Asuransi

Pengertian Asuransi Menurut Ahli: Unsur, Jenis, Prinsip, dan Manfaatnya

thumbnail ahli asuransi - pengertian asuransi menurut para ahli

Asuransi memiliki peranan penting dalam kehidupan untuk memberikan perlindungan. Ada banyak jenis asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan lain-lain.

Baca Juga : Yuk Kenali Lebih Dalam 7 Macam Prinsip Asuransi Ini!

Lalu, apa pengertian asuransi menurut ahli? Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai asuransi.

Berikut Pengertian Asuransi Menurut Ahli

para ahli - pengertian asuransi menurut para ahli

Pengertian asuransi secara umum yaitu suatu perjanjian antara pihak tertanggung (nasabah) dengan pihak penanggung (perusahaan asuransi) di mana pihak penanggung bersedia menanggung kerugian yang terjadi di masa mendatang setelah pihak tertanggung menyepakati pembayaran premi.

Di dalam perundang-undangan Indonesia, asuransi diatur di dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 1992 Pasal 1 dan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Pasal 246. Nah, berikut ini beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian asuransi.

1. Prof. Mehr Dan Cammack

Asuransi adalah suatu alat atau instrumen untuk mengurangi terjadinya risiko keuangan dengan cara melakukan pengumpulan unit-unit eksposure dalam jumlah yang memadai sehingga dapat diperkirakan risiko kerugian individu dan bisa dipikul merata oleh pihak-pihak yang bergabung.

2. Robert I. Mehr

Asuransi menurut pendapat Robert I. Mehr adalah suatu alat untuk membantu mengurangi risiko dengan melakukan penggabungan sejumlah unit yang menimbulkan risiko sehingga dapat diprediksi kerugian yang terjadi pada individu secara kolektif.

Prediksi mengenai kerugian tersebut nantinya dapat dibagi secara proporsional di antara semua pihak atau unit-unit yang tergabung di dalamnya.

3. C. Arthur William Jr. dan Richard M. Heins

Pengertian asuransi menurut C. Arthur William Jr. dan Richard M. Heins dapat dilihat dari 2 sudut pandang antara lain:

  • Asuransi adalah sebuah alat pengaman untuk menghadapi kerugian finansial yang dilakukan oleh penanggung (perusahaan penyedia asuransi).
  • Asuransi adalah suatu persetujuan atau kesepakatan yang terjadi antara 2 orang atau lebih atau suatu badan untuk mengumpulkan dana dalam menanggulangi terjadinya kerugian secara finansial.

4. Prof. Wiryono Prodjodikoro, S. H.

Pengertian asuransi menurut ahli selanjutnya yaitu pendapat dari Wiryono Prodjodikoro yang menyatakan bahwa asuransi adalah sebuah persetujuan antara pihak penjamin yang memberikan sejumlah uang sebagai ganti rugi atas kejadian yang dialami oleh pihak yang dijamin (nasabah).

5. Mark R. Greene

Menurut pendapat Mark R. Greene, asuransi adalah suatu institusi ekonomi yang bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko dengan cara menggabungkan individu atau kelompok objek dalam suatu kondisi.

Dengan adanya penggabungan tersebut, maka kerugian besar yang dialami suatu kelompok tersebut dapat diprediksi secara lebih rinci.

Unsur-unsur Asuransi

unsur asuransi - pengertian asuransi menurut para ahli

Setelah mengetahui mengenai pengertian asuransi berdasarkan pendapat para ahli, kamu juga harus memahami unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Berikut ini beberapa unsur yang terdapat di dalam asuransi.

  • Pihak tertanggung atau nasabah merupakan seseorang yang melakukan kesepakatan dengan pihak perusahaan penyedia asuransi yang bertujuan mendapatkan perlindungan atas risiko kerugian yang dialaminya dengan membayar sejumlah uang yang disebut dengan premi.
  • Pihak penanggung atau perusahaan asuransi merupakan pihak yang berperan memberikan perlindungan kepada nasabah sebagai pihak tertanggung dalam bentuk pembayaran sejumlah uang senilai nominal yang dipertanggungkan di dalam perjanjian.
  • Polis atau perjanjian merupakan sejumlah kesepakatan yang dibuat oleh pihak penanggung (perusahaan asuransi) dan pihak tertanggung (nasabah) yang bertujuan untuk memberikan perlindungan pada pihak tertanggung (nasabah).
  • Premi merupakan sejumlah uang atau dana tertentu yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung atau nasabah sebagai konsekuensi terhadap perjanjian yang sudah disepakati oleh pihak penanggung. Besarnya premi disesuaikan dengan risiko dan jumlah pertanggungan.
  • Klaim merupakan bentuk permintaan ganti rugi atas risiko kerugian yang dialami pihak tertanggung (nasabah) kepada pihak penanggung (perusahaan asuransi) sesuai kesepakatan kedua belah pihak yang tercantum di dalam perjanjian atau polis.

Jenis-jenis Asuransi

jenis asuransi - pengertian asuransi menurut para ahli

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang diperuntukkan bagi orang-orang yang menanggung risiko kerugian finansial yang tidak terduga akibat kematian atau hidup terlalu lama. Penggunaan asuransi jenis ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai pemegang polis.

Asuransi ini berperan sebagai pengganti JPS atau Jaring Pengaman Sosial pemerintah karena menjadi sumber keuangan dan membantu menjaga stabilitas masyarakat. Selain itu, bisnis asuransi ini juga bermanfaat bagi masyarakat karena membantu membuka lowongan pekerjaan.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan diperuntukkan bagi pemegang polis yang bermanfaat untuk memberikan jaminan berupa biaya kesehatan atau perawatan ketika terjadi kecelakaan atau sakit. Jaminan kesehatan ini dapat berupa santunan meninggal dunia, biaya rawat inap, dan biaya operasi.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan atau dikenal juga sebutan tabungan pendidikan merupakan asuransi yang direncanakan untuk anak dalam menjalani masa sekolah mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Asuransi jenis ini terbagi menjadi 2 macam yaitu investasi dan proteksi.

4. Asuransi Properti

Di kalangan masyarakat, asuransi properti terbilang masih kurang populer jika dibandingkan asuransi lainnya. Asuransi properti bermanfaat memberikan jaminan bagi nasabah sebagai pemegang polis yang menjadikan aset penting seperti rumah, kantor, gedung, dan lain-lain sebagai jaminan.

Dengan mendaftarkan asuransi untuk properti dan aset berharga, peserta asuransi akan mendapatkan jaminan dari pihak penanggung asuransi apabila suatu hari terjadi musibah yang mengakibatkan aset berharga tersebut hilang atau rusak.

5. Asuransi Kendaraan Bermotor

Sesuai dengan namanya, asuransi kendaraan bermotor ditujukan untuk memberikan jaminan perlindungan dari kerugian dan kerusakan pada kendaraan bermotor pemegang polis. Kerusakan dan kerugian yang dialami pemegang polis akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

6. Asuransi Jaminan Hari Tua

Asuransi jaminan hari tua bertujuan untuk memberikan kepastian pendapatan bagi pemegang polis ketika mereka menjalani masa pensiun dan menjamin kondisi finansial keluarga tertanggung apabila tertanggung meninggal dunia.

Asuransi jenis ini dapat membantu para pemegang polis dalam mewujudkan impian dan menyediakan cadangan uang setelah memasuki masa tua, karena nantinya dana dari asuransi ini dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan di masa yang akan datang.

7. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada pihak tertanggung sebagai pemegang polis saat berada dalam perjalanan bisnis atau wisata berupa biaya medis, ganti rugi barang yang hilang di bagasi, kehilang dokumen perjalanan, dan lain sebagainya.

Macam-macam Prinsip Asuransi

prinsip asuransi - pengertian asuransi menurut para ahli

  • Proximate cause merupakan suatu penyebab aktif yang dapat menimbulkan rangkaian kejadian dan akibat tanpa adanya intervensi dari sumber baru dan independen.
  • Indemnity merupakan prinsip asuransi yang berhubungan dengan suatu mekanisme di mana pihak penanggung menyediakan ganti rugi berupa kompensasi finansial kepada tertanggung sebelum terjadinya kerugian.
  • Insurable interest merupakan hak untuk mengasuransikan sesuatu yang berhubungan dengan masalah keuangan antara pihak tertanggung dengan yang diasuransikan dan mendapatkan pengakuan secara hukum.
  • Utmost good faith adalah tindakan dalam mengungkapkan sesuatu yang diasuransikan sesuai fakta yang lengkap dan akurat.
  • Subrogation merupakan prinsip asuransi yang mengalihkan hak tuntut dari peserta asuransi sebagai pihak tertanggung kepada perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung setelah klaim asuransi dibayarkan.
  • Contribution adalah hak yang dimiliki oleh pihak penanggung untuk mengajak penanggung lainnya untuk bersama-sama menanggung risiko kerugian, meskipun risiko yang ditanggung tidak harus sama.

Manfaat Asuransi

manfaat asuransi - pengertian asuransi menurut para ahli

1. Meminimalkan Risiko Kerugian

Manfaat dari asuransi yaitu membantu pihak tertanggung sebagai pemegang polis untuk meminimalisir terjadinya risiko kerugian yang disebabkan musibah atau kejadian tidak terduga, seperti sakit, kecelakaan, kebakaran, dan lain sebagainya.

Apabila rumahmu terbakar, namun kamu tidak mendaftarkan asuransi untuk aset dan properti yang kamu miliki, maka kamu tidak akan mendapatkan ganti rugi sepeserpun. Dengan begitu, seluruh kerugian finansial ditanggung oleh diri sendiri.

Berbeda halnya jika kamu mendaftarkan asuransi untuk rumah, maka kamu akan mendapatkan biaya ganti rugi sesuai dengan jumlah pertanggungan atau premi yang dibayarkan. Asuransi berguna sebagai jaminan perlindungan bagi keselamatan diri dan aset/properti.

2. Memiliki Pengelolaan Keuangan yang Baik

Manfaat lain dari asuransi yaitu membantu mengatur keuangan. Secara tidak langsung pembayaran premi rutin setiap bulan akan melatihmu untuk memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan teratur.

3. Memberi Ketenangan

Dengan memiliki asuransi, kamu akan merasa lebih tenang apabila terjadi peristiwa tak terduga yang dapat menyebabkan kerugian finansial. Sebagai pemegang polis, kamu akan mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi sesuai premi yang dibayarkan.

4. Bentuk Investasi dan Tabungan

Asuransi bermanfaat sebagai investasi dan tabungan di masa mendatang. Dengan mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi, kamu akan memperoleh jaminan pengembalian investasi di akhir perjanjian kontrak.

Baca Juga : Penting Untuk Dipahami! Rumus dan Contoh Menghitung Biaya Asuransi Properti

Dari penjelasan di atas, kamu semakin paham mengenai pengertian asuransi menurut ahli, jenis, prinsip, dan unsur-unsurnya, bukan? Selain bermanfaat sebagai jaminan atas kerugian yang dialami, asuransi juga bisa menjadi investasi dan tabungan yang berguna di masa mendatang.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi