Asuransi Jiwa

6 Manfaat Menggunakan Asuransi Jiwa yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Asuransi

Manfaat menggunakan asuransi jiwa

Manfaat Menggunakan Asuransi Jiwa – Salah satu program asuransi yang banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan terus berkembang adalah asuransi jiwa. Manfaat menggunakan asuransi jiwa yakni memperoleh proteksi dari adanya risiko finansial yang muncul akibat musibah seperti kematian dan cacat seumur hidup.

Namun, selain mendapatkan proteksi terhadap adanya risiko finansial yang mungkin muncul di masa yang akan datang, asuransi jiwa juga menawarkan berbagai manfaat lainnya. Oleh karena itu, ketahui terlebih dulu manfaat menggunakan asuransi jiwa sebelum kamu memutuskan membeli asuransi ini.

6 Manfaat Menggunakan Asuransi Jiwa

 1. Memberikan Rasa Tenang

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Memberikan Rasa Tenang

Manfaat menggunakan asuransi jiwa yang pertama adalah memberikan rasa tenang. Kita tidak pernah mengetahui kapan musibah itu datang. Seperti kata bijak yang populer, bahwa roda kehidupan itu terus berputar. Mungkin hari ini seseorang sedang berada di masa jayanya. Namun, siapa yang tahu jika orang tersebut besok meninggal dunia dan meninggalkan keluarga dalam kondisi terpuruk.

Oleh karena itu, manfaat menggunakan asuransi jiwa dapat memberikan sedikit ketenangan terhadap ahli waris apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam keluarga seperti kematian, cacat seumur hidup dan sebagainya. 

Asuransi jiwa berperan seperti halnya dana darurat yang bisa digunakan ketika kondisi krisis. Tentu saja hal ini akan memberikan rasa tenang ke dalam keluarga karena sudah ada dana cadangan yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak diinginkan.

2. Meminimalisir Kerugian Saat Tertimpa Musibah

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Meminimalisir Kerugian saat Tertimpa Musibah

Kita tidak pernah tahu musibah seperti apa yang mungkin menimpa kita sewaktu-waktu. Tulang punggung keluarga meninggal dunia tidak hanya meninggalkan kesedihan bagi ahli waris ataupun keluarga karena ditinggalkan, namun juga kekhawatiran mengenai kondisi finansial keluarga di masa mendatang.

Banyak keluarga jatuh miskin saat ditinggalkan tulang punggung karena tidak memiliki dana cadangan untuk berwirausaha dan sebagainya. Belum lagi apabila orang yang meninggal tersebut ternyata meninggalkan hutang yang cukup banyak seperti cicilan rumah, kartu kredit dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Ini Dia Pentingnya Asuransi Umum yang Perlu Anda Pahami)

Untuk meminimalisir dampak yang mungkin timbul saat terjadi musibah, asuransi jiwa dapat membantu meminimalisir dampak yang ditimbulkan terutama dari segi finansial. Dengan adanya dana segar yang cair saat pihak tertanggung meninggal dunia atau mengalami musibah, maka kondisi finansial dapat terbantu.

3. Tabungan di Masa Mendatang

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Tabungan Dimasa Mendatang

Manfaat menggunakan asuransi jiwa berikutnya adalah menjadi tabungan di masa mendatang. Menabung di rekening bank umum sangat sulit terutama bagi sebagian besar orang. Hal ini karena godaan untuk menarik uang di bank sangat besar apalagi sifat rekening bank umum yang likuid membuat penarikan uang sangat mudah dilakukan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menabung di instrumen investasi yang bersifat kurang atau non-liquid. Hal ini karena instrumen investasi non-liquid tidak memungkinkan seseorang untuk dapat menarik dananya sewaktu-waktu. 

Asuransi jiwa merupakan salah satu instrumen investasi non-liquid yang bisa dipertimbangkan. Jika kamu masih memiliki tanggungan seperti anak sekolah, maka sebaiknya kamu memilih asuransi jiwa berjangka karena kamu bisa memilih kapan masa kontrak habis seperti 5 tahun, 10 tahun dan 20 tahun.

4. Sebagai Instrumen Investasi

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Sebagai Instrumen Investasi

Asuransi jiwa ada yang bersifat seumur hidup maupun berjangka. Untuk asuransi jiwa yang bersifat berjangka, maka di akhir masa kontrak pemegang polis akan memperoleh dana sebagai pengembalian uang premi yang sudah dibayarkan. 

Masa pertanggungan asuransi bergantung kepada kontrak yang sudah ditandatangani antara pihak tertanggung dan perusahaan asuransi selaku pihak penanggung. Asuransi jiwa berjangka biasa dipilih oleh mereka yang memiliki tanggungan seperti anak sekolah agar memperoleh dana segar untuk pendidikan.

5. Persiapan Menghadapi Kondisi Tidak Terduga

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Persiapan Menghadapi Kondisi Tidak Terduga

Kita tidak pernah tahu apa yang menanti kita di depan. Bisa saja kita akan dihadapkan pada kondisi tidak terduga yang memaksa kita untuk keluar dari zona nyaman. Asuransi jiwa dapat membantu kita mempersiapkan diri ketika hal tersebut terjadi.

Saat kondisi buruk menimpa keluarga, maka asuransi jiwa dapat diandalkan setidaknya untuk meringankan beban finansial yang mungkin muncul saat terjadi musibah.

6. Membantu Mengatur Keuangan Keluarga

Manfaat menggunakan asuransi jiwa - Membantu Mengatur Keuangan Keluarga

Manfaat menggunakan asuransi jiwa yang terakhir adalah membantu mengatur keuangan keluarga. Bagi kamu yang sudah berkeluarga, maka kamu sebaiknya mempertimbangkan manfaat menggunakan asuransi jiwa mulai dari sekarang. Dengan ikut asuransi, maka kamu secara tidak langsung “dipaksa” untuk menyisihkan sejumlah uang untuk membayar premi setiap bulannya.

Hal ini tentu berbeda jika kamu tidak memiliki tagihan asuransi setiap bulannya. Kamu mungkin akan menghabiskan pendapatan yang diperoleh untuk hal-hal lainnya. Pada akhirnya, tidak ada uang tabungan tersisa untuk digunakan di saat-saat genting.

Dengan ikut asuransi jiwa, maka kamu akan belajar mengatur keuangan. Namun, sangat disarankan agar saat memilih premi asuransi kamu harus mempertimbangkan kemampuan finansial. Ahli keuangan menyarankan agar besaran premi yang dibayarkan maksimal 10 sampai 20% pendapatan perbulan.

(Baca Juga: Simak Yuk, Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan)

Jangan sampai kamu terlalu membebankan pendapatan bulanan untuk membayar premi karena masih banyak kebutuhan yang harus dipertimbangkan. Agar kamu dapat memaksimalkan potensi manfaat menggunakan asuransi jiwa, sebaiknya kamu mengetahui beberapa tips memilih asuransi berikut ini.

Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

 1. Pertimbangkan Besaran Premi dengan Kemampuan Finansial

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Pertimbangkan Besaran Premi dengan Kemampuan Finansial

Saat memilih asuransi jiwa, kamu dibebaskan untuk memilih besaran uang pertanggungan yang diinginkan serta masa kontrak asuransi. Besaran uang pertanggungan serta manfaat yang diperoleh sangat berpengaruh terhadap uang premi yang harus dibayar setiap bulannya.

Pastikan bahwa uang premi yang wajib kamu bayar tidak memberatkan kemampuan finansial. Sebaiknya besaran premi maksimal adalah 10% sampai 20% dari jumlah pendapatan.

2. Periksa Track Record Perusahaan Asuransi

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Periksa Track Record Perusahaan Asuransi

Salah satu tips paling penting saat memilih produk asuransi jiwa adalah memeriksa track record perusahaan tersebut. Banyak kasus gagal bayar perusahaan asuransi di Indonesia yang membuat para nasabah wajib mengecek dengan cermat track record perusahaan tersebut.

Beberapa hal yang harus diperiksa meliputi tingkat RBC atau Risk Based Capital perusahaan, riwayat pembayaran klaim perusahaan ke nasabah hingga penghargaan yang diraih perusahaan. Tingkat RBC atau modal minimum perusahaan berbasis risiko adalah poin penting yang tidak boleh terlewat.

Pemerintah menetapkan tingkat RBC minimal adalah 120%. Apabila perusahaan asuransi mempunyai tingkat RBC kurang dari 120%, maka itu adalah alarm merah buatmu untuk tidak berinvestasi di perusahaan asuransi tersebut.

3. Pelayanan Pengajuan Klaim

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Pelayanan Pengajuan Klaim

Banyak perusahaan asuransi yang pelayanannya sangat bagus saat kita membeli asuransi atau membayar premi namun sangat buruk pelayanannya saat nasabah mengajukan klaim. Periksa hal ini dengan cermat sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi suatu perusahaan. 

Pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki layanan pelanggan yang aktif selama 24 jam dengan pegawai yang siap membantu.

4. Bandingkan dengan Produk dari Perusahaan Lain

Manfaat menggunakan asuransi jiwa  - Bandingkan Dengan Produk dari Perusahaan Lain

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah mengecek produk asuransi jiwa dari perusahaan lainnya. Bandingkan keuntungan yang ditawarkan serta besar premi yang harus dibayar.

Mempertimbangkan berbagai manfaat menggunakan asuransi jiwa yang telah dijelaskan sebelumnya, sudah seharusnya kamu mulai berpikir menggunakan asuransi jiwa. Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai hal saat memilih asuransi jiwa seperti kondisi finansial, kredibilitas perusahaan dan sebagainya.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *