Asuransi Umum

Ini Dia Pentingnya Asuransi Umum yang Perlu Anda Pahami

Asuransi Umum

Pentingnya Asuransi Umum – Pada faktanya ada banyak sekali jenis asuransi yang tersebar atau ditawarkan di pasaran. Namun rupanya tak banyak yang tahu mengenai pentingnya asuransi umum atau general insurance ini. Teringat kata pepatah mengatakan bahwa jika tak kenal maka tak sayang.

Dampak dari minimnya atau keterbatasan dari memperoleh informasi membuat orang tak banyak yang tahu asuransi ini. Padahal apabila Anda memiliki aset bisnis atau usaha yang dapat mengalami risiko kerugian, asuransi ini sangat dibutuhkan untuk meng-cover itu.

Yuk, Simak Beberapa Ulasan Berikut Tentang Pentingnya Asuransi Umum!

Deskripsi tentang Pentingnya Asuransi Umum

Pada umumnya general insurance merupakan bentuk proteksi atau perlindungan terhadap aset, ataupun harta benda yang dimiliki. Dengan memiliki asuransi ini, pihak asuransi bertanggung jawab untuk mengcover segala bentuk kerugian yang sedang dialami dan menekan seminimal mungkin risiko kerugian yang terjadi. Ada bermacam-macam risiko kerugian yang Anda hadapi selama hidup, misalnya kebakaran, kerusakan, kecelakaan, kecurian, kehilangan, penerbangan yang telat, dan lain sebagainya.

Jenis Asuransi Umum

Beberapa jenis asuransi umum adalah sebagai berikut :

Asuransi kebakaran (Fire Insurance)

Asuransi Umum - Asuransi Kebakaran

Asuransi ini sebagai proteksi atau perlindungan ketika terjadi kebakaran. Produk atau layanan ini membantu meringankan beban risiko kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran baik berasal dari api kecil hingga yang tidak bisa dikendalikan, dan disengaja maupun tidak disengaja. Asuransi ini diberikan kepada aset berupa rumah atau dapat juga pada bisnis.

Siapa yang membutuhkan asuransi kebakaran?

Asuransi ini diperuntukkan untuk aset tidak bergerak seperti rumah, gedung, ruko, toko, gudang, dan yang lainnya. Pada umumnya pebisnis menggunakan asuransi ini sebagai proteksi atau jaga-jaga melindungi asetnya seperti gedung, kantor hingga persediaan dalam gudangnya.

Asuransi kendaraan bermotor (Vehicle Insurance)

Asuransi Umum - Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor merupakan jenis perlindungan dari badan asuransi berupa ganti rugi atau pertanggung jawaban pada kendaraan bermotor ketika terjadi kerusakan atau kehilangan. Kendaraan bermotor yang dimaksud adalah jenis transportasi yang digerakkan oleh mesin motor seperti sepeda motor dan mobil. Akan tetapi jenis kendaraan ini tidak termasuk kendaraan yang tidak bernomor polisi.

(Baca Juga: Hendak Memilih Asuransi Mobil? Ini Daftar Asuransi Mobil Termudah)

Penggolongan asuransi kendaraan bermotor berdasarkan jenis perlindungan yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

Comprehensive

Asuransi Umum - Comprehensive

Asuransi ini memberi perlindungan atau tanggung jawab atas kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang disebabkan oleh kebakaran, pencurian, kecelakaan berupa terperosok, tergelincir, tabrakan, benturan, hingga yang berhubungan dengan transportasi laut antar kapal penyeberangan.

Total loss only

Asuransi Umum - Total Loss Only

Syarat manfaat pada asuransi ini serupa dengan comprehensive. Hanya saja, manfaat ini hanya keluar jika kerugian atau kerusakan kendaraan mencapai 75% dari harga pasar kendaraan yang menjadi tanggungan. 

Third party liability

Asuransi Umum - Third party liability

Asuransi ini memberi manfaat berupa pertanggungjawaban terhadap badan hukum mengenai pihak ketiga sebagai penyebab dan juga biaya pengobatan bagi pengemudi atau sopir dan penumpang yang terlibat dalam sebuah kecelakaan. Dapat dimisalkan apabila ketika Anda sedang berkendara tiba-tiba terjadi kecelakaan yang menyebabkan mobil lain rusak, asuransi third party liability sangat berperan kala itu karena pihak asuransi akan menanggung kerugian kepada pihak ketiga yang terlibat kecelakaan dengan mobil Anda.

Dewasa ini banyak perusahaan asuransi yang meluaskan layanan perlindungannya bagi nasabah atau pemohon permintaan. Perluasan perlindungan tersebut meliputi kerusakan akibat huru-hara, bencana alam, hingga tanggung jawab terhadap korban yang terlibat dalam kecelakaan yang sampai wafat, dan lain sebagainya.

Siapa yang membutuhkan asuransi kendaraan bermotor?

Bagi orang yang memiliki motor ataupun mobil, wajib mengambil asuransi kendaraan bermotor ini. Bahkan hingga Anda yang memiliki kendaraan bermotor dengan cara kredit pun juga sebaiknya memiliki asuransi tersebut.

Asuransi rekayasa (Engineering Insurance)

Pentingnya asuransi umum ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kerugian yang terjadi terkait dengan perihal rekayasa. Terdapat dua aspek yang dapat dijaga atau dilindungi oleh asuransi rekayasa ini, berikut ulasannya :

Engineering proyek

Asuransi Umum - Asuransi rekayasa (Engineering Insurance)

Asuransi ini menyediakan perlindungan perihal kegiatan Teknik ketika sedang dalam proses pembangunan atau membangun suatu property.

Engineering non-proyek
Asuransi Umum - Engineering non-proyek

Asuransi ini memberi perlindungan atau pertanggung jawaban terhadap alat-alat engineering atau permesinan seperti alat berat dan mesin lainnya.

Siapa yang membutuhkan asuransi rekayasa?

Asuransi rekayasa ini sangat diperlukan bagi Anda yang sedang bekerja atau dalam proses mengerjakan suatu konstruksi seperti membangun suatu properti, menggunakan alat engineering yang lumayan bernilai atau memiliki resiko yang berat, truk yang tidak bernomor polisi yang beroperasi di area perkebunan, dan lainnya.  Banyak macam asuransi rekayasa, misalnya machinery breakdown insurance, boiler and pressure vessel insurance, civil engineering insurance, dan lain-lain yang memiliki manfaat masing-masing.

Asuransi pengangkutan

Asuransi Umum - Asuransi Pengangkutan

Jenis asuransi umum atau general insurance ini menawarkan pertanggungan atas resiko yang kemungkinan terjadi barang atau aset dalam perjalanan. Klasifikasi asuransi pengangkutan dapat dibedakan berdasarkan mode pengangkutan barang sebagai jaminannya, misalnya asuransi pengangkutan darat dan asuransi pengangkutan laut. Beberapa asuransi pengiriman yang ada di pasar antaranya marine cargo insurance, marine hull insurance, freight forwarder liability insurance, dan sebagainya.

Siapa yang membutuhkan asuransi pengangkutan?

Asuransi ini diperlukan bagi Anda para pebisnis baik itu yang memiliki barang sendiri, pengusaha ekspedisi, hingga pengelola Pelabuhan guna melindungi semua yang terlibat ketika pengangkutan barang.

Asuransi lain-lain (Miscellaneous Insurance)

Jenis asuransi umum selain yang dikategorikan pada ulasan tersebut di atas maka dimasukkan dalam jenis asuransi lain-lain atau miscellaneous insurance. Jenis yang tercakup dalam baris produk ini termasuk luas, mulai product liability insurance, public liability insurance, burglary insurance, personal accident insurance, sampai travel insurance.

Siapa yang membutuhkan asuransi lain-lain?

Jenis asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memberi perlindungan dan terlibat tanggung jawab atas objek atau tempat umum seperti taman, jembatan, bentangan, dan lain sebagainya. Selain itu diperlukan juga bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan baik dalam lingkup dinas atau haya rekreasi keluarga. Tak hanya itu sebaiknya dimiliki juga bagi Anda yang memiliki resiko kecelakaan tinggi dalam pekerjaannya seperti pilot, tentara, nahkoda, dan profesi berat lainnya.

(Baca Juga: Ini Dia Jenis, Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil yang tepat)

Nah, setelah membaca uraian di atas sekarang lebih mengerti tentang pentingnya asuransi umum, bukan? Perhatikan secara matang sebelum membeli asuransi dan carilah informasi sebanyak-banyaknya, serta jangan lupa ambil asuransi sesuai kebutuhan Anda saja

Selain asuransi umum, sebaiknya daftarkan asuransi jiwa juga untuk melindungi Anda dari resiko kematian. Dengan asuransi jiwa keluarga tersayang tetap aman atau khawatir perihal finansial jikalau pencari nafkah tidak ada dikarenakan sudah memiliki asuransi yang siap untuk bertanggung jawab.

Ingin beraktivitas lebih tenang? Yuk, proteksi diri Anda melalui asuransi umum dan asuransi jiwa agar esok hari tak perlu bingung ataupun khawatir jika terjadi sesuatu. Berikut ini manfaat asuransi secara umum :

 1. Alat pengalihan resiko

Asuransi dapat mengalihkan resiko finansial yang Anda punya. Dengan memiliki asuransi, Anda dapat mengalihkan beban resiko finansial yang ada di dalam kehidupan Anda. Contohnya dengan asuransi kesehatan, Anda tidak perlu membayar keseluruhan atau sebagian biaya tagihan rumah sakit bila jatuh sakit. Resiko tersebut dialihkan atau ditanggung oleh perusahaan asuransi.

2. Meminimalisir kerugian

Karena keseluruhan resiko sudah dialihkan ke perusahaan asuransi, Anda juga dapat meminimalisir kerugian yang ada.

Anda tidak perlu berhutang untuk menutupi risiko keuangan, atau merogoh tabungan yang sudah Anda simpan untuk keperluan lain, atau bahkan mengambil dari dana darurat yang sudah Anda punya. Uang itu bisa Anda pakai untuk hal lain misalnya ditabung atau diinvestasikan.

3. Memberi keamanan untuk masa depan

Dengan adanya asuransi, meminimalisir keuangan Anda akan stabil. Selain itu, apabila Anda sudah mengetahui bahwa resiko yang ada dalam kehidupan bisa dialihkan, Anda pun akan merasa lebih percaya diri secara keuangan. Hal ini juga dapat membuat Anda merasa lebih berani untuk berinvestasi atau memulai suatu bisnis.

Itulah beberapa pentingnya asuransi umum yang perlu anda ketahui. Sebelum anda menggunakan asuransi sebaiknya anda tahu persis fungsi dan pentingnya asuransi umum ini.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *