Asuransi Perjalanan

17 Syarat dan Cara Membuat Asuransi Perjalanan dari Berbagai Produk

Seiring meningkatnya mobilitas yang dilakukan di dalam ataupun luar negeri, kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi perjalanan juga meningkat drastis. Kalau kamu termasuk golongan yang tertarik menggunakannya, cara membuat asuransi perjalanan yang sesuai prosedur tentu harus diketahui.

Meski terlihat sepele, nyatanya cara pembuatan asuransi perjalanan yang tepat ini sangat berpengaruh terhadap kemudahan proses klaim yang akan dilakukan. Kalau salah satu tidak dipenuhi dan premi sudah dibayar, bisa jadi pihak tertanggung yang akan mengalami kerugian di masa depan. 

Cara Membuat Asuransi Perjalanan Berbagai Produk

Setiap perusahaan asuransi biasanya menawarkan cara yang berbeda-beda bagi calon nasabahnya untuk membuat asuransi. Tapi secara keseluruhan, ada beberapa langkah umum yang bisa dilakukan untuk membuat asuransi perjalanan, di antaranya :

1. Cara Membuat Asuransi perjalanan dari Sinar Mas

Cara membuat asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan dari Sinar Mas tergolong banyak peminatnya karena sudah sangat familiar di masyarakat luas. Terlebih cara membuatnya cukup mudah dan simpel seperti di bawah ini.

a. Memilih Produk Asuransi Sinar Mas yang Diinginkan

Sebagai salah satu produk asuransi yang cukup besar di Indonesia, tentu saja produk asuransi perjalanan dari Sinar Mas ini cukup banyak. Produk pertama yang banyak digunakan adalah Simas Mudik yang memberikan jaminan berbagai fasilitas perjalanan untuk tujuan mudik.

Ada juga produk Simas Travel Oversease yang memberikan fasilitas dan jaminan kenyamanan perjalanan ke luar negeri. Dan terakhir produk Simas Travel Domestik untuk tujuan perjalanan dalam negeri namun bukan untuk tujuan mudik, seperti liburan ataupun kebutuhan bisnis. 

Sebagai langkah awal membeli produk asuransi di sini, maka bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kondisi dan tujuan perjalanan yang ingin dilakukan.

(Baca Juga: Apa Itu Asuransi Perjalanan? Traveler dan Pebisnis Wajib Mengenal Produk Ini!)

b. Memilih Tujuan Perjalanan yang Sinkron

Setelah memilih produk sesuai kondisinya, cara membuat asuransi perjalanan selanjutnya adalah dengan memilih tujuan perjalanan yang diinginkan. 

Pastikan tujuan perjalanan yang dipilih sesuai dengan produk yang digunakan. Apabila menggunakan produk domestik, tentu tujuan perjalanannya harus di area dalam negeri saja.

c. Menentukan Lamanya Perjalanan

Selanjutnya adalah menentukan lamanya perjalanan yang diinginkan. Lamanya perjalanan ini harus terhitung satu jenis saja. Apabila berangkat, maka estimasi lamanya perjalanan yang dihitung hanya saat berangkat saja. Sementara kepulangan dari lokasi tujuan tidak terhitung dan harus mengurus asuransi lagi.

d. Menyerahkan Identitas Diri

Ada beberapa dokumen terkait identitas diri yang harus dipenuhi oleh calon nasabah yang ingin membuat asuransi perjalanan. Dokumen tersebut bisa berupa fotokopi KTP serta dokumen pendukung identitas diri lainnya.

e. Membayar Premi Sesuai Kesepakatan

Setelah data dimasukkan dan terbukti valid, barulah calon nasabah diminta untuk membayar premi asuransi sesuai ketentuan dan jaminan perlindungan yang diinginkan.  Semakin tinggi jumlah premi yang dibayar, semakin luas pula cakupan jaminan perlindungan yang diberikan.

2. Cara Membuat Asuransi Perjalanan AXA Travel Insurance

Cara membuat asuransi perjalanan - Travel Insurance

Asuransi AXA juga memberikan banyak perlindungan kepada nasabahnya dari berbagai risiko. Risiko tersebut bisa berupa kerusakan bagasi, penundaan perjalanan, hingga berbagai macam kehilangan yang tidak sengaja terjadi. Adapun cara membuat asuransi ini untuk perjalanan di antaranya :

a. Mengisi Formulir Tujuan Perjalanan

Dalam formulir perjalanan, ada beberapa data yang harus dimasukkan. Data utama yang paling wajib adalah tujuan perjalanan yang diinginkan. Estimasi lamanya perjalanan juga bisa diisi dalam kolom formulir yang tersedia. 

b. Memilih Produk Asuransi

Axa tentu juga menyediakan beberapa produk asuransi perjalanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada AXA travel domestik untuk perjalanan dalam negeri, dan ada AXA smart traveller yang mencakup perjalanan ke luar negeri.

Kamu bisa langsung memilih produk yang paling sesuai dengan tujuan perjalanan yang diinginkan baik di luar ataupun dalam negeri.

c. Mengisi Data

Sama dengan proses pembuatan asuransi dari produk lainnya, langkah terpenting dalam membuat asuransi adalah mengisi data diri terkait calon nasabah yang akan melakukan perjalanan baik di luar ataupun di dalam negeri 

d. Membayar Premi

Jumlah premi yang dibayar berbeda-beda sesuai perlindungan yang diinginkan. Dengan membayar premi, maka seseorang sudah resmi menjadi nasabah yang berhak dilindungi oleh pihak asuransi selama melakukan perjalanan. 

3. Cara Membuat Asuransi untuk Perjalanan Traveloka Protect

Cara membuat asuransi perjalanan - Syarat membuat asuransi perjalanan

Traveloka yang pada awalnya hanya menjadi fasilitas untuk pemesanan perjalanan ternyata juga memiliki produk asuransi khusus perjalanan untuk pelanggannya. Produk tersebut dikenal dengan nama traveloka protect. Adapun langkah-langkah membuatnya adalah :

a. Mengunduh Aplikasi Traveloka dan Masuk dengan Akun 

Aplikasi traveloka ini sudah tersebar di google play dan  bisa langsung diunduh versi terbarunya. Setelah mempunyai aplikasinya, bisa langsung masuk dengan akun yang dimiliki untuk bisa mendapatkan segala kemudahan asuransi di dalamnya.

b. Pilih Menu Panduan Travel

Pada menu utama aplikasi, bisa langsung memilih panduan travel. Pada menu ini ada banyak pilihan travel yang bisa dipilih kalau ingin memesan tiket melalui aplikasi ini.

c. Pilih Produk Asuransi

Pada menu panduan travel, barulah bisa memilih produk asuransi yang diinginkan. Traveloka protect juga memberikan asuransi perjalanan untuk domestik dan internasional

e. Isi Data Diri dan Lakukan Pembayaran Premi

Langkah terakhir dalam membuat asuransi jenis ini adalah dengan mengisi data diri yang sesuai dengan tiket perjalanan yang akan dipesan. Setelahnya, biaya premi yang diminta oleh perusahaan bisa langsung dipenuhi.

Cara Membuat Asuransi Perjalanan Secara Online

Secara umum, pembuatan asuransi perjalanan bisa langsung dilakukan saat pemesanan tiket dengan mengisi data dan memenuhi persyaratan sekaligus saat pemesanan tiket. Namun, sebagian besar perusahaan asuransi memudahkan nasabahnya dengan layanan pendaftaran online.

Adapun langkah-langkah dan cara membuat asuransi perjalanan online yang harus dilakukan meliputi :

1. Masuk ke Halaman  Resmi Asuransi / Download Aplikasi

Semua asuransi terpercaya di Indonesia pasti memiliki halaman resmi yang bisa diakses dengan mudah. Apabila akan membuat asuransi secara online, bisa dengan masuk ke halaman resminya. Pada beberapa jenis asuransi, ada juga yang menggunakan aplikasi dan bisa diunduh di google play.

2. Mengisi Data Informasi Perjalanan Online

Formulir yang harus diisi dalam membuat asuransi bisa diisi secara online. Informasi perjalanan yang diminta bisa berupa jenis penumpang, paket yang dipilih, usia penumpang, serta waktu dan tanggal perjalanan yang akan dilakukan. 

3. Memilih Jenis Produk yang Diinginkan

Semua perusahaan asuransi memiliki lebih dari satu produk untuk memanjakan dan memberi layanan maksimal kepada calon nasabahnya. Pilih produk yang paling sesuai dengan perjalanan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya. 

4. Mengisi Data Diri dan Penumpang yang Ikut Serta dalam Perjalanan

Kalau perjalanan dilakukan lebih oleh satu orang, data yang bisa dimasukkan tidak hanya data diri sendiri saja. Data saudara, kerabat, anak, atau rekan tertentu yang ikut kamu dalam perjalanan juga harus diisi secara lengkap. 

5. Membayar Premi Sesuai Ketentuan

Terakhir adalah membayar premi yang diminta oleh pihak perusahaan. Pembayaran premi secara online bisa dilakukan dengan mentransfer sejumlah dana yang diminta oleh pihak asuransi. Setelah pembayaran dilakukan dan dikonfirmasi, barulah fasilitas asuransi bisa digunakan. 

(Baca Juga: Berbagai Manfaat dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Diketahui)

Syarat Membuat Asuransi Perjalanan

Untuk membuat dan mengajukan asuransi perjalanan, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi sebelumnya oleh pihak nasabah. Jika syarat ini tidak dipenuhi, maka proses pembuatan asuransi tidak bisa dilanjutkan. 

Syarat-syarat membuat asuransi perjalanan ini bisa dibedakan berdasarkan jenis perjalanannya seperti berikut ini. 

1. Syarat Melakukan Asuransi Perjalanan Domestik

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan perjalanan di dalam negeri untuk semua tujuan adalah :

  • Menyerahkan fotokopi identitas diri atau memasukkannya dalam formulir.
  • Berusia di atas 17 tahun untuk nasabah yang membuat.
  • Membayar premi sesuai ketentuan.

2. Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Asuransi untuk perjalanan ke luar negeri tidak beda jauh dengan domestik. Hanya ada sedikit perbedaan dari pengisian data dan faktor lainnya. Syarat-syarat tersebut di antaranya :

  • Kisaran usia 12 sampai 80 tahun.
  • Menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk.
  • Menyerahkan paspor yang masih berlaku dan terbukti valid.
  • Sudah mengisi blangko yang diminta pihak asuransi untuk produk luar negeri.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Pembuatan produk asuransi sesuai prosedur akan mempermudah proses klaim yang nantinya akan dilakukan. Oleh karenanya, cara pembuatannya harus diperhatikan dengan baik agar tidak kesulitan melakukan klaim nantinya. Beberapa langkah-langkah klaim yang bisa dilakukan meliputi :

  • Menceritakan secara tertulis kronologis kejadian.
  • Memberikan salinan kartu identitas yang masih berlaku dari pemegang polis.
  • Kwitansi deposit yang sudah dibayar pemegang polis.
  • Tiket pesawat asli jika perjalanan dengan pesawat.
  • Surat keterangan dari maskapai.
  • Surat keterangan kepolisian.
  • Surat keterangan dari rumah sakit jika klaim terkait luka dan kematian.
  • Akta kelahiran.
  • Akta kematian untuk pemilik asuransi yang meninggal di perjalanan. 

Cara membuat asuransi perjalanan saat ini memang semakin mudah sejak adanya media online yang memadai. Meski begitu, kamu harus lebih selektif dalam memilih produk asuransi yang tersedia secara online. Ini disebabkan cara pembuatannya yang tidak melalui tatap muka rentan dengan penipuan dan sulit dilacak.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *