Bisnis

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi, Untuk Kamu yang Ingin Memulai Bisnis

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi – Karena pandemi Covid, kondisi perekonomian negara sempat menurun dan bahkan hingga minus. Untuk kamu yang tertarik memulai bisnis, kami akan memberikan beberapa tips memulai bisnis di masa pandemi.

Bisnis dapat kamu coba sebagai usaha untuk memperbaiki atau juga menopang perekonomian keluarga, menambah penghasilan atau juga menyambung hidup karena kehilangan pekerjaan. Karena itu, simak penjelasan kami mengenai tips memulai bisnis di masa pandemi ini hingga akhir, ya!

 

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi

Meskipun masa pandemi merupakan masa yang berat bagi semua orang, kamu masih tetap bisa membangun bisnis di masa pandemi ini. Kamu tidak perlu merasa takut atau juga ragu untuk memulai bisnis karena kami memiliki beberapa tips untuk memulai bisnis di mas pandemi in.

Berikut adalah beberapa tips memulai bisnis di masa pandemi yang sudah kami rangkum khusus untuk kamu:

Melakukan riset terhadap permasalahan yang ada

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi - Melakukan Riset Terhadap permasalahan yang ada

Sebelum kamu memulai bisnis, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai permasalahan yang saat ini sedang dihadapi oleh banyak orang. Jika produk yang akan kamu jual dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut, banyak orang yang akan tertarik dan kemudian membeli produkmu tersebut.

Kamu harus jeli dan juga pintar dalam melihat peluang serta memanfaatkannya. Saat ini masih banyak produk yang dicari oleh banyak orang meskipun di tengah masa pandemi. Contoh produk yang masih banyak dicari yaitu:

  • Healthcare
  • Kuliner (makanan siap masak dan frozen food)
  • Makanan sehat
  • Pakaian rumahan (daster, piyama, gamis rumahan)
  • Peralatan olahraga.

Dengan melakukan riset. Produk yang akan kamu jual memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk laku karena dapat menjadi solusi untuk permasalahan banyak orang.

(Baca Juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Online)

Pilih bisnis dengan modal yang ringan

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi - Pilih Bisnis Dengan Modal Yang Ringan

Tips memulai bisnis di masa pandemi dari kami selanjutnya adalah untuk memilih sektor bisnis yang dapat kamu mulai dengan modal yang ringan, atau jika bisa kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sebagai modal.

Hal ini dikarenakan agar waktu untuk balik modal menjadi lebih cepat dan kamu bisa menikmati keuntungan yang dihasilkan dari bisnis yang kamu jalankan tersebut. Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi ragu karena berpikir bahwa memulai bisnis butuh modal yang besar.

Ada beberapa contoh bisnis yang dapat kamu jalankan dengan modal yang ringan, yaitu:

  • Berjualan dengan sistem reseller
  • Berjualan dengan sistem dropship
  • Freelancer
  • Copywriter

Jika kamu ingin memulai bisnis, tips memulai bisnis di masa pandemi dari kami yaitu dengan memotong kebutuhan yang tidak perlu. Misalnya, jika kamu berencana untuk menjual frozen food kamu tidak perlu membeli freezer baru karena kamu dapat memanfaatkan kulkas di rumah.

Contoh lainnya, jika kamu memiliki bisnis makanan, kamu tidak perlu membeli peralatan masak baru karena kamu dapat menggunakan peralatan masak yang sudah ada di rumah. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan mengurangi modal awal.

Membuat merek yang kreatif dan mudah diingat

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi - ,Membuat Merek yang Kreatif dan mudah diingat

Dalam membuat produk, nama merek tentu saja menjadi hal yang penting. Karena itu, tips memulai bisnis di masa pandemi dari kami selanjutnya adalah untuk membuat merek dagang yang kreatif dan juga mudah diingat oleh masyarakat secara luas. 

Selain nama merek, kamu juga harus memiliki logo dari bisnis yang akan kamu jalankan. Merek dan logo ini sangat penting untuk memperkenalkan bisnis kamu yang baru dijalankan ke calon pelanggan secara lebih luas.

Hindari untuk memilih nama merek dan juga logo yang rumit dan juga susah untuk diucapkan karena menurut penelitian, merek dan logo memberikan efek psikologis terhadap pembelian dari konsumen. Semakin sederhana merek dan logo kamu, konsumen akan lebih tertarik.

Namun kamu harus ingat, sederhana bukan berarti asal-asalan. Pastikan nama merek dan juga logo dari bisnis yang kamu miliki untuk mengandung makna dan juga emosi. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa merek dan logo belum digunakan oleh pihak yang lain.

Coba berbisnis dengan model bisnis franchise

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi - Coba Berbisnis dengan model bisnis Franchise

Tips memulai bisnis di masa pandemi selanjutnya yaitu untuk meminimalisir kerugian, kamu dapat menggunakan model bisnis franchise atau waralaba. Dalam model bisnis ini, kamu hanya perlu membuka cabang atau waralaba dari bisnis yang sudah berjalan sehingga kamu tidak perlu memulai semuanya dari awal.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memilih model bisnis waralaba atau franchise:

  • Sistem bisnis sudah matang dan dapat langsung diaplikasikan atau dijalankan
  • Merek dagang sudah memiliki popularitas dan sudah memiliki pelanggan
  • Terdapat mentor bisnis yang akan membantu kamu dalam menjalankan bisnis
  • Mendapatkan bantuan pemasaran merek dari pemilih franchise
  • Bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat
  • Produk sudah terjamin kualitasnya

Kenali dan pilih strategi pemasaran yang akan kamu gunakan

Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi - Kenali dan pilih Strategi pemasaran yang akan kamu gunakan

Pemasaran melalui online atau biasa disebut sebagai digital marketing merupakan Teknik dan strategi pemasaran yang dilakukan untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas namun dapat dilakukan dengan mudah.

Pemasaran dilakukan untuk memperkenalkan produk dan juga bisnis kamu kepada masyarakat. Jika sudah banyak yang tahu produk dan bisnis yang kamu miliki, peluang kamu mendapatkan pelanggan juga akan meningkat.

Tips memulai bisnis di masa pandemi yang terakhir dari kami adalah bahwa kamu harus mengetahui dan mengenali terlebih dahulu berbagai macam strategi pemasaran online yang bisa kamu lakukan.

(Baca Juga:  9 Tips Memulai Bisnis Makanan di Online)

Setelah kamu mengetahui hal tersebut, kamu akan lebih mudah untuk menentukan strategi pemasaran apa yang kamu butuhkan dan kemudian dapat mengaplikasikan strategi pemasaran tersebut. Berikut adalah dua contoh strategi pemasaran online atau digital marketing:

Affiliate marketing

Sesuai dengan Namanya, strategi pemasaran ini dilakukan dengan berafiliasi atau bekerjasama. Kamu dapat melakukan Kerjasama dengan pihak lain untuk dapat memasarkan produk dan bisnismu dan kemudian berbagi keuntungan.

Sebagai contoh, jika kamu berjualan kopi kamu dapat berafiliasi dengan penjual kue kering untuk membuat hampers. Contoh lainnya adalah kamu bekerjasama dengan influencer untuk memasarkan produk atau took online milikmu dengan memberikan imbalan berupa uang atau barang.

Social Media Marketing

Pemasaran melalui media social saat ini merupakan tipe strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh pebisnis online. Tentu saja karena sistem penjualan dilakukan secara online, pemasaran melalui media sosial juga merupakan hal yang penting.

Kamu harus mencermati platform media sosial yang akan kamu lakukan sebagai media pemasaran. Lakukan pemasaran di media sosial yang memiliki banyak pengguna sehingga target pemasaran akan menjadi lebih luas.

Sebelum melakukan pemasaran melalui media sosial, kamu juga harus melakukan riset terhadap kecenderungan cara para pengguna media sosial tersebut. Misalnya, para pengguna Instagram kebanyakan senang melihat story. Gunakan hal tersebut untuk memasarkan produk dan bisnismu.

 

Semoga dengan 5 tips memulai bisnis di masa pandemi yang sudah kami berikan, kamu tidak lagi merasa khawatir untuk memulai bisnis meskipun pada masa pandemi seperti ini. Selalu semangat, ya!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis