Finansial

Yuk Ketahui Cara Belajar Menjaga Finansial untuk Pelajar Sepertimu Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Gaya hidup konsumtif dan boros mengintai para pelajar. Solusinya harus ada kegiatan belajar menjaga finansial untuk pelajar. Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena dapat membentuk pelajar yang mandiri dan bijak dalam mengelola uang.

Baca Juga : Manfaat Memiliki Kemandirian Finansial Kaum Muda & Cara Melakukannya

Belajar finansial bukan lagi urusan orang-orang dewasa saja. Anak-anak dan remaja yang masih duduk di bangku sekolah juga harus belajar menjaga finansial seperti membuat perencanaan keuangan atau disiplin menabung. Berikut cara yang bisa mereka terapkan untuk belajar menjaga kondisi finansial.

14 Cara Belajar Menjaga Finansial untuk Pelajar

1. Buat Catatan Pengeluaran Harian Hingga Bulanan

Buat catatan yang berisi pengeluaran kamu selama harian, mingguan dan bulanan. Catat semua pengeluaran yang biasanya dilakukan secara seperti pengeluaran untuk membeli makanan di kantin, paket internet, membeli tiket bioskop dan lain sebagainya.

Kamu bisa mencatatnya di buku tulis atau aplikasi di ponsel. Mencatat pengeluaran bertujuan untuk mengetahui berapa biaya yang kamu keluarkan. Selain itu kamu bisa mengetahui kegiatan apa saja yang paling banyak pengeluarannya, sehingga kamu bisa mengurangi kegiatan tersebut.

2. Membuat Rencana Belanja

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana belanja. Buat perencanaan belanja harian, mingguan dan bulanan. Tuliskan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli barang kebutuhan serta sesuaikan dengan uang bulanan yang diberikan orang tua.

Pastikan rencana belanja kamu sesuai dengan uang yang kamu punya. Jangan sampai anggaran untuk belanja melebihi uang yang dimiliki sehingga kamu harus meminta kembali uang kepada

orang tua. Untuk itu, buat rencana belanja dengan matang dan juga detail.

3. Belajar Menabung secara Rutin

Belajar menabung secara rutin sangat penting untuk melatih kamu dalam menjaga kondisi finansial. Selain itu dengan belajar menabung kamu secara tidak langsung belajar untuk disiplin melakukan sesuatu. Supaya lebih memotivasi pasang tujuan kalian untuk menabung.

Misalnya saja kamu menabung untuk membeli smartphone seharga Rp3.600.000. Cara untuk mendapatkan smartphone yang kamu inginkan adalah dengan menyisihkan Rp10.000 setiap harinya. Nanti di akhir tahun kamu akan mendapatkan uang Rp3.600.000 untuk membeli ponsel.

4. Hidup Hemat Di Kehidupan Sehari-hari

mulai hemat - tips memperbaiki kondisi finansial

Belajar menjaga finansial untuk pelajar bisa dilakukan dengan cara menerapkan prilaku hidup hemat. Biasakan untuk membawa bekal makanan dari rumah dan mengurangi beberapa aktivitas hiburan seperti makan di café bersama teman atau menonton film di bioskop.

Prilaku hidup hemat ini sangat penting agar rencana keuangan yang sudah kamu susun tidak berantakan dan kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Tidak hanya itu, dengan hidup hemat kamu juga belajar untuk disiplin dan bertanggung jawab atas uang yang kamu punya.

5. Rawat Barang yang Dimiliki

Menjaga kondisi finansial bisa dilakukan dengan cara merawat barang yang kamu miliki. Tujuannya agar barang bisa tetap awet sehingga kamu tidak perlu membeli barang baru setiap tahunnya. Contohnya kamu bisa merawat tas dan sepatu yang kamu pakai untuk sekolah.

Belajar untuk merawat tas dan sepatu kamu dengan baik. Jangan menaruh barang-barang berat di tas atau menggunakan sepatu untuk kegiatan yang berat seperti olahraga. Nantinya, jika kondisi keduanya terawat maka kamu bisa lebih hemat karena tidak selalu beli tas dan sepatu baru.

6. Jangan Mudah Terpengaruh dengan Prilaku Belanja Teman

Supaya kamu bisa mengelola finansial dengan baik salah satu caranya adalah jangan mudah terpengaruh. Tetap patuhi perencanaan keuangan yang sudah disusun sebelumnya sehingga kamu bisa lebih kuat menahan godaan dari teman-teman.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mencari teman-teman lain yang juga sedang belajar menjaga finansial. Tujuannya agar kamu bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman yang satu visi dan misi serta mendapat dukungan dari mereka.

7. Beli Barang Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan

Supaya kondisi finansial tetap terjaga maka kamu harus berpikir sebelum membeli. Ketika membeli sesuatu coba pikirkan apakah hal tersebut sesuatu yang dibutuhkan atau inginkan. Misalnya membeli sepatu merek Air Jordan yang harganya ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Coba pikirkan apakah Air Jordan sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan. Jika hanya sekedar keinginan saja, maka kamu lebih baik membeli sepatu merek lain yang lebih terjangkau. Mengenai memilih barang kebutuhan atau keinginan disarankan untuk konsultasi ke orang tua.

8. Mencari Penghasilan Tambahan Dengan Bekerja Paruh Waktu

Mencari penghasilan tambahan merupakan salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi finansial. Kamu bisa mencari info lowongan pekerjaan yang ada di internet. Biasanya jenis pekerjaan yang bisa dilakukan paruh waktu adalah bekerja di café atau restoran yang dekat rumah.

Cara lain adalah bekerja sebagai konten kreator untuk mempromosikan suatu produk di Instagram atau TikTok. Semua uang yang diperoleh bisa kamu tabung dan membeli segala kebutuhan pribadi. Namun, kamu harus tetap mengutamakan kegiatan belajar di sekolah ya.

9. Rajin Mengikuti Lomba Berhadiah

Mendapatkan uang tambahan bisa juga dengan meningkatkan prestasi akademik ataupun nonakademik. Caranya kamu harus rajin meningkatkan kemampuan agar dapat mengikuti beragam perlombaan lalu menjadi pemenang dan meraih hadiah uang tunai.

Nanti uang yang kamu perolah dari hasil perlombaan bisa menjadi tambahan uang dan dapat kamu Kelola sesuai kebutuhan. Cara ini sangat bermanfaat karena kamu tidak hanya bisa menjaga kondisi finansial namun juga bermanfaat untuk karir akademik kamu kedepannya.

10. Sisihkan Uang Lebaran dan Uang Hadiah

Di momen ulang tahun atau lebaran seringkali kamu mendapatkan uang tambahan dari orang tua atau saudara. Mulai hari ini coba kamu sisihkan uang lebaran dan uang hadiah ulang tahun untuk ditabung. Coba sisihkan sekitar 20% atau 30% untuk dimasukkan ke rekening tabungan.

Cara ini berguna tidak hanya untuk menambah saldo tabungan kamu. Dengan menyisihkan sedikit uang kamu belajar untuk hidup boros dan mengelola keuangan dengan baik. Nantinya uang yang kamu sisihkan dapat menambah saldo di rekening tabungan.

11. Jaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga finansial. Dengan tubuh yang sehat kamu bisa lebih produktif sehingga bisa melakukan kegiatan seperti belajar, mengikuti ekstrakulikuler di sekolah dan bekerja paruh waktu dengan maksimal.

Adapun cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga pola makan dan menkonsumsi makanan sehat. Lalu, kamu juga harus rutin melakukan olahraga minimal 30 menit selama sehari dan istirahat yang cukup dengan tidur minimal 6 sampai 8 jam.

12. Belajar Disiplin dan Jangan Berbohong

Inti dari menjaga finansial adalah disiplin dan jangan berbohong kepada diri sendiri. Patuhi semua rencana belanja yang sudah disusun dan jangan pernah berbohong dengan membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar perencanaan. Pasalnya hal ini akan sangat fatal bagi kondisi keuangan.

Jika dilakukan berulang kali, maka kamu tanpa sadar akan selalu membeli sesuatu di luar perencanaan sehingga uang kamu cepat habis. Kegiatan belajar menjaga finansial bisa menjadi berantakan karena tidak disiplin dengan prilaku kamu ketika berbelanja.

13. Buat Sistem Reward and Punishment

Selain disiplin dan jangan berbohong, kamu juga bisa membuat sistem reward and punishment agar lebih disiplin untuk belajar finansial. Contohnya, kamu akan mendapatkan punishment atau hukuman jika terbukti membeli barang di luar rencana belanja.

Bentuk hukumannya kamu harus meningkatkan uang tabungan di bulan tersebut. Sedangkan untuk reward kamu bisa peroleh jika berhasil memenuhi target uang tabungan sebelum waktu yang direncanakan. Bentuk reward yang diperoleh dengan membeli makanan atau minuman favorit.

14. Siapkan Dana Darurat

dana darurat - tahapan investasi untuk pemula

Terakhir adalah menyiapkan dana darurat. Dana darurat bisa kamu kumpulkan dari uang jajan yang diterima. Silakan kamu menyisihkan sekitar 5% dari total uang jajan untuk kemudian disimpan terpisah dari uang tabungan. Dana darurat adalah sesuatu yang sangat penting untuk disiapkan.

Dana tersebut bisa kamu gunakan sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak atau kamu mengalami musibah seperti kehilangan barang atau mengalami kecelakaan. Dengan menyiapkan dana darurat kamu bisa lebih siap jika mengalami bencana yang datang tiba-tiba.

Belajar menjaga finansial untuk pelajar harus dilakukan secara disiplin dan sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari mulai dari kebutuhan untuk sekolah dan bersosialisasi dengan teman-teman.

Baca Juga : 13 Tanda Kamu Belum Matang Secara Finansial Ini Harus Segera dihilangkan!

Mereka juga harus mendapat dukungan dari orang dewasa untuk menjaga semangat para pelajar yang sedang belajar finansial demi masa depan yang lebih baik.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial