Asuransi

6 Keunggulan Asuransi Syariah yang Belum Anda Ketahui

Keunggulan dari Asuransi Syariah

Keunggulan Asuransi Syariah – Dengan berjalannya waktu, industri keuangan dapat berkembang dengan pesat, karena salah satu yang menjadi perbincangan isu banyak orang adalah sistem syariah yang menampilkan berbagai produk syariah berlandaskan hukum syariat Islam.

Salah satu produk syariah yang selalu diminati adalah Keungglan Asuransi Syariah. Keberadaan Asuransi Syariah bukanlah hal yang baru, melainkan sudah lama menjadi perhatian masyarakat. Pada dasarnya, Asuransi Syariah memiliki berbagai manfaat dan dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda dan Keluarga Anda yang sedang mencari produk asuransi.

Tak perlu bingung, Asuransi Syariah telah memastikan semuanya sesuai dengan syariat Islam. Regulasi yang diperoleh juga dinilai bermanfaat bagi pelanggan atau konsumen. Meski tidak terlalu populer, asuransi jenis ini mulai menggugah minat masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, banyak lembaga keuangan seperti bank dan perusahaan asuransi yang menjual Produk Syariah yang membawa banyak keuntungan. Lalu, apa keunggulan Asuransi Syariah?

Keunggulan Asuransi Syariah

Tidak ada Dana yang Hangus

Keunggulan dari Asuransi Syariah - Tidak Ada Dana Hangus

Dana Hangus biasa terjadi di asuransi umum, dan peserta asuransi Syariah bisa mendapatkan dananya kembali. Sekalipun belum kadaluarsa, misalnya jika Anda ingin mencairkan dana tersebut secara tiba-tiba karena suatu alasan, maka Asuransi Syariah juga bisa memberikan jumlah tersebut.

Semuanya kembali ke keinginan Anda masing-masing sebagai nasabah. Keunggulan inilah yang menjadi metode best seller Asuransi Syariah untuk menarik nasabah, Untuk Kembali ke hukum Islam, nasabah atau konsumen harus mendapatkan keuntungan dan mencapai kesepakatan yang jelas dengan perusahaan asuransi.

Hasil Investasi

Selain itu, banyak orang yang khawatir berinvestasi pada asuransi konvensional atau asuransi umum. Namun dalam Asuransi Syariah, Anda sudah memiliki investasi yang lebih terdiversifikasi, karena alat Investasi Syariah beragam, sehingga dapat memberikan tingkat pengembalian Investasi yang menarik dan optimal bagi nasabahnya. Selain itu, jika Anda menginvestasikan dana, hasil investasi (mudharabah) akan lebih tinggi daripada deposito.

(Baca Juga: Rekomendasi 6 Asuransi Pendidikan di Indonesia Terbaik yang Bisa Kamu Pilih)

Pembagian Nisbah

Keunggulan dari Asuransi Syariah - Pembagian Nisbah

Keunggulan Asuransi syariah yang berikutnya adalah tentang pembagian nisbah. Pembagian Nisbah Asuransi Syariah selanjutnya adalah proporsi nasabah mencapai 70% dan proporsi asuransinya mencapai 30%. Soal Asuransi pasti ada alasan khusus dibaliknya. Misalnya, Anda telah membeli Asuransi Kesehatan, dan kemudian berharap asuransi ini dapat membantu membayar atau mengcover semua biaya pengobatan, dari yang murah hingga sampai yang mahal.

Ataupun Asuransi Pendidikan yang dapat membantu membayar biaya sekolah anak Anda yang tidak bisa bersekolah dan ketika Anda mengalami kesulitan keuangan.

Asuransi Syariah tidak diragukan lagi yang memberikan banyak manfaat, yang menunjukkan bahwa nasabah mendapatkan keuntungan dan mematuhi sistem Syariah. Tentunya bagi mereka yang menggunakan Asuransi Syariah tidak perlu khawatir.

Terlambat Bayar

Bagi yang memiliki Asuransi, tentunya harus membayar biaya bulanan yang tetap. Biasanya, perusahaan memiliki deadline waktu pembayaran yang harus Anda patuhi. Jika Anda mengalami keterlambatan pembayaran (bukan pemberhentian pembayaran), perlindungan dana tidak akan berubah.

Hal yang sama berlaku untuk istilah Pembayaran Asuransi Syariah. Lantas, Apa bedanya Asuransi Syariah dengan Asuransi lainnya?

Bagi mereka yang terlambat membayar, Anda tidak perlu panik dan tidak perlu khawatir perusahaan akan merusak keamanan Asuransi Anda.

Mengapa demikian? Karena perlu Anda ketahui bahwa bagi pengguna Asuransi Syariah, jika menemui situasi keterlambatan pembayaran, maka perlindungan dana Anda tidak akan berubah, karena Ketika Anda terlambat membayar premi, Asuransi Syariah akan tetap menjaga keamanan dana Anda.

Kontributor akan dibebaskan

Keunggulan dari Asuransi Syariah - Kontributor Akan Dibebaskan

Jika Anda terjadi cacat total karena sakit atau kecelakaan, Kontributor dasar akan dibebaskan. Peserta dapat menikmati manfaat Asuransi meskipun mereka benar-benar cacat.

Fasilitas ini tidak dapat ditemukan di Asuransi lain. Selain itu, Anda juga dapat mengganti biaya Rumah Sakit yang disebabkan oleh dua hal tersebut yaitu sakit parah dan kecelakaan yang dilengkapi dengan fasilitas cashless sehingga memudahkan penanganan biaya Rumah Sakit secara tunai.

Adanya layanan Asuransi ”Double Claim”

Keunggulan asuransi syariah yang berikutnya adanya layanan asuransi double claim. Bila Anda ingin mengajukan asuransi double claim, sebaiknya gunakan jenis asuransi yang bisa digunakan untuk mengajukan double claim.

Inilah salah satu kelebihan pengguna Asuransi Syariah. Pada dasarnya double claim dapat diartikan sebagai pengajuan klaim kepada dua perusahaan asuransi yang berbeda untuk memperluas cakupan asuransi. Namun, bagi mereka yang berniat untuk mengajukan klaim ganda, Anda harus dapat memastikan bahwa Asuransi Syariah pilihan Anda menyediakan layanan double claim.

Lalu, jika asuransi menggunakan kartu atau uang tunai, keluarga bisa menggunakan polis asuransi. Dengan begini, premi asuransi pasti bisa lebih murah dibandingkan dengan asuransi yang tidak bisa menjadi polis asuransi untuk keluarga, karena harus menjadi polis asuransi untuk keluarga harus satu polis satu orang.

Tentu itu akan membuat kita tidak nyaman, bukan? Karena pembayaran premi juga masing-masing pula. Dilihat dari segi pendapatan, apakah Keunggulan Asuransi Syariah memang menarik? Apalagi bagi Anda yang beragama Islam, yang tidak diperbolehkan mengadopsi sistem keuangan yang merugikan, seperti halnya Monopoli Lembaga keuangan konvensional.

Oleh karena itu, bagi yang ingin membeli produk asuransi tanpa mengalami kerugian besar, jangan takut untuk menggunakan Asuransi Syariah karena memberikan kemudahan dan kelebihan yang menguntungkan.

Perbedaan Keunggulan Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

Meskipun Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional memiliki keunggulan dalam mengurangi resiko, akan tetapi masih terdapat beberapa perbedaan yang signifikan. Inilah perbedaan antara Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional :

  • Kontrak

Dalam hukum Islam, Asuransi menggunakan akad tabarru yang sesuai dengan hukum Islam, sedangkan pada Asuransi Konveksional digunakan sistem transaksi antara pengajuan premi hingga transfer resiko.

(Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Dilihat dari Masa Perlindungan, Nilai Tunai dan Pihak Tertanggung)

  • Kepemilikan Dana

Dana peserta Asuransi Syariah dilakukan dengan pemungutan suara bersama. Pada saat yang sama, dalam Asuransi Konvensional, dana menjadi milik perusahaan asuransi.

  • Prinsip Kerja

Asuransi Syariah menganut prinsip bagi hasil, sehingga resiko ditanggung oleh seluruh peserta asuransi. Sedangkan pada konvensional, resiko dialihkan ke perusahaan asuransi.

  • Peran Perusahaan Asuransi

Dalam asuransi syariah, peran perusahaan hanya sebagai pengelola dana. Sedangkan dalam konvensional, perusahaan adalah pihak yang memberikan jasa.

  • Pengelolaan Investasi

Asuransi Syariah mensyaratkan dana yang dikelola hanya dapat diinvestasikan pada instrument halal. Sedangkan pada konvensional, investasi dapat ditempatkan dimana saja.

  • Pembagian Keuntungan

Keuntungan investasi dan surplus underwriting Keunggulan asuransi syariah (selisih antara dana kelompok dan total klaim peserta) akan dibagikan secara adil di antara peserta. Dalam Asuransi Konvensional, Pendapatan menjadi milik perusahaan itu sendiri.

Setelah memahami informasi lengkap tentang Keunggulan Asuransi Syariah, semoga dapat membuat Anda tidak ragu lagi memilih Asuransi Syariah untuk Anda dan Keluarga Anda sebagai solusinya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi