Finansial Syariah

Beberapa Tips untuk Memulai Bisnis Syariah di Indonesia

Bisnis Syariah

Tips untuk Memulai Bisnis Syariah – Di negara kita yang mayoritas merupakan Muslim, peluang bisnis dalam Islam memang sangat menjanjikan. Apalagi saat perekonomian menunjukkan tren positif. Salah satu contohnya adalah di negara Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.

Secara alamiah, ruang lingkup usaha di Indonesia berdasarkan hukum Syariah semakin berkembang, dan pasarnya telah meluas ke berbagai bidang usaha. Salah satu alasannya adalah prinsip dasar bisnis yang bermanfaat bagi semua orang sehingga menarik partisipasi dari banyak pihak.

Akhir-akhir ini istilah “bisnis syariah” semakin banyak terdengar. Nyatanya, tidak sedikit perusahaan yang menggunakan kata “syariah” untuk meyakinkan konsumen.

Menambahkan kata syariah pada nama perusahaan ternyata lebih menarik, terutama bagi konsumen muslim.
Pengertian bisnis syariah adalah usaha atau bisnis yang dikembangkan sesuai dengan prinsip yang diatur dalam Alquran dan Hadits.
Anda tertarik ingin menekuni bisnis syariah bukan? Sebaiknya simak informasi lengkapnya berikut ini

Pengertian Bisnis Syariah

Bisnis atau usaha jual beli yang menggunakan hukum dan tata cara Islam disebut bisnis berdasarkan hukum Syariah. Perdagangan dan syariah memiliki arti sebagai berikut: perdagangan adalah tindakan jual beli, dan syariah adalah sumber dari jalan yang lurus atau baik.

Bisnis yang berdasarkan hukum Islam ini menggunakan konsep halal dalam praktik bisnisnya. Tidak hanya terkait jual beli, tetapi juga etika berbisnis, jual beli barang, pakaian bekas, ibadah dalam bisnis dan muamalah.

(Baca Juga: Mengenal Apa itu KPR Syariah dan Tips Mengajukan KPR Syariah)

Jika dilihat sekilas, jenis bisnis ini mungkin terkesan ribet dan membingungkan, namun saat Anda menjalankannya Anda akan paham bahwa setiap aspeknya akan memberikan ketenangan batin bagi yang menjalankannya.

Contoh Bisnis Syariah

Banyak contoh perusahaan yang menggunakan hukum syariah Islam di dalamnya, yang sebagian besar beroperasi dengan baik dan memberikan manfaat bagi semua pelaku di dalamnya. Berikut ini beberapa contoh Bisnis Syariah :

Bisnis penjualan busana Muslim dan Muslimah

Bisnis Syariah - Bisnis penjualan busana Muslim dan Muslimah

Pakaian Muslim dan Muslimah sangat dicari oleh orang Indonesia saat ini karena semakin banyak orang menyadari bahwa berpakaian dalam Hukum Syariah Islam dapat membantu melindungi diri mereka sendiri sebagai seorang Muslim.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan ini sebagai peluang penghasilan. Patuhi hukum bisnis berbasis syariah untuk menjadikannya berkah dalam hidup Anda.

Bisnis Kuliner Halal

Bisnis Syariah - Bisnis Kuliner Halal

Mengonsumsi makanan dan minuman halal sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim di dunia ini. Masyarakat muslim tidak diperbolehkan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang hukumnya haram. Contohnya adalah daging babi dan minuman beralkohol.

Anda bisa membuka bisnis kuliner halal sebagai bisnis yang menguntungkan. Agar lebih persuasif, Anda harus mendapatkan sertifikasi halal di Majelis Ulama Indonesia (MUI). Anda juga bisa menjalankan perusahaan kuliner halal di luar negeri.

Biro Tour and Travel Umroh

Bisnis Syariah - Biro Tour and Travel Umroh

Indonesia merupakan negara dengan jemaah Haji dan Umroh terbanyak di dunia. Setiap tahun, jutaan jamaah haji dari Indonesia berangkat untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. Melihat fenomena yang terjadi setiap tahun, ternyata peluang usaha terbuka lebar.

Anda bisa membuka biro perjalanan wisata khusus Umroh dan Haji. Namun memulai perusahaan yang satu ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang harus di urus, seperti:

  • Harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP),
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP),
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP),
  • Izin Biro Wisata.

Lalu, selain menyiapkan dokumen, Anda juga wajib mendaftar sebagai anggota di dua asosiasi berikut:

  • Association The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA)
  • International Air Transportation Association (IATA)

Jika Anda membuka perusahaan bisnis syariah tour and travel masih belum mampu untuk dilakukan, Anda bisa saja bergabung ke perusahaan yang sudah ada dan Anda bisa menjadi sub agen dari perusahaan tersebut.

Kosmetik Halal

Bisnis Syariah - Kosmetik Halal

Penggunaan kosmetik halal sedang menjadi trend di kalangan wanita muslimah. Pasalnya, banyak sekali jenis kosmetik di pasaran yang tidak berstatus halal. Hal ini membuat para wanita muslim ragu untuk menggunakan produk tersebut.

Tahukah Anda bahwa masih sangat sedikit brand dan toko yang menjual kosmetik halal? Anda dapat mengambil kesempatan untuk memulai perusahaan kecantikan halal. Anda bisa cari distributornya dulu baru buka toko kecantikan khusus produk halal.

Salon Muslimah

Bisnis Syariah - Salon Muslimah

Selama ini kita mengenal salon kecantikan dengan karyawan pria dan wanita. Begitu pula dengan klien, ada pria dan wanita. Bagi kaum perempuan yang berhijab, kondisi seperti ini tentu tidak akan nyaman karena mereka menjaga aurat dari padangan lawan jenis.

Anda dapat menawarkan salon khusus untuk para kaum perempuan sebagai solusi untuk masalah kebanyakan kaum Muslimah. Konsepnya adalah semua karyawan dan pelanggan adalah wanita. Pria tidak diperbolehkan.
Jika terjadi masalah dengan layanan, Anda dapat menawarkan berbagai jenis perawatan seperti salon pada umumnya. Misalnya perawatan rambut, manikur dan pedikur, pijat, spa dan lain sebagainya.

Blogging Islami

Bisnis Syariah - Blogging Islami

Blog merupakan salah satu media yang biasa digunakan untuk berbagi informasi. Dari sudut pandang pemilik blog, media ini juga bisa menjadi sumber penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari. Anda bisa memulai blog dengan konten Islami.
Jenis konten yang dapat Anda gunakan untuk mengisi blog Anda meliputi:

  • Travelling tentang Islami
  • Cerita Sejarah Islami
  • Tokoh Muslim yang inspiratif
  • Pola sehat menurut Islam

Apa pun konten yang Anda bagikan, sebaiknya buat semenarik mungkin. Semakin menarik, semakin banyak pembaca yang terus mengunjungi blog Anda. Setelah lebih banyak pembaca, Anda dapat menghasilkan uang dari blogging.

(Baca Juga:  5 Macam-Macam Investasi Syariah Serta Hal yang Perlu Diketahui Terkait Investasi Syariah)

Tips Bisnis Syariah

Memulai bisnis Syariah Islam adalah hal yang baik, jadi ada baiknya memulai dengan hal-hal yang baik juga. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan sebelum memulai bisnis Anda:

Pastikan semua dana yang Anda gunakan bebas dari unsur riba dan gharar.
Ada perjanjian jual beli saat Anda menjual dalam bentuk offline dan online.
Produk yang Anda jual harus halal dan pastikan semua bahan pembuatnya halal juga. Begitu juga saat Anda menjual produk jasa, pastikan semua prosedurnya sesuai dengan Syariat Islam.

Setiap keuntungan yang diperoleh harus dibagi secara adil dan terbuka dengan setiap mitra yang bergabung dengan perusahaan.

Memulai Bisnis Syariah sangatlah mudah dilakukan di sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim . Namun, dalam menerapkan bisnis seperti ini pastikan Anda pahami terlebih dahulu dasar hukum dan apa saja yang harus dilakukan sehingga tidak bertentangan dengan syariat Islam.
Selain itu, agar bisnis Anda berkembang dan dikenal banyak orang, jangan lupa optimalkan strategi pemasaran Anda. Di era modern seperti sekarang ini, Anda bisa menggunakan website atau media sosial sebagai bagian dari sistem pemasaran digital Anda.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *