Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Jenis Asuransi Properti dan Contohnya yang Wajib Kamu Tahu

Jenis Asuransi Properti

Demi memberikan perlindungan pada sesuatu yang dianggap berharga, sebagian masyarakat Indonesia mulai tertarik menggunakan asuransi. Salah satunya adalah jenis asuransi properti yang bisa menjamin keamanan properti dari berbagai risiko di masa mendatang.

Meskipun risiko tersebut belum tentu terjadi, tapi penggunaan asuransi properti sudah menjadi trend. Bagi kamu yang mempunyai banyak rumah dan bangunan, tidak ada salahnya menggunakan jenis asuransi properti ini demi menghindari kerugian yang lebih besar akibat kerusakan yang mungkin terjadi.

Jenis Asuransi Properti Secara Umum

Selain asuransi jiwa, asuransi properti juga memiliki berbagai jenis yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Secara umum, asuransi ini bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

1. Asuransi PAR (Property All Risk)

Jenis Asuransi Properti -  Asuransi PAR

Jenis asuransi yang satu ini memiliki cakupan perlindungan yang sangat luas. Properti atau bangunan yang menggunakan produk asuransi ini bisa terlindungi dari berbagai jenis ancaman. 

Beberapa contoh ancaman kerusakan yang bisa dilindungi dengan asuransi ini adalah ledakan tertentu, kebakaran, gempa bumi, banjir bandang, tanah longsor, kerusuhan, kejatuhan pesawat, hingga kerusakan yang disebabkan oleh tindakan kejahatan. 

Walaupun demikian, jenis asuransi properti ini juga mengecualikan beberapa jenis kerusakan tertentu yang lepas dari tanggungan pihak penanggung. Beberapa jenis kerusakan yang biasanya masuk dalam pengecualian asuransi Properti All Risk adalah :

Kerusakan atau yang Disengaja

Apabila kebakaran atau hancurnya bangunan disengaja oleh pihak tertanggung, maka penanggung dalam hal ini perusahaan asuransi tidak akan memberikan ganti rugi atau jaminan asuransinya. 

Misalnya sengaja melakukan tindakan kriminal pada kerabat di dalam rumah dengan membakarnya, maka efek kebakaran oleh tindakan kriminal yang sengaja dilakukan tersebut tidak diganti asuransi.

Kerusakan Berbagai Logam Mulia

Beberapa jenis asuransi properti ini tidak akan mengganti rugi barang berharga dengan nilai jual tinggi seperti logam mulia atau perhiasan. Ini disebabkan karena perlindungan yang diberikan hanya fokus pada properti dan perabotan yang ada di dalamnya.

Sementara benda berharga berupa emas merupakan tanggung jawab pribadi pemiliknya.

Kerusakan Surat-surat Berharga

Kerusakan selanjutnya adalah berbagai surat berharga yang juga memiliki nilai jual tinggi. Misalnya saja kebakaran saham, obligasi, cek, dan berbagai surat berharga lainnya yang seharusnya diamankan dalam brankas. 

2. Asuransi PSAKI ( Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia)

Jenis Asuransi Properti - Asuransi PSAKI

Berbeda dengan asuransi All Risk yang cakupannya sangat luas, asuransi PSAKI ini memiliki cakupan yang sangat terbatas. Sesuai namanya, risiko yang akan ditanggung kerugiannya oleh perusahaan asuransi hanya sebatas peristiwa kebakaran saja.

Namun jangan berkecil hati dulu, karena kebakaran yang dimaksud juga meliputi berbagai jenis. Dalam penerapannya, risiko ini juga sering disebut dengan FLEXAS. Berasal dari singkatan kata Fire, Lightning, Explosion, Impact of Falling Aircraft, and Smoke.

Apabila dijabarkan lebih rinci, beberapa risiko kebakaran yang bisa ditanggung oleh perusahaan dengan menggunakan asuransi ini di antaranya :

Kerusakan Karena Api

Kebakaran yang berasal dari api merupakan jaminan yang paling mudah dikenali masyarakat. Beberapa jenis kebakaran yang disebabkan langsung oleh api bisa berupa tegangan arus pendek, benda dari luar yang menyebabkan timbulnya api, serta kebakaran hutan yang menjalar pada properti.

(Baca Juga:Asuransi Rumah, Ini Dia Cara Kerjanya)

Sambaran Petir

Saat musim hujan, terkadang petir juga bisa membuat rumah atau bangunan tinggi menjadi terbakar. Selain itu, beberapa korsleting listrik, alat elektronik, serta mesin yang terbakar karena sambaran petir juga masuk dalam asuransi ini.

Terjadinya Ledakan

Ledakan akibat reaksi kimia di Indonesia memang agak jarang terjadi. Kalaupun ada, risiko kebakaran yang masuk kategori ledakan adalah terjadinya bom rakitan yang dilakukan oleh sekelompok teroris di sekitar bangunan.

Kebakaran Karena Terkena Pesawat Jatuh

Peristiwa jatuhnya pesawat di pemukiman mungkin saja terjadi. Ketika kebakaran yang disebabkan oleh jatuhnya pesawat tadi mengenai rumah atau bangunan yang sudah menggunakan asuransi, maka pemilik akan mendapatkan ganti rugi dari pihak perusahaan asuransi.

Asap

Berbagai kepulan asap dari rokok ataupun reaksi tertentu yang menyebabkan kebakaran menjadi salah satu risiko terakhir yang juga mendapat jaminan asuransi PSAKI.

Jenis Asuransi Properti Berdasarkan Sifat Propertinya

Kalau dilihat dari objek atau sifat bangunan yang ingin dilindungi dengan asuransi, maka asuransi properti bisa dibedakan lagi menjadi 2 jenis. Secara garis besar, dua jenis properti yang bisa dilindungi menggunakan jaminan asuransi meliputi :

1. Asuransi Hunian Pribadi (Rumah)

Jenis Asuransi Properti - Asuransi Hunian Pribadi

Ketika membeli rumah mewah, tentu kamu tidak ingin terjadi kerusakan yang membawa kerugian besar di masa mendatang. Demi mencegah risiko tersebut, rumah atau hunian pribadi bisa dilindungi dengan asuransi yang sifatnya sangat standar.

Sebagian besar asuransi rumah menggunakan jenis PSAKI karena di dalam rumah jumlah barang-barang berharga lebih terbatas. Selain itu, rumah juga paling rentan mengalami kerusakan akibat kebakaran. Misalnya saja karena korslet listrik atau ledakan gas elpiji yang bocor.

Meski begitu, beberapa orang juga memilih asuransi All Risk untuk melindungi rumahnya dari segala macam kerusakan di luar kebakaran. Ini biasanya digunakan oleh pemilik rumah yang tinggal di area rentan banjir atau di pegunungan yang rawan longsor. 

2. Asuransi Bisnis

Jenis Asuransi Properti - Asuransi Bisnis

Sesuai namanya, jaminan perlindungan yang diberikan oleh asuransi jenis ini adalah ganti rugi atas kerusakan bangunan yang merupakan tempat bisnis atau usaha. Asuransi jenis ini sekarang mulai banyak digunakan oleh perusahaan demi menghindari kerugian besar saat terjadi risiko tertentu.

Beberapa jenis bangunan yang termasuk dalam asuransi bisnis adalah pabrik, gudang, mall, kantor, yayasan, rumah sakit, hingga sekolah.

Ketika beberapa jenis bangunan tersebut mengalami kerusakan, tentu kerugian yang terjadi jauh lebih besar dibandingkan hanya sekadar rumah. Pasalnya, di dalamnya juga terdapat berkas dan alat-alat penting seperti printer, komputer, serta berbagai mesin produksi yang menunjang kegiatan usaha.

Banyaknya barang penting yang harus dilindungi dalam bangunan bisnis tersebut membuat sebagian besar perusahaan menggunakan jenis asuransi properti All Risk. Jadi, tidak hanya risiko kebakaran yang bisa dilindungi, tapi kebanjiran, pencurian, bencana alam, dan berbagai risiko lainnya yang sangat merugikan. 

(Baca Juga: 10 Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia)F

Meski begitu, beberapa jenis asuransi properti juga mengecualikan jaminan pada kerusakan akibat kecerobohan dari karyawan perusahaan sendiri. Tidak heran jika banyak pabrik yang sangat menekankan kehati-hatian pada karyawannya saat bekerja.

Contoh Asuransi Properti

Untuk mempermudah kamu dalam memahami jenis asuransi yang ada, terdapat beberapa contoh asuransi yang menyediakan berbagai produk asuransi properti pada masyarakat. Beberapa di antaranya yang cukup familiar dan sudah dikenali masyarakat adalah :

1. Asuransi Properti Sinar Mas

Sinar Mas sebelumnya sudah dikenal sebagai perusahaan asuransi kesehatan yang cukup terkenal. Walaupun begitu, nyatanya perusahaan ini juga sudah mengeluarkan produk asuransi properti kepada pelanggannya.

Jenis asuransi properti yang disediakan juga sangat lengkap, di antaranya :

Asuransi Simas Ruko

Sesuai namanya, properti yang dilindungi dengan asuransi ini adalah ruko. Jadi, pemilik usaha yang menggunakan ruko bisa fokus memilih produk asuransi ini.

Asuransi Simas Rumah Hemat

Produk asuransi khusus yang ditawarkan untuk mereka yang ingin melindungi rumah pribadinya. Jenis asuransi yang dipakai merupakan PSAKI yang fokus melindungi dari risiko kebakaran. 

Selain dua produk unggulan di atas, asuransi Sinar Mas juga memiliki produk lainnya yang jarang diketahui publik, yaitu :

  • Asuransi Terorisme ataupun Sabotase.
  • Asuransi Property All Risk.
  • Asuransi Kerusuhan.
  • Growing Tress Insurance.
  • Bussines Interruption. 

2. Asuransi Properti Allianz

Asuransi Allianz ini cukup terkenal di masyarakat karena sering mempromosikan produknya menggunakan media televisi. Asuransi ini juga menawarkan produk asuransi properti yang sangat menarik, salah satunya adalah produk Rumahku Plus.

Produk ini memberikan asuransi yang besar terhadap kerusakan rumah yang terjadi karena berbagai risiko. Hebatnya lagi, Allianz berani memberikan ganti rugi hingga 20 miliar hanya dengan membayar premi 0,0294 persen saja. 

3. Asuransi Properti ACA

Produk asuransi properti yang ditawarkan oleh ACA ini juga terbilang sangat beragam. Inilah yang membuatnya tetap diminati masyarakat meski memiliki banyak pesaing berkualitas. Beberapa polis yang ditawarkan ACA untuk menarik minat publik meliputi :

  • Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia.
  • Asuransi Rumah Idaman.
  • Asuransi Gempa Bumi.
  • Asuransi Property All Risk untuk bisnis atau industri.
  • Asuransi pencurian.

4. Asuransi Adira

Walaupun produknya tidak sebanyak asuransi properti lainnya, Adira juga banyak diminati masyarakat karena fokus memberikan jaminan perlindungan pada tempat usaha atau bisnis. Asuransi ini sangat cocok digunakan oleh kalangan yang memiliki usaha kecil menengah.

Perlindungannya tidak hanya untuk barang dan bangunan yang rusak saja, tapi juga ada santunan khusus untuk korban yang cacat dan meninggal dunia akibat kebakaran.  

Tersedianya berbagai jenis asuransi properti tentu sangat memudahkan kamu untuk melindungi properti tertentu dari risiko kerusakan di masa mendatang. Agar tidak dirugikan, perhatikan juga jenis asuransi yang paling sesuai dengan risiko kerusakan terbesar pada properti yang dimiliki. 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *