Bisnis

Tips Sukses Memulai Bisnis Online

Tips Sukses Memulai Bisnis Online – Saat ini internet bukan lagi sesuatu yang asing dan juga aneh, namun sudah banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari dari berkomunikasi hingga berbelanja. Karena itu, kamu dapat memanfaatkannya dan berbisnis. Jika kamu masih pemula, kami memiliki tips sukses memulai bisnis online.

Meskipun memang terlihat mudah, memulai bisnis online merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, khususnya untuk menjaga keberlangsungan bisnis tersebut terutama jika kamu merupakan pemula. Karena itu, simak tips sukses memulai bisnis online dari kami dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Tips Sukses Memulai Bisnis Online

Berbisnis secara online selain karena saat ini sudah banyak orang yang berbelanja menggunakan sistem berbasis online juga disebabkan karena kamu dapat menghemat pengeluaran dibandingkan dengan berbisnis secara offline. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat jika berbisnis online.

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai bisnis online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisnis kamu kemudian akan menjadi lancar. Berikut adalah beberapa tips sukses memulai bisnis online yang sudah kami rangkum khusus untukmu:

Kenali dan pahami produk yang akan dijual

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - Kenali dan Pahami produk yang ingin dijual

Tips sukses memulai bisnis online yang pertama ini sebenarnya juga berlaku untuk bisnis yang dilakukan secara offline. Sebelum kamu menjual suatu produk maupun jasa, kamu harus mengenali dan juga memahami produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Ada beberapa hal mengenai produk yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Fitur yang ditawarkan oleh produk
  • Kelebihan dan kekurangan produk
  • Harga produk yang disertai juga dengan harga pesaing
  • Perbandingan fitur produk yang kamu dan pesaing tawarkan

Setelah kamu mengetahui dan juga memahami produk yang akan kamu jual, kamu akan memberikan layanan yang baik kepada calon pelanggan yang menanyakan produk tersebut. Kebanyakan orang lebih teliti dan berhati-hati saat berbelanja lewat sistem online.

(Baca Juga: Ini Dia, Rekomendasi Bisnis yang Menjanjikan di 2021)

Hal itu dikarenakan kemungkinan penipuan oleh penjual lebih mudah dan juga lebih banyak terjadi jika produk ditawarkan menggunakan sistem online.

Konsumen kemudian menjadi ekstra hati-hati saat berbelanja online. Karena itu, kamu harus menyiapkan diri untuk menjawab semua pertanyaan calon konsumen dan jangan sedih jika calon konsumen tersebut pada akhirnya tidak membeli produk kamu.

Tentukan platform yang akan kamu gunakan untuk melakukan bisnis online

Setelah mengenal dan juga memahami produk yang akan kamu jual, kamu juga harus menentukan platform yang akan kamu gunakan dalam melakukan bisnis online tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu dapat membuat dan Menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis tersebut.

Adapun pilihan platform bisnis online antara lain:

Marketplace

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - MarketPlace

Kamu dapat menggunakan marketplace yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang untuk melakukan jual beli. Dengan menggunakan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya akan membantu kamu dalam menemukan pembeli.

Dengan menyebar informasi produk melalui marketplace, kamu dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luas sehingga akan lebih banyak orang yang mengenal dan juga menyadari toko online yang anda miliki.

Media sosial

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - Media Sosial

Selain menggunakan marketplace sebagai platform bisnis atau jualan online, kamu juga harus membuat akun media sosial untuk bisnis yang akan kamu jalankan sebagai tips sukses memulai bisnis online dari kami.

Hal ini dikarenakan banyak orang menggunakan media sosial dalam kesehariannya mulai dari dengan tujuan untuk mencurahkan isi hati hingga untuk mencari barang yang diinginkan.

Karena Instagram saat ini merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna dan mulai setara dengan Facebook, memiliki akun Instagram akan membantu pemasaran dari produk dan juga bisnis yang kamu jalankan.

Membangun website resmi

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - Membangun Website Resmi

Selain kedua platform yang sudah kami jelaskan, tips sukses memulai bisnis online selanjutnya adalah kamu juga dapat membangun website resmi dari bisnis kamu sendiri yang dapat kamu gunakan sebagai etalase produk yang kamu miliki.

Dengan memiliki website, aktivitas dari bisnis online yang kamu miliki akan terpusat sehingga akan memudahkan pekerjaanmu. Kamu juga dapat membuat bank penyimpanan data konsumen dan penjualan sehingga saat kamu membutuhkan data tersebut kamu tidak perlu lagi bingung mencarinya.

Buat rekening tabungan baru yang khusus digunakan untuk bisnis

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - Buat rekening tabungan baru yang khusus digunakan untuk bisnis

Sebelum kamu memulai bisnis online, membuat rekening tabungan baru yang akan khusus kamu gunakan dalam kebutuhan berbisnis merupakan tips sukses memulai bisnis online selanjutnya dari kami.

Jika kamu menyamakan rekening bisnis dengan rekening pribadi, bisnis yang kamu bangun tidak akan berkembang karena kamu tidak bisa melakukan evaluasi dan juga pengukuran penghasilan yang sudah kamu dapatkan dari bisnis online tersebut.

Dengan memisahkan rekening bisnis dengan rekening pribadi, kamu tidak perlu menghitung neraca pendapatan setiap bulannya karena nominal yang ada di dalam rekening bisnis kamu secara otomatis merupakan pendapatan yang didapatkan bisnis kamu dalam jangka waktu satu bulan.

Buat strategi pemasaran dengan baik

Bisnis online merupakan jenis bisnis yang memerlukan pemasaran dan juga promosi dengan intensitas yang sering. Untuk dapat menjalankan pemasaran dan promosi dengan baik, kamu harus mengenal dan membuat strategi permasalahan terlebih dahulu sebelum mulai berbisnis.

Membuat strategi pemasaran yang baik adalah salah satu tips sukses memulai bisnis online yang penting. Kamu dapat melakukan pemasaran secara online dengan berbagai cara, diantaranya adalah:

Content marketing

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - Content Marketing

Dalam strategi pemasaran content marketing, kamu dapat membuat konten yang berisi tentang informasi terkait produk yang kamu tawarkan. Misalnya, kamu dapat memberikan informasi mengenai bahan baku, varian, manfaat, dan tips mengenai produk yang kamu tawarkan tersebut.

Search Engine Optimization (SEO)

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - Seo

Jika kamu memiliki website resmi untuk bisnis yang akan kamu jalankan, kamu dapat menggunakan strategi pemasaran Search Engine Optimization (SEO) ini. Strategi pemasaran SEO bertujuan agar website bisnis kamu muncul di urutan pertama pada pencarian search engine.

Untuk dapat mencapai hal tersebut, kamu dapat membuat artikel yang mengandung kata kunci yang sudah diformulasikan sedemikian rupa sehingga search engine seperti Google akan lebih mudah untuk memahami isi dari artikel tersebut.

(Baca Juga: Simak Yuk, Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal)

Affiliate marketing

Tips Sukses Memulai Bisnis Online - Affliate Marketing

Jika kamu sudah mengetahui program endorse yang saat ini banyak dimiliki oleh para artis, YouTuber, selebgram atau juga influencer yang lainnya, program tersebut adalah strategi pemasaran affiliate marketing.

Strategi pemasaran ini dilakukan oleh dua pihak yang memiliki tujuan masing-masing namun menjalankan pemasaran untuk mendapatkan keuntungan bersama, yaitu dengan seperti bekerja sama satu sama lain.

Selain bekerjasama dengan influencer, kamu juga dapat bekerjasama dengan pihak pebisnis lain yang memiliki hubungan pada bidang bisnisnya dengan bisnis yang kamu miliki. Misalnya, jual sepatu dan cuci sepatu atau menjual makanan dan menjual minuman.

 

Empat hal yang kami sampaikan terkait dengan tips sukses memulai bisnis online tersebut bisa memudahkan kamu saat menjalankan bisnis nantinya. Karena itu, jangan lupa untuk menjalankan keempat tips dari kami tersebut, ya! Semoga kamu sukses dalam berbisnis.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis