Asuransi Kesehatan

Simak Yuk, Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan – Kesehatan merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi diri Anda yang mana sangat mahal harganya. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan asuransi kesehatan, apalagi mengingat musim seperti ini.

Menurut pendiri Microsoft, Bill Gates mengatakan bahwa dalam menjalani bisnisnya yang berbasis komputer dan software yang ia takuti adalah masalah kesehatan. Pasalnya jika ia sakit bisa saja hingga menjual komputernya untuk biaya berobat.

Betapa pentingnya hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan bagi setiap orang. Karena seseorang yang sedang ditimpa sakit tidak bisa ditebak dan biaya untuk berobatnya pun bisa murah hingga mahal ratusan juta. Dana sebanyak apapun yang dikeluarkan seolah sudah tidak berarti hanya untuk menutupi biaya berobat demi kesembuhan dan sehat kembali.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan - Mengenal Lebih Jauh Tentang Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan

Mungkin sudah sering bagi Anda menerima penawaran untuk asuransi kesehatan. Namun jangan terburu-buru untuk menyetujuinya, Anda harus benar-benar mengetahui seluk beluk di dalamnya. Sudah pasti yang dibicarakan oleh agen asuransi tersebut adalah manfaat atau keuntungan dari produk yang ia tawarkan yaitu asuransi kesehatan tersebut. Di luar hal itu Anda harus benar-benar memahami hal-hal yang mungkin belum disampaikan.

Oleh karenanya perlu bagi Anda menemukan informasi mengenai cara menemukan asuransi yang tepat pada perusahaan asuransi yang tepat pula.

(Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Dilihat dari Masa Perlindungan, Nilai Tunai dan Pihak Tertanggung)

Asuransi kesehatan merupakan suatu produk asuransi yang memberikan jaminan keamanan finansial kepada pemegang polis, ketika pemegang polis mengalami sakit atau gangguan kesehatan atau kecelakaan yang membuatnya masuk rumah sakit.

Secara umum ada dua jenis perawatan yang diberikan pihak perusahaan asuransi, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Nah, apakah kita butuh keduanya? Dan apabila iya, kapan waktu yang tepat untuk mengambil kedua jenis perawatan tersebut?

Memiliki Asuransi Kesehatan dari Segi Finansial dan Sosial

Hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan  adalah memiliki asuransi kesehatan dari segi finansial dan sosial. Mungkin hingga saat ini banyak alasan konyol dari orang mengapa mereka mengambil asuransi kesehatan, yaitu hanya ikut-ikutan teman ataupun karena ditawari agen asuransi yang merupakan teman Anda sendiri.

Jika dilihat dari segi finansial, asuransi kesehatan sangatlah penting karena bermanfaat untuk mengurangi resiko yang berkaitan dengan perekonomian. Dengan cara menggabungkan unit yang terkena resiko secara bersama–sama dan ditanggung bersama sehingga beban menjadi lebih ringan.

Dari segi sosial, status sosial Anda akan tetap terjaga manakala bisa menanggung biaya rumah sakit sendiri, demikian juga sebaliknya. Di sinilah peran asuransi kesehatan sangatlah penting. Nah, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat?

Mengambil Paket Asuransi Kesehatan Mutlak Perlu

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan - Mengambil Paket Asuransi Kesehatan Mutlak Perlu

Orang baru ingat pentingnya kesehatan sesudah alami sakit, namun kondisi seperti ini jelas sudah terlambat karena lebih baik menjaga daripada sakit. Ada beberapa pertimbangan penting untuk memanfaatkan waktu sehat dengan sebaik-baiknya sebelum sakit. Berikut ini pertimbangan penting tersebut:

 1. Manfaatkan Masa Sehatmu Sebelum Masa Sakitmu

Hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan yang pertama adalah memanfaatkan masa sehatmu sebelum masa sakitmu. Ketika Anda sedang berada di rumah sakit sudah pasti tidak akan menemukan agen asuransi yang berkeliling untuk menawarkan asuransi kesehatan. Itu karena mereka tidak mau menanggung biaya yang sudah terlanjur sakit. Mereka pasti memakai ketentuan pre existing condition yang artinya penyakit yang tidak ditanggung lantaran sudah diderita sebelum menjadi nasabah di perusahaan asuransi.

Jadi perlu kejujuran dan cek kesehatan saat sebelum mengambil produk asuransi kesehatan agar jelas yang mana dilindungi paket asuransi dan penyakit mana yang tidak.

Jika tidak jelas, maka potensi salah paham akan muncul karena perusahaan asuransi juga tidak ingin rugi mengingat biaya untuk mengcover pengobatan lebih besar dibanding polis. Karena perusahaan asuransi tidak ingin menerima nasabah yang sudah menderita penyakit. Kalau pun diterima dengan syarat tidak menanggung sakit yang sudah diderita oleh nasabah. Selagi Anda masih sehat, segera mengambil paket asuransi kesehatan sekarang juga.

2. Manfaatkan Masa Mudamu Sebelum Masa Tuamu

Hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan yang kedua adalah memanfaatkan masa mudamu sebelum masa tuamu. Meskipun usia masih muda tetapi bukan berarti bebas dari sehat. Namun selagi Anda masih muda yang mana logikanya lebih sehat daripada usia tua, penting untuk mempersiapkan asuransi kesehatan ini. Hal ini perlu menjadi pertimbangan karena mengingat biaya premi ketika sudah tua semakin mahal sebab semakin rentan terkena penyakit.

Hal ini yang menyebabkan asuransi kesehatan bagi usia tua lebih mahal premi tiap bulannya. Maka dari itu persiapkan sejak dini agar lebih hemat dan efisien.

Saran dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Mengambil Paket Asuransi Kesehatan Mutlak Perlu - Saran dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan yang berikutnya adalah mempertimbangkan saran dalam memilih asuransi kesehatan. Bagaimanakah cara memilih asuransi kesehatan yang tepat? Memilih asuransi yang tepat pada prinsipnya adalah membayar premi untuk dapat memilih paket asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa hal utama yang perlu di pertimbangkan diantaranya:

1. Tawaran Cash Plan bukan Prioritas

Hal yang Perlu diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan yang pertama adalah Anda harus mengetahui jika tawaran cash plan bukan prioritas. Anda pernah mendengar istilah cash plan? Cash plan adalah tawaran asuransi dengan manfaat penggantian berdasarkan berapa lama Anda terawatt di rumah sakit. Arti dari penggantian biaya sesuai plafon harian, misalkan setiap hari Rp1 juta, tinggal kelipatan berapa lama dia dirawat. Hal ini tidak memberi keuntungan karena biaya rumah sakit tidak dapat diprediksikan dengan nominal tetap seperti itu.

(Baca Juga: Ini Dia Jenis, Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil yang tepat)

Prinsip asuransi kesehatan seharusnya mengganti semua biaya yang dikeluarkan saat dirawat. Apabila Anda mengambil cash plan kemungkinan dana Anda akan terkuras karena ada begitu banyak biaya selama dirawat di rumah sakit yang tidak dapat diprediksi. Sebenarnya cash plan lebih murah dibandingkan dengan membayar premi asuransi. Namun sebaiknya cash plan cukup Anda digunakan sebagai tambahan asuransi kesehatan saja.

2. Periksa Ketentuan Rawat Inap

Diperlukan penjelasan terperinci dari pihak asuransi kepada nasabahnya terutama masalah rawat inap. Anda harus benar-benar teliti dan memahami isi polis yang diberikan misalnya ketika sakit harus dirawat di rumah sakit, melahirkan di dokter kandungan, dan sebagainya. Ajukan pertanyaan untuk berkomunikasi menanyakan lebih detail mengenai asuransi kesehatan dengan agen asuransi.

3. Pahami Kebijakan Double Claim

Apabila Anda mempunyai fasilitas klaim kesehatan dari kantor, maka Anda perlu melihat fasilitas dobel klaim paket asuransi yang dapat diambil. Pastikan syaratnya mudah, cukup memakai fotokopi kwitansi rumah sakit yang sudah dilegalisir, maka klaim pun dapat dicairkan. Sekarang ini hampir sebagian perusahaan asuransi menerapkan persyaratan yang cukup mudah dalam proses double klaim, hanya cukup fotokopi kwitansi legalisir saja, sedangkan yang asli untuk klaim di kantor.

4. Hindari Unit Link

Asuransi murni bisa optimal melakukan proteksi manakala tidak tercampur dengan produk investasi. Memilih asuransi kesehatan murni apabila belum memiliki asuransi kesehatan atau punya tetapi plafonnya kecil. hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan terakhir ini merupakan hal yang lumayan penting. 

Beberapa manfaat lain yang lain dapat Anda dapatkan saat mengambil paket unit link (asuransi kesehatan dan investasi) adalah sebagai berikut ini:

Hidup Anda lebih tenang karena tidak harus pusing memikirkan bagaimana penghasilan agar berkembang karena kesehatan sudah diproteksi

Anda akan lebih mudah mengatur dan merencanakan keuangan dimulai dari tabungan, investasi, dan asuransi dalam satu paket.

Anda Butuh Jaminan Kesehatan

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan

Segala sesuatu yang terjadi pada Anda pastinya ada yang tidak terduga atau secara tiba-tiba datang menyerang Anda, sebagai contoh mengalami penyakit kritis yang membutuhkan banyak biaya yang sangat menguras dompet. Dalam hal ini asuransi kesehatan sangat berperan penting karena dapat mengcover kekurangan biaya yang mungkin menjadi beban atau memberatkan Anda. Maka dari itu sebaiknya Anda memperhatikan hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan. asuransi kesehatan terbaik sejak dini sehingga Anda tidak lagi khawatir di masa mendatang ketika sewaktu-waktu sedang mengalami sakit.

 

Bagaimana tanggapan Anda? Sudah punya alternatif baru untuk membeli rumah dan apartemen impian Anda, bukan?

Apapun produk keuangan yang Anda pilih untuk digunakan untuk membantu mencapai tujuan keuangan Anda, harus selalu diingat bahwa pilihlah produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan pribadi Anda.

Jangan malas membaca dan mencari tahu sebanyak mungkin tentang produk dan layanan keuangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Ingat, sobat. Sikap, tanggapi uang dengan bijak, kelola dengan cerdas, masa depan sejahtera!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *