Asuransi Perjalanan

 Apa Itu Asuransi Perjalanan? Traveler dan Pebisnis Wajib Mengenal Produk Ini!

Apa itu asuransi perjalanan

Apa itu asuransi perjalanan? asuransi perjalanan merupakan salah satu produk asuransi yang sudah tidak asing di masyarakat selain asuransi jiwa adalah asuransi perjalanan. Jika kamu belum tahu apa itu asuransi perjalanan, mungkin karena kamu jarang melakukan perjalanan jauh di luar daerah yang membutuhkan perjalanan panjang.

Bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jauh karena berbagai kepentingan, produk asuransi ini wajib dimiliki. Selain untuk menjamin keamanan perjalanan sampai ke tempat tujuan, ada jaminan lain yang sangat menguntungkan dari segi keselamatan fisik dan keuangan. 

Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Apabila diperhatikan dari namanya, asuransi yang satu ini dapat dilihat sebagai sebuah perlindungan dan jaminan terhadap perjalanan seseorang dari kemungkinan buruk yang merugikan. 

Sama dengan produk asuransi lainnya, jaminan perlindungan yang diberikan sebenarnya berasal dari risiko yang belum tentu terjadi. Walaupun demikian, perjalanan yang jaraknya sangat jauh pastinya rentan mengalami berbagai kendala.

Sebagai langkah antisipasi berbagai kendala tersebut, maka digunakanlah asuransi perjalanan. Jadi, pemilik asuransi bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman walau jaraknya sangat jauh dan berulang kali dilakukan. 

Asuransi perjalanan sebenarnya sudah sering digunakan, hanya saja pengguna asuransi ini tidak menyadarinya. Misalnya saja saat pembelian tiket, biaya asuransi akan langsung dikenakan dan traveler akan mendapat fasilitas asuransi tersebut secara tidak langsung.

Beberapa jenis asuransi lainnya ada juga yang dibayar secara online menggunakan kartu kredit ataupun melalui aplikasi tertentu.

(Baca Juga: Berbagai Manfaat dari Asuransi Perjalanan yang Perlu Diketahui)

Jenis Asuransi Perjalanan

Dalam penerapannya, asuransi perjalanan sebenarnya dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Jadi jawaban dari apa itu asuransi perjalanan baru bisa dipahami setelah mengetahui jenis-jenisnya secara detail.  Berikut adalah jenis-jenis asuransi perjalanan yang bisa digunakan oleh orang yang ingin melakukan perjalanan. 

1. Asuransi Perjalanan Domestik

Apa itu asuransi perjalanan - Asuransi perjalanan domestik

Asuransi ini juga sering disebut dengan asuransi perjalanan Indonesia. Cakupan perlindungan asuransi jenis ini hanya berkisar pada perjalanan yang dilakukan di dalam negeri saja. Jadi, perjalanan lainnya ke luar negeri tidak akan dijamin oleh jenis asuransi ini.

Meskipun biaya premi yang harus dibayar cukup ringan, asuransi untuk perjalanan dalam negeri ini agak jarang digunakan orang. Pasalnya, lama perjalanan yang ditempuh untuk perjalanan dalam negeri masih terbilang singkat.

2. Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Apa itu asuransi perjalanan - Asuransi perjalanan luar negeri

Kebalikan dari jenis asuransi domestik, produk asuransi yang satu ini justru memberikan perlindungan perjalanan ke luar negeri dari risiko tertentu. Produk ini sangat cocok untuk kalangan traveler yang hobi jalan-jalan ke luar negeri.

Karena perjalanannya jauh, cakupan jaminan perlindungan dari asuransi jenis ini terbilang cukup luas. Tidak hanya melindungi dari risiko kehilangan dan penundaan perjalanan, tapi juga risiko kesehatan yang buruk karena peristiwa tertentu di perjalanan. 

Beberapa jenis asuransi ada yang membuat produk asuransi perjalanan ke luar negeri ini secara khusus, ada juga yang tergabung dalam satu jenis produk asuransi perjalanan dalam negeri.   

3. Asuransi Perjalanan Wisata

Apa itu asuransi perjalanan - Asuransi perjalanan wisata

Apa itu asuransi perjalanan wisata? Yakni jenis asuransi yang sering digabungkan dengan asuransi perjalanan bisnis karena menggunakan objek jaminan yang sama. Namun, tujuan ini bisa diungkapkan ketika akan melakukan klaim asuransi.

Apabila asuransi perjalanannya untuk tujuan wisata, tentu klaim asuransi akan diberikan untuk berbagai masalah yang merugikan perorangan. Mulai dari kenyamanan pemberangkatan, keselamatan, serta fasilitas perorangan lainnya.

4. Asuransi Perjalanan Dinas dan Bisnis

Apa itu asuransi perjalanan - Asuransi perjalanan dinas atau bisnis

Asuransi perjalanan dinas memang sering digabung dalam satu produk. Tapi risiko dan kerugian dari perjalanan wisata dan bisnis atau dinas tentu saja berbeda. Oleh karenanya, pada saat klaim asuransi wajib menjelaskan tujuan perjalanan dinas ini.

Perusahaan asuransi nantinya akan memberikan perlindungan terhadap kerugian bisnis atau dinas yang terjadi pada pemilik asuransi terkait masalah perjalanan yang terjadi tanpa diduga. 

5. Asuransi Perjalanan Harian

Apa itu asuransi perjalanan - Perjalanan harian

Asuransi perjalanan ini dikategorikan dari perlindungan jumlah perjalanan yang dilakukan. Untuk jenis harian ini, maka perlindungan yang diberikan hanya pada saat hari melakukan perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.

Kalau beberapa waktu kemudian ingin melakukan perjalanan lagi, orang tersebut harus mengurus atau membayar lagi asuransi perjalanan yang diinginkan.

6. Asuransi Perjalanan Tahunan

Apa itu asuransi perjalanan - Perjalanan tahunan

Produk ini sangat cocok dipakai oleh mereka yang sering melakukan perjalanan ke berbagai daerah. Sebagai tolak ukurnya, dalam setahun bisa melakukan perjalanan lebih dari 10 kali dan sifatnya pasti.

Walaupun preminya lebih tinggi, tapi asuransi perjalanan tahunan ini jauh lebih menguntungkan jika dikalkulasikan. Total premi yang dibayar lebih terjangkau dibandingkan bolak balik ke luar daerah dan menggunakan asuransi harian yang harus diurus berulang kali.

Risiko yang Ditanggung Selama Perjalanan

Ada banyak risiko yang akan ditanggung perusahaan asuransi jika menggunakannya sebagai jaminan perjalanan yang nyaman. Secara umum, semua perusahaan akan menanggung beberapa risiko berikut selama melakukan perjalanan. 

1. Pembatalan Pemberangkatan

Pembatalan pemberangkatan menggunakan pesawat paling rentan terjadi. Hal ini disebabkan karena perjalanan menggunakan pesawat sangat dipengaruhi oleh cuaca dan kondisi alam. 

Apabila pembatalan ini tiba-tiba terjadi, maka perusahaan asuransi akan menjamin segala kerugian yang disebabkan pembatalan tersebut. Misalnya risiko pembatalan kerja karena kedatangan tidak tepat waktu akibat pemberangkatan ditunda. 

2. Jaminan Kesehatan Selama Perjalanan

Penggunaan asuransi perjalanan juga mencakup jaminan kesehatan. Tentu saja kondisi kesehatan yang dijamin berkaitan dengan perjalanan tersebut. Seperti benturan kendaraan yang mengakibatkan cedera dan jaminan kesehatan karena gangguan kesehatan lainnya.

Jaminan kesehatan ini juga termasuk transportasi menuju tempat transportasi fasilitas kesehatan yang ditanggung oleh pihak asuransi. 

3. Santunan Luka dan Cacat

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami luka dan berbagai gangguan kesehatan selama di perjalanan. Ada luka akibat kecelakaan, gangguan kehamilan, komplikasi berbagai penyakit,  hingga risiko terparah berupa kematian juga ditanggung oleh pihak asuransi.

(Baca Juga: Proteksi Menyeluruh, Ini 10  Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor)

4. Biaya Pemakaman

Kejadian terburuk yang mungkin terjadi selama perjalanan adalah kematian. Meski orang yang sudah mati tidak bisa merasakan asuransi yang digunakan, tapi pihak keluarga tentu saja akan merasakannya. Menurut risiko yang ditanggung, apa itu asuransi perjalanan juga mirip dengan asuransi jiwa.

Untuk mengurangi risiko tersebut, pihak asuransi tetap akan memberikan ganti rugi dan menanggung semua biaya pemakaman jenazah. Sedangkan sisanya diberikan kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. 

Biaya pemakaman tidak hanya meliputi pemakaman di dalam daerah saja, tapi juga pemakaman yang dilakukan di luar negeri. 

5. Pemutusan Hubungan Kerja

Pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan karena masalah yang terjadi selama perjalanan. Misalnya dokumen perusahaan yang rusak dan menyebabkan dipecat, atau perjanjian dengan klien yang menyebabkan kerugian besar akibat tidak bisa melakukan  pertemuan tepat waktu.

Sebagai penanda bahwa kerugian tersebut memang disebabkan oleh masalah perjalanan, tentu masalah pemutusan hubungan kerja tersebut harus terjadi setelah pemesanan tiket.

6. Gagal Transit 

Gagal transit juga termasuk masalah perjalanan yang ditanggung pihak asuransi karena menyebabkan kerugian besar bagi pelanggannya.

7. Penundaan Perjalanan Karena Cuaca

Meski perjalanan tidak dibatalkan seluruhnya, beberapa kondisi yang mendesak terkadang juga mengharuskan seseorang untuk bisa datang ke suatu tempat secara tepat waktu. Penundaan akibat cuaca buruk termasuk dalam kondisi yang dijamin asuransi dan dananya bisa diklaim.

8. Karena Kondisi Lainnya

Selain 7 risiko di atas, ada beberapa kondisi yang menjadi tanggung jawab dari pihak asuransi, di antaranya :

  • Pelarangan perjalanan mendadak dari pemerintah.
  • Adanya anggota keluarga yang sakit keras atau meninggal.
  • Adanya karantina wajib.
  • Sebagai pihak yang ditunjuk sebagai saksi dan juri di pengadilan.
  • Membantu pemulangan anak di bawah umur kalau orang yang mengajaknya melakukan perjalanan sakit mendadak.

Contoh Produk Asuransi Perjalanan

Banyaknya peminat asuransi perjalanan ini membuat beberapa perusahaan asuransi ikut meluncurkan produk asuransi perjalanan. Meskipun penggunaanya sebagian besar belum tahu rincian detail apa itu asuransi perjalanan, namun manfaatnya yang memberikan kenyamanan perjalanan sangat dirasakan.

Beberapa contoh produk asuransi perjalanan yang cukup dikenal publik meliputi :

1. AXA

Produk asuransi perjalanan dari AXA saat ini juga mulai sering digunakan. Jaminan yang diberikan bisa berupa bantuan medis selama 24 jam, serta berbagai masalah perjalanan lainnya.

2. Allianz

Walau tergolong baru, produk asuransi perjalanan dari Allianz juga banyak digunakan untuk menjaga kualitas perjalanan agar senantiasa aman sampai di tempat tujuan.

3. Chubb Travel Insurance

Asuransi yang satu ini hanya fokus pada produk asuransi perjalanan saja. Traveler yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri khususnya di Eropa biasanya menggunakan produk asuransi yang satu ini.

Jaminan perlindungan asuransi ini juga sangat luas. Bisa berupa penggantian biaya medis, berbagai penyakit di perjalanan, kehilangan barang, kerusakan barang, kerusakan bagasi dan laptop, pembatalan perjalanan, gangguan medis yang darurat, serta penyewaan mobil.

Penjelasan singkat terkait apa itu asuransi perjalanan sebenarnya sudah bisa menjelaskan terkait pentingnya asuransi ini, khususnya bagi mereka yang sering melakukan perjalanan. Namun mereka yang tidak pernah bepergian harus mempertimbangkan lagi untuk menggunakannya sebagai kebutuhan. 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *