secara tidak langsung kamu juga tengah menjalankan gaya hidup yang lebih berkelanjutan (sustainable). Sebab, kamu akan menghasilkan lebih sedikit sampah yang mencemari lingkungan.

Baca Juga : Langkah Menuju Kebebasan Finansial untuk Mencapai Titik Hidup Tertinggi

Dengan berbagai manfaat gaya hidup minimalis dalam finansial maupun bidang lainnya maka ada baiknya jika kamu mulai menerapkan gaya hidup tersebut. Tidak perlu mengubah seluruhnya jika belum sanggup. Meskipun sedikit tetapi hal tersebut tentu akan mengubah kebiasaan hidup di kemudian hari.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial