BisnisBisnis Online

Langkah Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

Saat ini internet merupakan hal yang sudah lazim karena hampir semua orang menggunakan internet dalam kegiatan sehari-hari. Kamu juga bisa berbisnis menggunakan internet. Memulai bisnis online dengan modal kecil merupakan hal yang sulit meskipun kelihatannya mudah.

Namun tidak perlu khawatir, untuk kamu yang ingin memulai bisnis online dengan modal kecil, kami akan memberikan cara-cara yang dapat kamu lakukan agar kamu memiliki arahan dan tidak bingung. Simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan informasi ini dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

 

Langkah Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

Dengan keuntungan besar dan juga fleksibilitas kerja yang tinggi, bisnis online banyak dilirik oleh masyarakat. Meskipun dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali, kamu masih memiliki kesempatan untuk sukses dalam berbisnis online.

Sebelum kamu terjun ke dunia bisnis online, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai cara-cara atau langkah yang harus kamu ambil. Adapun langkah yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis online dengan modal kecil diantaranya adalah:

Teliti kondisi permasalahan dan kebutuhan pasar

Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil - Teliti kondisi permasalahan dan kebutuhan pasar

Saat kamu melakukan bisnis online, kamu harus mengetahui hal apa yang akan kamu tawarkan kepada calon konsumen dan juga cara kamu memasarkannya. Untuk mengetahui hal yang dapat kamu tawarkan, kamu dapat menentukannya dari keahlian atau kegemaran.

Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu permasalahan yang ada di pasar sehingga kemudian kamu dapat menghadirkan baik sebuah produk maupun jasa yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Jika kamu tidak meneliti kondisi pasar dan juga permasalahan yang dihadapi, mungkin saja memang ada yang menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan namun dengan jumlah yang tidak banyak dan juga tidak secara terus-menerus.

(Baca Juga:  Memulai Bisnis Online , Ini Dia Yang Harus Kamu Lakukan)

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ingat saat meneliti kondisi permasalahan dan juga kebutuhan pasar untuk memulai bisnis online dengan modal kecil:

Lakukan observasi melalui media sosial atau search engine seperti google untuk menemukan permasalahan yang sedang dihadapi oleh banyak orang

Jangan membatasi pencarian pada beberapa kelompok tertentu. Karena saat kamu menjual produk atau jasa dari bisnismu nanti kamu akan menargetkan penjualan pada massa yang luas, jangan membatasi pencarian kebutuhan pasar pada pihak-pihak tertentu, ya!

Permasalahan yang dihadapi tentu saja banyak, namun kamu harus dapat menilai bahwa kamu dapat menemukan solusi mengenai permasalahan tersebut atau tidak. Selain itu, kamu juga harus menilai permasalahan tersebut memiliki potensi untuk dijadikan bisnis online atau tidak. 

Lakukan riset pasar

Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil - Riset Pasar

Jika kamu sudah menentukan permasalahan yang sedang dihadapi oleh banyak orang, kamu harus melakukan riset kecil terhadap pasar mengenai peluang bisnis yang akan kamu jalankan. Hal ini menjadi wajib jika kamu ingin mengetahui lebih detail dan juga mendapatkan data-data yang relevan.

Karena kamu akan memulai bisnis online, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai data yang objektif berdasarkan riset yang kamu lakukan. Ada beberapa cara riset pasar yang dapat kamu gunakan, diantaranya yaitu:

Riset keyword

Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil - Riset Keyword

Kamu dapat memanfaatkan mesin pencari atau search engine untuk melakukan riset keyword yang banyak digunakan. Dengan melakukan ini, kamu dapat mengetahui tren bisnis online yang sedang terjadi sehingga kamu dapat menemukan solusi terhadap permasalahan tersebut.

Lakukan riset di media sosial

Selain dengan riset keyword di search engine, kamu juga dapat mencari tahu tren bisnis melalui media sosial. Melalui postingan orang-orang, kamu dapat menentukan permasalahan yang bisa kamu angkat.

Riset di forum

Saat ini sudah banyak forum atau grup yang digunakan oleh para konsumen untuk membahas permasalahan dan juga produk yang digunakan. Sebagai contoh, untuk produk skin care dan juga makeup terdapat forum seperti Female Daily. Kamu dapat melakukan riser pada forum tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan analisis terhadap kompetitor

Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil - Jangan lupa untuk melakukan analisis terhadap kompetitor

Sebelum kamu menjalankan bisnis, kamu harus mengetahui terlebih dulu kompetitor yang akan kamu hadapi. Hal-hal yang harus kamu ketahui diantaranya adalah produk yang ditawarkan, cara pendekatan dengan konsumen, kelebihan dan kekurangan kompetitor baik dari produk maupun pelayanan.

Kamu juga harus mengetahui market positioning atau image produk milik kompetitor yang ada di dalam persepsi para pelanggan. Dengan mengetahui hal-hal ini, kamu bisa menemukan hal yang harus kamu perbaiki untuk memulai bisnis online dengan modal kecil milikmu nantinya.

Gunakan model bisnis yang sesuai

Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil - Gunakan model bisnis yang sesuai

Untuk dapat memulai bisnis online dengan modal kecil dengan lancar, kamu harus menentukan model bisnis yang akan kamu jalankan. Jangan lupa, kamu harus memilih model bisnis yang paling menguntungkan.

Kamu dapat memilih untuk menggunakan model bisnis dropship jika memang kamu tidak memiliki budget modal sama sekali. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu memiliki stok produk yang kamu jual.

Kamu hanya cukup bertindak seperti tim marketing dari supplier dengan memasarkan dan mempromosikan produk supplier tersebut namun tentu saja dengan menggunakan nama tokomu sendiri.

Jika kamu memiliki budget untuk modal namun kecil, model bisnis reseller adalah model bisnis yang cocok. Hal ini dikarenakan kamu dapat membeli produk dari supplier dan kemudian menjualnya Kembali.

Kamu tidak perlu memproduksi sendiri dan memikirkan biaya produksi serta biaya operasionalnya. Karena hal tersebut. model bisnis reseller sangat cocok untuk kamu yang baru akan memulai bisnis online dengan modal kecil.

Tentukan target pasar dari bisnis online kamu

Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil - Tentukan target pasar dari bisnis online kamu

Cara terakhir memulai bisnis online dengan modal kecil adalah dengan menentukan terget pasar. Setelah kamu melakukan riset pasar dan juga menganalisis kompetitor yang akan kamu hadapi, kamu juga harus menentukan target pasar untuk dapat memulai bisnis online dengan modal kecil.

Target pasar adalah sekelompok orang yang memiliki kesamaan karakteristik dan memiliki kemungkinan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Kamu harus menentukan target pasar sebelum memulai bisnis.

(Baca Juga: Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat pada Bisnis)

Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pemasaran produk atau jasa yang kamu tawarkan dan juga untuk acuan pengembangan serta penambahan item-item yang akan kamu tawarkan kedepannya.

Kamu dapat menentukan target pasar dengan terlebih dahulu mengelompokkannya berdasarkan dua faktor, yaitu:

Psikografi

Faktor ini dipengaruhi oleh perasaan para konsumen yaitu misalnya hobi atau ketertarikan serta minat yang dimiliki oleh calon konsumen. Nilai- nilai yang dianut oleh calon konsumen juga dapat dikategorikan menjadi faktor psikografi.

Demografi

Berbeda dengan faktor psikografi, faktor demografi ini tidak dipengaruhi oleh perasaan calon konsumen. Contoh faktor demografi misalnya adalah umur, domisili, gender, pekerjaan, pendapatan dan juga status perkawinan.

Setelah kamu melakukan pengelompokkan, kamu dapat menentukan target pasar yang akan digunakan oleh bisnis online yang kamu jalankan. Hati-hati dalam memilih target pasar sehingga tidak salah sasaran, ya!

 

Kelima langkah memulai bisnis online dengan modal kecil yang kami sampaikan tersebut harus kamu jalankan sebelum memulai berbisnis agar kamu tidak bingung di tengah jalan dan membuat investasi yang kamu berikan menjadi sia-sia.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis