Bisnis

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat pada Bisnis

Cara Menentukan Target Pasar

Cara Menentukan Target pasar merupakan hal yang sangat penting untuk menjalankan bisnis Anda, jadi Anda perlu mengidentifikasinya terlebih dahulu. Mengidentifikasi target pasar Anda adalah bagian dari strategi perusahaan Anda untuk diikuti sejak awal mengembangkan strategi lain.

Jika Anda memiliki pengenalan dan pemahaman yang baik tentang pasar bisnis target Anda, peluang Anda untuk menjangkau konsumen akan menghasilkan lebih banyak peluang dan keuntungan.

Strategi pemasaran yang baik biasanya dimulai dengan target pasar yang potensial

Jika Anda melakukan ini dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis Anda akan segera dikenali oleh calon pelanggan lainnya. Untuk membantu Anda mengidentifikasi target pasar yang tepat, Simak penjelasannya di bawah ini

Apa itu Target Pasar?

Menurut Kotler, Target pasar merupakan upaya untuk memilih satu atau lebih segmen pasar untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar yang telah ditentukan.

Target pasar umumnya memilih kelompok konsumen atau pelanggan yang menjadi sasaran perusahaan untuk melakukan pendekatan yang tepat. Target pasar dilakukan sedemikian rupa sehingga kelompok konsumen dapat membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Tetapi sebelum Anda dapat menentukan target pasar Anda, perusahaan perlu melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu. Segmentasi pasar merupakan strategi atau metode yang digunakan dalam bisnis untuk mengklasifikasikan produk berdasarkan berbagai karakteristik.

Target pasar juga dapat didefinisikan sebagai kelompok konsumen yang dicari oleh pengusaha atau pemilik usaha untuk dapat membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

(Baca Juga: Memulai Bisnis Online , Ini Dia Yang Harus Kamu Lakukan)

Cara Menentukan Target Pasar

Sebelum Anda melakukan target pasar Anda, Anda harus memperhatikan bagaimana cara menentukan target pasar dalam bisnis Anda. Berikut penjelasannya :

Tentukan Ukuran Segmen

Cara Menentukan Target Pasar - Tentukan Ukuran Segmen

Cara menentukan target pasar yang pertama adalah dengan cara menentukan ukuran segmen. Dalam menentukan ukuran suatu segmen, hal ini berarti mengukur apakah jumlah konsumen di segmen tersebut cukup besar dan menjanjikan untuk dioperasikan. Akan tetapi, besar kecilnya segmen ini terkait dengan peluang bisnis untuk menarik perhatian bagi yang mendapatkan banyak pembeli selama periode operasi.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan ukuran segmen yang akan Anda targetkan untuk memutuskan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk terus dilanjutkan atau tidak.

Pantau Pertumbuhan Segmen

 Cara Menentukan Target Pasar - Pantau Pertumbuhan Segmen

 

Setelah Anda menentukan ukuran segmen, Anda harus melihat potensi pertumbuhan segmen tersebut. Kemudian perhatikan pertumbuhan segmen yang akan Anda bidik untuk melihat peluang pertumbuhan bisnis ke depan. cara menentukan target pasar berikut merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Meskipun ukuran segmen saat ini relatif kecil, namun tidak menutup kemungkinan segmen tersebut akan berkembang. Karena pada prinsipnya segmen yang memiliki jumlah relatif kecil merupakan segmen pasar yang potensial.

Analisa Situasi Pasar

 Cara Menentukan Target Pasar - Analisa Situasi Pasar

 

Cara menentukan target pasar yang berikutnya adalah dengan menganalisa situasi  pasar. Anda perlu menganalisis situasi dengan tepat dan cermat sebelum mengidentifikasi target pasar Anda. Saat menganalisis situasi ini, harus berhubungan dengan konsumen, pemasok, dan distributor melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

Perhatikan Sumber Daya

 Cara Menentukan Target Pasar - Perhatikan Sumber Daya

 

Cobalah untuk memperhatikan sumber daya yang diterima perusahaan. Misalnya, ketika sumber daya bisnis berasal dari kerjasama dengan pihak lain, maka wirausahawan harus menyadari bahwa semua manfaat dan resiko menjalankan bisnis harus dibagi.

Memastikan Jumlah Dana yang Tersedia

 Cara Menentukan Target Pasar - Memastikan Jumlah Dana Yang Tersedia

Cara menentukan target pasar yang satu ini merupakan hal yang sangat penting. Alangkah baiknya, perhatikan dana yang disediakan perusahaan Anda dahulu, apabila perusahaan menyediakan dana dalam jumlah kecil, jangan mengambil risiko untuk menentukan target pasar yang besar. Oleh karena itu, usahakan untuk menyeimbangkan antara dana dengan target pasar yang menjadi target Anda.

Macam-Macam Strategi Target Pasar

Berikut ini macam-macam strategi target pasar yang perlu Anda ketahui :

Mass Marketing

Target Pasar - Mass Marketing

Mass Marketing merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk kepada semua orang. Strategi ini tidak menggunakan segmentasi khusus bagi konsumennya. Karena setiap produk yang dijual bersifat umum dan diperuntukkan bagi semua orang. Misalnya produk untuk pemakaian sehari-hari yaitu sabun, sikat gigi, shampo dan lainnya.

Jika jenis produk yang Anda kembangkan bersifat umum, Anda dapat menerapkan strategi ini. Kemudian Anda dapat fokus pada bagaimana semakin banyak orang akan mengetahui tentang produk Anda dan membelinya.

(Baca Juga: Bisa Kamu Coba, 7 Bisnis yang Sedang Ramai di Masa New Normal)

Undifferentiated Marketing

Jenis target pasar lainnya adalah undifferentiated marketing, jenis target market ini merupakan cara perusahaan untuk mereview pasar secara keseluruhan dan fokus pada pengemasan barang untuk memenuhi kebutuhan dan kebutuhan konsumen. Hal ini termasuk ke dalam salah satu cara menentukan target pasar. 

Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dapat menggunakan metode balancing scorecard agar lebih efisien dan efektif.

Differentiated Marketing

Differentiated Marketing adalah upaya suatu perusahaan untuk mengidentifikasi dirinya dengan membagi pasar menjadi dua kelompok atau lebih. Oleh karena itu, perusahaan harus menghasilkan produk yang memiliki banyak variasi yang berbeda untuk setiap segmen pasar yang ada, seperti memasarkan produk makanan yang memiliki beberapa rasa yang berbeda.

Cara menentukan target pasar ini dilakukan guna meningkatkan penjualan barang dan jasa serta memperoleh posisi yang kuat di masing-masing segmen pasar. Tetapi ini juga dapat diterapkan pada jenis perusahaan yang sudah berkembang, memiliki banyak variasi produk dengan nilai produk inti yang kuat di berbagai segmen pasar.

Concentrated Marketing

Strategi Concentrated Marketing adalah upaya perusahaan mendapatkan cara menentukan target pasar produknya pada satu atau lebih kelompok pembeli yang dianggap sebagai pembeli potensial.

Keuntungan dari Concentrated Marketing ini adalah perusahaan dapat memfokuskan pemasarannya hanya pada segmen pasar yang dilayaninya. Berkat hal tersebut, perusahaan dapat menghemat waktu dalam kegiatan pemasaran, karena spesialisasi di bidang produk, promosi, harga dan distribusi.

Pemilihan Target Pasar

Setiap perusahaan pasti ingin memenangkan persaingan di industrinya. Untuk itu, perusahaan harus memiliki strategi target pasar sendiri. Dalam menentukan strategi target pasar ini, ada beberapa faktor yang membatasi penentuan strategi target pasar Anda. Faktor-faktor yang membatasi pemilihan strategi target pasar, yaitu :

Sumber – sumber yang dimiliki perusahaan

Pada hal ini akan menjadi faktor penentu penting dalam menentukan strategi yang Anda dipilih. Jika perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas untuk melayani pasar, strategi terbaik untuk dipilih dan diterapkan adalah strategi pemasaran yang terfokus.

Homogenitas produk

Jika perusahaan menghasilkan produk yang bersifat homogen atau dengan homogenitas produk, maka dapat dipilih strategi target pasar dengan menggunakan strategi strategi undifferentiated marketing.

Homogenitas pasar

Homogenitas pasar adalah keadaan dimana banyak pembeli memiliki selera yang sama, jumlah pembelian produk pada setiap periode hampir sama, demikian pula reaksi terhadap pemasaran produk. Jika terdapat homogenitas pasar tersebut, maka strategi target pasar yang paling tepat untuk diterapkan adalah strategi differentiated marketing.

Tahap – tahap siklus kehidupan produk

Jika produk yang akan ditempatkan di pasar adalah produk baru dan hanya ada dalam satu jenis atau lebih, maka strategi target pasar yang paling tepat adalah dengan menggunakan strategi differentiated marketing untuk memenuhi permintaan primer.

Sebelum memulai bisnis, penting untuk mengidentifikasi target pasar Anda untuk mengetahui target konsumen sasaran Anda. Anda juga perlu menguasai semua masalah pemasaran penting baik lokal maupun nasional dan internasional.

Jika Anda ingin menjangkau target pasar internasional, Anda perlu menguasai cara menentukan target pasar internasional serta masalah pemasaran luar negeri lainnya agar tujuan pemasaran Anda berkembang dan menjadi terkenal di dunia.

Itulah beberapa cara menentukan target pasar  yang bisa kamu gunakan saat baru ingin membuka bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis