Asuransi Pendidikan

Manfaat dan Fungsi Asuransi Pendidikan dan Bedanya dengan Tabungan

Berbagai jenis asuransi dibutuhkan oleh banyak orang, baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, maupun asuransi pendidikan. Kalau kamu berencana mempunyai anak atau sudah mempunyai anak dan sedang memikirkan masa depannya, kamu perlu tahu apa saja fungsi asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan tidak seperti tabungan pendidikan. Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai asuransi pendidikan, kamu perlu mengetahui apa saja manfaat dari jenis asuransi yang satu ini, juga beberapa resiko sehingga kamu bisa memutuskan apakah akan menggunakannya atau tidak.

Fungsi Asuransi Pendidikan yang Utama

Asuransi pendidikan menyediakan perlindungan ekstra terhadap pendidikan untuk masa depan anakmu. Kalau inflasi meningkat terus menerus, biaya pendidikan pun akan ikut meningkat. Padahal kamu sendiri juga belum bisa menjamin berapa biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan sampai anakmu dewasa.

Itulah sebabnya asuransi pendidikan dibutuhkan sebagai solusi yang lebih pasti untuk masa depan anakmu. Asuransi pendidikan itu sendiri adalah sebuah kombinasi dari tabungan pendidikan dan asuransi jiwa. Jadi, ada 2 keuntungan yang didapatkan dari 1 jenis asuransi saja.

(Baca Juga: Penting! Manfaat dan Resiko Asuransi Pendidikan Adalah)

Perbedaan Antara Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Fungsi Asuransi Pendidikan - Pendidikan

Meskipun tabungan pendidikan serta asuransi pendidikan tampak serupa secara sekilas yaitu sama-sama menyediakan perlindungan asuransi, investasi, serta menyiapkan dana pendidikan untuk anak, ada beberapa perbedaan yang sangat kontras antara dua pilihan tersebut. Berikut beberapa perbedaannya:

Jaminan

Tabungan Pendidikan

Tabungan rencana atau tabungan pendidikan merupakan suatu produk dari bank untuk menjamin pendidikan anak. Lembaga Penjamin Simpanan memberi jaminan tabungan sehingga tabungan aman meski ada masalah terhadap bank.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan tidak termasuk salah satu produk dari bank sehingga bank tidak memberikan jaminan apapun. Meski dibeli di bank, asuransi tetap produk dari perusahaan asuransi. Bank hanya sebagai agen penjual.

Keuntungan investasi

Tabungan Pendidikan

Keuntungan dari tabungan pendidikan didapatkan dari bunga. Kamu akan mendapat pembayaran bunga dengan jumlah sesuai dengan ketetapan bank yang kamu pilih.

Asuransi Pendidikan

Jumlah keuntungan yang didapat dari asuransi tidak dapat dipastikan karena hal ini bergantung pada beberapa hal. Hal yang mempengaruhi antara lain resiko investasi serta performa investasi sesuai jenis investasi pilihan kamu.

Resiko

Tabungan Pendidikan

Tabungan merupakan suatu produk simpanan uang yang aman. Resiko yang dibawanya sangat kecil. Misalnya simpanan bisa tergerus inflasi oleh karena bunga dari tabungan pendidikan lebih kecil daripada deposito.

Asuransi Pendidikan

Fungsi Asuransi Pendidikan membawa peluang berupa keuntungan investasi dalam jumlah besar. Tapi keuntungan besar tersebut juga datang bersama resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan.

Perlindungan

Tabungan Pendidikan

Memiliki perlindungan asuransi dengan nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan asuransi pendidikan. Bank-lah yang membayar premi perlindungan asuransi sehingga uang pertanggungannya pun terbatas.

Asuransi Pendidikan

Nilai proteksi atau perlindungan dari fungsi asuransi pendidikan bisa dikatakan tidak terbatas. Tapi tentu saja hal ini bergantung pada kesanggupan kamu dalam membayarkan premi asuransi pendidikan.

Berbagai Fungsi Asuransi Pendidikan

Fungsi Asuransi Pendidikan - Berbagai Fungsi Asuransi Pendidikan

Tentunya, selain fungsi utama dari asuransi pendidikan yang sudah kamu baca diatas, ada beberapa fungsi lain asuransi pendidikan yang perlu  ketahui. Dengan memahami manfaat atau fungsi pendidikan secara menyeluruh, kamu bisa memutuskan apakah asuransi merupakan pilihan terbaik.

Memberikan Jaminan Untuk Dana Pendidikan Anak

Fungsi asuransi pendidikan yang pertama adalah memberikakn jamiman dana pendidikan anakMembeli asuransi pendidikan merupakan salah satu jalan keluar untuk kekhawatiran banyak orang tua yaitu biaya pendidikan yang akan semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan menggunakan asuransi pendidikan, pihak asuransi bisa membantu dalam hal biaya pendidikan jika terjadi musibah atau masalah.

Musibah atau masalah yang menimpa orang tua dan bisa mempengaruhi biaya pendidikan bisa diatasi dengan asuransi. Selain itu, kalau nasabah asuransi sampai meninggal dunia, biaya pendidikan yang ditinggalkan pun akan terjamin sehingga anak tidak perlu mengkhawatirkan dana pendidikannya.

(Baca Juga: Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Pendidikan yang Baik?)

Membantu Dalam Perencanaan Pendidikan untuk Anak

Dengan melakukan pembelian asuransi pendidikan, kamu sebenarnya sedang melakukan perencanaan untuk masa depan pendidikan anak yang lebih baik. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi soal biaya pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi nanti.

Yang perlu kamu pikirkan dan tentukan hanyalah seberapa besar dana atau biaya yang ingin kamu siapkan untuk pendidikan dan melakukan pembayaran premi setiap bulan sesuai dengan ketentuan polis. Kemudian pihak asuransi yang akan mempersiapkan dana pendidikan untuk anakmu.

Menyediakan Rasa Tenang Bagi Orang Tua

Fungsi asuransi pendidikan berikutnya adalah memberikan rasa tenang bagi orang tua. Kamu hanya perlu memikirkan jenjang asuransi pendidikan mana yang akan kamu pilih, pada awal pembelian asuransi pendidikan. Setelah itu kamu bisa memikirkan bagaimana pembayaran premi pada jenjang yang sudah kamu pilih sesuai dengan kesepakatan.

Sisanya adalah urusan pihak perusahaan penyedia asuransi pendidikan untuk memikirkan bagaimana dana pendidikan anak di masa depan bisa terpenuhi dan terjamin. Manfaat ini tentu bisa membuat orang tua jauh lebih tenang dibandingkan dengan menggunakan tabungan pendidikan.

Menawarkan Premi dengan Fleksibilitas Tinggi

Manfaat lain yang bisa orang tua rasakan dengan menggunakan asuransi pendidikan adalah pembayaran premi dengan fleksibilitas yang tinggi. Biasanya, pilihan jenjang pendidikan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah atau besaran premi yang harus dibayarkan.

Pembayaran premi juga bisa dilakukan dalam pilihan waktu yang fleksibel, sesuai dengan persetujuan yang sudah kamu buat dengan pihak perusahaan penyedia asuransi. Fleksibilitas merupakan satu dari sekian banyak fungsi asuransi pribadi.

Membantu mengatur keuangan keluarga

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi kalau sudah berkaitan dengan anak dan biaya pendidikannya. Dengan membeli asuransi pendidikan, kamu akan belajar mengatur segala jenis dana, terutama dana yang akan digunakan sebagai biaya pendidikan untuk anak-anakmu.

Fungsi Asuransi Pendidikan Sebagai Investasi

Biaya hidup yang selalu meningkat setiap tahunnya, serta ketidakstabilan nilai uang membuatmu dan orang tua lain berpikir keras bagaimana mencukupi kebutuhan hidup sambil merencanakan biaya pendidikan anak. Asuransi pendidikan adalah suatu sarana investasi bagi masa depan pendidikan anak.

Ada banyak fitur yang ditambahkan pada berbagai jenis asuransi pendidikan, termasuk fitur investasi. Meskipun hasil dari investasi ini tidak sebesar hasil dari investasi lain, asuransi beserta investasinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anakmu.

Cara Menemukan Asuransi Pendidikan Terbaik

Fungsi Asuransi Pendidikan - Cara Menemukan Asuransi Pendidikan Terbaik

Banyaknya penyedia produk asuransi pendidikan di luar sana tentu sangat membingungkan para orang tua yang sedang mencari produk asuransi pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka. Kalau kamu juga sedang berburu penyedia asuransi pendidikan yang paling baik, ikuti beberapa saran di bawah ini:

Pelajari Nilai Perlindungan Produk Asuransi Pendidikan

Nilai perlindungan atau proteksi disediakan oleh perusahaan penyedia asuransi pendidikan dalam bentuk UP atau uang pertanggungan. Uang ini akan diberikan kepada ahli waris kalau orang tuanya yang merupakan tertanggung mengalami kecelakaan, cacat tetap, atau bahkan meninggal dunia.

Hal ini akan sangat membantu anak dalam melanjutkan pendidikan tanpa terpengaruh oleh kondisi orang tua yang berubah.

Pahami Investasi yang Melekat pada Asuransi Pendidikan

Fitur investasi yang ditambahkan pada asuransi pendidikan membuatnya menjadi lebih beresiko dibandingkan dengan tabungan pendidikan biasa. Tapi fitur tersebut bisa memberikan potensi keuntungan yang juga lebih tinggi daripada keuntungan yang diberikan oleh tabungan pendidikan biasa.

Investasi membuat asuransi pendidikan menjadi pilihan yang lebih sesuai untuk kondisi saat ini dimana biaya pendidikan meningkat setiap tahun. Pelajari jenis investasi yang melekat pada produk asuransi dengan lebih mendalam sebelum memutuskan untuk mendapatkan tabungan atau asuransi pendidikan.

Lakukan Riset Terhadap Perusahaan Asuransi Sebelum Membeli

Temukan perusahaan penyedia produk asuransi yang mempunyai track record yang baik serta bisa benar-benar dipercaya. Cari informasi tentang perusahaan asuransi yang sedang kamu pertimbangkan dari berbagai sumber, terutama dari orang-orang terdekat yang sudah membeli produk asuransi.

Agen asuransi pendidikan akan menawarkan berbagai produk asuransi pendidikan. Tanyakan informasi tentang produk tersebut termasuk tentang keunggulan dan kekurangannya. Pastikan agen asuransi menyediakan informasi yang benar-benar lengkap dan terbuka.

Cari asuransi pendidikan dengan program terbaik

Temukan produk asuransi pendidikan yang proses pencairan klaimnya mudah dan cepat. Pastikan juga kamu memilih produk asuransi pendidikan yang jumlah atau besaran preminya sesuai dengan kesanggupan finansial atau keuangan kamu.

Juga cari tahu apakah pembayaran premi bisa disesuaikan atau diubah sesuai dengan keadaan atau kondisi keuanganmu yang juga berubah-ubah. Dengan mengikuti langkah di atas, kamu bisa menemukan produk dengan manfaat dan fungsi asuransi pendidikan yang besar bagi masa depan anak.

Itulah beberapa fungsi asuransi pendidikan yang disertai dengan alasan lengkap dan semoga bisa membantu untuk kamu yang sedang mencari asuransi pendidikan terbaik untuk anak.

 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *