Bisnis

Apa Itu Bisnis Properti, Keuntungan dan Resiko, Beserta Tips Memulainya

Apa Itu Bisnis Properti, Keuntungan dan Resiko, Beserta Tips Memulainya – Banyak orang membicarakan bisnis properti dan bahkan ingin terjun ke dalamnya, tapi tahukah kamu sebenarnya apa itu bisnis properti? Bagaimana cara yang benar untuk memulainya, dan apa sih keuntungan dari bisnis yang modalnya sangat besar ini? Dan apakah ada resikonya? 

Apa Itu Bisnis Properti?

Apa itu bisnis properti? Bisnis properti adalah kegiatan bisnis yang melibatkan pembelian, penyewaan, penjualan, dan / atau pembangunan unit-unit bangunan, baik yang berukuran kecil ataupun besar, dan dilakukan oleh perusahaan maupun perorangan.

Contoh dari bangunan-bangunan yang dimaksud adalah apartemen, perumahan, kos-kosan, ruko, sekolah, gedung perkantoran, gudang, masjid, rumah susun, rumah sakit, pasar, gedung pelayanan masyarakat, bioskop, mall, villa, dan sebagainya.

Keuntungan 

Setelah memahami apa itu bisnis properti, inilah 5 keuntungan yang bisa kamu dapat dari bisnis ini:

Memperoleh Pendapatan Pasif yang Tetap

Memperoleh pendapatan pasif yang tetap

Pendapatan yang kamu peroleh setiap bulan dari hasil menyewakan rumah atau gedung disebut dengan pendapatan pasif. Istilah ini digunakan karena kamu bisa memperoleh uang sewa tanpa perlu melakukan apapun alias pasif (diam). 

Jika dikelola dengan bijak, pendapatan pasif ini bisa dijadikan tabungan masa tua atau bahkan untuk membeli properti lainnya lho. 

Keamanan Finansial dalam Jangka Panjang

Apa Itu Bisnis Properti

Alasan lain mengapa banyak orang berinvestasi pada properti adalah nilainya tidak mudah berubah dan bahkan terus meningkat setiap tahun. Tidak seperti saham yang harganya bisa berubah kapan saja tanpa bisa diprediksi.

Saat memperoleh pendapatan yang stabil berturut-turut, pastinya kamu akan merasa aman secara finansial, kan? Jadi kamu tidak akan bingung memikirkan uang yang menipis saat akhir bulan, dan tidak perlu berhutang saat ada kebutuhan tak terduga.

(Baca Juga: Ini Dia, Rekomendasi Bisnis yang Menjanjikan di 2021)

Sebagai Tabungan Masa Tua

Tabungan Masa Tua

Bisnis properti sudah terkenal sebagai salah satu jenis investasi jangka panjang yang menjanjikan, baik dalam bentuk jual beli atau pun sewa. 

Jika saat ini kamu sudah mulai merintis bisnis kos-kosan misal, maka kamu tidak akan bingung lagi bagaimana harus membiayai hidup setelah pensiun dari pekerjaan kantoran yang saat ini kamu jalani. 

Bahkan jika saat ini kamu adalah PNS, yang pastinya akan mendapat dana pensiun, keuntungan dari bisnis properti bisa memberikanmu kehidupan masa tau yang lebih bahagia, bukan pas-pasan apalagi kekurangan, jadi nantinya kamu hanya perlu menikmati masa tua tanpa perlu memikirkan mencari uang.

Terhindar dari Inflasi

Apa Itu Bisnis Properti

Inflasi adalah turunnya nilai mata uang karena harga barang dan jasa meningkat. Sekitar 10 tahun yang lalu, 1 lembar uang lima ribuan sudah bisa kamu gunakan untuk membeli 1 liter bensin. Tapi sekarang, kamu harus memiliki Rp 8.000 untuk memperoleh 1 liter bensin.

Inflasi sendiri selalu terjadi hampir setiap tahun, yang berarti tidak bisa dihindari. Tapi bersamaan dengan ini, harga jual dan sewa dari properti juga akan terus mengalami kenaikan, jadi setiap tahunnya keuntungan yang kamu dapat akan semakin bertambah.

Manajemen Tunggal 

Manajemen Tunggal

Kabar terbaik dari memiliki bisnis properti adalah kamu bisa menjadi bos untuk diri kamu sendiri. Jadi jika misalnya kamu sudah tidak ingin lagi bekerja di kantor karena suatu alasan, kamu bisa resign kapan saja tanpa perlu khawatir akan menganggur. 

Sebagai bos, kamu memiliki otonomi penuh dan kendali atas strategi investasi real estat yang kamu jalani, termasuk kegagalan dan kesuksesannya. 

Kamu bisa memilih sendiri produk properti apa yang akan kamu beli, bagaimana desain dan warna dari properti yang akan kamu bangun, siapa saja orang yang bisa menyewa atau membeli properti kamu, dan berapa banyak uang sewa yang harus dibayar mereka per bulan. 

Kamu bahkan bisa membuat aturan sewa sesuai dengan keinginan kamu. Misalnya, uang listrik dan air akan dibebankan kepada penyewa, begitu pula dengan biaya kerusakan dan perawatan properti.

Resiko 

Setelah mengetahui apa itu bisnis properti dan keuntungannya, kamu juga perlu tahu apa saja resikonya, yang secara umum terdiri dari:

Tidak Bersifat Likuid

Tidak Bersifat Likuid

Properti tidak begitu likuid seperti saham atau investasi lain yang bisa dengan mudah kamu cairkan kapan saja. Jadi jika ada keadaan darurat dan kamu membutuhkan uang tunai, properti kamu tidak bisa banyak membantu.

(Baca Juga: Resiko Berinvestasi, Ini 8 Faktor yang Mempengaruhi)

Modal Tinggi

Apa Itu Bisnis Properti

Kamu tidak bisa membeli tanah hanya dengan Rp 100.000, begitu juga dengan gedung / bangunan. Biaya keseluruhan untuk membangun satu baris kos-kosan saja bisa menghabiskan lebih dari Rp 30.000. Jadi kamu membutuhkan modal besar untuk bisa masuk ke bisnis ini.

Penyewa Bermasalah

Apa Itu Bisnis Properti

Kamu bahkan tidak bisa tahu mana teman yang benar-benar teman dan mana yang bukan. Apalagi penyewa properti yang 100% adalah orang asing yang baru kamu kenal. Jadi ada banyak kemungkinan yang terjadi. Bisa saja ia baik dan bertanggung jawab, dan bisa saja ia seorang kriminal.

Tips Penting

Jika kamu memiliki banyak uang untuk diinvestasikan, properti tetap menjadi pilihan yang paling menguntungkan dalam dunia bisnis, bahkan dalam keadaan krisis akibat pandemi seperti sekarang ini. 

Jika tertarik untuk mencoba, mengetahui apa itu bisnis properti saja tidak cukup. Kamu juga harus tahu tiga hal penting berikut ini:

Tentukan Tujuan dan Pilih Produk Properti

Tentukan Tujuan dan Pilih Produk Properti

Sebagai investor baru, sangatlah wajar jika kamu merasa ragu atau bingung untuk memiliki properti jenis apa. Berinvestasi di bidang ini memang penuh dengan ketidakpastian dan perlu dicoba beberapa kali sampai akhirnya kamu berhasil.

Tapi selama proses ini, jangan biarkan keraguan selalu mempengaruhi keputusan kamu dan akhirnya justu membuat kamu salah mengambil keputusan. Keraguan ini akan menghilang saat tujuan sudah ditentukan, jadi langkah pertama dalam memulai bisnis ini adalah cari tahu kenapa kamu ingin memulainya. 

Apakah kamu ingin menjadi pengusaha yang sukses dalam lanskap properti, menjadi kaya, mengumpulkan uang untuk masa tua, atau tujuan lainnya? Jika tujuanmu adalah mengumpulkan uang di hari tua misal, maka produk properti yang cocok adalah kos-kosan atau rumah dan apartemen yang disewakan.

Harus Pandai Mencari Lokasi

Apa Itu Bisnis Properti

 

 

Agar sukses dalam bisnis ini, kamu harus pintar mencari lokasi yang ideal saat akan membeli atau membuat bangunan. Pilihlah lokasi di dekat sekolah atau perkantoran jika ingin membangun kos-kosan dan kontrakan, serta lokasi di dekat rumah sakit besar atau kampus jika ingin membangun asrama. 

Sedangkan untuk properti komersial seperti ruko, kamu bisa pilih lokasi di dekat jalan raya utama, dan untuk pasar tradisional bisa memilih lokasi padat penduduk di daerah pedesaan atau pinggir kota.

Buat Keputusan Berdasarkan Data 

Apa Itu Bisnis Properti

Bisnis yang sukses adalah yang setiap keputusannya didasarkan pada data. Misalnya, menurut data dari riset mendalam yang telah dilakukan oleh teman kamu yang ahli, kawasan A adalah opsi terbaik untuk membangun apartemen. Karena kawasan ini akan segera dikembangkan. 

Tapi menurut insting kamu, kawasan B adalah opsi yang lebih baik. Bahkan meskipun kamu adalah tipe orang yang mempercayai insting, kamu tetap harus realistis saat menjalankan bisnis, jadi kamu harus lebih percaya dengan data.

 

Sekarang sudah tahu kan apa itu bisnis properti? Tapi sebelum benar-benar memulainya, kamu harus tahu dulu ya apa saja keuntungan dan resikonya serta tips yang benar untuk menjalankannya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis