AsuransiAsuransi Perjalanan

Berbagai Manfaat dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Diketahui

Manfaat Dari Asuransi Perjalanan – Hal yang sangat menyenangkan dalam hidup adalah momen bepergian baik itu dengan teman, pasangan, atau keluarga. Dengan siapapun itu, pergi liburan selalu menjadi hal yang menyenangkan atau beban hidup terasa telah hilang. Seperti pada masa libur Lebaran seringkali dimanfaatkan orang-orang untuk pergi berlibur, mudik ke kampung halaman, atau hanya untuk berjalan-jalan ke kota lain. Namun, apakah Anda akan mengetahui resiko perjalanan yang akan dilakukan? Untuk itu kami menyarankan untuk segera melakukan asuransi perjalanan supaya Anda tenang.

Setelah sekian lama bekerja mendapatkan uang, akhirnya untuk berlibur sejenak dan menikmati indahnya hidup. Ketika Anda ingin bepergian menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kapal, dan kereta, terkadang pernah berpikir Anda apabila transportasi yang sedang digunakan mengalami kecelakan? Apa yang akan terjadi pada Anda?

Pemikiran ini dapat membuat momen liburanmu dihantui rasa khawatir, dan liburan itu menjadi tidak menyenangkan. Tapi sekarang, Anda bisa tenang dan tidak perlu memikirkan hal seperti itu lagi, karena hampir semua biro perjalanan sudah memberikan layanan asuransi perjalanan untuk konsumennya. 

Mengetahui Cara Kerja Asuransi Perjalanan

Tidak berbeda dengan jenis asuransi yang lain, Anda harus mengajukan klaim jika ingin memperoleh manfaat dari asuransi perjalanan. Jadi apabila saat perjalanan Anda mengalami hal yang tidak menyenangkan atau tidak sesuai, dapat diasuransikan dengan segeranya melaporkan ke pihak asuransi agar dapat penggantian kerugian itu

Pelaporan harus dilakukan dengan sesegera mungkin karena asuransi perjalanan umumnya memiliki masa kadaluarsa laporan klaim yang lebih singkat dibandingkan jenis asuransi lain. Pastikan Anda mengecek masa kadaluarsa asuransi perjalanan di bagian polis asuransi, saat ingin mengajukan laporan atas kerugian dalam perjalanan Anda

Dalam pelaporan kerugian, Anda harus melengkapi dokumen yang diperlukan serta memberikan penjelasan dengan detail mengenai kerugian yang telah Anda alami. Dokumen yang mungkin perlu disiapkan untuk pelaporan kerugian, antara lain tiket perjalanan, kartu tanda penduduk, paspor jika Anda bepergian ke luar negeri, serta formulir pengajuan klaim yang sudah diisi dengan benar.

(Baca Juga: 9 Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhanmu)

Di formulir pengajuan klaim itu Anda mengisi mengenai kerugian yang Anda alami secara detail dan jelas. Dalam formulir itu digunakan untuk memaparkan kronologi dengan jelas dan detail mengenai kondisi perjalanan yang Anda alami sampai menyebabkan kerugian, baik karena kecelakaan ataupun ketidaknyamanan karena kehilangan barang maupun pembatalan perjalanan.

Setelah itu proses pengecekan yang dilakukan dari pihak asuransi mulai pengecekan kelengkapan dokumen dan kewajaran kronologis yang Anda ceritakan. Biaya pertanggungan akan diberikan apabila asuransi tidak menemukan suatu ketidakwajaran dalam dokumen dan laporan yang Anda laporkan.

Khusus untuk pencairan dana berupa perlindungan medis, umumnya ada dua skema yang digunakan perusahaan asuransi. Skema pertama, Anda hanya tinggal menunjukkan polis asuransi ke pihak rumah sakit saat Anda berobat dalam perjalanan..

Skema kedua, perusahaan asuransi memakai sistem reimburse di mana Anda menanggung biaya berobat sendiri terlebih dahulu untuk pengobatan medis; baru mengajukan klaim di tempat asal Anda membeli polis asuransi perjalanan itu

Terkait santunan kematian, umumnya pihak asuransi akan memberikan dana santunan sesuai data penumpang yang terdapat di data polis. Santunan kematian akan langsung diberikan kepada pihak keluarga yang dijadikan ahli waris sesuai data peserta asuransi yang meninggal dunia di dalam perjalanan.

Manfaat Dari Asuransi Perjalanan

Apakah Anda sudah mengetahui manfaat dari asuransi perjalanan? Sebagai berikut manfaat dari asuransi perjalanan :

 1. Menanggung Biaya Perawatan Medis

Manfaat dari Asuransi Perjalanan  - Menanggung Biaya Perawatan Medis

Tentunya tidak ada orang yang ingin momen liburannya rusak karena jatuh sakit dan bayangkan bila hal itu sampai membuat Anda terpaksa harus dirawat di rumah sakit apalagi sampai terjadi saat di negara lain yang biayanya super mahal. Manfaat dari asuransi perjalanan yang pertama ini sangat berguna jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Bagaimana cara membayarnya? Anda tidak perlu bingung karena ada asuransi perjalanan, jadi jika hal itu terjadi, maka pihak asuransi akan memberikan biaya pertanggungan terhadap perawatan medis Anda.Anda akan mendapatkan manfaat dari asuransi perjalanan. Jadi Anda tidak perlu takut tidak punya uang untuk membayar perawatan itu jika memakai asuransi perjalanan.

2. Sumbangan Atas Kematian

Manfaat dari Asuransi Perjalanan - Sumbangan Atas Kematian

Tidak ada orang yang mengetahui kapan dirinya akan meninggal dunia. Jadi Anda lebih baiknya mulai sekarang untuk mempersiapkan dana untuk kelangsungan hidup untuk keluarga Anda, apabila Anda meninggal dunia. Salah satu untuk mempersiapkannya dengan memiliki asuransi perjalanan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, Anda mempunyai jaminan berupa uang pertanggungan yang akan diberikan pihak asuransi kepada keluarga Anda ketika Anda meninggal pada saat bepergian. 

Apabila ini terjadi, setidaknya Anda tidak perlu lagi terlalu khawatir terhadap kelangsungan hidup keluarga Anda. Apalagi Anda yang berperan sebagai tulang punggung dalam keluarga, pasti kondisi keuangan atau ekonomi keluarga Anda sangat bergantung terhadap Anda.

(Baca Juga: Rekomendasi 6 Pilihan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Tahun 2021)

3. Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Manfaat dari Asuransi Perjalanan - Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Saat bepergian menggunakan transportasi umum, penundaan atau pembatalan perjalanan dapat terjadi kapanpun atau tidak terduga. Hal ini tentunya akan merugikan Anda sebagai pengguna jasa biro perjalanan itu karena tidak sesuai dengan harapan atau rencana Anda. Nah dengan manfaat dari asuransi perjalanan, Anda dapat menerima kompensasi dari pihak asuransi apabila hal yang tidak diinginkan itu terjadi

Misalkan, Anda mau pergi naik pesawat untuk mudik, tetapi mendadak pesawat tidak bisa terbang pada hari itu karena ada suatu kendala terutama faktor alam. Biasanya kompensasi yang diberikan berupa menginap gratis di hotel yang sudah bekerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut. Bentuk kompensasi yang diberikan berbeda-beda tergantung pada peraturan yang berlaku dari perusahaan asuransinya. Apabila Anda mengalami kerugian karena hal ini, jangan ragu untuk mengajukan klaim secepatnya untuk membayar kerugian yang Anda alami.

4. Mendapatkan Ganti Rugi Atas Kerusakan Atau Kehilangan Bagasi

Manfaat dari Asuransi Perjalanan - Mendapatkan Ganti Rugi atas Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Masalah yang satu ini cukup sering terjadi, dan mungkin bahkan Anda juga sudah pernah mengalaminya. Manfaat dari asuransi perjalanan sangat berguna apabila bagasi Anda rusak atau bahkan hilang merupakan kerugian bagi Anda dan membuat momen liburan Anda jadi tidak menyenangkan yang seharusnya. Tapi tenang, Anda bisa mendapatkan ganti rugi jika memiliki asuransi perjalanan. Jadi apabila Anda mengalami hal ini, segera ajukan klaim dan dapatkan kompensasinya.

5. Menanggung Kerugian Akibat Terorisme dan Bencana Alam

Manfaat dari Asuransi Perjalanan - Menanggung Kerugian Akibat Terorisme atau Bencana Alam

Terakhir, manfaat dari asuransi perjalanan yang bisa anda dapatkan adalah ditanggungnya kerugian akibat terorisme dan bencana alam .Terjadinya aksi terorisme dan bencana alam sangat mungkin untuk terjadi kapan saja karena tidak terduga. Hal itu merupakan kerugian bagi Anda, baik dalam bentuk kerugian dari fisik, mental, dan finansial. Apabila Anda mendapatkan manfaat dari asuransi perjalanan, maka segala kerugian tersebut akan ditanggungkan kepada pihak asuransi, sehingga membuat Anda merasa lebih aman pada saat bepergian.

Kapan Waktunya Membeli?

Sebaiknya Anda membeli produk asuransi ini tiap kali ketika Anda bepergian ke luar kota maupun luar negeri. Secara umum, Anda dapat melakukan pembelian polis asuransi perjalanan minimal 7 hari sebelum peserta membeli tiket atau melakukan perjalanan. Namun, dalam beberapa kasus perjalanan yang terjadi saat ke luar negeri, beberapa negara menganjurkan Anda untuk membeli polis asuransi perjalanan sebelum mengajukan visa.

Anda juga dapat menyesuaikannya dengan model asuransi perjalanan yang Anda ingin pilih. Asuransi perjalanan model single trip biasanya dibeli tiap kali hendaknya melakukan perjalanan karena memiliki kurun waktu penjaminan maksimal 180 hari atau 6 bulan perjalanan. Namun, jika menjadi peserta asuransi perjalanan tahunan, Anda dapat bebas melakukan perjalanan sepanjang tahun tanpa harus membeli polis asuransi lagi saat bepergian lagi. Namun ada batas hari tanggungan perjalanan pada asuransi perjalanan ini, yaitu hanya 90 hari.

Apalagi pada masa pandemi ini, manfaat dari asuransi perjalanan sangat penting untuk menanggulangi segala kebutuhan Anda. Karena ada kemungkinan Anda dapat terkena paparan COVID-19, biaya dan santunan untuk penyakit itu sebagian besar belum ditanggung oleh pihak asuransi perjalanan. Sedangkan untuk mengantisipasi terkena penyakit itu lebih baik Anda juga menyiapkan asuransi untuk memproteksi diri dari COVID-19.

 

Ulasan tentang manfaat dari asuransi perjalanan diatas semoga bisa anda jadikan referensi jika ingin melakukan perjalanan maupun liburan yang memang sangat berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini sangat bermanfaat dan Selamat Membaca!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi