Bisnis

Inilah 10 Alasan Penyebab Kegagalan Bisnis

Kegagalan Bisnis

Kegagalan BisnisKetika Anda sedang menjalankan bisnis pasti ada keuntungan dan kerugian, serta kesuksesan dan kegagalan. Kegagalan bisnis adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh semua pebisnis. Tidak ada pengusaha atau pebisnis yang ingin gagal dalam menjalankan bisnis. Tapi tahukah Anda, faktor yang tidak disadari dapat terjadi karena beberapa alasan. Apa penyebab kegagalan bisnis? Temukan jawabannya di bawah ini.

Penyebab Kegagalan Bisnis

Perencanaan yang Kurang Matang

Kegagalan Bisnis - Perencanaan yang kurang matang

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perencanaan merupakan hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sebuah rencana bisnis tidak harus sempurna, ia harus tepat dan dipikirkan dengan matang. Saat membuat perencanaan, Anda dapat menentukan bagaimana bisnis Anda akan mencapai tujuannya. Perencanaan juga dapat digunakan untuk mengontrol aktivitas operasional perusahaan.

Berkat adanya plan tersebut, Anda juga dapat memilih dan menentukan aktivitas apa saja yang dibutuhkan dan mana yang tidak, serta melakukan semua aktivitas secara rutin sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan sebelumnya. Ketika perencanaan bisnis tidak Anda dipikirkan secara matang-matang maka akan berdampak langsung pada operasional bisnis yang berujung pada penyebab kegagalan bisnis.

Takut Mengambil Resiko

Kegagalan Bisnis - Takut Mengambil Resiko

Setiap tindakan pasti mengandung resiko, salah satunya adalah berbisnis. Banyak pengusaha yang tidak menjalankan bisnisnya karena takut mengambil resiko, misalnya dalam menghadapi persaingan, resiko yang berhubungan dengan masalah keuangan, dll. Jika Anda termasuk salah satu pengusaha yang takut mengambil resiko, itu artinya Anda tidak siap secara mental untuk menjadi seorang pengusaha. Padahal, orang yang paling sukses adalah orang yang berani mengambil resiko.

(Baca Juga: Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat pada Bisnis)

Tidak Berani Mencoba

Kegagalan Bisnis - Tidak Berani Mencoba

Mencoba hal-hal baru tentunya bisa menjadi ide baru Anda dalam menjalankan bisnis. Namun banyak pengusaha yang merasa nyaman di zona mereka, sehingga tidak berani mencoba hal-hal baru. Padahal orang sukses adalah orang yang mencoba hal-hal baru. Jika Anda berani mencoba dan terus berusaha, tidak ada yang namanya tidak mungkin dalam berbisnis, tetapi jika Anda tidak mulai mencobanya, sudah pasti Anda tidak akan pernah sukses. Dengan berani mencoba, Anda membuat bisnis maju. Jadi mulai sekarang, lepaskan rasa takut dan khawatir tentang kegagalan.

Mudah Menyerah

Kegagalan Bisnis - Mudah Menyerah

Setelah Anda mencoba memulai hal baru untuk mengembangkan bisnis Anda, jangan cepat menyerah saat Anda gagal. Jika anda mudah menyerah, itu akan membawa Anda lebih dekat ke kegagalan.

Jadi, teruslah mencoba dan bersemangat untuk melakukan sesuatu yang ingin dicapai bisnis Anda, dan jangan pernah berhenti di tengah jalan. Berhenti di tengah jalan, Anda telah menyia-nyiakan semua yang Anda lakukan. Ingatlah bahwa kegagalan itu wajar dan setiap orang sukses pernah mengalami kegagalan.

Terlalu Terburu-buru

Kegagalan Bisnis - Terlalu Terburu-buru

Faktor kegagalan bisnis yang berikutnya adalah Terlalu terburu-buru. Banyak pengusaha yang gagal karena terburu-buru dalam menjalankan usahanya, misalnya karena terburu-buru untuk mengembangkan usahanya. Ingatlah bahwa semua yang Anda lakukan dengan tergesa-gesa biasanya membawa hasil yang buruk.

Jadi, sebelum Anda membuat keputusan atau melakukan sesuatu, cobalah untuk memikirkannya dan merencanakan dengan hati-hati. Ini akan mengurangi resiko penyebab kegagalan bisnis dan keuntungan akan segera datang.

Tidak Percaya Diri

Kegagalan Bisnis - Tidak Percaya Diri

Ini biasanya dialami ketika otak Anda dipenuhi dengan pikiran negatif. Kurang percaya diri biasanya menimbulkan rasa takut saat harus mengambil keputusan atau menyerah saat mengalami penyebab kegagalan bisnis. Kurangnya kepercayaan diri menyebabkan Anda kehilangan peluang yang menghampiri Anda. Jadi mulai sekarang, ubahlah mindset Anda bahwa Anda bisa sukses dan percaya bahwa semua keputusan yang Anda buat adalah keputusan terbaik yang pernah Anda buat.

Latar belakang bisnis yang keliru

Kegagalan Bisnis - Latar Belakang Bisnis Yang Keliru

Ketika Anda baru memulai bisnis harus memiliki latar belakang yang jelas dan kuat. Apa alasan utama Anda ketika ingin berkecimpung di dunia bisnis ini? Apakah Anda ingin merasakan kebebasan finansial atau lebih banyak waktu bersama keluarga?

Atau mungkin Anda bahkan tidak tahu apa yang melatarbelakangi Anda dalam melakukan bisnis ini?

Ini jelas kesalahan yang fatal. Tanpa alasan atau latar belakang yang jelas, ini yang menjadi penyebab mengapa bisnis Anda gagal yaitu tanpa tujuan yang jelas. Tidak ada tujuan berarti tidak ada target yang ingin dicapai untuk kedepannya. Dan bisa dipastikan itu akan sulit berhasil.

Manajemen buruk

Kegagalan Bisnis - Manajemen Buruk

Ini adalah kesalahan umum orang-orang yang baru mengenal bisnis. Pemilik usaha biasanya menangani banyak hal yang berkaitan dengan bisnisnya. Mulai dari perencanaan, menghubungi supplier atau pemasok, memproduksi dan diakhiri dengan penjualan. Kebanyakan dari mereka sering melakukan one man show atau melakukan semuanya sendirian.

Namun merekrut karyawan yang akan menjadi perpanjangan tangan dari pemilik bisnis juga tidak mudah. Pemilik sangat perlu memahami gambaran keseluruhan dari setiap proses kerja di perusahaan. Mereka harus dikembangkan dan diterapkan oleh mereka yang lebih kompeten.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, tugas Anda sebenarnya adalah membuat semua proses bisnis berjalan dengan baik. Dimulai dengan menciptakan suasana kerja yang nyaman, bereaksi cepat terhadap situasi yang berubah dan mengetahui elemen mana yang perlu ditingkatkan.

(Baca Juga: Memulai Bisnis Online , Ini Dia Yang Harus Kamu Lakukan)

Kehabisan modal

Kegagalan Bisnis - Kehabisan Modal

Seringkali terdengar bahwa sebuah perusahaan harus berhenti di tengah jalan karena kekurangan modal. Ini biasanya karena pemilik usaha tidak menghitung dengan benar kebutuhan dana untuk menjalankan usahanya. Modal yang disiapkan tidak hanya sebulan atau dua bulan saja, tetapi Anda harus berpikir untuk tiga tahun ke depan.

Ini bisa menjadi kesalahan dalam mengelola uang. Modal yang seharusnya cukup untuk menjalankan bisnis selama setahun habis dalam 6 bulan karena pengelolaan keuangan yang buruk. Pendapatan yang diperoleh tidak menambah modal, tetapi digunakan untuk tujuan lain yang bahkan tidak terkait langsung dengan bisnis.

Pemilihan lokasi yang kurang pas

Kegagalan Bisnis - Pemilihan Lokasi Yang Kurang Pas

Faktor kegagalan bisnis yang terakhir adalah pemilihan lokasi yang kurang pas. Semua teori bisnis, apalagi jika produk yang dijual merupakan kebutuhan dasar, pasti akan menunjuk lokasi sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan. Meski produk yang dijual berkualitas tinggi, tetapi dijual di tempat terpencil dan sulit dijangkau, pasti tidak akan laku untuk dibeli.

Selain itu, penentuan lokasi mungkin dipengaruhi atau tidak dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti target pasar, keramaian, dan posisi kompetitor. Ketika Anda menemukan tempat yang dilewati oleh banyak orang dan tidak jauh dari target pasar Anda, tetapi dipenuhi oleh pesaing serupa, bisnis pasti akan sulit juga.

Tak heran masih banyak pelaku usaha yang masih mengabaikan faktor lokasi ini. Ketika pertempuran untuk menjangkau pelanggan tidak terlalu intens, hanya masalah waktu saja sebelum akhirnya menutup usahanya.

Itulah 10 alasan mengapa kegagalan bisnis bisa terjadi. Tak hanya itu, kurangnya pengalaman dan ketidakmampuan dalam mengelola keuangan juga bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis. Jadi jika Anda ingin sukses dalam bisnis, Anda bisa mulai mengatur keuangan Anda dengan rapi dan benar.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis