Finansial Syariah

Ikuti Yuk, Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi

Tips mengatur Keuangan saat pandemi - Lunasi Dahulu Utang Berbunga Besar, dan Jangan Menambahnya Lagi

Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi  – Pandemi sulit untuk melakukan transaksi dan urusan finansial lainnya. Namun, Anda tak perlu khawatir. Berikut tips mengatur keuangan saat pandemi. Di masa pandemi ini banyak beberapa perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan sehingga terpaksa harus memberhentikan karyawannya dan tidak sedikit orang yang masih bertahan pada pekerjaannya, juga tidak menutup kemungkinan terdapat kendala dalam pendapatan  atau dalam kategori kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang awas untuk persoalan keuangan yang terbilang krusial ini.

Permasalahan keuangan di masa pandemi ini benar-benar memerlukan pengaturan yang cermat. Banyak keluarga yang terdampak pandemi ini, dalam satu keluarga tidak cuman satu atau dua orang akan tetapi seluruhnya anggota keluarga. Namun besarnya dampak karena pandemi itu tergantung dari berbagai hal. Bagi Anda kaum muda milenial yang paling boros dalam mengelola permasalahan keuangan, beberapa tips mengatur keuangan saat pandemi ini sangat membantu

Terkait hal semacam itu, kebutuhan keluarga bertambah karena harus memenuhi perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan serta yang lainnya. Bukan hanya itu, ditambah lagi untuk memenuhi keperluan setiap hari khususnya keperluan pangan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mendukung kekebalan imunitas tubuhnya.

(Baca Juga:  7 Cara Membuat Budgeting Pribadi Secara Praktis Dan Mudah)

Demikian pada proses memperoleh keperluan itu juga harus alami panic buying soal kewaspadaan di jalan karena harus berjumpa dengan sejumlah orang terhitung tingkah usil beberapa spekulan yang manfaatkan masa pandemi ini untuk keuntungannya masing-masing yakni meningkatkan harga-harga pasaran secara drastis. Di bawah ini merupakan beberapa cara mengelola keuangan untuk mengatasi di masa pandemi ini.

Beberapa Tips Mengatur Keuangan saat Pandemi

Mencatat Ulang Sumber Penghasilan dan Anggaran

Tips mengatur Keuangan saat pandemi - Mencatat Sumber Penghasilan dan Pengeluaran

Tips mengatur keuangan saat pandemi yang pertama adalah dengan mencatat ulang sumber penghasila dan pengeluaran. Dari segi apa saja pekerjaan baik wiraswasta, pegawai, freelancer, sampai bos besar juga pasti mengalami penurunan penghasilan yang cukup drastis di masa pandemi ini. Oleh karena itu diperlukan untuk pandai-pandainya Anda melakukan perubahan terhadap basis-basis anggaran dan penghasilan yang ada supaya dapat bertahan di dalam pekerjaannya. Dengan itu bisa mempermudah Anda agar bisa tetap mengatur keuangan secara baik.

Apabila umumnya basis penghasilan Anda kategorikan menjadi 4 misalkan untuk biaya hidup, uang bulanan orang tua, tabungan, dan hiburan karena itu seharusnya grup hiburan bisa dihilangkan terlebih dahulu untuk setelah itu diganti dengan simpanan darurat.

Dalam masalah ini benar-benar dibutuhkan formasi jenjang rasio prioritas sehingga lebih memprioritaskan keperluan dan mengesampingkan hasrat yang tidak penting. Dengan cara ini dapat benar-benar membantu untuk mengelola keuangan individu Anda dan diperlukan bagi yang telah berumah-tangga.

Mencari Penghasilan Tambahan

Tips mengatur Keuangan saat pandemi - Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila pendapatan utama dari pekerjaan Anda mengalami penurunan, Anda dapat mencari pendapatan tambahan di luar itu. Tips mengatur keuangan saat pandemi yang satu ini sangat membantu dikondisi seperti ini. Dengan itu Anda bukan sekedar berpegang pada satu pendapatan saja akan tetapi masih bisa mengandalkan usaha Anda yang lain sehingga tidak begitu cemas akan kekurangan yang Anda alami seperti di masa pandemi ini.

Anda dapat memulainya dari hobi yang Anda sukai dan kiranya memiliki harga jual. Contoh menulis untuk keperluan web, mendesain, atau photo untuk kemudian membuahkan ketertarikan dijadikan sebagai model atau brand-brand tertentu.

Bukan hanya itu, Anda dapat lakukan usaha online dengan jual beberapa barang, entah melalui usaha sendiri, reseller, dropshipper, sampai bergabung dengan satu perusahaan bisnis online tertentu. Sosial media yang ramai sekarang ini bisa dipakai sebagai ajang mencari penghasilan tambahan apabila digunakan dengan sebaik-baiknya akan mendapatkan pemasukan sampingan ataupun malah menjadi pekerjaan pokok.

Bijak dalam Belanja

Tips mengatur Keuangan saat pandemi - Bijak dalam belanja

Di masa pandemi ini, cara mengelola keuangan rumah tangga agar tidak boros adalah tidak perlu berbelanja dengan cara mengangsur. Dengan contoh apabila Anda akan membeli smartphone baru yang sebelumnya sudah disiapkan dananya, namun untuk saat ini akan lebih baik apabila disimpan lagi terlebih dahulu karena barang tersebut termasuk dalam kategori barang tersier atau tidak begitu penting apabila hanya ingin meningkatkan kemewahan.

Anda dan keluarga perlu benar-benar membedakan tingkat pembelanjaan dana bagi kebutuhan yang memang perlu atau hanya keinginan untuk kepuasan semata. Berikut cara yang dapat dicoba yaitu mengkategorikan kebutuhan berdasarkan sifatnya yang wajib, perlu, dan ingin.

Lunasi Dahulu Utang Berbunga Besar, dan Jangan Menambahnya Lagi

 Tips mengatur Keuangan saat pandemi - Lunasi Dahulu Utang Berbunga Besar, dan Jangan Menambahnya Lagi

Jika Anda memiliki cadangan kas yang lumayan cukup maka lunasi terlebih dahulu utang yang dimiliki yang bersifat konsumtif dan itu berbunga besar, baik yang ada di kartu kredit, cicilan tanpa kartu kredit, ataupun pinjaman online. Jika utang tersebut dibiarkan masih tetap ada, nantinya akan mengganggu arus kas masuk ataupun keluar Anda di bulan-bulan berikutnya.

Namun apabila terpaksa diharuskan untuk berhutang maka pastikan utang tersebut bersifat produktif. Dengan catatan, keseluruhan hutang tidak melewati nilai aset dan angsuran dari semua hutang per-bulannya masih di bawah 35% dari penghasilan Anda.

(Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemi)

Simpan Uang Darurat di Tempat yang Semestinya

Tips mengatur Keuangan saat pandemi - Simpan Uang Darurat Di tempat yang semestinya

Di masa yang penuh ketidakpastian ini, dana atau uang darurat sangat dibutuhkan dengan tujuan sebagai kewaspadaan apabila suatu saat kehilangan pekerjaan. Menurut Lifepal, bagi seseorang yang memerlukan uang darurat sebesar 3 hingga 6 kali dari penghasilan tiap bulannya. Namun apabila sudah memiliki rumah tangga, sebaiknya menyiapkan lebih dari 6 kali sebesar penghasilan yang didapat tiap bulannya. Cara menabung uang darurat cukup mudah, yakni perlu menyisihkan 10% dari total penghasilan tiap bulannya secara rutin.  

Sisihkan 10% dari Pemasukan untuk Hal yang Bersifat Keinginan

Tips mengatur Keuangan saat pandemi - Sisihkan 10% Dari Pemasukan Untuk Hal Yang Bersifat Keinginan 

Tips mengatur keuangan saat pandemi adalah dengan meyisihkan 10% dari penghasilan untuk hal yang bersifat keinginan. Self reward atau memanjakan diri sendiri dengan cara membeli barang yang dianggap keinginan bukan merupakan hal yang salah dalam pengelolaan keuangan. Hal ini merupakan sebuah apresiasi untuk diri sendiri agar puas dan bahagia serta dapat mengelola stress mengingat setelah lelah bekerja keras, ini juga bisa disebut hadiah untuk diri sendiri yang telah berjuang bekerja keras untuk mendapatkan beberapa pencapaiannya. Dan dengan hal ini dapat meningkatkan semangat untuk bekerja lebih keras lagi. Oleh karena itu tidak masalah apabila menyisihkan 10% dari penghasilan untuk memenuhi keinginan ini. 

Ingin Mencari Untung dari Akuntansi? Tapi Sebaiknya Pikir Dua Kali

Sebaiknya manfaatkan asuransi hanya untuk proteksi atau penjagaan atau perlindungan atas risiko saja. Lalu beli atau carilah asuransi yang manfaatnya murni dapat membantu untuk menjamin perlindungan kesehatan dan jiwa. Oleh karena itu sisihkan setidaknya 10% dari penghasilan untuk asuransi ini dan tidak lebih dari itu atau tidak lebih untuk proteksi kesehatan Anda dan keluarga di masa depan.

Anda juga dapat mengatur atau mengelola keuangan Anda sesuai inovasi masing-masing dengan senyaman mungkin yang dapat dilakukan dan itu merupakan cara yang kiranya lebih efektif selain dari tips mengatur keuangan saat pandemi yang diberikan di atas.

Kemudian jangan lupa untuk menabung karena ini merupakan hal yang sangat penting untuk berjaga-jaga apabila suatu saat terdapat kendala dalam penghasilan apalagi sampai tidak mendapatkan pemasukan lagi. Jadi Anda harus pandai-pandai mengelola keuangan dengan baik apalagi di masa pandemic seperti ini dan untuk masa depan Anda.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *