Bisnis

Memulai Bisnis Online , Ini Dia Yang Harus Kamu Lakukan

Memulai Bisnis Online

Memulai Bisnis Online – Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan, contohnya adalah dengan memulai bisnis online. Memulai bisnis online memang bukan hal yang mudah apalagi jika kamu masih belum memiliki pengalaman berbisnis secara online maupun offline.

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa yang harus kamu lakukan sebelum pada akhirnya kamu memulai bisnis online. Jika kamu memang memiliki minat untuk berbisnis online, simak artikel ini hingga akhir dan jangan sampai ketinggalan informasinya, ya!

 

Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online

Cari dan temukan permasalahan yang sedang ada

Memulai Bisnis Online - Cari dan Temukan Permasalahan yang ada

Jika kamu ingin memulai bisnis online, kamu harus memilih produk yang akan kamu jual dengan cermat karena produk merupakan komponen yang vital untuk bisnis online. Agar penjualan dapat berjalan lancar, kamu harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dengan mengetahui permasalahan yang sedang terjadi di pasar, kamu akan dapat menghasilkan produk yang menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga kemudian konsumen akan tertarik membeli produk yang kamu tawarkan.

Kamu dapat mencari peluang bisnis dari beberapa sumber misalnya observasi di media sosial, marketplace, atau juga forum review. Setelah itu kamu juga harus mengetahui insight langsung dari orang-orang yang sedang menghadapi permasalahan tersebut.

(Baca Juga: 9 Tips Memulai Bisnis Makanan di Online)

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa permasalahan yang akan kamu angkat tersebut memiliki potensi bisnis dimana kamu memiliki solusi untuk mengatasinya dan juga dapat mengembangkan usaha dari solusi tersebut.

Setelah itu, kamu dapat menentukan produk yang akan anda jual untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Selain menentukan produk, kamu juga harus mempertimbangkan kemungkinan untuk menjual produk tersebut melalui sistem online.

Riset pasar

Memulai Bisnis Online - Riset Pasar

Setelah menentukan permasalahan yang akan kamu angkat sebagai potensi bisnis, kamu harus melakukan riset pasar sehingga kamu bisa mendapatkan ide bisnis online. Bukan sekedar opini atau asumsi, dari riset pasar kamu bisa mendapatkan data yang objektif untuk memulai bisnis online.

Untuk melakukan riset pasar, kamu dapat melakukan riset terhadap permasalahan pada keyword di search engine atau mesin pencari. Kamu dapat menggunakan keyword tool seperti Google Trends, Semrush, ahrefs dan juga Ubersuggest.

Selain itu, kamu juga dapat mengecek tren yang sedang terjadi di media sosial karena saat ini sudah banyak orang yang menggunakan media sosial untuk menyampaikan pendapat baik itu review maupun kritik terhadap suatu produk atau layanan.

Kamu juga bisa membuat sebuah survei sehingga kamu memiliki informasi yang lebih detail dari topik atau permasalahan yang akan kamu angkat tersebut. Dengan melakukan survei, kamu juga dapat secara langsung meminta saran dan juga masukan dari calon konsumen kamu.

Analisis kompetitor

Memulai Bisnis Online - Analisis Kompetitor

Sebelum kamu memulai bisnis online, kamu harus mengetahui dan mempelajari kompetitor yang mungkin akan kamu hadapi. Ibaratnya, kamu harus mengetahui medan sebelum berperang. Hal itu dapat membuat kamu mengetahui cara untuk bersaing dengan kompetitor tersebut.

Yang pertama harus kamu lakukan adalah mengelompokkan kompetitor menjadi tiga kategori yaitu kompetitor utama, sekunder dan juga tersier.

Kompetitor utama adalah pesaing yang memiliki target pasar yang sama dengan kamu atau juga produk mereka mirip atau bahkan sama dengan produk kamu

Kompetitor sekunder adalah pesaing yang menawarkan produk yang sama namun target pasar yang berbeda

Kompetitor tersier tidak secara langsung berkompetisi Kamu dengan tidak memiliki target pasar yang sama namun produknya masih berhubungan dengan produk Kamu.

Setelah itu, kamu bisa berfokus terhadap kompetitor utama dan mulai mengamati strategi pemasaran yang mereka lakukan. Mulai dari website hingga media sosial, kamu harus mengidentifikasi cara mereka melakukan pemasaran digital.

Kamu juga dapat mencari tahu pendapat pelanggan terhadap produk dan juga layanan kompetitor sehingga kamu dapat melakukan evaluasi. Hal ini menjadi keuntungan bagi kamu karena kamu bisa melakukan evaluasi melalui review produk dan layanan dari kompetitor.

Setelah itu, kamu bisa menentukan market positioning atau posisi pasar Kamu. Dengan produk yang sama, kamu dapat membedakan posisi produk dari bisnis Kamu yang Kamu inginkan untuk dikenal secara luas oleh masyarakat.

Cari model bisnis yang paling menguntungkan

Memulai Bisnis Online - Cari Model Bisnis Yang Menguntungkan

Kamu harus melakukan riset mengenai model bisnis yang akan kamu lakukan sehingga dapat memberikan keuntungan yang paling besar dan cara yang efektif. Meskipun kamu memiliki produk yang sama dengan kompetitor, kamu dapat menjual produk tersebut dengan cara yang berbeda.

Adapun contoh model bisnis diantara lainnya:

Kamu dapat menjual produk dengan melakukan proses produksi sendiri atau menggunakan sistem reseller dan juga dropship. Untuk Kamu yang memiliki budget modal yang terbatas, Kamu dapat menggunakan sistem reseller atau juga sistem dropship.

Jika kamu merasa lebih nyaman untuk menjadi blogger dan melakukan Kerjasama dengan brand untuk melakukan promosi, kamu dapat menggunakan skema model bisnis affiliate marketing

(Baca Juga: Bisa Kamu Coba, 7 Bisnis yang Sedang Ramai di Masa New Normal)

Menentukan target pasar

Sejak awal kami sudah menyinggung target pasar. Sebelum kamu memulai bisnis online, kamu harus menentukan terlebih dahulu golongan atau karakteristik pelanggan yang berkemungkinan akan membeli produk yang kamu jual.

Dengan menentukan target pasar, kamu dapat menyesuaikan pemasaran, penjualan dan juga pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut sehingga nilai penjualan akan terus meningkat.

Ada dua hal yang harus kamu lakukan saat menentukan target pasar, yaitu:

Pengelompokan target pasar

Sebelum kamu menentukan target pasar yang akan menjadi tujuan produk kamu, kamu harus terlebih dahulu mengelompokkan target pasar menjadi dua berdasarkan dua faktor utama yaitu demografi dan juga psikografi.

  • Demografi Psikografi
  • Umur Hobi
  • Gender Minat dan ketertarikan
  • Lokasi Nilai yang dianut
  • Pekerjaan
  • Tingkat Pendidikan
  • Latar belakang etnis

Setelah itu, kamu dapat memperkirakan calon konsumen dengan menggunakan data yang kamu sudah dapatkan dari langkah sebelumnya untuk kemudian dapat menentukan karakteristik umum calon konsumen (target pasar) produk bisnis kamu.

Membuat buyer persona spesifik

Memulai Bisnis Online - Membuat Buyer Persona Spesifik

Dengan data demografi dan psikografi yang sudah kamu kumpulkan, kamu dapat membuat buyer persona atau gambaran ideal dari konsumen atau pembeli yang akan membeli produk kamu.

Ada dua jenis buyer persona yaitu positif dan juga negatif. Buyer persona positif adalah kelompok orang yang berkemungkinan besar membeli produk yang kamu jual. Sedangkan buyer persona negatif adalah kebalikannya yaitu kelompok orang yang tidak berpotensi membeli produk kamu.

Lima hal yang kami sudah sampaikan tersebut merupakan hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis online. Hal itu ditujukan untuk membuat bisnis online kamu nantinya berjalan dengan lancar dan terarah.

Memulai bisnis online memang terlihat mudah karena kamu tidak perlu bekerja di kantor dalam jangka waktu tertentu. Namun, bisnis online juga memiliki risiko yang tinggi untuk gagal karena masih banyak orang yang belum percaya terhadap toko online. Karena itu jangan patah semangat dan terus mencoba, ya!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis