Asuransi Pendidikan

Pahami Yuk 2 Jenis Asuransi Pendidikan untuk Anak dan Resikonya

Asuransi pendidikan bisa diperoleh dari berbagai perusahaan yang memang menyediakan produk asuransi untuk anak sekaligus berbagai jenis asuransi lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan asuransi pendidikan dari berbagai bank. Tapi sebelumnya, kenali dulu jenis asuransi pendidikan untuk anak.

Sekilas Perbedaan Antara Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Perlu dipahami, asuransi pendidikan ini tidak sama dengan tabungan pendidikan ya. Meskipun kamu bisa membeli asuransi pendidikan melalui bank, fitur yang kamu dapatkan pada asuransi tidak sama dengan fitur dan cara yang kamu tempuh untuk mendapatkannya tidak seperti tabungan pendidikan.

Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi pendidikan untuk anak - Asuransi Pendidikan

Untuk memperoleh asuransi pendidikan yang menjamin biaya pendidikan masa depan anak, kamu harus melakukan pembayaran premi dengan jangka waktu dan jumlah pembayaran sesuai dengan kesepakatan di awal.

Kalau terjadi resiko atas orang tua dari ahli waris yang merupakan pemegang polis, pihak perusahaan penyedia asuransi akan mencairkan uang pertanggungan sehingga biaya pendidikan sang ahli waris yaitu anak itu sendiri bisa tetap terjamin.

(Baca Juga: Manfaat dan Fungsi Asuransi Pendidikan dan Bedanya dengan Tabungan)

Tabungan Pendidikan

Jenis asuransi pendidikan untuk anak - Tabungan Pendidikan

Sedangkan untuk memperoleh tabungan pendidikan anak, langkah yang perlu ditempuh sangatlah sederhana. Kamu sebagai orang tua hanya perlu membuka rekening baru untuk tabungan berkala. Akan ada bunga bank serta berbagai manfaat tunai yang lain untuk tabungan pendidikan.

Produk tabungan pendidikan dari bank juga menawarkan manfaat berupa asuransi jiwa. Hanya saja, jumlah asuransi jiwa ini tidak akan sama besarnya dengan asuransi pendidikan. Ada pula beberapa perbedaan lain antara tabungan dan asuransi pendidikan, yaitu:

Perbedaan Tabungan Pendidikan Asuransi Pendidikan

Tabungan Pendidikan

  • Biaya Kecil
  • Bank merupakan tempat untuk mendapatkan
  • Biaya yang kecil
  • Durasi menabung yang terhitung pendek

Asuransi Pendidikan

  • Biaya besar
  • Bisa didapatkan di perusahaan asuransi maupun bank
  • Biaya yang lumayan besar
  • Durasi menabung jangka panjang

Selain perbedaan antara kedua pilihan jaminan pendidikan anak di atas, kamu juga harus tahu beberapa jenis asuransi pendidikan serta berbagai produk asuransi pendidikan yang disediakan oleh para perusahaan asuransi sehingga kamu bisa menentukan produk mana yang terbaik untuk masa depan.

Jenis Asuransi Pendidikan untuk Anak Dengan dan Tanpa Investasi

Asuransi pendidikan di Indonesia tersedia dalam 2 jenis yang berbeda, yaitu asuransi unit link serta asuransi dwiguna. Dua jenis asuransi tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu menyediakan kepastian untuk masa depan pendidikan anak-anak Indonesia.

Tapi tetap saja ada perbedaan di antara keduanya. Asuransi dwiguna memiliki fokus utama pada jaminan dan tabungan untuk masa depan pendidikan anak sedangkan asuransi unit link menawarkan kesempatan pada nasabah untuk ikut berinvestasi.

  • Asuransi Pendidikan Unit Link

Jenis asuransi pendidikan untuk anak - Asuransi Pendidikan Unit Link

Jenis asuransi pendidikan untuk anak yang pertama adalah asuransi pendidikan unit link. Asuransi pendidikan unit link adalah kombinasi antara layanan asuransi dengan fitur investasi. Hal ini berarti premi yang kamu bayarkan setiap bulan sebagai orang tua tidak hanya digunakan sebagai jaminan pendidikan anak di masa depan tapi juga dikelola untuk sebuah produk investasi.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi pada asuransi pendidikan unit link akan diberikan seiring dengan tahapan sekolah anak. Misalnya ketika anak akan memasuki Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, atau Sekolah Menengah Atas.

Unit link sangat menguntungkan bagi para orang tua yang malas mengurus asuransi dan investasi secara terpisah. Sekali pembayaran premi setiap bulan sudah cukup untuk mengurus dua hal tersebut.

  • Asuransi Pendidikan Dwiguna

Jenis asuransi pendidikan untuk anak - Asuransi Pendidikan Dwiguna

Jenis asuransi pendidikan untuk anak berikutnya adalah asuransi pendidikan dwiguna. Asuransi pendidikan dwiguna menyediakan perlindungan untuk masa depan anak sekaligus dengan tabungan pendidikan. Produk asuransi dwiguna ini akan memberikan jaminan biaya pendidikan bagi anak kalau orang tua dari anak itu mengalami musibah sehingga tidak bisa mencari nafkah lagi.

Manfaat lain dari asuransi dwiguna adalah adanya tabungan untuk anak yang bisa dicairkan setelah suatu jangka waktu tertentu. Jumlah atau besarnya tabungan ini sesuai dengan perjanjian atau kontrak yang sudah disepakati antara penyedia asuransi dengan nasabah asuransi pendidikan anak.

Tidak seperti jenis asuransi sebelumnya, asuransi pendidikan dwiguna ini lebih mempunyai kemiripan dengan produk tabungan berjangka yang ditawarkan oleh bank.

Hal Penting dalam Memilih Jenis Asuransi Pendidikan untuk Anak

Banyak perusahaan yang menyediakan produk asuransi menjanjikan bahwa kamu dan anak akan mendapatkan banyak manfaat dengan membeli produk asuransi pendidikan mereka. Tapi jangan mudah tergiur dengan segala janji manis yang dilontarkan tanpa melakukan ‘penyelidikan’ terlebih dahulu ya.

Ada banyak hal yang sangat penting untuk kamu lakukan agar bisa memilih produk asuransi pendidikan terbaik untuk anak dari perusahaan yang tepat. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Cari perusahaan yang berpengalaman

Selalu lakukan pengecekan terhadap rekam jejak atau track record perusahaan penyedia asuransi pendidikan. Juga pastikan kamu mengecek kredibilitasnya di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Kamu juga bebas mencari berita tentang penyedia asuransi pendidikan tersebut dari berbagai sumber.

Kalau perusahaan penyedia asuransi tersebut menyandang nama yang kurang baik dan kamu menemukan berbagai pemberitaan buruk tentang perusahaan tersebut, hindari memilih perusahaan itu. Asuransi merupakan investasi berjangka panjang, pastikan kamu tidak salah pilih penyedia.

Dapatkan informasi yang jelas

Setiap perusahaan penyedia asuransi mempunyai agen asuransi. Pastikan kamu memperoleh penjelasan rinci atau mendetail mengenai produk asuransi pendidikan dari agen perusahaan tersebut.

Pastikan juga bahwa agen asuransi menyediakan berbagai informasi lain seperti mekanisme untuk pembayaran premi, biaya pertanggungan, besaran atau biaya akuisisi, serta denda yang mungkin dikenakan. Semakin lengkap dan jelas informasinya, semakin kamu bisa mempercayai perusahaan itu.

Temukan kepastian perusahaan

Tidak sedikit orang yang tertipu oleh perusahaan penyedia asuransi dan agen asuransi bodong. Untuk menghindari resiko serupa, pastikan perusahaan dan agen asuransi terdaftar di AAUI atau Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

Sesuaikan dana dengan biaya pendidikan yang dibutuhkan

Jangan sampai kamu kekurangan dana dalam membayar biaya pendidikan ketika anak akan memasuki sekolah. Kamu harus mengetahui dengan tepat jumlah atau besaran biaya yang diperlukan sehingga kamu dapat menyesuaikan jumlah biayanya dengan benar.

Tentukan di sekolah mana anak akan mendaftar, ketahui perhitungan kenaikan biaya ketika anak sudah mulai bersekolah di tempat itu. Jangan lupa untuk menyesuaikan biaya sekolah dengan kondisi dan kesanggupan finansial kamu. Temukan asuransi pendidikan yang mampu kamu jangkau.

(Baca Juga: Penting! Manfaat dan Resiko Asuransi Pendidikan Adalah)

Kenali Berbagai Resiko Asuransi Pendidikan

Semua jenis asuransi pendidikan untuk anak membawa resikonya sendiri. Resiko paling besar bisa muncul jika premi yang kamu bayarkan setiap bulannya digunakan oleh perusahaan penyedia asuransi sebagai investasi.

Investasi dalam asuransi pendidikan bisa mengakibatkan kerugian terhadap premi yang kamu bayarkan sehingga di akhir masa asuransi pendidikan, besaran atau jumlah uang pertanggungan menjadi tidak sama dengan nilai yang dicantumkan.

Menggali Resiko Asuransi Pendidikan Lebih Dalam

Ada setidaknya 3 resiko yang dibawa oleh produk asuransi pendidikan dari perusahaan penyedia asuransi manapun yang ada di Indonesia. Kenali dan pahami semua resikonya sehingga kamu bisa tahu apakah asuransi merupakan pilihan yang sudah benar untuk menjamin masa depan pendidikan anakmu.

Uang pertanggungan yang lebih kecil dari perjanjian

Uang pertanggungan yang akan diterima bisa menjadi jauh lebih sedikit daripada yang direncanakan. Hal ini bisa terjadi karena alokasi dana yang ada di produk asuransi pendidikan ternyata lebih difokuskan untuk investasi atau pengumpulan dana.

Dengan demikian, manfaat utama dari asuransi pendidikan, yaitu uang pertanggungan, justru tidak bisa diharapkan karena jumlahnya menjadi lebih kecil dibandingkan dengan yang bisa diperoleh dengan menggunakan asuransi jiwa murni tanpa investasi.

Premi harus dibayar dalam jangka waktu yang lebih lama

Kalau kamu memilih asuransi unit link, akan ada resiko kerugian investasi yang mungkin terjadi. Hal ini berarti kamu mungkin harus membayar premi dengan jangka waktu yang lebih lama dari perjanjian awal. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo yang kosong di unit link, polis asuransi bisa hangus.

Potongan biaya yang lebih banyak

Saat melakukan pembayaran premi, kamu pasti punya harapan bahwa semua dana yang sudah dikumpulkan akan sama dengan semua uang yang kamu bayarkan. Sayangnya, kenyataan berkata lain. Dana yang dikumpulkan ternyata lebih sedikit dibandingkan premi yang kamu bayarkan.

Kenapa bisa begitu? Karena sebagian dari dana yang kamu bayarkan akan dipotong dengan berbagai biaya asuransi. Sedangkan sebagian lainnya akan diinvestasikan. Kalau kamu tidak memahami hal ini dari awal, kamu bisa mengalami kekecewaan dan mungkin kesalahan perhitungan yang merugikan.

Sebelum memilih salah satu jenis asuransi pendidikan untuk anak, pastikan kamu mempelajari asuransi jenis ini secara mendalam agar bisa membuat keputusan yang tidak akan kamu sesali.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *