Bisnis

Simak Yuk, 9 Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Peluang Bisnis Di masa Pandemi

Peluang Bisnis di Masa Pandemi – Pandemi yang masih berlanjut sampai hari ini telah membuat banyak orang mengalami kesulitan ekonomi, tidak hanya kalangan bawah tapi juga para artis dan pebisnis. Tak sedikit juga pekerja kantor yang di PHK. Jika kamu salah satunya, kamu bisa coba peluang bisnis di masa pandemi dalam daftar di bawah ini.

Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Meski menimbulkan banyak kerugian, tapi pandemi juga telah membuka pintu bisnis baru dan yang lebih luas karena konsumen beradaptasi dengan kehidupan pasca-COVID. Inilah sembilan ide bisnis yang ideal untuk dimulai selama pandemi:

Masker Kain Unik

Masker Kain Unik

Peluang bisnis di masa pandemi yang pertama adalah bisnis masker kain unik. Jika kebetulan kamu memiliki keterampilan menjahit dan sudah memiliki beberapa perlengkapan jahit di rumah, membuat masker kain dan menjualnya adalah salah satu peluang bisnis di masa pandemi yang cukup menjanjikan.

Sebagian besar negara termasuk Indonesia masih mengharuskan warganya untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, cuci tangan, dan menggunakan masker saat keluar rumah, yang berarti permintaan masker masih sangat tinggi. 

Masker bahkan telah menjadi semacam trend fashion baru karena orang-orang berusaha untuk membuat aneka masker yang unik dan menarik, yang kadang bahkan dibuat satu set dengan pakaian atau diberi hiasan yang tak biasa seperti mutiara, manik-manik, dll.

Dengan modal keterampilan dan alat jahit yang kamu punya, ditambah dengan referensi model masker dari internet, kamu bisa mencoba membuat masker kain sendiri dan menjualnya. Jika bisa memasaknya dengan cara yang menarik, hasil penjualan masker bisa menutupi kebutuhan sehari-hari kamu lho.

(Baca Juga: Resiko Berinvestasi, Ini 8 Faktor yang Mempengaruhi)

Content Creator

Konten kebugaran menjadi semakin populer selama pandemi, terutama aneka gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan tanpa alat.

Jika kamu cukup paham dalam bidang olahraga dan kebugaran, kamu bisa mulai membuat konten lewat channel YouTube atau blog. Jika viewer dan visitor kamu banyak, kamu bisa mendapatkan uang dari adsense lho.

Produk dan Layanan Hewan Peliharaan

Produk dan Layanan Hewan Peliharaan

Salah satu tren positif lain yang muncul akibat semua orang harus diam di rumah karena COVID-19 adalah lonjakan besar dalam pembelian hewan peliharaan, mulai dari ikan, anjing, dan kucing, hingga hamster, landak, dan bayi kura-kura. 

Saat banyak orang membeli hewan peliharaan, kebutuhan akan makanan dan aksesorisnya juga akan meningkat secara otomatis. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk membuka bisnis penjualan produk hewan peliharaan seperti baju anjing dan kucing, topi, rumah, atau mainannya. 

Jika kamu ahli dalam memandikan dan merawat mereka, kamu juga bisa membuka jasa grooming lho. Sedangkan untuk kamu yang kebetulan memiliki banyak modal, kamu bahkan bisa membuka pet shop sendiri dan mengisinya dengan anak-anak kucing atau anjing yang lucu.

Jual Makanan atau Minuman

Pelaung Bisnis Di masa Pandemi

Peluang bisnis dimasa pandemi yang selanjutnya adalah menjual makanan atau minuman. Meskipun sedang tidak masa pandemi, makanan dan minuman selalu dibutuhkan setiap hari oleh setiap orang. Setelah ada aturan untuk berdiam diri di rumah, peluang bisnis di masa pandemi dalam sektor pangan justru mengalami peningkatan permintaan yang sangat tinggi. 

Tak hanya makanan berat dan aneka lauk, berbagai jenis cemilan dan minuman seperti kue kering, baso aci, gorengan, donut, keripik, jus buah, milk tea, dan lainnya juga sangat laris. 

Jika kamu atau anggota keluar kamu terampil di dapur dan ingin mendapat pemasukan tambahan saat pandemi, kamu bisa banget nih mencoba ide bisnis makanan atau minuman. Tapi sayangnya, kamu harus memiliki modal uang cukup banyak untuk membeli bahan-bahan makanan.

Perlengkapan Kecantikan

Perlengkapan Kecantikan

Saat salon rambut dan perawatan kecantikan ditutup, banyak orang mulai menyesuaikan diri untuk melakukan rutinitas perawatan kecantikan di rumah masing-masing, mulai dari mewarnai rambut, potong rambut, menggunakan masker wajah, dan bahkan manicure pedicure. 

Kamu bisa coba menjadi reseller atau dropshipper online yang menjual produk-produk perlengkapan kecantikan dan perawatan tubuh seperti ini. 

Jika memilih model dropship, modal yang kamu butuhkan bahkan tidak banyak lho, jadi meskipun saat ini kantong kamu sedang kering, kamu tetap bisa memulai usaha ini. 

Sebagai dropshipper, kamu hanya perlu membuat akun jualan online dan mencari supplier yang benar-benar terpercaya. Kemudian promosikan produk kamu dengan cara yang menarik. Sedangkan produk yang akan kamu jual tidak perlu kamu stok di rumah, jadi kamu tidak perlu menyiapkan ruangan / gudang. 

Saat ada pesanan dari pembeli, kamu hanya perlu meneruskan pesanan ini ke supplier kamu, dan proses packing serta pengiriman akan dilakukan oleh supplier, tapi dengan mengatasnamakan kamu / toko kamu. Cukup mudah, kan?

Katering Makanan Sehat

Katering Makanan Sehat

Peluang bisnis di masa pandemi lainnya adalah catering sehat. Selain makanan siap saji seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencoba bisnis katering makanan sehat yang saat ini sedang sangat hype. 

Virus corona telah membuat banyak orang bekerja di rumah dan tinggal di rumah hampir sepanjang hari. Bersamaan dengan ini, gaya hidup sehat seperti olahraga dan makan makanan sehat juga mulai menjadi trend. Momentum ini banyak dimanfaatkan oleh jasa catering untuk membuat menu sehat dan menu diet.

Les Online

Peluang Bisnis Di masa Pandemi

Apakah kamu berbakat dalam bidang seni? Misalnya pandai bermain alat musik (gitar, biola, drum, dll.), atau mungkin kamu jago menyanyi? Maka kamu bisa mencoba menjadi guru seni online untuk menghasilkan uang. 

Jika kamu pintar memasak, atau mungkin jago di mata pelajaran tertentu, kamu juga bisa mengajar secara online lho. Bersamaan dengan trend sekolah online, les atau kursus online seperti ini juga banyak dibutuhkan kok, jadi kesempatan ini bisa banget kamu ambil.

(Baca Juga: 9 Lembaga Pemberi Pinjaman Online Langsung Cair dalam Hitungan Menit)

Mainan Edukatif

Mainana Edukatif

Peluang bisnis di masa pandemi berikutnya adalah mainan edukatif. Banyaknya sekolah yang ditutup dan ada jadwal kelas online yang harus diikuti oleh para siswa membuat sebagian orang tua merasa kesulitan dalam memberikan pembelajaran mandiri. Terutama untuk orang tua yang anak-anaknya masih berusia muda, seperti TK dan SD. 

Tapi kini, sudah banyak orang tua yang mulai menggunakan cara alternatif untuk menyampaikan materi pelajaran, yaitu dengan mainan edukatif. Keadaan ini menjadi peluang bisnis di masa pandemi yang bagus untuk para wirausahawan kreatif menciptakan aneka bentuk mainan fisik yang relevan.

Beberapa contoh mainan edukatif yang bisa kamu buat adalah balok kayu, lego, puzzle, perlengkapan dapur mini, boneka, magnet huruf atau angka, dll. 

Tapi karena harus membuat produk, modal yang kamu butuhkan tentu saja cukup banyak. Alternatifnya adalah kamu bisa menjadi reseller yang mengambil produk dari pihak lain.

Jasa desain grafis

Peluang Bisnis Di masa Pandemi

Peluang bisnis di masa pandemi yang terakhir adalah jasa desain grafis. Desain grafis adalah jasa yang hampir selalu dibutuhkan di berbagai musim dan keadaan, termasuk saat pandemi seperti sekarang. 

Banyak perusahaan dan pemilik bisnis individu yang ingin terlihat menonjol dengan logo brand mereka tapi tidak memiliki kemampuan untuk mendesainnya. Di sinilah jasa desain grafis sangat dibutuhkan.

Dengan media sosial yang menjadi bagian penting dari pemasaran saat pandemi, berbagai merek terus-menerus membutuhkan grafik baru untuk menarik lebih banyak pelanggan. Jika desain grafis adalah keahlian yang kamu miliki saat ini, maka tak usah ragu untuk menjual jasa kamu secara online.

Siapa bilang memulai bisnis saat pandemi itu mustahil? Jika kamu memilih peluang bisnis di masa pandemi yang tepat dan memiliki tekad yang kuat, bisnis kamu bisa berhasil kok. Sebagai pertimbangan, kamu bisa coba pikirkan sembilan peluang bisnis di masa pandemi dalam daftar di atas ya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis