BisnisSaham

Mengenali Modal Ventura dan Cara Mendapatkan Pembiayaan Modal Ventura

Pembiayaan Modal ventura merupakan salah satu investasi menjanjikan yang disukai para pengusaha. Modal ini sendiri yang mengelola dana pembiayaan dari investor (pihak ketiga) dan tujuan utamanya adalah untuk berinvestasi pada perusahaan yang berisiko tinggi dan tidak dapat memenuhi persyaratan sebagai perusahaan yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman bank.

Sebagian besar dana ventura berasal dari investor yang sudah mapan secara finansial, bank investasi dan berbagai lembaga keuangan lainnya. Selain itu, sebagian besar investasi juga masuk ke perusahaan yang baru memulai dan tidak memiliki riwayat operasi yang tepat. Jika Anda salah satu dari mereka di posisi ini, taruhan terbaik Anda adalah menggunakan pembiayaan modal ventura ini untuk pengembangan bisnis masa depan Anda.

Sebagai salah satu jenis pembiayaan modal usaha, modal ventura juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan jenis pembiayaan lainnya. Ini adalah pertimbangan penting yang harus Anda ketahui dan pahami dengan baik sebelum memutuskan untuk mengajukan pembiayaan modal ventura. Berikut kelebihan dan kekurangan pembiayaan modal ventura yang telah kami rangkum untuk Anda.

Kelebihan Modal Ventura

Pembiayaan Modal Ventura

Berikut ini kelebihan pembiayaan modal ventura dibandingkan jenis model pembiayaan lainnya diantaranya adalah:

Pembiayaan modal ventura termasuk pembiayaan jangka pendek dan menengah yang relatif lebih murah dan menggunakan sistem pengembalian yang fleksibel.

(Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Mudah)

Bagi perusahaan baru yang belum memenuhi kebutuhan pembiayaan dari jalur pembiayaan lain, modal ventura adalah solusi terbaik.

Menyediakan bantuan pengelolaan perusahaan modal ventura bagi mitra usaha untuk pengembangan bersama perusahaan.

Perusahaan modal ventura selalu memantau operasi perusahaan secara langsung, memberikan saran dan solusi ketika perusahaan rekanan menemui masalah.

Membantu dalam meningkatkan prestise dan reputasi perusahaan rekanan, karena umumnya perusahaan modal ventura sudah memiliki citra yang baik dimata investor dan masyarakat luas.

Cara terbaik untuk melindungi pengusaha kecil dan mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih baik.

Kekurangan Modal Ventura

Pembiayaan Modal Ventura - Kekurangan Modal Ventura

Berikut ini kekurangan yang dimiliki oleh pembiayaan modal ventura diantaranya adalah:

Pembiayaan modal ventura melibatkan pembiayaan yang cukup mahal dalam hal jangka waktunya. Hal ini dikarenakan modal ventura menggunakan sistem bagi hasil sehingga keuntungan yang diperoleh perusahaan rekanan bisa besar terutama pada bisnis yang sudah sukses.

Modal hanya akan masuk ke perusahaan tertentu saja dan cukup selektif mengingat resiko berbisnis yang relatif tinggi. Singkatnya, orang mana yang tidak akan berhati-hati jika kita menyumbangkan uang ke perusahaan yang masih muda? Biasanya suntikan dana hanya akan diberikan kepada perusahaan yang memiliki prospek bagus.

Pengusaha perusahaan rekanan dapat kehilangan kendali dan kepemilikan, karena pengelolaan dan saham perusahaan langsung menjadi milik modal ventura. Ketika sebuah bisnis gagal, maka akan segera dilikuidasi dari perusahaan modal ventura.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum Anda ingin tau bagaimana cara mendapatkannya.

Tanpa basa-basi, Berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkan modal ventura :

Mendatangi event pameran Start-Up dan UKM

Event Pameran Startup merupakan pameran yang dicari-cari bagi para pemburu investor. Karena biasanya para pemburu Start-Up juga ikut serta dalam acara tersebut. Acara semacam itu biasanya diselenggarakan oleh media atau perusahaan modal ventura itu sendiri.

Menariknya, pada saat pameran Startup yang berlangsung, komisi mengadakan sesi khusus, yaitu tatap muka langsung dengan para investor.

Keuntungan lain dari mengikuti acara semacam ini adalah memperoleh jaringan relasi dan pengetahuan praktis tentang Start-Up dan trik-trik praktis, seperti menyiapkan proposal bisnis atau business plan yang baik.

Membuat Rencana Bisnis

Sebuah rencana bisnis memiliki setidaknya 4 fungsi, yaitu merancang strategi bisnis, mengukur biaya dan kebutuhan, meningkatkan nilai bisnis, dan terakhir menemukan sumber pembiayaan modal ventura untuk bisnis tersebut. Agar investor tertarik dengan konsep bisnis, poin terpentingnya adalah business plan.

Oleh karena itu, cobalah Anda buat Inilah Contoh Business Plan Sederhana untuk UKM yang baik. Setidaknya ada 3 syarat agar rencana bisnis dianggap baik, yaitu :

  • Isinya dijelaskan dalam bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
  • Tidak terlalu panjang dan tidak bertele-tele, tetapi juga tidak terlalu pendek. Ringkasannya singkat dan jelas.
  • Berisi data yang tepat dan akurat.

(Baca Juga: Memulai Bisnis Online , Ini Dia Yang Harus Kamu Lakukan)

Uji Kelayakan

Biasanya, setelah pemilik modal ventura melihat rencana bisnisnya, kini saatnya melakukan uji kelayakan. Kegiatan ini membuat pengusaha sibuk karena investor meminta wawancara, mengevaluasi perusahaan dan produk, kemudian mempertimbangkan saran investor untuk meningkatkan bisnis yang ditunjuk. Pada tahap ini, investor akan memutuskan apakah perusahaan tersebut layak untuk dibiayai atau tidak, menurut perhitungannya.

 

Tanda Tangan Perjanjian Investasi dan Kerjasama

Ini merupakan tahap final setelah melewati tahap uji kelayakan. Bagi perusahaan yang telah lolos uji kelayakan dan kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan, maka perusahaan modal ventura akan memberikan pembiayaan modal ventura bagi perusahaan yang membutuhkan. Pemilik bisnis dan pemodal ventura akan menyelesaikan kontrak dan menyelesaikan masalah administrasi dan legalitas yang diperlukan. Setelah diputuskan bahwa kewajiban administrasi dan hukum selesai, dana akan segera ditransfer ke rekening pemilik perusahaan, yang dapat langsung digunakan sebagai tambahan modal usaha dan mengembangkan usahanya.

Daftar Perusahaan Modal Ventura

Ada banyak perusahaan VC di Indonesia. Namun, untuk menghindari investor palsu, pendiri bisnis perlu mengetahui cara membedakan antara VC legal dan ilegal. Anda bisa melakukannya dengan mengecek ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebaiknya hindari VC yang tidak memiliki persetujuan resmi OJK. Di bawah ini adalah daftar perusahaan VC yang memiliki izin OJK dan beroperasi di Indonesia:

Bahana Artha Ventura (BAV)

Pembiayaan Modal Ventura - Bahana Artha Ventura

Perusahaan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BAV tidak hanya rutin memberikan modal kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tetapi juga memberikan modal kepada perusahaan rintisan. Tahun ini, BAV telah menyalurkan dana sekitar Rp 365 Miliar.

Mandiri Capital Indonesia (MCI)

Pembiayaan Modal Ventura - Mandiri Capital Indonesia

Selanjutnya, Perusahaan ini juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbasis di Bank Mandiri ini memang dikenal getol berburu Startup di bidang financial technology. Saat ini terdapat 7 perusahaan yang didanai oleh MCI yaitu Yokke, Cashlez dan DAM. Ketiganya adalah perusahaan di bidang pembayaran.

MCI juga memberikan modal kepada perusahaan rintisan yang berurusan dengan solusi perusahaan seperti Privyid, Jurnal dan Moka. Terakhir, MCI juga terlibat dalam pembiayaan mdal ventura perusahaan peer to peer landing yaitu Amartha.

Alibaba

Pembiayaan Modal Ventura - Alibaba

Perusahaan raksasa asal China ini juga dikenal sebagai investor yang siap mengambil alih Startup dengan potensi besar. Salah satu perusahaan Indonesia yang akhir-akhir ini mendapat kucuran dana besar dari Alibaba adalah Tokopedia. Jumlah investasinya bahkan mencapai US$ 1,1 miliar.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan terkait pembiayaan modal ventura yang banyak dijadikan alternatif bagi para investor disana dalam mengembangkan bisnisnya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis