Asuransi Pendidikan

8 Panduan Tepat Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Buah Hati

Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Buah Hati – Orang Tua tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Pendidikan adalah salah satu poin penting yang harus dipersiapkan orang tua dengan sepenuh hati bagi kesuksesan anak di masa depan. Salah satu cara mempersiapkan dana pendidikan anak adalah melalui asuransi pendidikan terbaik.

Dengan asuransi pendidikan, maka orangtua tidak perlu memusingkan biaya pendidikan anak ketika masuk sekolah maupun perguruan tinggi. Selain itu, asuransi pendidikan juga berperan sebagai proteksi finansial anak apabila terjadi musibah pada tulang punggung keluarga. 

Alasan Menggunakan Asuransi Pendidikan

 1. Dana Pendidikan di Masa Depan

Dana pendidikan di negeri ini tidaklah murah. Orangtua harus memikirkan dengan seksama biaya untuk anak masuk sekolah, biaya membeli peralatan sekolah, buku dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan matang agar anak mendapatkan pendidikan terbaik. 

Asuransi akan membantu orangtua dalam merencanakan pendidikan bagi buah hati sejak dini. Dengan asuransi, maka orang tua tidak perlu pusing memikirkan biaya pendidikan karena biaya tersebut sudah dicicil pembayarannya sejak anak belum bersekolah.

2. Membantu Orang Tua Mengatur Keuangan Lebih Sehat

Dengan asuransi pendidikan, orangtua akan tergerak untuk menyisihkan uang setiap bulannya untuk membayar premi. Dengan begitu, orang tua akan terbiasa sejak anak masih kecil untuk menyisihkan sebagian pendapatan demi pendidikan anak.

Hal ini akan menghindarkan orangtua dari kemungkinan menghabiskan uang untuk kebutuhan yang tidak perlu. 

3. Membantu Mewujudkan Cita-Cita Anak 

Kita tidak pernah tahu apa cita-cita anak saat mereka masih kecil. Menabung lewat asuransi akan membantu mewujudkan cita-cita anak seiring mereka tumbuh dewasa.

(Baca Juga: Simak Yuk, 9 Peluang Bisnis di Masa Pandemi)

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Buah Hati

 1. Perkirakan Kebutuhan Dana Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan Terbaik

Sebelum memilih besar premi yang ingin kamu beli untuk asuransi pendidikan anak, ada baiknya kamu benar-benar memperhitungkan besaran dana yang dibutuhkan buah hati untuk pendidikan. Sebagai contoh, perhitungan besar dana yang dibutuhkan untuk membayar biaya masuk sekolah dan SPP.

Selain itu, perhitungkan pula perlengkapan sekolah yang harus dibeli saat anak baru masuk sekolah. Jika kamu sudah merencanakan sekolah atau perguruan tinggi mana yang tepat untuk anak, maka cari tahu besar biaya bersekolah di tempat tersebut.

Memperhitungkan besar biaya yang dibutuhkan anak saat sekolah akan sangat membantu kamu menentukan besaran premi asuransi. Besaran premi asuransi juga sangat ditentukan oleh usia anak saat kamu daftarkan ke asuransi.

2. Pilih Lembaga Asuransi yang Terpercaya dan Kredibel

Pilih Lembaga Asuransi yang Terpercaya dan Kredibel

Ini merupakan salah satu poin penting jika ingin mendapatkan produk asuransi pendidikan terbaik bagi buah hati. Memilih perusahaan asuransi tidak boleh sembarangan. Ada banyak perusahaan asuransi yang memiliki riwayat buruk terkait pembayaran klaim asuransi nasabahnya.

Oleh karena itu, cari tahu bagaimana riwayat pembayaran klaim perusahaan asuransi sebelum melabuhkan pilihan pada perusahaan tertentu. Lebih baik lagi jika kamu memilih perusahaan asuransi yang sudah pernah mendapatkan penghargaan terkait pelayanannya terhadap nasabah.

Selain itu, pemerintah menyarankan kepada masyarakat untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki nilai RBC atau Risk Based Capital dari perusahaan asuransi. RBC sendiri adalah metode yang digunakan untuk menghitung kondisi kesehatan perusahaan asuransi.

RBC adalah rasio modal yang dimiliki perusahaan asuransi dibandingkan besaran risikonya. RBC juga menghitung kemampuan perusahaan asuransi membayar klaim nasabah ketika jatuh tempo dalam waktu tertentu.

3. Periksa Ketentuan Pada Polis Asuransi

Asuransi Pendidikan Terbaik

Jangan asal menandatangani polis dan mengiyakan semua yang disampaikan oleh agen asuransi pendidikan. Kamu harus membaca ketentuan yang ada di polis mengingat polis merupakan dokumen kunci yang memiliki kekuatan di depan hukum.

Sebaiknya, pilih polis yang ketentuan di dalamnya lebih fleksibel terutama untuk kebutuhan klaim dana dan sebagainya. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan fitur peningkatan investasi saat asuransi telah berjalan. Fitur ini sangat membantu bagi kamu yang berencana menambah dana pendidikan anak.

4. Hitung Kemampuan Finansial Keluarga

Hitung Kemampuan Finansial Keluarga

Kemampuan finansial keluarga harus sangat dipertimbangkan saat memilih produk asuransi pendidikan. Kamu tentu ingin agar buah hati mendapatkan asuransi pendidikan terbaik, namun jangan sampai biaya premi yang harus dibayar setiap bulan memberatkan kondisi perekonomian keluarga.

Oleh karena itu, perhitungkan dengan cermat kondisi finansial keluarga sebelum membeli produk asuransi. Ahli perencanaan keuangan keluarga menyarankan bahwa dana yang kamu sisihkan untuk asuransi maksimal mencapai 10 atau 20% dari pendapatan bulanan. 

Jumlah tersebut dimaksudkan agar beban finansial keluarga tidak memberat akibat harus membayar premi rutin setiap bulan. Pertimbangkan pula dana darurat yang harus disisihkan setiap bulan ketika membayar premi asuransi. 

5. Pastikan Agen Asuransi Berlisensi

Asuransi Pendidikan Terbaik

Jangan sembarangan memilih agen asuransi. Banyak agen asuransi tidak bertanggung jawab yang menjebak calon nasabahnya dengan menawarkan janji-janji manis berupa dana pertanggungan besar dengan premi ringan namun ketika pencairan klaim justru menghilang.

Untuk memastikan bahwa buah hati hanya mendapatkan asuransi pendidikan terbaik, pastikan agen asuransi yang melayani kamu sudah berlisensi resmi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI. Dengan berlisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia artinya agen tersebut dapat dipercaya dan kompeten.

Selain itu, agen asuransi berlisensi akan membantu nasabahnya jika mengalami kesulitan terkait pembayaran premi ataupun pencairan dana klaim.

(Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Dilihat dari Masa Perlindungan, Nilai Tunai dan Pihak Tertanggung)

6. Beli Asuransi Pendidikan Sejak Dini

Beli Asuransi Pendidikan Sejak Dini

Beberapa asuransi pendidikan anak dapat dibeli bahkan ketika anak baru berusia beberapa hari saja. Dengan merencanakan asuransi pendidikan terbaik untuk anak sejak anak masih kecil, maka biaya premi yang harus dibayarkan akan jauh lebih murah dibandingkan ketika anak sudah bersekolah.

Perusahaan asuransi akan lebih mudah meloloskan nasabah dengan anak yang masih kecil ketimbang anak yang sudah berusia sekolah. Selain itu, dengan merencanakan pendidikan anak sejak dini, kamu akan terbiasa mengatur keuangan dan menyisihkan sebagian dana untuk investasi.

7. Bandingkan Produk Serupa di Perusahaan yang Lain

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan dengan manfaat menarik. Oleh karena itu, jangan terburu-buru melabuhkan pilihan hanya dengan melihat tawaran dari satu perusahaan asuransi saja. 

Sebaiknya periksa juga produk asuransi yang ditawarkan dari perusahaan asuransi yang lain. Masing-masing perusahaan memiliki kebijakan berbeda terkait:

– jumlah premi, 

– ketentuan klaim dana termasuk waktu pencairan dana

– besar uang pertanggungan proteksi jiwa

– manfaat seperti santunan ataupun pengembalian premi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

8. Kenali Jenis Asuransi

Di Indonesia dikenal dua jenis asuransi untuk dana pendidikan yakni asuransi endowment life insurance dan asuransi jiwa tradisional dwiguna. Asuransi endowment life insurance memberikan fungsi proteksi sekaligus nilai tunai dengan ketentuan yang sudah disepakati sejak awal pembayaran premi.

Sebaliknya, besaran nilai tunai dari asuransi unit link bisa berubah-ubah bergantung fluktuasi dari pasar modal.

Pendidikan adalah kunci untuk mempersiapkan generasi sukses dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, persiapkan pendidikan anak sejak dini. Pilihlah hanya asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi pendidikan terbaik yang memiliki riwayat baik dalam mencairkan klaim dana nasabahnya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *