AsuransiAsuransi Pendidikan

Rekomendasi 6 Asuransi Pendidikan di Indonesia Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia

Rekomendasi Asuransi Pendidikan di Indonesia – Asuransi pendidikan adalah salah satu investasi pilihan bagi mereka yang ingin merencanakan masa depan terbaik bagi buah hatinya. Asuransi pendidikan akan menjamin biaya pendidikan anak hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Ada banyak rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia yang bisa dipilih. 

Namun, untuk memastikan bahwa kamu memilih asuransi pendidikan terbaik, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelumnya seperti lembaga asuransi hingga manfaat yang diberikan. Bagi kamu yang masih awam, berikut adalah beberapa rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia terbaik.

Jenis Skema Rekomendasi  Asuransi Pendidikan Di Indonesia

 1. Unit Link

rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia

Indonesia mengenal jenis asuransi pendidikan dalam bentuk unit link. Unit link merupakan program asuransi pendidikan sekaligus menawarkan keuntungan investasi. Sehingga, setiap premi yang dibayar setiap bulannya tidak hanya digunakan untuk membiayai pendidikan namun juga sebagai modal investasi.

Dengan digunakan sebagai modal investasi, maka akan ada timbal balik keuntungan yang diberikan sesuai dengan masa pembelajaran secara bertahap. Ada beberapa rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia yang menawarkan skema unit link.

2. Dwiguna

Dwiguna

Sedikit berbeda dari unit link, jenis skema asuransi pendidikan dwiguna tidak hanya berfungsi sebagai asuransi untuk membiayai pendidikan anak namun sekaligus berguna sebagai tabungan berjangka. 

Tabungan yang terkumpul melalui premi yang dibayar setiap bulannya akan memberikan jaminan pembiayaan pendidikan bagi buah hati. Dengan begitu, biaya pendidikan anak akan lebih terjamin hingga masa mendatang meski keluarga mengalami musibah yang tidak memungkinkan untuk membayar premi.

Premi yang juga berfungsi sebagai dana tabungan ini memungkinkan dana dapat ditarik sewaktu-waktu di periode tertentu. Besar uang yang dapat ditarik oleh pihak nasabah bergantung kepada perjanjian yang sudah tertera sebelumnya. 

(Baca Juga:  Proteksi Menyeluruh, Ini 10  Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor)

6 Rekomendasi Asuransi Pendidikan di Indonesia Terbaik

 1. Asuransi Pendidikan Mandiri

Asuransi Pendidikan Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu lembaga perbankan dalam negeri yang turut menawarkan produk asuransi pendidikan bagi nasabahnya. Produk asuransi pendidikan yang ditawarkan Bank Mandiri diberi nama Mandiri Sejahtera Cerdas.

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh produk asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas. Selain faktor keamanan, produk asuransi ini juga memberikan fleksibilitas tinggi dari segi jumlah uang pertanggungan, penentuan premi dan lain sebagainya. 

Kamu dibebaskan untuk memilih skema asuransi sesuai dengan profil risiko serta kemampuan finansial. Produk Mandiri Sejahtera Cerdas tidak hanya menawarkan jaminan dana pendidikan anak namun juga sebagai instrumen investasi bagi orangtua.

Syarat maksimal usia anak untuk dapat diikutkan dalam asuransi pendidikan adalah 15 tahun. Minimal premi yang dibayar pertahun sebesar Rp 2.500.000 sementara usia orangtua minimal 17 tahun hingga 59 tahun.

2. Asuransi Pendidikan BNI

rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia

Sebagai salah satu lembaga perbankan milik BUMN, produk asuransi pendidikan dari BNI menjadi salah satu rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia terbaik yang bisa dipilih. Saat memilih lembaga asuransi, hal penting yang harus dipertimbangkan adalah faktor keamanannya.

Faktor keamanan inilah yang diberikan oleh BNI sebagai perusahaan BUMN yang telah beroperasi di Indonesia selama puluhan tahun. Produk asuransi pendidikan dari BNI adalah Solusi Pintar yang akan memberikan dana pendidikan untuk buah hati dari sejak SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. 

Besar pertanggungan dana pendidikan SD adalah sebanyak 20 persen, SMP sebesar 30 persen, SMA sebesar 40 persen sementara perguruan tinggi sebesar 100 persen dari keseluruhan uang pertanggungan. Durasi pembayaran premi pendidikan mulai dari 9 hingga 17 tahun. 

Maksimum hingga pihak tertanggung mencapai usia 65 tahun. Sementara besaran uang pertanggungan dapat disepakati antara BNI dan nasabah.

3. Asuransi Pendidikan Prudential

Asuransi Pendidikan Prudential

Lembaga asuransi pendidikan Prudential adalah salah satu lembaga penyedia asuransi terpercaya yang sudah sejak lama beroperasi di Indonesia. Lembaga asuransi Prudential merupakan perusahaan yang berada di bawah PT Prudential Life Assurance. 

Lembaga asuransi ini sudah berdiri sejak tahun 1955 dan menawarkan beberapa layanan utama seperti Pru My Child dan Pro Link Edu. Pru My Child adalah produk asuransi yang menawarkan perlindungan bersifat komprehensif kepada buah hati dari mulai dalam kandungan sampai dia tumbuh dewasa. 

Pro Link Edu Protection adalah produk asuransi pendidikan yang lebih terkait dengan investasi. Produk asuransi Pro Link Edu Protection sendiri adalah produk andalan dari Prudential yang paling banyak dilirik oleh calon nasabah. 

Kelebihan produk asuransi Pro Link Edu Protection adalah premi yang ditawarkan minimum hanya Rp 500.000 saja setiap bulannya sehingga cenderung lebih terjangkau. Perlindungan yang ditawarkan oleh Pro Link Edu Protection meliputi anak dan orangtua sekaligus dalam satu polis. 

Keuntungan yang diberikan oleh Pro Link Edu Protection hingga anak mencapai usia 18 atau 25 tahun. Sementara masa perlindungan dari asuransi hingga pihak tertanggung meninggal atau sampai batas usia 99 tahun dan mengalami kecacatan sebelum usianya mencapai 70 tahun.

4. Asuransi Pendidikan Manulife

rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia

Selain Prudential, lembaga asuransi Manulife juga mengeluarkan produk asuransi yang menjadi salah satu rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia paling banyak dipilih. Produk asuransi pendidikan dari Manulife bernama Manulife Education Protector yang sekaligus berbentuk instrumen investasi.

Produk asuransi Manulife Education Protector tidak hanya menjamin dana pendidikan bagi masa depan anak namun juga memberi kesempatan bagi nasabah untuk turut berinvestasi pada produk keuangan Manulife seperti Manulife Dana Ekuitas, Manulife Dana Pasar Uang dan Manulife Dana Ekuitas Syariah.

Syarat menjadi nasabah asuransi pendidikan Manulife adalah usia anak minimal 30 hari serta maksimal mencapai 10 tahun. Sementara usia orang tua minimal mencapai 18 tahun serta maksimal mencapai 50 tahun. 

Masa pertanggungan Manulife Education Protector adalah hingga pihak tertanggung mencapai usia 70 tahun. Durasi pembayaran premi Manulife Education Protector sangat fleksibel dan dapat didiskusikan antara nasabah dan Manulife Minimal masa pembayaran 5 tahun hingga 10 tahun.

(Baca Juga: Apa Itu Bisnis Properti, Keuntungan dan Resiko, Beserta Tips Memulainya)

5. Asuransi Pendidikan BCA

Asuransi Pendidikan BCA

Tidak ketinggalan dari lembaga perbankan BUMN yang turut menawarkan asuransi pendidikan, BCA juga turut mengeluarkan produk asuransi pendidikan andalan yang diberi nama Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan). 

Produk Edukasi Maksima adalah produk asuransi pendidikan yang dilakukan antara perusahaan asuransi dari Hong Kong dengan BCA. Produk asuransi EduPlan BCA adalah asuransi dwiguna yang sangat bermanfaat membantu orangtua merencanakan kebutuhan pendidikan buah hati.

Masa pembayaran premi sangat fleksibel dan dapat dipilih mulai dari 3, 10 sampai 15 tahun. BCA menawarkan pertanggungan dana pendidikan hingga sebanyak 200 persen dari dana pertanggungan dengan usia maksimal anak mencapai 18 atau 21 tahun. 

6. Asuransi Pendidikan BRI

rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia

BRI juga turut menawarkan program asuransi pendidikan yang ringan dengan jaminan pembiayaan pendidikan untuk buah hati. Jangka waktu pembayaran premi hanya selama 8 tahun sementara keuntungan asuransi bisa diperoleh selama 18 tahun. 

Rekomendasi Asuransi pendidikan Di Indonesia sangat berguna untuk merencanakan masa depan buah hati. Pastikan kamu hanya memilih lembaga penyedia asuransi pendidikan terbaik. Pilih dari berbagai rekomendasi asuransi pendidikan di Indonesia di atas yang menawarkan skema paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi