AsuransiFinansial Syariah

Rekomendasi 6 Pilihan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Tahun 2021 

Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi Jiwa Syariah – Segmen pasar syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Banyak masyarakat yang melirik produk berbasis syariah dari mulai perbankan syariah hingga asuransi jiwa syariah. 

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi berlabel syariah bagi nasabahnya. Sistem asuransi syariah didasarkan kepada keputusan Dewan Syariah Nasional atau DSN MUI yang mengatakan bahwa asuransi syariah merupakan usaha saling tolong lewat asuransi.

Daftar 6 Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia

 1. Asuransi Jiwa Al Amin

Asuransi Jiwa Syariah - Asuransi Jiwa Al Amin

Perusahaan Al Amin merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan produk asuransi jiwa syariah kepada masyarakat Indonesia. Perusahaan asuransi Al Amin sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009 dan menawarkan beberapa jenis produk asuransi jiwa kepada nasabahnya seperti:

1) Al Amin Personal Accident adalah produk asuransi jiwa syariah yang akan memberikan dana santunan apabila pihak tertanggung mengalami kecelakaan atau sakit yang menyebabkan pihak tersebut meninggal dunia. Produk asuransi ini ditujukan bagi perseorangan.

2) Al Amin Term Insurance adalah produk asuransi yang akan memberi perlindungan secara finansial terhadap pihak tertanggung apabila meninggal dunia

(Baca Juga: Yuk Kenali Lebih Dalam Apa itu Investasi Saham Syariah!)

3) At Ta’min Siswa Dinar merupakan produk asuransi yang ditujukan untuk pelajar dari mulai siswa hingga mahasiswa yang mengalami musibah seperti kecelakaan, sakit yang mengharuskan dirawat inap di rumah sakit serta meninggal dunia.

4) Al Amin Badal Arafah adalah produk asuransi jiwa yang khusus ditujukan bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah haji dan umroh di tanah suci. Tujuan asuransi ini adalah memberikan santunan dana kepada nasabah atau ahli waris apabila pihak tertanggung mengalami musibah atau meninggal dunia. 

Perusahaan asuransi jiwa Al Amin juga memberikan layanan produk asuransi bagi institusi serta lembaga yang ingin memberikan asuransi perlindungan terhadap pekerja.

2. Asuransi Jiwa Takaful Keluarga

Asuransi Jiwa Syariah - Asuransi Jiwa Takaful Keluarga

Jika berbicara mengenai pelopor asuransi syariah di Indonesia, maka Takaful Keluarga adalah salah satunya. Perusahaan asuransi ini berdiri sejak tahun 1994 dan sampai saat ini sudah menawarkan berbagai jenis produk asuransi jiwa dengan label syariah. 

Perusahaan asuransi Takaful Keluarga juga telah memperoleh berbagai sertifikat internasional terkait pengelolaan manajemen serta pelayanan asuransi yang diberikan. Produk asuransi jiwa yang diberikan ditujukan baik untuk individu, lembaga serta keluarga.

Terkait produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh Takaful Keluarga meliputi:

1) Takaful Personal adalah produk asuransi yang ditujukan untuk individu. Di dalam Takaful Personal terdapat pilihan produk asuransi jiwa seperti Takafulink Salam, Takafulink Al-Khairat Individu dan Takafulink Salam Community

2) Takaful Korporat adalah produk asuransi yang ditujukan untuk lembaga atau perusahaan, termasuk di dalam Takaful Korporat adalah Takaful Al-Khairat Kumpulan

3) Takaful Bancassurance merupakan produk asuransi dari hasil kerjasama Takaful Keluarga bersama perbankan

4) Asuransi Haji untuk nasabah yang akan menunaikan ibadah haji dan umroh. 

Di dalam setiap produk asuransi Takaful Keluarga, perusahaan memberikan layanan pembayaran zakat maal yang dihitung berdasarkan asset nasabah di dalam asuransi. 

3. Asuransi Jiwa PRU Syariah

Asuransi Jiwa Syariah - Asuransi Jiwa PRU Syariah

Perusahaan asuransi konvensional Prudential yang sudah lama dikenal di Indonesia juga turut mengeluarkan produk asuransi jiwa syariah yang diberi nama PRULink Syariah Assurance Account. 

Untuk mengikuti produk asuransi PRULink, nasabah hanya perlu membayar premi minimal Rp 400 ribu saja setiap bulannya. Lama perlindungan asuransi jiwa yang diberikan oleh PRULink adalah seumur hidup atau maksimal hingga nasabah berusia 99 tahun. 

Setiap dana nasabah yang masuk ke produk asuransi PRULink, dana tersebut akan dikelola menggunakan instrumen investasi yang dimiliki oleh unit Prudential berlabel syariah. Produk asuransi PRULink tidak hanya menawarkan manfaat perlindungan finansial berupa santunan kecelakaan dan meninggal dunia.

PRULink juga memberikan manfaat investasi dana. Selain menawarkan produk asuransi jiwa berlabel syariah, PRULink juga menawarkan produk asuransi tambahan lainnya meliputi PRUEarly Stage Crisis Cover Plus Syariah, PRULink Term Syariah serta PRUPersonal Accident Death Syariah.

(Baca Juga:  Beberapa Tips untuk Memulai Bisnis Syariah di Indonesia)

4. Asuransi Jiwa Manulife Berkah Save Link

Asuransi Jiwa Syariah - Asuransi Jiwa Manulife Berkah SaveLink

Manulife adalah salah satu perusahaan asuransi besar yang beroperasi di Indonesia dengan menawarkan berbagai produk asuransi sekaligus investasi. Manulife juga turut meluncurkan produk asuransi jiwa syariah yang diberi nama Manulife Berkah SaveLink.

Produk asuransi jiwa syariah yang dikeluarkan oleh Manulife berbasis unit link yang menawarkan keuntungan ganda berupa investasi serta perlindungan jiwa. Minimal nilai premi yang dibayarkan oleh nasabah sebesar Rp 300 ribuan per bulannya atau minimal Rp 4 jutaan setiap tahunnya. 

Manfaat yang ditawarkan oleh Manulife Berkah SaveLink mencapai 100 persen untuk santunan saat meninggal dunia. Produk asuransi khusus investasi dari Manulife Berkah SaveLink terdiri dari Manulife Dana Ekuitas Optima Syariah, Manulife Dana Pasar Uang Syariah dan Manulife Dana Berimbang Syariah.

Lama masa proteksi finansial yang diberikan oleh asuransi jiwa Manulife Berkah SaveLink selama pihak tertanggung masih hidup atau hingga berusia 99 tahun. Usia minimal pihak tertanggung mulai dari 30 hari sampai 70 tahun. 

5. Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Asuransi Jiwa Syariah - Asuransi Jiwa Allianz Syariah

Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi yang sudah cukup lama dikenal di Indonesia dengan berbagai pilihan produk asuransinya. Dengan semakin bertumbuhnya pasar syariah di tanah air, Allianz juga turut mengeluarkan produk asuransi jiwa syariah yang diberi nama AlliSya.

Produk asuransi syariah AlliSya sendiri terdiri dari berbagai produk seperti AlliSya Maxi Fund Plus. Produk AlliSya Maxi Fund Plus merupakan salah satu produk asuransi jiwa dengan perlindungan finansial terhadap pihak tertanggung hingga meninggal dunia atau hingga pihak tertanggung berusia 100 tahun.

Pilihan minimal premi tunggal bergantung kepada kemampuan setiap nasabah dengan jumlah dana pertanggungan bergantung kepada besar premi. Nasabah juga diberi kebebasan untuk menambah nilai premi minimal.

6. Asuransi Jiwa AIA Sakinah Assurance

Asuransi Jiwa Syariah - Asuransi Jiwa AIA Sakinah Assurance

AIA Sakinah Assurance merupakan salah satu produk asuransi jiwa berlabel syariah yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi AIA Financial. Asuransi yang ditawarkan oleh AIA Sakinah Assurance meliputi asuransi kecelakaan, asuransi sakit kritis, asuransi jiwa, sekaligus berperan sebagai instrumen investasi. 

AIA Sakinah Assurance merupakan produk asuransi jiwa berbentuk unit link yang memberikan perlindungan secara finansial kepada nasabah selama hidup atau hingga berusia maksimal 100 tahun. Uang pertanggungan apabila pihak tertanggung meninggal hingga sebesar 100 persen dari premi.

Asuransi AIA Sakinah Assurance memberikan manfaat tambahan untuk pihak tertanggung yang meninggal akibat kecelakaan. Para nasabah dapat memilih asuransi rider maupun tambahan. Selain AIA Sakinah Assurance, AIA juga mengeluarkan produk Provisa Platinum Syariah. 

Hampir sama dengan AIA Sakinah Assurance, produk ini akan memberikan manfaat proteksi finansial apabila nasabah mengalami musibah seperti meninggal dunia, cacat permanen hingga tidak produktif bekerja beserta manfaat investasi.

Periksa dengan teliti syarat dan ketentuan hingga hak yang kamu peroleh dari berbagai produk asuransi jiwa syariah di atas. Pastikan kamu hanya memilih perusahaan dengan kredibilitas baik serta tidak memiliki riwayat pembayaran klaim macet. 

 

Itulah Beberapa rekomendasi asuransi jiwa syariah yang bisa anda jadikan referensi saat ingin menggunakan asuransi. Semoga membantu dan Selamat Membaca!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Asuransi