Asuransi Umum

Langkah Penting dalam Memilih Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Asuransi umum dan asuransi jiwa adalah 2 jenis asuransi yang paling populer di Indonesia. Kamu tentu ingin memilih salah satu dari beberapa asuransi umum terbaik di Indonesia. Sebelumnya, Kamu harus mempelajari aplikasi umum mana saja yang paling bagus dan bagaimana cara memilih yang terbaik.

Pada 2020, ada sebanyak 32 perusahaan yang menyediakan asuransi umumĀ  terbaik di Indonesia yang memperoleh penghargaan dalam Infobank Insurance Awards 2020. Ajang penghargaan tersebut bisa Kamu jadikan salah satu patokan dalam menilai perusahaan asuransi mana yang lebih baik dari yang lain.

Memilih Asuransi Umum Terbaik di Indonesia Berdasarkan Penghargaan

Kenapa Kamu bisa mempercayai ajang penghargaan dalam memilih perusahaan asuransi umum terbaik di Indonesia? Salah satu alasannya adalah karena tidak sembarang perusahaan asuransi bisa memenangkan penghargaan tersebut.

Penghargaan terhadap perusahaan asuransi umum terbaik didasarkan pada performa atau kinerja perusahaan tersebut yang dilakukan pada 2 tahun sebelumnya, yaitu 2018 serta 2019. Asuransi umum terbaik di Indonesia yang dikelompokkan oleh Biro Riset didasarkan pada pendekatan premi bruto.

Ada 12 rasio yang dipergunakan dalam rating penghargaan tersebut. Berikut ini adalah ke-12 rasio yang menjadi pertimbangan untuk menentukan apakah suatu perusahaan asuransi layak menjadi yang terbaik:

  • Rasio likuiditas
  • Risk based capital atau kecukupan modal
  • Kecukupan investasi
  • Aset
  • Pertumbuhan premi bruto
  • Premi bruto banding rata-rata modal sendiri
  • Pertumbuhan modal sendiri
  • Perimbangan antara hasil investasi dan pendapatan premi neto
  • Laba/rugi
  • Beban banding pendapatan premi neto
  • Premi retensi sendiri dibandingkan modal sendiri
  • Hasil underwriting banding premi neto

Penilaian dari rasio keuangan di atas menjadi patokan dalam menentukan peringkat atau predikat perusahaan asuransi umum. Perusahaan asuransi dengan total nilai minimal 81% atau lebih menyandang predikat Sangat Bagus dan mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan terbaik.

(Baca Juga: Simak Yuk Pengertian Asuransi Umum Adalah dan 5 Jenisnya)

Bahkan ada perusahaan asuransi umum yang mampu mendapatkan Special Awards, Platinum Trophy, dan Golden Trophy. Kamu perlu mempertimbangkan perusahaan peraih penghargaan tersebut dibandingkan dengan yang lain. Yang manakah perusahaan asuransi umum paling baik di Indonesia?

Kriteria Asuransi Umum Terbaik Indonesia

Apa bagusnya perusahaan asuransi yang mendapatkan Special Awards, Platinum Trophy, dan Golden Trophy? Apa bedanya dengan berbagai asuransi umum lain yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan lain? Berikut ini sedikit penjelasan mengenai ketiga penghargaan tersebut.

Perusahaan Asuransi Umum Pemenang Special Awards

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia - Pemenang Spesial Award

Perusahaan yang memenangkan Special Awards merupakan perusahaan asuransi umum yang dinilai telah berhasil dalam memperoleh prestasi khusus, sesuai dengan kategori tertentu. Misalnya, ada Binagriya General Insurance sebagai asuransi umum dengan performa tertinggi tahun 2020.

Asuransi Umum yang Meraih Platinum Trophy

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia - Platinum Trophy

Perusahaan penyedia asuransi umum yang berhasil mendapatkan Platinum Trophy adalah perusahaan terbaik yang mampu mendapatkan predikat Sangat Bagus dalam waktu 10 tahun berturut-turut yaitu sejak 2010 hingga 2019.

Ada 4 perusahaan asuransi umum yang mendapatkan Platinum Trophy pada 2020, yaitu BCA Insurance atau Asuransi Umum BCA, BRI Asuransi Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, dan Asuransi Dayin Mitra.

Asuransi Umum penyandang Golden Trophy

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia - Golden Trophy

Golden Trophy diberikan pada asuransi umum terbaik di Indonesia yang sudah menyandang predikat Sangat Bagus dalam jangka waktu 5 tahun berturut-turut mulai 2015 sampai 2019. Peraih Golden Trophy bisa menjadi pilihan berikutnya kalau Kamu sedang mencari asuransi umum terbaik.

Seperti halnya pemegang Platinum Trophy, ada 4 perusahaan peraih Golden Trophy yang bisa Kamu pilih, yaitu Asuransi Sinar Mas, Asuransi Binagriya Upakara, Asuransi Tokio Marine Indonesia, serta Asuransi Tugu Pratama Indonesia. yang mana yang paling menarik perhatian Kamu?

Apa yang membuat perusahaan-perusahaan tersebut lebih baik daripada penyedia asuransi umum lain? Salah satunya karena mereka mampu menjaga performa atau kinerja terbaik meskipun berada di antara tekanan ekonomi.

Menyaring Penyedia Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Asuransi Umum Terbaik di Indonesia - Menyaring Penyedia Asuransi Umum Terbaik

Meskipun ada berbagai perusahaan penyedia asuransi umum yang memperoleh penghargaan, bukan berarti Kamu tinggal asal pilih salah satu dari daftar yang sudah Kamu lihat di atas ya. Masih banyak pertimbangan yang harus Kamu pahami sebelum memilih asuransi jenis apapun.

Perhatikan dan ikuti 7 langkah lengkap tentang pemilihan asuransi umum yang terbaik di bawah ini sehingga Kamu nggak akan salah pilih perusahaan penyedia asuransi umum.

Perhatikan Track Record yang Dimiliki Penyedia Asuransi Umum

Langkah penting pertama dalam memilih perusahaan yang menawarkan asuransi umum adalah melihat track record penyedia asuransi tersebut. Asuransi umum mempunyai waktu pemakaian dalam jangka panjang. Kamu perlu mengecek kestabilan keuangan perusahaan.

Kamu juga perlu memastikan bahwa perusahaan itu bisa benar-benar dipercaya. Juga, lakukan pengecekan perusahaan asuransi untuk mencari tahu apakah perusahaan tersebut terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dapatkan informasinya dari blog, YouTube, bahkan media sosial.

Dapatkan Produk Asuransi Umum Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Beli produk asuransi yang paling cocok dengan kebutuhan Kamu. Untuk bisa melakukannya, Kamu perlu mengenal berbagai jenis asuransi umum terlebih dulu. Ada asuransi umum yang melindungi kendaraan buat Kamu yang punya motor atau mobil sebagai aset berharga.

Ada juga asuransi kebakaran yang dirancang untuk Kamu yang punya berbagai aset tidak bergerak, misalnya rumah, kantor, gudang, ruko, atau tempat bisnis lain. Atau Kamu bisa memilih asuransi rekayasa kalau pekerjaan Kamu berkaitan dengan berbagai peralatan berat.

Pilih Premi Asuransi yang Sesuai Dengan Kesanggupan Finansial Kamu

Ada banyak premi asuransi yang bisa Kamu pilih sesuai kemampuan. Pilih premi asuransi yang paling pas dengan kondisi finansial Kamu saat ini dan selama beberapa waktu mendatang. Jangan pilih premi asuransi umum yang akan mengganggu keuangan Kamu.

Bagaimana kalau penghasilan Kamu terbatas? Apakah itu berarti Kamu tidak perlu menggunakan asuransi? Asuransi umum membawa banyak manfaat untuk aset yang Kamu miliki, jadi usahakan untuk membuat anggaran untuk premi asuransi umum pilihan Kamu dan mengantisipasi resiko apapun.

Gunakan Agen Asuransi Paling Jujur yang Bisa Kamu Temukan

Semua agen asuransi dengan senang hati menjelaskan seluruh kebaikan atau manfaat dari asuransi yang mereka jual. Sayangnya, hanya sebagian yang bersedia menyebutkan kekurangan dalam asuransi yang mereka sediakan. Justru mereka yang jujurlah yang layak mendapatkan kepercayaan Kamu.

Kenali agen asuransi dan pastikan mereka tidak menutupi kekurangan dari produk yang dijual. Pastikan agen tersebut mempunyai lisensi atau terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau AAUI. Agen asuransi dengan lisensi akan membantu Kamu menghadapi kendala klaim dan kendala administrasi.

(Baca Juga: Ini Dia Pentingnya Asuransi Umum yang Perlu Anda Pahami)

Jangan Bosan Membandingkan Para Penyedia Asuransi Umum

Meskipun sudah mendapatkan penghargaan tertentu, setiap penyedia asuransi harus dibandingkan dengan penyedia asuransi lain sehingga Kamu bisa melihat kekurangan dan kelebihan tiap penyedia asuransi umum. Apa saja yang bisa Kamu bandingkan antara berbagai penyedia asuransi?

Beberapa hal yang bisa Kamu bandingkan adalah premi yang ditawarkan, uang pertanggungan, manfaat apa saja yang bisa Kamu dapatkan dengan membeli asuransi dari perusahaan tersebut, serta masa kontrak asuransi umum terbaik di Indonesia.

Teliti dan Cermati isi Polis Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Polis asuransi sama pentingnya dengan informasi perusahaan yang wajib Kamu ketahui sebelum membeli asuransi apapun. Polis merupakan perjanjian antara penjual dan pembeli yang mengikat selama waktu yang ditentukan dalam kontrak.

Kamu akan menemukan berbagai hak serta kewajiban penjual dan pembeli dalam polis tersebut. Kalau Kamu malas mempelajari polis, Kamu mungkin akan kesulitan ketika menghadapi kendala tertentu yang berkaitan dengan asuransi umum pilihanmu di masa depan.

Hindari Menunda Pembelian Asuransi Umum

Setelah Kamu memutuskan asuransi umum mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan dengan kondisi finansialmu, jangan menunda pembelian asuransi. Banyak anak muda yang malas membeli asuransi karena mereka tidak akan merasakan manfaatnya secara langsung.

Perlu diingat memang begitulah cara kerja asuransi umum dan asuransi jenis lain. Dengan menunda-nunda, Kamu sebenarnya membuat asetmu yang berharga jadi lebih rawan terkena resiko. Kalau kamu sudah punya asuransi sejak dini, Kamu pun akan lebih siap dengan resiko apapun yang menghadang.

Asuransi Umum Terbaik untuk Anak Muda

Dari sekian banyak asuransi umum terbaik di Indonesia, sudahkah Kamu menentukan pilihanmu? Hindari membeli asuransi yang punya terlalu banyak fitur. Semakin banyak fitur yang tidak Kamu butuhkan, semakin tinggi biaya premi yang harus Kamu bayarkan dan akan semakin membebani Kamu.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *