AsuransiAsuransi-Kendaraan

Penjelasan Lengkap Tentang Asuransi Kendaraan yang Harus Kamu Tahu

Menggunakan asuransi masih menjadi hal yang jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu kepemilikan asuransi termasuk asuransi kendaraan termasuk sebuah kebutuhan. Kendaraan bermotor bisa mulai diasuransikan mulai dari awal pembeliannya.

Pasalnya asuransi untuk kendaraan digunakan agar pengendara lebih aman dan nyaman. Selebihnya digunakan sebagai salah satu ajang investasi baik jangka panjang maupun pendek. Ada banyak produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kendaraan.

Apa Saja Cakupan Asuransi Kendaraan?

Asuransi atau jaminan kendaraan bisa mencakup berbagai hal terkait kendaraan bermotor. Mulai dari jaminan kerusakan, jaminan kelengkapan surat, jaminan servis jangka panjang hingga jaminan kenaikan nilai kendaraan.

Asuransi kendaraan adalah bentuk pertanggungan dari sebuah risiko mampu menanggung kecelakaan yang tidak disengaja maupun yang disengaja. Karenanya pemakaian asuransi pada kendaraan memang dinilai sangat penting.

Mencakup segala resiko yang akan mengenai kendaraan justru membuka peluang bagi siapapun pemilik polisnya untuk lebih nyaman menjalani hidup. Pasalnya kamu bisa mendapatkan premi untuk mengganti bagian yang rusak tanpa harus ribet mengurusnya sendiri.

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan

Apakah asuransi kendaraan merupakan asuransi tunggal? Tidak, asuransi ini memiliki beberapa cabang atau jenis di dalamnya. Kamu bisa dengan mudah menyesuaikan kebutuhan terkait asuransi dengan jenis kendaraan. Berikut 3 jenis asuransi untuk kendaraan yang paling umum ditawarkan:

Asuransi Kendaraan All Risk

Asuransi Kendaraan - Asuransi Kendaraan All Risk

Asuransi kendaraan ini meliputi jaminan untuk semua jenis kecelakaan atau semua jenis kondisi riskan. All risk bekerja secara menyeluruh dengan pelayaran prima hampir 24 jam non stop. Kamu dengan kendaraan bernilai atau memang memiliki mobil kesayangan cocok menggunakan ini.

(Baca Juga: Ini Dia Jenis, Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil yang tepat)

Jenis pertama bisa langsung diaplikasikan saat pertama kali kepemilikan terhadap kendaraan baru. Intinya asuransi ini akan mengcover segala keperluan bagi nasabahnya. Pelayanan prima tentunya tidak lepas dari harga bayar yang sepadan pula. 

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Kendaraan - Asuransi Total Lost Only (TLO)

Total lost only yang bila diartikan merupakan asuransi yang hanya bisa diklaim bila pemilik terkena kehilangan total. Tidak hanya berarti kehilangan secara keseluruhan, kendaraan dengan rusak sekitar 75% bisa mencairkan asuransi yang telah dijanjikan.

Kebanyakan asuransi kendaraan jenis ini akan bekerja bila kendaraan dicuri, terbakar, hilang, mengalami kecelakaan parah hingga di rampas. Kamu yang tidak ingin membebankan asuransi ke segala urusan kendaraan bisa menggunakan asuransi jenis ini. 

Collision Coverage

Asuransi Kendaraan - Collision Coverage

Jenis asuransi terakhir ini masih jarang ditawarkan dan masih jarang di dengar. Pasalnya asuransi jenis ini lebih tren di luar negeri ketimbang di Indonesia. Namun bila ada pihak asuransi menawarkan produk ini tidak ada salahnya untuk mencoba atau sekedar mencari tahu.

Asuransi kendaraan jenis collision coverage menawarkan perlindungan pada kendaraan yang tertabrak akibat pengemudinya sendiri. Alih alih menyudutkan justru asuransi ini akan bekerja sebaik mungkin mengembalikan wujud asal mobil milik nasabahnya.

Asuransi yang ditawarkan mencakup penggantian mobil, pengembalian bentuk asal hingga pencairan premi apabila dibutuhkan. 

Tips Memulai Asuransi Kendaraan

Kamu hendak memulai asuransi kendaraan? Lalu apa yang harus pertama kali dilakukan? Jangan bingung karena kamu bisa memulai asuransi dengan beberapa tips sederhana di bawah ini. Tips ini sedikitnya akan membantu kamu dari awal pemilihan produk hingga pembayaran kewajiban pertama.

Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Asuransi Kendaraan - Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Pertama, pilihlah pihak asuransi kendaraan terpercaya dimana kamu bisa leluasa menanam asuransi tanpa takut munculnya masalah tertentu. Kelegalan bisa dilihat dari nomor izin yang diberlakukan oleh otoritas jasa keuangan. 

Kelegalan akan perusahaan juga kini bisa ditelusuri dengan mudah lewat laman internet. Identifikasi akan perusahaan asuransi yang legal bisa dilihat dari alamat laman atau address dari laman tersebut. Lalu konten yang dimuat beserta kalimat yang digunakan pada laman tersebut.

Lakukan Survei Produk

 Asuransi Kendaraan - Lakukan Survei Produk

Setelah mendapatkan perusahaan asuransi yang sesuai kamu bisa menjalankan survei kecil terkait produk asuransi. Seperti yang telah diketahui bahwa produk asuransi memiliki jenis yang banyak terlebih jenis bisa berkembang tergantung pihak perusahaan.

Kamu bisa melakukan survei terkait apa, bagaimana dan berapa nominal yang harus dibayarkan pada setiap produk yang ditawarkan. Selain lewat web kamu juga bisa menjalankan survei kecil ini dengan langsung bertanya atau melihat review nasabah lain.

Pilih Produk yang Sesuai

 Asuransi Kendaraan - Pilih Produk yang Sesuai

Pilih produk asuransi kendaraan yang sesuai dengan budget. Yang terpenting adalah penyesuaian jenis produk asuransi dengan budget. Tidak masalah untuk menggunakan asuransi dengan nominal kecil karena pelayanan yang ditawarkan tetap prima.

Bila keuangan sudah berkembang kamu bisa menaikkan produk ke jenis yang lebih mahal dengan pelayanan tambahan. Penyesuaian ini bisa dilakukan secara berkala mengikuti siklus keuangan pribadi. Tidak perlu khawatir karena asuransi memiliki jangka waktu berlaku yang cukup panjang.

Jangan Termakan Diskon di Awal

Asuransi Kendaraan - Jangan Termakan Diskon di Awal

Jangan termakan diskon atau promo gede gedean di awal. Bisa jadi itu merupakan strategi marketing untuk nasabah baru. Siapa yang mengetahui dalam hitungan bulan atau tahun nilai kewajiban bisa naik drastis.

Terlebih kebijakan potongan harga ternyata hanya berlaku di bulan pertama kepemilikan saja. Karenanya akan sangat baik untuk kamu bertanya pada pihak terkait tentang kebijakan potongan harga ini. Selanjutnya bila sudah tahu keterangan lanjut, barulah bisa memilih produknya.

(Baca Juga: Hendak Memilih Asuransi Mobil? Ini Daftar Asuransi Mobil Termudah)

Telusuri Hak dan Kewajiban Kedua Belah Pihak

Asuransi Kendaraan - Asuransi Kendaraan

Setelah mendapatkan produk yang sesuai kamu juga perlu menelusuri hak dan kewajiban kedua belah pihak. Tidak inginkan terjadi miskom saat asuransi telah diberlakukan? Nah, untuk menghindarinya kamu perlu mencermati hak dan kewajiban yang berlaku.

Terlebih hak atas pembayaran sejumlah kewajiban perlu kamu ingat untuk selanjutnya dimanfaatkan semaksimal mungkin. Pemanfaatan akan asuransi tentunya sangat diperlukan sebagai bentuk optimalisasi kepemilikan juga agar proteksi pada kendaraan selalu terjaga.

Lakukan Pembayaran di Muka

Asuransi Kendaraan - Lakukan Pembayaran di Muka

Selanjutnya langsung lakukan pembayaran di muka. Artinya kamu bisa langsung melakukan pembayaran secara kontan saat hendak mengesahkan kepemilikan atas suatu produk asuransi kendaraan terlebih kendaraan mobil.

Pembayaran di muka bisa jadi awal kepercayaan pihak asuransi kepada kamu sebagai pihak nasabahnya. Menjalin hubungan yang baik antar kedua belah pihak haruslah di jadi sedari awal kesepakatan dibuat.

Jangan Sungkan untuk Terus Bertanya

Asuransi Kendaraan - Jangan Sungkan untuk Terus Bertanya

Terakhir, jangan segan untuk bertanya. Sebingung apa pun atau sekecil apa pun pertanyaan yang melesat dipikirkan bisa langsung ditanyakan pada pihak terkait. Jangan sungkan untuk bertanya apalagi terkait produk asuransi yang sedang dipegang.

Pihak asuransi akan senang membantu nasabahnya bila bertanya terkait produk yang di klaimnya agar tidak buntu dalam proses penggunaan asuransi jangan segan untuk bertanya, ya. Semua proses akan mudah dengan bantuan ahlinya.

 

Sudah yakin menggunakan asuransi jenis kendaraan? Silahkan sesuaikan produk asuransi dengan kemampuan bayar dan jenis kendaraan yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan 7 tips sederhana di atas untuk kepemilikan asuransi yang lebih optimal.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi