Bisnis

Bisa Kamu Coba, 7 Bisnis yang Sedang Ramai di Masa New Normal

bisnis yang sedang ramai di masa new normal

Bisnis yang Sedang Ramai di Masa New Normal – Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal termasuk kebijakan ekonomi, politik, perilaku masyarakat, dan bahkan cara orang-orang menghasilkan uang. Agar dompet dan rekening kembali terisi, inilah beberapa ide bisnis yang sedang ramai di masa new normal yang bisa kamu jadikan referensi.

Apa Saja Bisnis yang Sedang Ramai di Masa New Normal?

New Normal Life adalah era kehidupan ketika masyarakat sudah boleh beraktivitas di luar rumah tapi dengan menerapkan beberapa kebiasaan baru (mengikuti protokol kesehatan), seperti menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan menggunakan masker. 

Tujuan dari new normal sendiri adalah agar roda perekonomian dapat kembali berputar meskipun obat-obatan Covid-19 belum ditemukan dan persebaran vaksin belum merata. Perubahan gaya hidup di era ini ternyata justru membuka peluang bisnis yang sedang ramai di masa new normal seperti berikut:

Bisnis Produk Kesehatan

bisnis yang sedang ramai di masa new normal - Bisnis Produk Kesehatan

Bisnis yang sedang ramai di masa new normal dalam daftar pertama datang dari bidang kesehatan. Virus corona yang menyebar dengan sangat masif ke seluruh dunia telah membuat masyarakat lebih perhatian dengan masalah kesehatan. 

Orang-orang cenderung hidup lebih higienis dan steril agar terhindar dari risiko terpapar virus ini. Berbagai produk kesehatan juga digunakan untuk mengecek kondisi tubuh.

Keadaan ini memberikan kamu peluang emas untuk menjual berbagai produk kesehatan secara online, bisa dengan membuat akun di media sosial, kerjasama dengan marketplace, atau bergabung dengan grup jual beli online.

(Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Mudah)

Selama masa physical distancing, produk kesehatan online seperti ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan medis selama pandemi. Usaha semacam ini diperkirakan akan berkembang pesat karena kesederhanaannya. 

Contoh produk yang bisa kamu jual adalah termometer, masker kain, sabun antiseptik, hand sanitizer, tisu basah antiseptik, ultraviolet (UV) sterilizer, vitamin C, vitamin D3, dan disinfectant. 

Jangan khawatir dengan modal usaha yang besar ya, karena tentu saja kamu tidak perlu membuat produk ini sendiri, tapi bisa menjadi reseller dengan mengambil produk-produknya dari produsen atau distributor.

Usaha Makanan dan Minuman Herbal

bisnis yang sedang ramai di masa new normal - Bisnis Produk Kesehatan

Selain harus rajin menjaga kebersihan tangan dan selalu mengecek kondisi tubuh, asupan makanan juga harus diperhatikan agar daya tahan tubuh tetap bagus dan terhindar dari virus. 

Hal ini membuat banyak orang mulai menghindari berbagai makanan yang kurang sehat seperti junk food / fast food, gorengan, makanan terlalu banyak penyedap, dan sejenisnya. Orang-orang ini kemudian berpindah ke menu makananan yang lebih sehat seperti sayur, buah, dan jus buah alami. 

Kondisi ini rupanya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat makanan dan minuman herbal dalam bentuk kemasan praktis yang dijual secara online. Kamu juga bisa banget nih mengikutinya. Tapi jangan lupa untuk hanya menjual produk pangan yang sudah terdaftar di BPOM ya.

Jual Buah dan Sayur

bisnis yang sedang ramai di masa new normal - Jual Buah dan Sayur

Bisnis yang sedang ramai di masa new normal berikutnya adalah menjual buah dan sayur. Contoh bisnis yang sedang ramai di masa new normal lainnya adalah berjualan sayur dan buah. Dua bahan pokok ini menjadi sangat populer sejak adanya pandemi, dan pebisnis di bidang ini berhasil mendapat keuntungan hingga berkali-kali lipat.

Tapi bisnis ini termasuk susah-susah gampang ya, karena sayur dan buah yang kamu beli harus dalam keadaan segar setiap hari, kamu bisa rugi jika dagangan kamu tidak cepat laku. Jadi kuncinya ada di trik pemasaran yang harus bisa menarik banyak pembeli.

Jasa Kurir dan Pengiriman

bisnis yang sedang ramai di masa new normal - Jasa Kurir dan Pengiriman

Jasa kurir dan pengiriman termasuk salah satu ide bisnis yang sedang ramai di masa new normal. Bahkan bisa dibilang bahwa jenis bisnis ini adalah yang terbaik saat ini.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya mall dan toko yang tutup serta masyarakat yang enggan untuk keluar rumah dan lebih memilih berbelanja online. Keadaan ini juga membuat banyak toko offline mulai beralih layanan ke delivery based. 

Menurut pakar dan analis, perubahan perilaku berbelanja online ini diperkirakan akan berlangsung lama meski pandemi virus corona telah usai, alasannya adalah konsumen merasa lebih nyaman berbelanja secara online. 

Keadaan ini tentu saja menyebabkan bisnis pengiriman jasa logistik mengalami peningkatan permintaan. Belum lagi pertumbuhan bisnis e-commerce yang kian hari kian bertambah. Bahkan dengan kontrol perbatasan lokal dan luar negeri sekalipun, e-commerce tidak akan pernah berhenti.

Semakin banyak barang yang dibeli secara online, maka jasa pengiriman atau ekspedisi tentunya akan semakin dibutuhkan oleh produsen dan konsumen. Jadi, jasa pengiriman adalah ide bisnis yang menjanjikan untuk jangka panjang. 

(Baca Juga: 9 Tips Memulai Bisnis Makanan di Online)

Sayangnya, kamu membutuhkan modal cukup besar untuk memulai bisnis ini, karena kamu harus mempekerjakan beberapa karyawan dan membeli sejumlah barang seperti komputer, printer, kertas HVS, perlengkapan packing, dan bahkan kendaraan.

Bisnis Produk Kecantikan

bisnis yang sedang ramai di masa new normal - Bisnis Produk Kecantikan

Bisnis yang sedang ramai di masa new normal selanjutnya adalah bisnis kecantikan. Sebelum virus Corona menyerang, kaum hawa sering sekali melakukan perawatan kecantikan di salon dan klinik. Tapi karena banyak yang tidak ingin keluar rumah, mereka lebih memilih untuk memanjakan diri di rumah, misalnya dengan luluran, memakai masker wajah, meni-pedi, cat rambut, dan sebagainya.

Bahkan karena banyak yang merasa bosan, tak sedikit pula para wanita yang kini membuat konten berisi tutorial make up. Artinya, produk kecantikan sedang sangat laku akhir-akhir ini. 

Jika kebetulan kamu cukup paham dengan dunia makeup dan skincare, kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis dengan menjual produk-produknya. Tapi kenapa sih harus paham dengan makeup dan skincare? 

Karena nantinya, kamu bisa membedakan mana produk ori dan mana yang abal-abal, jadi kamu tidak akan mengalami kerugian karena mungkin saja dilaporkan telah menjual produk palsu. Selain itu, kamu yang cinta makeup dan skincare juga bisa tahu produk apa yang sedang trend saat ini.

Jual Makanan Beku

bisnis yang sedang ramai di masa new normal - Jual Makanan Beku

Berjualan makanan beku juga menjadi salah satu bisnis yang sedang ramai di masa new normal. Penyebabnya adalah makanan beku bisa disimpan lebih lama, sehingga bisa dijadikan stok di rumah dan orang-orang tidak harus pergi berbelanja setiap hari.

Alasan lainnya adalah makanan beku sangat mudah untuk diolah, yaitu cukup dengan digoreng saja. Tergantung pada seberapa besar bisnis yang ingin kamu mulai, modal untuk bisnis ini bisa kecil ataupun besar. Tapi yang pasti, bisnis ini memiliki target pasar yang luas, baik di kota maupun pedesaan.

Bimbel Online

bisnis yang sedang ramai di masa new normal - Bimbel Online

Bisnis yang sedang ramai di masa new normal yang terakhir adalah Bimbel Online. Jika kamu memiliki basic mengajar dan memiliki ilmu yang cukup di bidang tertentu, misalnya di bidang seni, musik, atau mata pelajaran tertentu, kamu bisa membuka bisnis bimbel online secara individu atau bersama dengan beberapa teman kamu.

Nantinya kamu bisa mengajar melalui Zoom atau alat konferensi video lainnya. Selain kelas reguler, kamu juga bisa menawarkan kelas private lho, yang harganya tentu saja lebih tinggi. Bimbel online sedang sangat diminati karena kelas fisik sedang dihentikan selama pandemi. 

Selain itu, para orang tua tetap ingin anak-anaknya terus belajar meskipun berada di rumah. Modal dasar dari bisnis ini sebenarnya tidak banyak, karena kamu hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop atau PC. Tapi jika kamu mengajar musik atau memasak, modal yang dibutuhkan akan lebih banyak.

Meskipun tidak bisa sebebas sebelumnya, tapi ada beberapa ide bisnis yang sedang ramai di masa new normal ini yang bisa kamu terapkan untuk memulihkan perekonomian. Tergantung pada modal dan keterampilan yang kamu miliki, kamu bisa memilih salah satu daftar di atas.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bisnis