Finansial

9 Tips Keuangan Anak Muda yang Wajib Kamu Tahu!

Menjadi anak muda memang menyenangkan ya? Kamu bisa belajar banyak hal baru, mencari teman sebanyak-banyaknya, dan melakukan berbagai hal yang bisa memberikan pengalaman berharga. Tapi sebelum lebih sibuk dengan dunia luar, kamu perlu baca dulu tips keuangan anak muda berikut ini.

Mengelola keuangan dengan baik dan benar adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang lho, tak hanya untuk wanita tapi juga pria. Jangan sampai kamu terlalu asik dengan dunia luar sampai-sampai isi dompet kamu berantakan ya. 

Tips Keuangan Anak Muda

Jika kamu terus membelanjakan uang seenaknya, seberapa banyak pun uang jajan yang kamu dapat dari orang tua dan gaji kamu nanti, kamu akan terus merasa kurang. Jika sudah begini, mungkin saja kamu nanti berpikir untuk berhutang. 

Tapi tanpa kemampuan mengelola keuangan yang baik, berhutang justru akan menjadi sumber masalah baru yang berkepanjangan. Belum lagi jika kamu berhutang di tempat yang salah, misalnya ke pinjaman online ilegal, ke rentenir, dan sejenisnya. 

Bahkan ketika kamu berhutang ke bank resmi tapi tidak bisa membayar angsuran dengan rajin, skor kredit kamu akan jelek dan nantinya kamu akan sangat kesulitan atau bahkan tidak bisa lagi mengajukan pinjaman jika suatu saat kamu benar-benar membutuhkannya.

Padahal hanya tidak bisa mengelola keuangan pribadi, tapi ternyata efeknya bisa panjang ya? Yuk, cegah hal buruk ini terjadi di hidup kamu dengan mempelajari tips keuangan anak muda yang benar dalam sembilan daftar berikut:

Ketahui Kemana Uang Kamu Pergi

 Tips Keuangan Anak Muda - Ketahui Kemana Uang Kamu Pergi

Buat apa? Memangnya penting? Sangat penting dong. Jika kamu selalu tahu untuk apa uang kamu selama ini digunakan, kamu bisa tahu hal / kegiatan apa saja yang terlalu menghabiskan banyak uang, berapa banyak kamu menghabiskan uang dalam sebulan, barang apa yang paling sering dibeli, dan sebagainya.

Jadi mulai sekarang, kamu harus biasakan untuk mencatat pemasukan setiap bulan beserta seluruh pengeluaran kamu di bulan tersebut. 

Meski terlihat sepele, tapi mengetahui dengan pasti kemana perginya uang-uang kamu ini bisa membantu kamu melakukan penghematan dengan lebih mudah lho, tugas mencatat ini akan membuat kamu lebih tertib dan disiplin, sekaligus membantu kamu merencanakan keuangan masa depan yang lebih sehat.

(Baca Juga: Bagaimana Memilih Financial Planner? Apakah diperlukan?)

Belajar Mengendalikan Diri

Tips Keuangan Anak Muda - Belajar Mengendalikan Diri

Saat masih muda, rasa penasaran, selalu ingin mencoba hal baru, dan ingin tahu lebih banyak hal memang merupakan perasaan yang wajar, tapi jika bisa mengendalikannya dengan baik, kamu akan berbeda dari anak muda kebanyakan dan membuat diri kamu memiliki nilai lebih.

Jika beruntung, orang tua kamu mungkin sudah mengajari kamu keterampilan ini sejak kecil. Tapi jika tidak, ingatlah bahwa semakin cepat kamu mempelajari seni mengendalikan diri, semakin cepat pula kamu mahir dalam mengelola keuangan pribadi dan masa depan kamu dijamin akan lebih baik.

Salah satu contoh mengendalikan diri dalam hal keuangan adalah saat kamu melihat produk-produk dalam iklan. Apapun produk tersebut, semuanya memang akan tampak menarik karena iklan hanya menampilkan kelebihan tanpa menyebut kekurangan. 

Setiap kali melihat iklan produk yang tampak menggoda, kamu harus langsung lempar pertanyaan ini ke diri kamu, “Apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut?” Jika jawabannya adalah “tidak”, maka skip iklannya dan jangan pikirkan lagi! 

Jangan membeli barang (apapun itu) hanya karena kamu ingin, tapi harus karena kamu butuh, dan saat kamu membutuhkannya pun, kamu tetap harus bijak dalam membelinya. Misalnya produk yang di iklan tadi adalah skincare wajah untuk anak muda, meski terlihat bagus tapi jangan langsung dibeli ya. 

Kamu harus cari tahu dulu nih, apa saja sih kandungan skincare tersebut? Apakah cocok untuk wajah kamu? Apakah sesuai dengan tipe kulit kamu? Berapa harganya? Mampukah kamu membelinya dengan harga segitu? Dan sebagainya.

Jangan Ikuti Gaya Hidup Orang lain

Tips Keuangan Anak Muda - Jangan Ikuti Gaya Hidup Orang Lain

Setiap orang memiliki pemasukan, kebutuhan, dan berada lingkungan yang berbeda-beda, jadi jangan pernah mengikuti atau berusaha meniru gaya hidup orang lain terutama para selebgram dan artis. 

Tak masalah jika kamu meniru hal positif dari mereka, misalnya sopan santunnya atau tutur katanya yang bagus, tapi tidak dengan semua barang yang mereka punya. Orang-orang dari kalangan ini seringkali fokus pada gaya hidup berfoya-foya dan hedon. 

Jika kamu mengikuti kebiasaan ini karena ingin selalu tampak gaul dan up to date, maka dijamin hidup kamu akan berakhir dengan tumpukan hutang yang tak ada habisnya. Jadi, sesuaikan saja gaya hidup kamu dengan isi dompet ya.

Menjauhlah dari Kartu Kredit

Tips Keuangan Anak Muda - Menjauhlah Dari Kartu Kredit

Meskipun kamu bisa dengan mudah membeli barang secara kredit pada saat menginginkannya, tapi keuangan kamu akan lebih sehat jika kamu bisa sabar menunggu sampai tabungan kamu cukup untuk membeli barang tersebut. 

Kartu kredit memang tampak menggiurkan, tapi untuk anak muda yang belum memiliki pekerjaan tetap dan dengan kondisi keuangan yang belum settle, selembar kartu ini hanya akan membuat hidup kamu yang awalnya biasa saja menjadi lebih rumit.

Manfaatkan Voucher / Diskon

Tips Keuangan Anak Muda - Manfaatkan Voucher/Diskon

Saat ini ada banyak marketplace yang nyaman untuk berbelanja secara online. Berbagai barang bisa dengan mudah kamu temukan disana dan bahkan ada banyak voucher cashback, gratis ongkir, dan diskon rutin setiap tanggal tertentu.

Jika bisa mendapat harga diskon, pastinya uang kamu akan sisa, kan? Nah, sisa ini bisa kamu gunakan untuk membeli barang lain atau sisihkan.

Mulai Kumpulkan Dana Darurat

Tips Keuangan Anak Muda - Mulai Kumpulkan Dana Darurat

Mulailah menyisihkan sedikit uang setiap bulan sebagai dana darurat, kira-kira 10 persen dari total uang jajan atau gaji kamu. Tapi, dana darurat ini bukan uang sisa ya, justru uang ini harus kamu ambil dulu setiap awal bulan sebelum kamu berbelanja kebutuhan lainnya.

Dana ini bisa menghindarkan kamu dari masalah finansial saat kamu berada di situasi yang genting, misalnya tiba-tiba kamu sakit, ban motor kamu pecah, hape kamu rusak, dan sebagainya. Selain itu, mengumpulkan dana darurat juga membuat kamu terbiasa menabung dan hidup lebih disiplin.

Jangan Salah Pergaulan 

Tips Keuangan Anak Muda - Jangan Salah Pergaulan

Salah satu sifat yang ada di jiwa muda adalah mudah terpengaruh dengan lingkungan, jadi sebelum kamu terbawa ke hal-hal buruk, pilihlah teman yang bisa membawa efek baik. 

Jika kamu berada di antara orang-orang yang selalu ingin terlihat keren dengan nongkrong di cafe mahal setiap 2 hari sekali, wah bisa-bisa kamu bangkrut sebelum dewasa nih. Tak masalah jika ingin mempunyai banyak kenalan, tapi kamu harus berhati-hati untuk menjadikan mereka teman atau bahkan sahabat.

Jangan Menunggu Dewasa untuk Menabung dan Berinvestasi

Tips Keuangan Anak Muda - Jangan Menunggu Dewasa Untuk Menabung dan Berinvestasi

 

Menabung dan berinvestasi mungkin tampak seperti hal besar dan berat di usia kamu yang sekarang, tapi menyisihkan sedikit uang setiap minggu akan berdampak besar untuk kondisi keuangan kamu secara keseluruhan lho.

(Baca Juga:  Ini Dia 9 Manfaat Berinvestasi untuk Masa Depan yang Akan Anda Dapatkan)

Gunakan catatan pengeluaran setiap bulan tadi untuk melihat berapa banyak uang yang kira-kira bisa kamu masukkan ke rekening tabungan. 

Jika nantinya tabungan kamu sudah lumayan, kamu bisa mulai memilih produk investasi yang paling cocok dengan kamu dan mulailah membuat rencana keuangan masa depan yang sehat. 

Tambah Pemasukan

Tips Keuangan Anak Muda - Tambah Pemasukan

Jika kamu sudah menerapkan gaya hidup hemat tapi masih tidak ada uang yang bisa dimasukkan ke rekening tabungan, maka inilah saatnya untuk menambah pemasukan.

Jika selama ini kamu masih mendapat uang jajan dari orang tua, maka inilah saatnya untuk belajar hidup mandiri dan lebih dewasa. Jika sekarang kamu sudah bekerja, tak masalah untuk menambah pengalaman dengan melakukan pekerjaan lainnya.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba kok, mulai dari menjadi reseller online, guru les untuk anak-anak SD, bergabung dengan bisnis teman yang sudah sukses, atau hal lain apapun yang memang sesuai dengan minat, bakat, keterampilan, dan kemampuan kamu. 

Sejumlah tips keuangan anak muda dalam daftar diatas awalnya mungkin terasa sulit untuk dilakukan, apalagi jika selama ini kamu sudah terbiasa hidup enak karena mendapat uang saku dari orang tua dan selalu cuek dengan pengeluaran setiap bulan.

Tapi ingat, masa muda ini tidak abadi dan tanpa disadari akan cepat berlalu lho, jadi kamu perlu mempersiapkan masa depan kamu sejak sekarang dimulai dari belajar mengelola keuangan dengan cara yang benar. 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Finansial