Asuransi

9 Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik – Ada banyak jenis asuransi yang sering kita dengar seperti asuransi pendidikan, kesehatan, rumah, aset dan sebagainya. Salah satu jenis asuransi yang kini banyak dilirik oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Agar kamu tidak salah memilih, kamu harus memahami tips memilih asuransi jiwa terbaik.

Asuransi jiwa adalah asuransi berbentuk proteksi atau perlindungan yang diberikan kepada nasabah atau ahli warisnya apabila terjadi masalah berupa kecelakaan hingga kematian yang dialami nasabah tersebut. Agar dapat memperoleh pertanggungan dari asuransi, kamu harus membayar sejumlah premi secara rutin. 

9 Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

 1. Mengenali Bentuk Asuransi Jiwa

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Mengenali Bentuk Asuransi Jiwa

Ada berbagai bentuk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Agar kamu tidak sampai salah memilih, tips memilih asuransi jiwa terbaik yang pertama kali harus kamu perhatikan adalah mengenali bentuk-bentuk asuransi jiwa yang ada di Indonesia. 

Setidaknya ada empat bentuk asuransi jiwa yang paling banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi di tanah air seperti berikut:

a) Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa yang paling lumrah dikenal adalah asuransi jiwa seumur hidup atau dikenal dengan istilah whole life insurance. Jenis asuransi yang pertama ini adalah asuransi jiwa yang menawarkan proteksi seumur hidup atau perlindungan hingga usia tertanggung mencapai 100 tahun. 

Mengingat masa pemberian proteksi yang sangat panjang, kamu harus membayar premi asuransi jiwa seumur hidup cukup besar jika dibandingkan dengan asuransi jiwa lainnya.

b) Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka atau dikenal dengan istilah term life insurance merupakan jenis asuransi dengan proteksi yang ditawarkan hanya selama jangka waktu tertentu saja. Lama pemberian proteksi bergantung kepada kontrak kamu dengan perusahaan asuransi. 

Lama pemberian proteksi umumnya selama 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun atau lebih bergantung kontrak dengan perusahaan asuransi. Jumlah premi yang dibayarkan tetap. 

(Baca Juga: Rekomendasi 6 Pilihan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Tahun 2021 )

c) Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi berjenis unit link menawarkan dua macam manfaat kepada tertanggung meliputi proteksi asuransi jiwa pada umumnya maupun sebagai instrumen investasi. 

d) Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna menawarkan dua macam manfaat kepada tertanggung seperti halnya asuransi jiwa unit link. Manfaat pertama yang diberikan yakni proteksi kepada tertanggung apabila mengalami musibah dan manfaat kedua yakni sebagai tabungan masa depan. Asuransi dwiguna banyak diminati nasabah.

2. Ketahui Tingkat Keamanan Data Pribadi

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Ketahui Tingkat Keamanan Data Pribadi

Di era digital saat ini, asuransi tidak hanya bisa kamu peroleh dengan mendatangi langsung kantor asuransi melainkan juga melalui digital.Tips memilih asuransi jiwa terbaik yang satu ini merupakan hal yang sangat penting.  Untuk kamu yang membeli asuransi via online, maka kamu harus sangat memperhatikan faktor keamanan dan kerahasiaan data yang dijamin perusahaan asuransi. 

Terkait keamanan data pribadi ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk asuransi yang diberi secara online melainkan juga asuransi konvensional pada umumnya. 

3. Perhitungkan Premi Sesuai Kondisi Finansial

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Perhitungkan Premi Sesuai Kondisi Finansial

Sebelum memilih manfaat asuransi yang ingin kamu dapatkan, kamu harus memperhatikan berapa besar premi yang harus dibayar rutin setiap bulan, semesteran, kuartalan atau tahunannya. Sesuaikan besar premi yang harus dibayarkan dengan kemampuan finansial mu.

Jangan sampai kondisi finansial mu justru tertekan akibat pembayaran premi yang melebihi kemampuan. Idealnya, besar premi yang dibayarkan adalah berkisar 10 sampai 20 persen dari kemampuan finansial atau pendapatan. 

4. Pastikan Kamu Mengetahui Manfaat dan Besar Uang Pertanggungan

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Pastikan Kamu Mengetahui Manfaat dan Besar Uang Pertanggungan

Setiap perusahaan asuransi ataupun produk asuransi jiwa yang ditawarkan tentu memiliki manfaat yang berbeda-beda. Manfaat yang berbeda ini bisa dilihat dari jumlah uang pertanggungan hingga syarat atau kondisi pihak tertanggung dapat memperoleh proteksi yang ditawarkan. 

Manfaat serta besar uang pertanggungan harus kamu pahami dengan sedalam-dalamnya terlebih dahulu sebelum membeli produk asuransi jiwa. Apalagi beberapa perusahaan asuransi mengeluarkan kebijakan terkait kondisi kerugian yang tidak ikut ditanggung asuransi.  

5. Memastikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Memastikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Beberapa masalah terkait perusahaan asuransi di Indonesia yang gagal membayar uang pertanggungan terhadap pihak tertanggung tentu menjadi alarm kuning tersendiri bagi kita saat memilih perusahaan asuransi. Kamu tentu tidak ingin berakhir menanamkan uangmu di perusahaan yang tidak kredibel bukan?

Oleh karena itu, tips memilih asuransi jiwa terbaik yang wajib dilakukan adalah mengecek track record perusahaan sebelum memilih perusahaan asuransi dan produk asuransi jiwa yang ditawarkan. Jangan hanya tergiur dengan iming-iming keuntungan atau manfaat yang ditawarkan. 

Track record yang harus kamu periksa meliputi catatan pembayaran klaim dari perusahaan asuransi, nilai besaran Risk Base Capital (RBC) perusahaan serta melihat apakah perusahaan pernah memperoleh penghargaan terkait profesionalitasnya terhadap nasabah.

(Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Harus Punya Asuransi Mobil Terbaik dan Tips Memilihnya)

RBC sendiri merupakan besaran modal yang dimiliki oleh perusahaan asuransi untuk membayar klaim nasabahnya dalam satu waktu. Besaran RBC yang ditetapkan pemerintah minimal 120%. Jika kurang dari nilai ini, maka itu sudah menjadi alarm merah untuk kamu berinvestasi di perusahaan tersebut.

6. Agen Asuransi Sudah Berlisensi

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Agen Asuransi Sudah Berlisensi

Jangan mau dilayani oleh agen asuransi yang belum berlisensi. Agen asuransi yang belum berlisensi dikhawatirkan belum benar-benar memahami seluk beluk peraturan dan cara kerja asuransi sehingga akan menyulitkan nasabah pada akhirnya. salah satu tips memilih asuransi jiwa terbaik ini sangat penting.

Selain itu, ada beberapa kasus di lapangan dimana nasabah tertipu oleh seseorang yang mengaku agen asuransi. Padahal, agen tersebut ternyata belum berlisensi dan membawa lari uang nasabah. Lisensi yang harus dimiliki oleh agen asuransi dikeluarkan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI.

7. Cek Isi Polis dengan Teliti

 Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Cek Isi Polis dengan Teliti

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan kebanyakan masyarakat Indonesia adalah malas membaca. Kebiasaan ini juga terbawa hingga ke ranah administrasi dimana banyak nasabah yang masih malas untuk membaca polis dengan teliti.

Padahal, di dalam polis tertera kewajiban dan hak yang harus dilaksanakan atau diperoleh oleh nasabah dan juga pihak perusahaan. Membaca isi polis dengan teliti sebelum menandatangani perjanjian kontrak asuransi merupakan salah satu tips memilih asuransi jiwa terbaik yang wajib kamu lakukan.

8. Beli Asuransi Jiwa Sejak Muda

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Beli Asuransi Jiwa Sejak Muda

Tips memilih asuransi jiwa terbaik yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membeli asuransi jiwa sejak masih muda dan sehat. Orang yang masih muda dan sehat akan dinilai berisiko rendah oleh perusahaan asuransi. 

Risiko rendah akan membuat peluang kamu untuk diterima oleh perusahaan asuransi akan semakin besar.

9. Bandingkan Produk dengan Perusahaan Asuransi Lainnya

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik - Bandingkan Produk dengan Perusahaan Asuransi Lainnya

Tips memilih asuransi jiwa terbaik yang terakhir adalah membandingkan produk dengan perusahaan asuransi lainnya. Ada banyak perusahaan asuransi di tanah air yang menawarkan produk asuransi jiwa. Sebelum berlabuh di suatu perusahaan asuransi, kamu sebaiknya mengecek produk yang ditawarkan perusahaan lainnya. 

Kamu bisa mengecek manfaat serta besaran premi yang harus kamu bayarkan jika mengambil produk dari perusahaan asuransi yang lain. Selain itu, kamu juga bisa mengecek kebijakan masa kontrak serta besar uang pertanggungan yang diberikan.

Ada banyak alasan orang membeli asuransi jiwa. Selain sebagai instrumen proteksi finansial terhadap keluarga apabila terjadi resiko meninggal dunia, asuransi jiwa juga berfungsi sebagai bentuk investasi masa tua. Ikuti tips memilih asuransi jiwa terbaik di atas agar kamu mendapat asuransi sesuai kebutuhan.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi