Finansial

Bagaimana Memilih Financial Planner? Apakah diperlukan?

Mungkin banyak dari Anda yang berpikiran bahwa seberapa penting peran dari seorang Financial Planner? Sedangkan dalam benak Anda, Anda mampu untuk mengatur dan mengelola keuangan Anda sendiri. Hal itu mungkin dibenarkan bahwa Anda bisa untuk melakukan hal itu. Akan tetapi apabila ingin berhasil dalam permasalahan tersebut, akan membutuhkan banyak materi hingga waktu untuk dapat mempelajarinya.

Pernyataan tersebut sama halnya dengan apabila Anda dalam keadaan tubuh yang sakit atau sedang tidak sehat dan mengharuskan untuk pergi ke dokter. Selain itu, kendaraan anda mengalami kerusakan berat yang mengharuskan dibawa ke bengkel, dengan alasan mereka atau tempat-tempat tersebut sudah ahli di bidangnya dalam menangani permasalahan Anda. Namun, yang menjadi permasalahan di sini adalah apa yang akan Anda lakukan jika kondisi keuangan Anda saja tidak sehat?

Hal yang Membuat Anda Membutuhkan Financial Planner?

Seperti layaknya dokter yang Anda butuhkan ketika Anda sedang dalam keadaan sakit Seorang Financial Planner juga bagaikan dokter bagi keuangan Anda yang sedang tidak sehat kondisinya. Namun hal ini banyak diremehkan dengan alasan simpanan yang ada dalam pos-pos finansial masih kecil dan belum membutuhkan saran dari Financial Planner apalagi jika harus membayar. Padahal, demi keuangan Anda yang baik dan sehat, Anda sangat memerlukannya.

Pada dasarnya perencana keuangan adalah seorang ahli keuangan dengan pekerjaannya yang membantu klien dalam mengatur, mengelola, dan merencanakan keuangan untuk masa depan Anda seperti biaya pensiun, dana pendidikan, biaya untuk membeli rumah, dan lain sebagainya. Untuk mencapai impian atau tujuan Anda di masa mendatang, Anda perlu mengelola dan merencanakannya dari awal. Terdapat banyak manfaat apabila Anda menyewa Financial Planner, lho, apa saja?

 1. Memberi Foto Objektif Keadaan Finansial

Financial Planner - Memberi Foto Objektif Keadaan Finansial

Menjadi seorang yang objektif dalam bersikap ketika sedang mengelola keuangan merupakan hal yang cukup diperlukan. Namun akan berbeda cerita apabila dalam hal ini yang dikelola adalah kondisi keuangan sendiri. Sudah pastinya akan terasa sulit apabila mengharuskan untuk bersikap objektif. Mungkin akan bisa berpikir jernih dan rasional dalam mengambil keputusan ketika dalam masalah lain.

Akan tetapi hal tersebut tidak banyak yang terjadi apalagi menyangkut dengan masalah keuangan keluarga. Banyak yang tidak memungkiri atau memahami kondisi keuangannya, misalnya saja tidak punya cukup uang namun tetap ingin memasukkan anaknya ke sekolah kelas internasional. Hal ini tidak bisa masuk di akal. Oleh karena itu banyak orang dalam ekonomi tingkat menengah yang memiliki uang cukup lebih, namun memiliki hutang yang tidak terkendali pada kartu kredit.

(Baca Juga: Pentingnya Dana Darurat Untuk Masa yang Akan Datang)

Akan berbeda halnya apabila Anda tidak memiliki emosional yang berlebih terhadap kekayaan Anda maka perencanaan hingga pengelolaan keuangan dapat ditanggapi secara objektif. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan diagnostic atau dengan istilah financial check-up. Financial Planner akan membantu Anda untuk menyeleksi, menginput, dan kemudian dikalkulasi untuk kemudian dilakukan Analisa atas keuangan Anda untuk diketahui apakah dalam kondisi sehat atau tidak. Apabila dalam kondisi sulit, kesalahan-kesalahan dalam pengelolaan akan terpampang nyata dan dapat dilakukan evaluasi serta solusi pemecahannya.

2. Orang yang Sudah Ahli Dibidangnya

Financial Planner - Orang yang Sudah Ahli Dibidangnya

Keuntungan ketika Anda menyewa seorang Financial Planner adalah Anda dapat menerima saran perihal penataan keuangan bagi keluarga Anda oleh orang yang sudah ahli di bidangnya ini.

Seorang perencana keuangan telah mahir atau ahli dalam bidang keuangan karena telah menempuh pendidikan dan pengalaman akan hal merencanakan keuangan ini. Mereka memiliki cara yang paling efektif dan efisien untuk menempuh pencapaian yang menjadi masalah bagi kliennya, misalnya saja masalah dana pendidikan. Apakah hal ini tidak bisa dilakukan secara mandiri? Ya, tentu bisa akan tetapi waktu dan pemahaman yang lebih menjadi tantangannya.

3. Membantu Rencana Keuangan Menjadi Terealisasi

Financial Planner - Membantu Keuangan Anda Menjadi Terrealisasi

Sebuah rencana apabila tidak ada realisasinya akan menjadi percuma atau sia-sia. Perencana keuangan membantu Anda untuk memberi langkah langkah konkrit yang dapat diimplementasikan demi tujuan yang Anda capai. Financial Planner berupaya agar Anda tetap mematuhi saran yang sudah diberikan.

Perencana keuangan memiliki orang-orang suruhannya dalam melaksanakan tugas untuk mengingatkan Anda setiap bulan dalam pembayaran investasi yang sudah direncanakan. Mereka juga menghubungkan antara hasil yang terjadi dengan tujuan awal Anda. Jika terjadi ketidaksesuaian maka diperlukan kajian atau revisi rencana.

4. Membantu Mencari Produk Keuangan yang Cocok

Financial Planner - Membantu Mencari Produk Keuangan yang Cocok

Terdapat banyak produk keuangan yang dijual di pasaran. Terhitung dari jumlahnya yang sudah cukup banyak saya tentunya sudah membuat Anda pusing apalagi lewat strategi promosinya yang agresif. Apakah benar jika Anda bimbang dalam memilih? Banyak kejadian yang akhirnya memilih untuk membeli produk keuangan milik kerabat karena rasa tidak enak atau promosi yang paling menarik, padahal tidak jarang bahwa yang seperti itu bukan merupakan pilihan yang tepat.

Karena bidangnya berkutik di bidang keuangan, perencanakeuangan sudah paham atas produk-produk keuangan dimana telah dilakukan riset dan pencarian informasi dalam wakyu yang rutin. Mereka mengetahui produk yang dibutuhkan oleh kliennya, misalnya saja ketika butuh reksadana.

(Baca Juga: Mengapa Sulit Menabung? Ketahui Tanda-Tandanya, dan Cara Mengatasinya)

Perencana keuangan sangat paham mana yang cocok dengan profil risiko klien. Ketika klien bermasalah dengan dana pendiidkan, mereka sudah mengetahui kenaikan biaya pendidikan ang terjadi setiap tahunnya. Anda dapat menilai juga bahwa besar kecilnya nominal kekayaan Anda tidak berhubungan dengan butuh tidaknya Anda perencana keuangan. Anda membutuhkan Financial Planner ketika sedang mengalami masalah keuangan dan bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan bijak dan cara yang tepat yang mana dengan hasil sehat.

Kira-Kira Bagaimana Ya Memilih Perencana Keuangan?

Setiap orang pasti memiliki kriterianya masing-masing. Namun dapat dipastikan terlebih dahulu bahwa kriteria di bawah ini termasuk pada Anda :

Memilih Orang yang Tepat dan Dapat Dipercaya

Mengapa sih rasa kepercayaan itu menjadi hal yang paling utama dalam hal ini? Dalam proses konsultasi dan analisa dengan perencana keuangan Anda diharuskan untuk telanjang atau buka-bukaan mengenai kondisi keuangan Anda. Jangan sampai ada hal yang ditutup-tutupi. Dengan begitu analisa yang dilakukan dapat akurat dan tidak salah dalam mengambil keputusan.

Keterbukaan hanya bisa dilakukan dengan kepercayaan yang tinggi juga. Anda mungkin akan sulit terbuka terlebih masalah keuangan keluarga yang cukup sensitif ketika dari awal mungkin sudah tidak ada rasa kepercayaan yang kuat atau curiga yang mendalam terhadap perencana keuangan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari gerak gerik atau perilaku yang mencerminkan seorang perencana keuangan yang dapat dipercaya.

Support dengan Riset yang Kuat

Dalam menyusun rencana keuangan tentunya dibutuhkan riset dan ilmu pengetahuan yang luas dan memadai mengenai informasi di pasaran. Dapat dimisalkan apabila ingin mengatur dana pendidikan perlu melakukan pencarian informasi mengenai tingkat kenaikan biaya pada tahun-tahun kedepan sesuai dengan jenis sekolah yang diambil. Selain itu, sistem kerja reksadana yang harus dipahami dan dengan itu perencana keuangan dapat memilihkan investasi terbaik bagi kliennya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial