AsuransiAsuransi-Kendaraan

Ini Dia Jenis, Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil yang tepat

Cara klaim asuransi mobil

Cara Klaim Asuransi Mobil – Cara klaim asuransi mobil tidak jarang jadi masalah karena pihak pemegang tidak mengetahui cara mengklaimnya. Bila ini terjadi bisa jadi asuransi mobil lenyap begitu saja karena dianggap tidak ingin mengklaimnya. Akhirnya kesempatan memegang premi asuransi pun ikut menghilang.

Tidak hanya cara klaim asuransi, kamu juga harus memahami apa saja yang jadi persyaratan untuk mengklaim asuransi kendaraan mobil. Terlebih di dalamnya terdapat pembagian jenis asuransi alias terdiri dari beberapa produk asuransi.

Jenis Asuransi Mobil

Pernah terpikirkan sebenarnya ada berapa jenis asuransi kendaraan mobil? Umumnya jenis asuransi mobil terbagi menjadi dua. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa jenis asuransi bisa berkembang bergantung pada kebijakan perusahaan. Berikut dua jenis asuransi mobil yang umum di tawarkan:

Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi yang pertama adalah asuransi mobil all risk yang sederhananya diartikan sebagai asuransi semua risiko. Maka selanjutnya bisa diartikan sebagai asuransi yang mengikat atau menanggungjawabi semua kemungkinan kerusakan atau kehilangan pada kendaraan mobil.

Kamu yang menggunakan asuransi jenis ini mendapat beragam kemudahan sesuai dengan list produk yang telah ditawarkan. Cara klaim asuransi mobil all risk juga tergolong mudah dan cepat karena bisa langsung diberlakukan bagaimanapun kondisi kerusakan pada mobil.

 

Asuransi Mobil Total Lost Only

Jenis lainnya yakni asuransi mobil total lost only atau sering disingkat dengan asuransi TLO. Total lost only hanya melindungi atau menjamin kendaraan mobil pada beberapa kondisi tertentu. Walaupun tidak bekerja seperti asuransi all risk tidak membuat layanan jenis ini menjadi lambat.

Cara klaim asuransi mobil jenis ini bisa segera diaplikasikan hanya bila mobil mengalami kerusakan paling minim 75% dari seluruh bagian kendaraan. Bisa juga di klaim saat kendaraan hilang karena kronologi pencurian. Premi yang diajukan pun akan lebih kecil dari jenis all risk.

Syarat Klaim Asuransi

Sudah menentukan jenis asuransi selanjutnya apa saya syarat klaim asuransi kendaraan mobil? Cukup mudah untuk disiapkan kamu hanya perlu mengumpulkan dokumen penting terkait data pribadi dan dara kepemilikan asuransi. Berikut list syarat klaim asuransi kendaraan mobil:

  • Lembar polis asuransi asli beserta fotokopinya
  • Fotokopi STNK dan SIM pribadi
  • Untuk rusak atas kecelakaan atau hilang dicuri harus menyertakan lembar bukti laporan kepolisian
  • Formulir klaim asuransi yang telah diisi dan di tanda tangan
  • Hasil kronologi tertulis
  • Foto kendaraan mobil

Ada baiknya untuk menyiapkan persyaratan di atas sebelum melakukan pertemuan dengan pihak asuransi. Ini dimaksud agar kamu tidak banyak kebingungan atau melewatkan banyak waktu untuk kembali melengkapi dokumen persyaratan. 

(Baca Juga:Hendak Memilih Asuransi Mobil? Ini Daftar Asuransi Mobil Termudah)

Bila terkena kasus kendaraan lalu kamu dilimpahkan menjadi pihak penabrak yang harus mengganti rugi, ada beberapa syarat tambahan yang perlu disiapkan. Syarat pelengkap perlu disiapkan agar proses berjalan baik. Selain persyaratan di atas berikut persyaratan tambahan yang harus disertakan:

  • Fotokopi KTP pemilik asuransi
  • Fotokopi SIM dan STNK milik pihak ketiga
  • Lembar tuntutan bermaterai dari pihak ketiga 
  • Lembar pernyataan bahwa pihak ketiga bukan pemegang asuransi kendaraan mana pun
  • Surat keterangan kecelakaan dari pihak kepolisian

Cara Klaim Asuransi Mobil

Jadi bagaimana cara klaim asuransi mobil? Cukup mudah, kamu tidak perlu kebingungan bahkan mencari orang lain yang lebih mengerti. Tidak perlu takut salah karena nantinya pihak asuransi akan membantu penanganannya. Berikut cara mandiri yang perlu kamu lakukan untuk klaim asuransi.

Foto Bukti

Cara klaim asuransi mobil - Foto Bukti

Cara klaim asuransi mobil yang pertama adalah dengan memfoto bukti. Bukti jadi hal terpenting untuk mengklaim asuransi mobil. Baik dalam kasus kecelakaan atau hilang sebisa mungkin bukti berupa foto harus segera diserahkan. Bila memungkinkan foto harus sedetail mungkin dan isinya berimbang dengan pengaduan yang dibuat.

Foto juga harus jelas dengan resolusi yang cukup tinggi untuk selanjutnya bisa diolah demi keperluan pihak asuransi. Selanjutnya kamu bisa membuat folder khusus bukti untuk memudahkan proses pengklaiman asuransi mobil. Bila dibutuhkan cetaklah bukti foto dalam ukuran tertentu.

 

Buat Kronologi Kerusakan

Cara klaim asuransi mobil - Buat Kronologi Kerusakan

Cara klaim asuransi mobil juga meliputi pembuatan kronologi kerusakan kendaraan secara tertulis. Alasannya pembuatan secara tertulis karena akan lebih kuat dan tidak berubah ubah kecuali dihilangkan. Lalu dinilai lebih sah dibanding dengan jenis kronologi mandiri lainnya.

Kamu bisa membuat kronologi langsung sesaat setelah kejadian terjadi agar rekam jejaknya masih jelas. Kronologi tertulis bisa dilakukan secara digital namun sebisa mungkin tulisan harus jelas dan memuat poin kronologi tanpa dilebih lebihkan.

 

Segera Hubungi Pihak Asuransi

Cara klaim asuransi mobil - Segera Hubungi Pihak Asuransi

Cara klaim asuransi mobil berikutnya hubungi segera pihak asuransi karena salah satu kunci klaim asuransi adalah persetujuan dari pihak asuransi. Tidak perlu takut untuk sulit mengakses pihak perusahaan karena di pelosok sekalipun kamu akan tetap mendapatkan pelayanan prima lewat telepon.

Selanjutnya pihak perusahaan terkait kendaraan pribadi akan dilimpahkan ke pihak asuransi di bagian pusat. Sebisa mungkin kamu harus responsif. Ini dilakukan agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar tanpa harus saling menunggu satu sama lain.

(Baca Juga:Proteksi Menyeluruh, Ini 10  Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor)

Isi Formulir Klaim Asuransi

Cara klaim asuransi mobil - Isi Formulir Klaim Asuransi

Setelah menghubungi pihak perusahaan akan ada surat yang ditujukan untuk pihak pengajuan. Kamu harus mengisi surat atau formulir klaim asuransi tersebut dengan benar dan teliti. Isi formulir tersebut dan langsung serahkan kembali ke pihak perusahaan.

 

Perlu diperhatikan, lebih baik untuk tidak menitipkan atau mewakilkan formulir klaim tersebut pada pihak lain. Sebaiknya kamu langsung menyerahkan dan mengikuti semua proses klaim secara pribadi. Akan lebih rumit prosedurnya bila kamu menitipkan formulir klaim pada orang lain.

 

Tunggu Konfirmasi Lanjutan dari Perusahaan

Cara klaim asuransi mobil - Tunggu Konfirmasi Lanjutan Dari Perusahaan

Kamu juga harus sabar mengikuti segala prosedur pengklaiman asuransi kendaraan mobil pribadi. Dimana ada beberapa tenggang waktu setelah formulir klaim diserahkan. Tunggu konfirmasi lanjutan dari pihak perusahaan dan tetap waspada pada kemungkinan penipuan.

Konfirmasi lanjutan hanya dilayangkan pada nasabah lewat akun resmi atau nomor kantor yang resmi. Ini juga akan terjadi bila kamu di luar jangkauan kantor pusat. Bila cukup dekat kemungkinan kamu harus langsung mengunjungi perusahaan asuransi.

 

Perhatikan Pengklaiman yang Diputuskan 

Cara klaim asuransi mobil - Perhatikan Pengklaiman yang Diputuskan

Cara klaim asuransi mobil yang terakhir adalah dengan memperhatikan pengklaiman yang diputuskan. Terakhir, perhatikan pula nilai atau jenis klaim asuransi yang diputuskan pihak asuransi. Kamu bisa meminta banding bila hasilnya tidak sesuai dengan kesepakatan dalam produk. Teliti hingga proses pengklaiman berakhir akan berdampak cukup besar. 

Apalagi bila mengingat situasi keuangan yang sedang sulit, maka kamu harus memanfaatkan situasi ini sebaik mungkin. Pemutusan klaim asuransi bisa disesuaikan dengan jenis kecelakaan, putusan awal produk atau perjanjian antara kedua pihak diluar kesepakatan awal.

 

Ikuti semua prosedur cara klaim asuransi mobil di atas untuk mendapat premi atau hak asuransi atas perjanjian tertulis yang telah disahkan. Ikuti semua tata caranya dengan baik lalu bersabar hingga klaim asuransi di tangan. Agar lebih aman gunakan perusahaan dengan produk terbaik.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi