Bisnis

Cara Budidaya Ternak Ayam Pedaging Dan Biayanya

cara budidaya ternak ayam pedaging

Jika ingin membudidayakan unggas yang menghasilkan, kenapa tidak berternak ayam saja. Dalam waktu singkat, ternak ayam bisa sangat menghasilkan. Anda bisa memilih terlebih dahulu, ingin beternak ayam pedaging atau ayam petelur. Di artikel ini kami akan membahas mengenai cara budidaya ternak ayam pedaging serta biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk pembahasannya, langsung saja ikuti artikel berikut.

Untuk cara budidaya ternak ayam pedaging, biasanya di pasaran ada dua ayam yang menjadi favorit. Ayam tersebut adalah ayam buras atau ayam kampung dan ayam ras. Keduanya mempunyai keunggulan berbeda. Contoh harga jual ayam buras lebih mahal dibanding ayam ras. Hanya saja pertumbuhannya kalah jauh dengan ayam ras. Anda ingin ikut ternak atau budidaya ayam tersebut, simak caranya seperti berikut.

Memilih Lokasi Kandang

 cara budidaya ternak ayam pedaging - Memilih Lokasi Kandang

Kandang merupakan sarana penting yang harus dilengkapi ketika ingin budidaya ayam pedaging. Lokasi terbaik untuk kandangnya adalah yang dekat dengan transportasi, jauh dari pemukiman dan usahakan tidak bising. Biasanya arah kandang terbaik adalah ke arah timur. Pasalnya jika pagi hari, sinar matahari bisa masuk ke kandang. 

Ada dua jenis kandang yang biasanya digunakan untuk ternak ayam pedaging, tanpa panggung dan berbentuk panggung. Kandang tipe panggung tidak akan mudah kotor karena tidak membutuhkan alas. Namun biaya pembuatannya lebih mahal dibanding yang tanpa panggung. Sebaliknya, kandang tipe tanpa panggung banyak digunakan dan mudah dibangun.

(Baca Juga: Mengenali Modal Ventura dan Cara Mendapatkan Pembiayaan Modal Ventura)

Memilih Bibit

cara budidaya ternak ayam pedaging- Memilih Bibit

Cara budidaya ternak ayam pedaging berikutnya adalah proses pemilihan bibit. Bibit yang baik tentu saja membuat ternak bisa berkembang dengan baik juga. Dalam menentukan bibit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Contohnya, bibit harus bergerak aktif, tidak cacat, tidak sakit dan juga harus sehat. 

Usahakan memilih bibit yang gemuk berisi dan juga bulat. Usahakan memilih bibit yang tidak kusam. Pemilihan bibit juga harus diperhatikan dalam hal fisiknya juga. Usahakan memilih bibit yang hidungnya tidak kotor dan pastinya juga anusnya tidak kotor juga. 

Pemberian Pakan Ternak

cara budidaya ternak ayam pedaging - Pemberian Pakan Ternak

Budidaya ternak ayam pedaging tidak bisa lepas dari pemberian pakan ternak itu sendiri. Anda harus mengerti betul bagaimana pemberian pakan yang benar serta jenis pakan yang baik untuk ayam tersebut. Nutrisi ayam pedaging benar-benar harus terpenuhi supaya ayam   mendapat pertumbuhan yang benar-benar maksimal. 

Sistem yang dipakai untuk memberikan pakan ternak adalah sistem ad libitum, yakni makanan harus selalu tersedia dan pastikan tanpa ada batas. Untuk jenis pakan terbaiknya adalah butiran pecah, tepung dan juga pelet. 

Pemeliharaan Ayam Pedaging

cara budidaya ternak ayam pedaging - Pemeliharaan ayam pedaging

Untuk menghasilkan ayam pedaging yang berkualitas, peternak harus memelihara ayam dengan sebaik mungkin. Ada metode khusus untuk memelihara ayam pedaging yang benar. Di minggu pertama, usahakan ayam pedaging dimasukkan ke inkubator ataupun menggunakan indukan. Berikan minuman hangat dan pakan. Untuk minggu kedua, suhu inkubator bisa dikurangi. 

(Baca Juga: Inilah 10 Alasan Penyebab Kegagalan Bisnis)

Pada minggu ketiga, bibit ayam pedaging tidak perlu menggunakan pemanas lagi. Minggu keempat, bulu ayam sudah mulai tumbuh dan kebutuhan pakan harus disiapkan dua kali lebih banyak dibanding sebelumnya. Pasalnya cara budidaya ternak ayam pedaging di minggu keempat ini sangat berbeda. Karena ukuran ayam sudah besar dan tentu membutuhkan pemeliharaan yang lebih. 

Panen

Panen ayam pedaging tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda perlu melakukannya secara sistematis dengan penangkapan yang bertahap. Gunakan penyekatan khusus ketika menangkap ayam pedaging agar membuat ayam lain tidak stress. 

Hindari penangkapan ayam secara bersama-sama. Biasanya membuat ayam akan cemas dan lemas. Hindari overlapping atau penumpukan ayam pada bagian sudut kandang supaya tidak ada ayam yang mati. Untuk penangkapannya, perlahan pegang kaki ayam dan kemudian pegang dada dan angkat ke atas. 

Jangan memegang ayam pada bagian sayap karena membuat ayam meronta. Ikat kedua kaki ayam saat sudah ditangkap dan catat bobot saat ia hidup. Biasanya ayam jenis ini dijual berbobot ketika ayam masih hidup.

Lakukan Cuci Dan Sanitasi Hama Kandang

Bukan berarti setelah panen, Anda bisa berleha-leha karena ada hal penting lain yang harus dilakukan. Anda harus melakukan pengapuran di bagian dinding dan lantai kandang setelah panen untuk sanitasi. Supaya bibit penyakit bisa mati, gunakan formalin. Diamkan kandang setelah proses panen setidaknya 10 hari. 

Setelah itu, barulah Anda bisa memulai proses budidaya ternak ayam pedaging seperti cara awal sebelumnya. Anda yang mempunyai lahan luas atau biaya ternak yang besar, bisa membeli beberapa kandang dan beberapa ratus bibit. Tujuannya supaya budidaya ayam pedaging tidak berhenti atau stagnan alias bisa panen setiap hari.

Ayam pedaging merupakan jenis ayam yang banyak dibudidayakan karena mempunyai tingkat peminat yang besar. Dengan mengetahui cara budidaya ternak ayam pedaging ini, Anda bisa menjadi pengusaha ternak terkenal yang menghasilkan. Ternak ayam pedaging bisa menjadi investasi menjanjikan di era modern dimana manusia membutuhkan protein hewani yang cukup.

Untuk memperlancar bisnis ternak ini, tentu ada lebih banyak informasi yang perlu Anda ketahui lebih jauh.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis