Bisnis

9 Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Mudah

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Mudah – Modal usaha merupakan bahan utama yang harus dimiliki sebelum memulai bisnis. Tak sedikit orang kebingungan dalam hal meningkatkan modal meski telah mengembangkan konsep bisnis untuk dirintis.

Membuka usaha sendiri memang tidak mudah, salah satu kunci utama memulai usaha adalah memiliki modal usaha. Banyak orang yang percaya bahwa memulai bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit, padahal Anda bisa menggunakan dana yang cukup untuk memulai bisnis.

Dengan modal yang terbatas tentunya anda akan terbatasi jika ingin lebih banyak berinovasi dalam bisnis anda. Sedangkan dengan modal yang cukup, Anda bebas berinovasi.

Namun, jangan khawatir karena saat ini banyak cara untuk mendapatkan modal usaha yang bisa dilakukan.

Simak ulasan berikut ini supaya Anda mendapatkan modal usaha untuk bisnis dengan mudah yang bisa Anda terapkan di tahun 2021 ini.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Cepat dan Mudah

Modal dari Pinjaman Bank

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Modal dari Pinjaman Bank

Cara Mendapatkan Modal Usaha yang pertama adalah dengan menggunakan pinjaman dari Bank. Metode yang satu ini telah digunakan oleh sebagian besar orang. Ada alasan mengapa permodalan bank pada umumnya sangat mudah diperoleh dan tidak membutuhkan proses yang lama.

Tak hanya itu, kini banyak bank yang menawarkan program pinjaman untuk memulai usaha. Hanya saja tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman bank untuk modal. Hanya beberapa orang terverifikasi yang akan menerima pinjaman gaji.

(Baca Juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Online)

Modal menggunakan Tabungan Pribadi

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Modal Menggunakan Tabungan Pribadi

Salah satu cara mendapatkan modal usaha adalah dengan menggunakan tabungan Anda sendiri. Banyak orang yang sangat ingin berbisnis dan memiliki tabungan khusus yang dapat mereka gunakan suatu hari untuk memulai bisnis.

Anda dapat menyisihkan sekian persen dari gaji Anda untuk tabungan modal usaha. Jika itu cukup untuk modal bisnis, Anda bisa mulai membangun bisnis sendiri. Namun cara ini bisa memakan waktu lama mengingat untuk memulai bisnis membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Keuntungannya adalah Anda tidak perlu khawatir berhutang kepada pihak lain, karena Anda mengalokasikan biaya sendiri untuk memulai bisnis Anda.

Modal dari Keluarga

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Modal Dari Keluarga

Berikutnya, Cara mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam dana dari saudara atau kerabat. Cara ini digunakan oleh banyak orang, karena memungkinkan mereka memperoleh modal usaha tanpa jaminan.

Berbeda dengan pinjaman bank, Anda bisa mulai berkomunikasi secara intensif dengan saudara atau kerabat Anda untuk mendapatkan dana pinjaman. Modal yang berasal dari keluarga umumnya bebas bunga, jadi tidak akan memberatkan. Yang penting, kembalikan dana pinjaman sesuai tanggal yang disepakati.

Investasi

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Investasi

Cara ini tidak bisa dilakukan dengan cepat. Artinya, Anda dapat berinvestasi terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum memulai bisnis sendiri. Investasi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Dengan berinvestasi, nilai uang seseorang dapat meningkat seiring waktu dan periode waktu tertentu.

Anda bebas menggunakan jenis investasi jangka panjang atau pendek apa pun itu. Yang jelas, semakin lama periode yang dipilih, semakin besar peluang pengembaliannya. Meski begitu, Anda harus siap menanggung risiko yang bisa didapat dari investasi Anda bila tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

 

Mencari Rekan Bisnis

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Mencari Rekan bisnis

Salah satu cara yang banyak dilakukan pengusaha adalah mengajak teman untuk bergabung dalam memulai bisnis. Biasanya teman yang memiliki minat dan tujuan yang sama bisa menjadi mitra bisnis yang hebat. Dengan memiliki rekan bisnis, beban Anda dalam mencari modal usaha akan berkurang.

Tawarkan keuntungan yang menjanjikan kepada teman-teman Anda, ceritakan tentang rencana bisnis Anda dan apa yang ingin Anda raih di masa depan dalam bisnis yang akan Anda mulai. Jika mereka tertarik, tentunya akan sangat membantu jika memiliki partner bisnis yang juga terlibat dalam membangun bisnis dari awal.

Selain partner bisnis, Anda juga bisa mencoba mencari investor yang berminat menanamkan modalnya di bisnis Anda. Selain memberikan modal bisnis, investor biasanya akan dilibatkan dalam pengambilan keputusan penting dalam bisnis Anda.

Ikut dalam Program Pemerintah

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Ikut dalam Program Pemerintah

Iklim bisnis di Indonesia menunjukkan tren yang positif setiap tahunnya. Hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintah yang menangani masalah tersebut. Saat ini, Anda dapat mengikuti program pemerintah yang berfokus pada pengembangan bisnis rakyat.

Banyak pemerintah daerah seringkali memiliki sentra-sentra Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang terus berkembang. Dengan mengikuti program pemerintah, Anda tidak hanya memperoleh modal usaha, tetapi juga pelatihan pengelolaan disiplin bisnis yang Anda jalankan. Apakah Anda ingin mencoba?

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Kredit Tanpa Agunan(KTA)

Cara mendapatkan modal usahan yang berikutnya adalah dengan menggunakan Kredit Tanpa Agunan. Beberapa orang Indonesia memang suka mengumpulkan modal usaha tanpa jaminan. Salah satu layanan yang memungkinkan Anda memperoleh modal usaha tanpa jaminan adalah mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). KTA sendiri merupakan layanan perbankan yang memudahkan dalam melakukan penarikan.

(Baca Juga: Apa Itu Bisnis Properti, Keuntungan dan Resiko, Beserta Tips Memulainya)

Selain tanpa jaminan, KTA juga umumnya memiliki tingkat suku bunga yang relatif rendah yaitu bisa mencapai 1%. Dengan suku bunga rendah dan jangka waktu pengembalian yang lama, beberapa bank bahkan telah sepakat untuk meminjam hingga ratusan juta. Namun, masih ada proses untuk memverifikasi apakah seseorang memenuhi syarat untuk mendapatkan modal usaha atau tidak.

Modal Ventura

9 Cara Mendapatkan Modal Usaha  - Modal Ventura

Venture Capital atau Modal Ventura adalah suatu lembaga non bank yang dapat menyediakan modal ventura tanpa jaminan. Produk ini hampir sama dengan KTA, modal ventura hanya mengharuskan Anda terikat dengan perusahaan. Boleh dikatakan bahwa dasar dari sistem peminjaman ini sama dengan saham tetapi disediakan oleh perusahaan ventura.

Modal ventura sendiri dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pembiayaan langsung, pinjaman sebagian, dan bagi hasil. Bagi hasil merupakan sistem yang telah disepakati sejak awal, berapa persen keuntungan yang akan diterima pihak pemberi pinjaman, yaitu perusahaan ventura.

Menjual Aset

9 Cara Mendapatkan Modal Usaha  - Menjual Aset

Cara mendapatkan modal usaha yang terakhir adalah dengan menjual aset. Terdengar serius, tapi itu fakta. Anda bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan dengan menjual aset yang Anda miliki. Aset adalah barang atau sesuatu yang Anda miliki. Misalnya sepeda motor, mobil, perhiasan, furniture dan lain sebagainya. Anda bisa menjual sepeda motor, mobil atau perhiasan untuk menambah modal untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan.

Meskipun kedengarannya mudah, Anda tidak bisa hanya menjual aset Anda. Pikirkan untung rugi dari menjual aset tersebut lalu bandingkan potensi atau peluang bisnis yang akan dijalankan.

Nah, berikut cara-cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha untuk berbisnis. Jika Anda sudah memiliki modal untuk berbisnis, ingatlah bahwa Anda juga harus rajin berbisnis. Tentu, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah arus keuangan bisnis.

Semoga Anda kelak bisa menemukan yang cocok untuk membuat bisnis Anda berkembang, ya!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis