Asuransi

Asuransi Rumah, Ini Dia Cara Kerjanya

Asuransi Rumah

Asuransi Rumah – Pada sebagian besar orang memiliki rumah adalah suatu hal pencapaian terbesar dalam hidupnya dan itu merupakan sebuah kewajaran mengingat tidak mudah untuk mendapatkannya, membutuhkan proses panjang dan harus menunggu dalam kurun waktu yang lama ketika dibarengi dengan kerja keras. Perihal ini lah yang menuntut seseorang untuk melakukan asuransi rumah.

Terkait fakta diatas, sudah sewajarnya juga Anda menginginkan perlindungan yang lebih untuk tempat tinggal Anda. Dikarenakan Anda juga tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada masa mendatang yang mungkin dapat menimpa pada rumah Anda. Maka dari itu tidak menjadi masalah apabila diperlukannya asuransi rumah untuk proteksi suatu saat ketika ada musibah.

Asuransi Rumah dan Manfaatnya

Walaupun tidak terlalu dikenal seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, namun asuransi rumah ini pun rupanya telah diketahui oleh banyak orang juga. Mereka telah memikirkan betapa tidak inginnya menanggung risiko kerugian terhadap tempat tinggalnya ketika suatu saat tidak akan pernah ada yang tahu jika mungkin tiba-tiba terjadi bencana alam yang menimpa rumahnya.

Asuransi rumah merupakan pertanggungjawaban untuk memberi perlindungan terhadap sebuah rumah setelah sesuatu terjadi seperti kebakaran, pencurian, maupun kerusakan akibat bencana alam.

Dengan memiliki asuransi tersebut Anda tidak perlu takut dan khawatir apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang menimpa rumah Anda. Ketika sudah diasuransikan, sejak saat itu pula pihak asuransi sudah ikut menanggung bila sewaktu terjadi kerugian pada rumah.

(Baca Juga:  Penjelasan Lengkap Tentang Asuransi Kendaraan yang Harus Kamu Tahu)

Dapat dimisalkan apabila tiba-tiba terjadi bencana yang menimpa rumah Anda dan melenyapkan bangunan beserta asset di dalamnya. Hal ini tentunya membuat sedih karena rumah merupakan tempat keluarga berkumpul yang memiliki nilai historis juga di dalamnya. Oleh karena itu sebuah rumah yang termasuk dalam kategori aset bernilai tinggi sebaiknya diberikan asuransi.

Asuransi Rumah

Jika rumah Anda tidak memiliki asuransi, tentunya kerugian yang Anda alami akan menjadi tanggung jawab Anda sendiri dalam mengembalikan seperti semula. Akan merepotkan, bukan? Pastinya keluarga dirundung kesedihan yang mendalam, terlebih apabila tidak ada cukup dana untuk menangani itu semua. Dikatakan apabila sudah terdapat dana pun, tidak mungkin hati seseorang berbahagia ketika dirinya sedang mengalami musibah. Selain itu bila dalam keluarga mengalami kondisi ekonomi yang sulit untuk pekerjaan tetap yang menghasilkan uang tiap bulannya maka hal ini menjadi lebih rumit.

Jangan pernah menyepelekan asuransi rumah. Perlindungan bagi asset yang memiliki nilai tinggi dan bermanfaat bagi keluarga Anda adalah sangat penting. Asuransi ini tidak hanya menangani kerusakan yang berat, namun kerusakan kecil pun nantinya dapat di-cover.

Jenis Asuransi Rumah yang Menjaminkan Terhadap Berbagai Resiko

Asuransi merupakan sebuah perlindungan. Dan karenanya dibutuhkan pilihan terbaik untuk hasil yang terbaik pula. Hal ini untuk menghindari risiko kerugian yang bisa dialami. Berdasarkan layanan yang diberikan, asuransi rumah bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

 1. Property All Risk / Industrial All Risk

Asuransi Rumah - All Risk

Hal ini merupakan jenis asuransi kebakaran yang bersifat unnamed perils, yakni memberikan jaminan terhadap seluruh resiko yang terjadi pada harta benda atau kepentingan yang dipertanggungkan. Kecuali risiko-risiko yang tertera, yaitu: perang, terorisme, nuklir dan radioaktif; keterlambatan, kehilangan pangsa pasar atau gangguan usaha, kesengajaan, ketidakjujuran karyawan: kerusakan mekanik dan lainnya.

Jaminan yang diberikan oleh layanan Asuransi Property All Risks (PAR), mencakup sebagai berikut ini:

  • Jaminan untuk kekacauan, pemogokan, tindakan kejahatan dan huru hara.
  • Jaminan untuk angin topan, badai, banjir dan kerusakan yang disebabkan karena air.
  • Jaminan untuk gempa bumi, meletusnya gunung berapi dan tsunami.
  • Jaminan untuk tanah longsor dan pergerakan tanah.

Pada dasarnya, asuransi Property All Risk (PAR) hanya berlaku untuk bangunan non industri, seperti: kantor, tempat tinggal, rumah sakit, sekolah dan bermacam bangunan properti lainnya. Sedangkan untuk bangunan industri, seperti: pabrik, gudang, mall dan toko akan digunakan asuransi jenis Industrial All Risk (IAR)

2. Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Asuransi Rumah - Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia

Asuransi ini merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai wujud layanan asuransi kebakaran. Manfaat dari produk asuransi properti ini, memberikan perlindungan pada harta benda dan kepentingan yang dipertanggungkan secara langsung yang disebabkan karena kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang (aircraft), dan asap (smoke).

Namun, selain manfaat utama yang tertera dalam PSAKI itu, asuransi kebakaran dapat diperluas dengan jaminan atas risiko lainnya yang tidak dijamin dalam PSAKI, antara lain:

  • Kekacauan, pemogokan, kerusakan akibat tindakan kejahatan, huru hara.
  • Banjir, angin topan, badai dan kerusakan yang disebabkan karena air.
  • Tanah longsor.
  • Kebongkaran.
  • Business interruption (kehilangan keuntungan)

(Baca Juga: Ini Dia Jenis, Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil yang tepat)

Cara Kerja Asuransi Rumah Menilai Aset Rumah Anda

Pada umumnya ketika seseorang memutuskan untuk membeli produk tertentu, pasti diperlukan untuk mengetahui manfaat dari produk tersebut dan bagaimana cara kerjanya. Hal tersebut dibutuhkan agar nantinya tidak kecewa setelah membeli dan manfaatnya dapat dirasakan, serta dapat dengan aman dan nyaman dalam menggunakannya. Begitu juga dengan asuransi rumah, Anda perlu mengetahui manfaat dan cara kerja yang ditetapkan dari badan asuransi sebelum membelinya.

Tips  Memilih Asuransi Rumah

Asuransi Rumah - Tips  Memilih Asuransi Rumah

Pada saat ini sudah banyak badan atau lembaga yang menawarkan jenis asuransi rumah ini. Oleh karena rumah merupakan aset berharga yang Anda miliki, perlu bagi Anda menentukan asuransi atau perlindungan terbaik yang akan Anda berikan pada rumah Anda. Jangan lupa untuk memikirkannya matang-matang. Berikut ini adalah tips memilih asuransi rumah yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

 1. Pilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Ini menjadi hal yang paling utama. Anda bisa melakukan riset melalui internet mengenai perusahaan asuransi rumah mana yang terbaik dan dapat dipercaya. Apabila ingin lebih yakin, Anda bisa mendatangi perusahaan asuransi yang ada di sekitar Anda untuk mendapatkan informasi secara lengkap.

Sebaiknya mencari perusahaan asuransi yang dalam riwayatnya memiliki kredibilitas dan reputasi terbaik. Hal ini sudah pasti menjamin pelayanan yang mereka berikan kepada Anda. Memilih perusahaan asuransi yang terpercaya serta yang dapat memenuhi kebutuhan Anda akan layanan asuransi.

2. Gunakan Polis yang Tepat

Pastikan lagi dengan baik bahwa Anda telah memahami isi polis yang diberikan perusahaan asuransi rumah Anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya risiko kerugian yang dapat dialami ketika salah tafsir kesepakatan polis di awal. Diperlukan kebijakan yang sangat sebelum membeli asuransi. Apabila terjadi masalah atau gangguan ketika memahami isi polis, Anda dapat menanyakan kepada agen atau broker asuransi tersebut.

3. Pilih Cakupan yang Memadai

Dalam membeli polis asuransi rumah ini, pastikan dan perhitungkan atau akumulasikan jumlah premi yang akan Anda bayarkan nantinya setiap bulan bahwa sudah cukup memadai dengan besaran perlindungan Anda sehingga menghindari adanya pendapatan pertanggungjawaban dengan nominal rendah. Menghitung dan mempertimbangkan dengan teliti setiap komponen pertanggungan yang akan Anda dapatkan. Dari hal itu Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal atas pembelian asuransi yang Anda gunakan.

Asuransikan Rumah Anda Sekarang Juga                                                           

Rumah merupakan sebuah aset yang memiliki nilai nominal tinggi. Sehingga jangan ragu untuk mengasuransikan rumah Anda. Besaran premi yang akan Anda bayarkan setiap bulan tentunya selaras dengan manfaat perlindungan yang Anda dapatkan.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi