Asuransi Umum

Simak Yuk Pengertian Asuransi Umum Adalah dan 5 Jenisnya

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis asuransi. Salah satunya adalah asuransi umum. Asuransi umum adalah salah satu jenis asuransi yang perlu Kamu pahami, terutama jika saat ini Kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli salah satu dari banyaknya jenis asuransi yang tersedia.

Banyak orang di Indonesia masih mengabaikan jenis asuransi yang satu ini, padahal asuransi umum sama pentingnya dengan berbagai asuransi yang lain. Kamu sebenarnya membutuhkan asuransi umum kalau punya bisnis maupun aset yang membawa resiko kerugian.

Pengertian Asuransi Umum Adalah

Hal paling pertama yang perlu Kamu ketahui tentang asuransi umum atau nama lainnya general insurance adalah pengertiannya. Apa itu general insurance? Asuransi umum adalah satu jenis asuransi yang akan memberikan manfaat yaitu ganti rugi pada tertanggung.

Ganti rugi akan diberikan kepada tertanggung kalau terjadi kehilangan, kerugian, atau kerusakan pada harta yang dimiliki oleh tertanggung. Asuransi umum adalah asuransi yang membantu Kamu menghindari kerugian atau setidaknya menekan kerugian sekecil mungkin kalau terjadi resiko.

Berbagai Jenis Asuransi Umum

Selain pengertian, hal penting lain yang wajib Kamu pahami tentang general insurance adalah berbagai jenis asuransi umum yang tersedia. Ada sedikitnya 5 jenis asuransi umum yang perlu kamu pelajari sebelum membeli salah satunya.

  • Asuransi untuk kendaraan bermotor atau vehicle insurance

Asuransi Umum Adalah - Asuransi untuk kendaraan bermotor

Jenis pertama asuransi umum adalah asuransi untuk kendaraan bermotor yang menyediakan perlindungan dalam bentuk ganti rugi apabila Kamu kehilangan kendaraan bermotor milikmu atau jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan.

Kendaraan bermotor yang menjadi tanggungan dari asuransi umum tentunya adalah kendaraan dengan motor sebagai tenaga penggeraknya dan mempunyai nomor polisi, bukan sekadar kendaraan yang kamu pasangi mesin sendiri ya.

(Baca Juga: Penjelasan Lengkap Tentang Asuransi Kendaraan yang Harus Kamu Tahu)

Asuransi untuk kendaraan bermotor sendiri dikelompokkan lagi berdasarkan dengan jenis proteksi atau perlindungan yang ditawarkan, menjadi:

  • Comprehensive

Akan menyediakan perlindungan atas kerusakan dan/atau kerugian kendaraan bermotor maupun kepentingan yang diakibatkan oleh benturan, tabrakan, terbalik, terperosok, tergelincir, pencurian, perbuatan jahat, pengangkutan menggunakan kapal penyeberangan, dan kebakaran.

  • Total loss only

Asuransi kendaraan ini mempunyai syarat manfaat yang mirip dengan asuransi comprehensive. Tapi manfaat dari asuransi ini akan keluar hanya jika kerusakan maupun kerugian kendaraan telah mencapai 75% dari harga pasaran kendaraan tanggungan.

  • Third party liability

Asuransi kendaraan yang terakhir ini akan menyediakan manfaat dalam bentuk tanggung jawab hukum pada pihak ketiga yang mencakup penggantian biaya berobat bagi pengemudi serta penumpang yang terlibat dalam kecelakaan.

Sebagai contoh, jika mobil milik Anda terlibat kecelakaan sehingga mengakibatkan mobil lain rusak, asuransi third party liability akan menanggung biaya ganti rugi pada pihak ketiga yaitu mobil korban yang bertabrakan dengan mobil milik Anda tersebut.

Asuransi kendaraan saat ini bahkan sudah meluas hingga menawarkan perlindungan terhadap kendaraan bermotor yang mengalami kerugian karena huru hara, aksi massa, bencana alam, menanggung biaya berobat akibat kecelakaan, dan santunan kematian kalau tertanggung sampai wafat.

Asuransi untuk kendaraan bermotor sangat disarankan untuk dimiliki oleh para pemilik motor maupun mobil. Vehicle insurance ini bahkan harus dimiliki oleh para pembeli motor maupun mobil yang membeli dengan cara kredit.

Asuransi kebakaran atau fire insurance

Asuransi Umum Adalah - Asuransi kebakaran

Jenis kedua dari asuransi umum adalah asuransi kebakaran yang akan memberikan perlindungan terhadap resiko terjadinya kebakaran. Fire insurance atau asuransi kebakaran akan melindungi rumah Kamu dari resiko atau kemungkinan terjadinya kebakaran.

Proteksi atau perlindungan diberikan pada aset dengan risiko kebakaran yang bisa disebabkan baik oleh nyala api besar maupun kecil dan secara tidak sengaja, serta sulit untuk dikendalikan. Selain melindungi rumah tinggal, jenis asuransi ini juga bisa Kamu gunakan untuk memproteksi bisnis Kamu.

Fire insurance sangat cocok untuk mereka yang mempunyai rumah, ruko, gudang, maupun aset yang tidak bergerak lain. Para pemilik bisnis seperti gudang, persediaan, pabrik, dan kantor juga disarankan untuk membeli asuransi ini.

Asuransi pengangkutan

Asuransi Umum Adalah - Asuransi Pengangkutan

Asuransi umum yang ketiga menawarkan pertanggungan terhadap resiko yang bisa jadi menimpa aset atau barang milikmu dalam perjalanan. Asuransi pengangkutan bisa diklasifikasikan sesuai dengan jenis angkutan barang yang dijaminkan, contohnya yaitu asuransi angkutan darat dan asuransi angkutan laut.

Ada beberapa jenis asuransi angkutan yang bisa Kamu temui di pasar, yaitu marine hull insurance, marine cargo insurance, liability insurance, freight forwarder, dan lain sebagainya. Para pebisnis sangat disarankan untuk memiliki angkutan yang satu ini.

Pebisnis yang mempunyai barang, mengelola pelabuhan, atau mempunyai usaha ekspedisi bisa mendapatkan manfaat dari asuransi pengangkutan.

Asuransi rekayasa atau engineering insurance

Asuransi Umum Adalah - Asuransi Rekayasa

 

Jenis general insurance berikutnya adalah engineering insurance yang akan meminimalkan banyak resiko yang timbul dan berkaitan dengan rekayasa. Dua aspek rekayasa diproteksi oleh engineering insurance, yaitu:

  • Engineering proyek

Merupakan asuransi rekayasa yang menyediakan perlindungan atas aktivitas teknik yang dilakukan dalam membangun sesuatu.

  • Engineering non-proyek

Merupakan asuransi rekayasa yang menawarkan proteksi terhadap pengoperasian berbagai alat engineering, misalnya berbagai jenis mesin, alat berat, dan lain-lain.

Jika Kamu sedang mengerjakan suatu proyek konstruksi, kamu membutuhkan asuransi umum yang keempat ini. Mereka yang menjalankan peralatan rekayasa seperti alat berat yang digunakan di tambang, mesin pabrik, atau truk tanpa nomor polisi untuk area perkebunan juga membutuhkan asuransi ini.

Beberapa contoh asuransi rekayasa antara lain adalah civil engineering insurance, boiler and pressure vessel insurance, machinery breakdown insurance, dan lain sebagainya.

Asuransi lain-lain atau miscellaneous insurance

Asuransi Umum Adalah - Asuransi Lain-Lain

 

Asuransi umum selain keempat jenis di atas dikelompokkan ke asuransi lain-lain. Asuransi lain-lain sendiri mencakup lini produk yang sangat luas. Contoh asuransi jenis ini adalah burglary insurance, public liability insurance, product liability insurance, travel insurance, serta personal accident insurance.

Asuransi lain-lain sangat cocok untuk mereka yang ingin memproteksi bisnis dari berbagai tanggung jawab atas sebuah proyek terhadap publik, contohnya bendungan, taman, jembatan, dan lain-lain. Kamu yang akan melakukan perjalanan rekreasi atau dinas juga bisa memanfaatkan asuransi jenis ini.

Miscellaneous insurance juga sangat disarankan bagi mereka yang mempunyai pekerjaan yang membawa resiko kecelakaan tinggi, misalnya tentara, nahkoda, pilot, dan sebagainya.

(Baca Juga: Ini Dia Pentingnya Asuransi Umum yang Perlu Anda Pahami)

Memilih Asuransi Umum yang Paling Tepat

Sebelum memilih asuransi umum, terlebih via online, ada banyak hal yang perlu Kamu perhatikan baik-baik sehingga tidak akan salah dalam mengambil keputusan. Beberapa pertimbangan dalam memilih asuransi umum adalah:

  • Memeriksa jaminan privasi dan keamanan

Pastikan perusahaan asuransi yang Kamu pilih mampu menjaga privasi dan keamanan nasabahnya. Selalu bandingkan cara yang digunakan oleh berbagai perusahaan asuransi dalam menjaga privasi dan keamanan nasabah.

  • Meninjau kebijakan yang berkaitan dengan asuransi umum

Kalau kamu sudah menemukan satu perusahaan asuransi yang menurutmu terbaik, kamu perlu meninjau informasi yang berkaitan dengan kebijakan asuransi umum secara terperinci. Kalau kamu akan membeli asuransi via online, kamu bisa menggunakan email untuk memperoleh informasi.

Memperkaya informasi yang berhubungan dengan perusahaan asuransi

Selalu usahakan untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai perusahaan asuransi yang Kamu pilih serta kekurangannya yaitu hal-hal yang tidak masuk dalam tanggungan. Kamu juga bisa konsultasi dulu dengan teman yang sudah menggunakan asuransi umum.

  • Mempertimbangkan besaran nilai tanggungan

Ini adalah langkah yang sangat penting tapi bisa dilakukan dengan mudah. Cara paling sederhana untuk menentukan uang pertanggungan adalah dengan menghitung penghasilanmu sekarang dikalikan dengan jumlah uang yang kamu siapkan untuk asuransi.

Misalnya, kalau penghasilan Kamu sebesar 5 juta dan kamu ingin biaya pertanggungan 1 juta per bulan dan tenggat waktu selama 3 tahun, kamu tinggal menghitung 1 juta x 3 tahun x 12 bulan yaitu 36 juta. Jumlah 36 juta itulah yang perlu Kamu siapkan.

  • Memperhatikan kemampuan finansial saat membayar premi

Kamu perlu sangat yakin bahwa kamu sanggup melunasi premi. Hindari premi hangus yang bisa terjadi karena Kamu tidak sanggup membayar cicilan per bulan. Kamu nggak perlu nominal besar, hanya perhatikan kemampuan finansial Kamu dengan sangat cermat.

Kisaran premi terbaik adalah 10% dari seluruh penghasilanmu per bulan. Tentu Kamu bisa menentukan premi yang lebih besar.

asuransi umum adalah asuransi yang memng harus dipilih secara hati-hati karena hal ini berkaitan dengan berbagai aset yang kamu miliki dan bahkan orang-orang yang kamu sayangi.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *