Bisnis

Sebelum Terjun di Dunia Bisnis, Pahami Istilah Bisnis Terlebih Dahulu, Yuk!

thumbnail bisnis - istilah bisnis

Istilah bisnis yang mungkin memang tidak asing ditelinga kita. Berhubungan dengan bisnis, apakah anda saat ini sedang berencana untuk membuat dan membangun sebuah bisnis? Jika anda memang serius untuk merencanakannya, maka anda harus memahami terlebih dahulu tentang bisnis lebih dalam.

Baca Juga : Mengenal Prinsip Mengelola Keuangan Agar Finansial Baik Dan Aman

Kemudian, apa yang harus anda lakukan agar bisa memahami bisnis sehingga bisa memulai untuk membangun sebuah bisnis? Jawabannya bisa anda temukan dengan menyimak bacaan berikut.

Memahami Istilah Bisnis Lebih Lanjut

memahami bisnis - istilah bisnis

Istilah bisnis berasal dari kata dalam bahasa Inggris, yakni “business” yang memiliki arti “kesibukan”. Kesibukan disini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk pengertian bisnis pada dasarnya adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu individu maupun organisasi yang melibatkan proses pembuatan, penjualan, atau pertukaran barang maupun jasa dengan tujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan.

Berikut Pengertian Bisnis Menurut Beberapa Ahli

ahli bisnis - istilah bisnis

  • Menurut Prof. Owen, salah satu ahli ini menyatakan bahwa bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang untuk kemudian dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.
  • Menurut Ebert dan Griffin (2007), yang menyatakan bahwa bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan keuntungan.
  • Menurut L.R Dicksee, pengertian bisnis adalah sebuah bentuk dari suatu aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan dari yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Pembahasan bisnis menurut beberapa ahli ini ditujukan untuk anda agar anda lebih paham mengenai pengertian bisnis sebagai modal awal anda sebelum membangun sebuah bisnis.

Fungsi Bisnis yang Perlu Diketahui

fungsi bisnis - istilah bisnis

Steinhoff menyatakan tiga fungsi utama yang harus dimiliki sebuah bisnis dalam bukunya “The World of Business“, yakni :

  1. Acquiring Raw Material (Mencari bahan baku).
  2. Distributing Product To Consumer (Mendistribusikan produk kepada konsumen).
  3. Manufacturing Raw Materials Into Product (Mengolah Bahan Baku Menjadi Produk Jadi).

Sebenarnya tidak hanya itu saja, masih ada beberapa fungsi dari bisnis yang lain, seperti :

  • Form Utility (mengubah bentuknya), yang tidak lain dari fungsi produksi yaitu fungsi bisnis dalam menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan.
  • Place Utility (memindahkan tempat produk), atau fungsi distribusi, yaitu fungsi bisnis untuk mendistribusikan barang atau jasa ke lokasi terdekat yang dapat dijangkau atau diindentifikasi oleh konsumennya.
  • Possesive Utility (mengubah kepemilikan), yaitu fungsi penjualan yang merupakan fungsi bisnis dimana ketika perusahaan melakukan penjualan barang atau jasa yang dihasilkannya kepada para konsumen atau penggunanya yang membutuhkan.
  • Time Utility (menunda waktu kegunaan), atau fungsi pemasaran yaitu fungsi bisnis yang berkaitan dengan penyimpanan dan pemasaran sehingga barang yang pada suatu waktu kurang bermanfaat akan dipasarkan di periode lain ketika barang tersebut akan berguna bagi konsumen.

Konsep Bisnis

konsep bisnis - istilah bisnis

Kenali empat komponen utama dalam konsep bisnis anda berikut ini, sehingga usaha yang anda jalankan dapat berjalan dengan baik.

  1. Core Strategy (strategi inti), yaitu visi dan misi dalam sebuah bisnis yang meliputi hal yang diharapkan dari bisnis anda yang bersifat ideal.
  2. Strategic Resource (sumber daya strategis), yang terdiri dari kompetensi inti, proses utama, dan aset strategis.
  3. Costumer Interface (perantara pelanggan), yaitu informasi yang mendalam, dinamika hubungan, struktur harga, serta dukungan dan pemenuhan.
  4. Value Network (jaringan nilai), yaitu jaringan nilai yang berada di sekitar perusahaan dimana memperkuat dan melengkapi sumber daya milik perusahaan.

Tujuan Berbisnis

tujuan bisnis - istilah bisnis

Selain keuntungan utama yang pasti dalam tujuan berbisnis yaitu mendapatkan profit atau keuntungan, ada bebefrapa tujuan lain dari kegiatan berbisnis. Berikut tujuan lainnya dari istilah bisnis.

  • Menciptakan sebuah lapangan kerja untuk masyarakat umum.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat suatau negara secara umum.
  • Menyediakan jasa dan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat umum.
  • Meningkatkan taraf kesejahteraan pebisnis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.
  • Menunjukan eksistensi sebuah usaha atau perusahaan dalam jangka panjang.

Baca Juga : Kupas Tuntas Secara Lengkap Tentang Investasi Emas Batangan

Demikianlah uraian mengenai bisnis yang perlu anda ketahui sebelum anda mulai terjun di dunia bisnis. Jika anda sudah mengetahui dasar untuk berbisnis dengan baik, anda tidak perlu khawatir dan tinggal memulai untuk membangun usaha anda dengan lancar.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis